Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk “Transformasi Digital Bagi UMKM 2025: Mengoptimalkan Keuangan dan Pemasaran di Era Digital” telah sukses diselenggarakan oleh program studi manajemen Universitas Bunda Mulia. Kegiatan yang merupakan kolaborasi Universitas Bunda Mulia dengan Asosiasi Manajemen Indonesia Chapter DKI Jakarta (AMA DKI Jakarta) ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pelatihan kepada pelaku UMKM mengenai pemanfaatan teknologi digital dalam meningkatkan kinerja bisnis mereka. Kegiatan ini terdiri dari tiga sesi dengan fokus yang berbeda-beda. Sesi pertama, “How to Leverage Artificial Intelligence to Assess the Behavior of your Consumers dan Utilizing Break-Even Analysis to Enhance Performance in Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs)” dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2024 dan diikuti oleh 24 peserta. Pada sesi ini, Bp Nicholas Wilson, S.E., M.M dan Bp Ali Wardhana, SE., MBA., CSA berkesempatan menjadi narasumber yang mengajak para peserta diajak untuk memahami bagaimana kecerdasan buatan dapat digunakan untuk menganalisis perilaku konsumen dan bagaimana analisis titik impas dapat membantu meningkatkan kinerja UMKM.
Sesi kedua, “Penerapan Financial Technology dalam Peningkatan Pendapatan UMKM” dilaksanakan pada tanggal 13 Januari 2025 dan diikuti oleh 24 peserta. Pada sesi yang dibawakan oleh Ibu Dr. Ika Pratiwi Simbolon, S.E., M.M., CPMM dan Ibu Lilis Susilawaty, S.E., M.M ini mengajak peserta untuk mengenal berbagai teknologi finansial yang dapat membantu UMKM meningkatkan pendapatan mereka.
Pada Sesi ketiga sekaligus sesi terakhir , “Maximizing Your Business with Social Media: Effective Digital Marketing Strategies dan Exploring the Benefits, Disadvantage, and Challenges of Implementing Digital Marketing for Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs)” dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2025 dan diikuti oleh 19 peserta. Pada sesi terakhir ini dibawakan oleh Bp Lanang Diayudha SE., M. Env Mgt dan Bp Budi Christanto, S.E., B.BUS., M.M peserta belajar tentang strategi pemasaran digital yang efektif melalui media sosial dan memahami berbagai keuntungan, kerugian, dan tantangan dalam menerapkan pemasaran digital bagi UMKM. Seluruh kegiatan diadakan secara daring melalui aplikasi Zoom bersama 5 mahasiswa aktif yaitu Matthew Gilbert Susanto, Priskila Febilia Winata, Jesslyn Ivana, Marcelynda, dan Vinestasya. Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari para peserta. Mereka merasa terbantu dengan pengetahuan dan keterampilan yang diberikan dalam mengoptimalkan keuangan dan pemasaran bisnis mereka di era digital.