Jumat, 27 Mei 2022
Program Studi Akuntansi kembali melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai perwujudan dari Tri Darma Perguruan Tinggi. Kali ini, Prodi Akuntansi melakukan PKM di SMK Dhammasavana yang berlokasi di Jakarta Barat. Tim yang melakukan kegiatan adalah satu orang dosen tetap yaitu Dr. Ririn Breliastiti, S.E., M.M. dan satu orang mahasiswa yaitu Albertha Cristy (NIM:11200052).
PKM kali ini merupakan serangkaian dari PKM yang dilakukan secara terjadwal, yang dilakukan pada setiap hari Jumat selama satu semester (Semester Genap TA 2021/2022). Pada hari ini, topik akuntansi yang disampaikan kepada para siswa dan siswi kelas 12 adalah REKONSILIASI BANK. Kegiatan dimulai pada jam 09.00 dan berakhir pada jam 12.30. Saat tiba di lokasi, tim UBM disambut hangat oleh Kepala Sekolah SMK Dhammasavana.
Di awali dengan perkenalan, doa bersama dan pembacaan susunan acara. Sesi pertama dimulai dengan pemutaran video yang memberikan gambaran mengenai perbankan nasional Indonesia, fungsi bank, fungsi bank sentral, produk-produk perbankan, dan cara membuka rekening perusahaan di suatu bank. Dengan adanya pendahuluan mengenai dunia perbankan akan membuka wawasan bagi siswa dan siswi pentingnya peran perbankan bagi operasional perusahaan. Setelah itu dilanjutkan dengan diskusi interaktif untuk dapat menggali pemahaman siswa dan siswi atas isi video yang telah diputar. Dari sini terjalin komunikasi dua arah dari narasumber dan juga peserta pelatihan.
Sesi kedua adalah inti dari materi REKONSILIASI BANK. Dr. Ririn Breliastiti, S.E., M.M. memberikan penjelasan mengenai pentingnya sistem pengendalian internal atas KAS, akun yang terkait dengan KAS dan SETARA KAS. Berikutnya dijelaskan mengenai dokumen-dokumen yang terkait dengan transaksi yang melibatkan KAS. Setelah itu dijelaskan alasan mengapa di setiap akhir periode akuntansi, perusahaan perlu melakukan proses penyesuaian dalam bentuk rekonsiliasi bank untuk dapat menentukan saldo KAS (BANK) yang akan dicantumkan di Laporan Posisi Keuangan. Selain memberikan materi berisi teori, diberikan juga contoh dari penerapan akuntansi rekonsiliasi bank. Setelah itu semua siswa dan siswi diberikan latihan soal. Mereka diminta untuk mengerjakan latihan soal terlebih dahulu. Selama mengerjakan latihan, siswa dan siswi dibantu oleh Albertha Cristy. Bagi yang dapat mengerjakan rekonsiliasi bank dan ayat jurnal, dipersilakan maju ke depan kelas untuk menjawab di papan tulis. Bagi yang jawabannya benar, diberikan souvenir sebagai tanda apresiasi.
Antusiasme siswa dan siswi terlihat dalam kegiatan ini, dimana mereka secara aktif mengikuti pelatihan dan mengajukan pertanyaan. Mereka juga bersemangat untuk mengerjakan soal dan berusaha untuk maju ke depan kelas. Mereka juga berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, yang menunjukkan adanya iklim kompetisi diantara mereka. Umpan balik yang diberikan oleh siswa memberikan hasil nilai 3,86 (skala 4) untuk penyelenggaraan acara. Angka umpan balik ini menunjukkan tingkat kepuasan dari siswa dan siswi dalam mengikuti pelatihan kali ini. Acara pelatihan ditutup dengan kata penutup dari narasumber dan foto bersama.
Dokumentasi Kegiatan: