Teknologi digital mampu memberi dampak positif dan berkontribusi bagi keberlanjutan sumber daya, baik manusianya maupun industrinya (WEF, 2017). Perkembangan teknologi yang sangat cepat, telah mengubah perilaku wisatawan maupun pengunjung dalam menentukan pilihan destinasinya. Sumber informasi yang tepat dan akurat menjadi referensi bagi wisatawan dalam memilih tempat yang sesuai dengan selera mereka. Dari sisi pengembang destinasi yang didalamnya termasuk pengelola homestay, hal yang mendasar untuk dapat diketahui adalah bahwa bentuk usaha pariwisata melibatkan berbagai pemangku kepentingan (stakeholders) yaitu adanya organisasi pariwisata, wisatawan, pemasok (suppliers), perantara bisnis, pemerintah, penyandang dana, akademisi, pelayanan dan infrastruktur.
Salah satu upaya digitalisasi pariwisata adalah dengan memperkenalkan model sistem elektronik atau e-ticketing pada objek-objek wisata maupun desa wisata. Selaku akademisi, dari pihak Prodi Perhotelan bekerja sama dengan Program Studi Hospitality dan Pariwista dan Sistem Informasi Universitas Bunda Mulia menawarkan solusi praktis untuk membangun pariwisata secara digital salah satunya dengan system booking kamar secara online. Sistem ini memudahkan pengunjung untuk booking homestay ataupun paket tour dari mana saja dan kapan saja, pencatatan data yang lebih akurat dan terarsip melalui sistem. Desa pun nantinya dapat memperoleh bantuan program pemasaran yang sustainable, yang mungkin belum banyak dieksplorasi dan dipromosikan sebelumnya. Tepat pada tanggal 11 Januari 2020, tim dari Prodi Perhotelan yang diwakili oleh Ibu Regina Dewi Hanifah, SST.Par., M.Par, melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat “Penyusunan Dan Persiapan Kampung Sawah Desa Cilember Kecamatan Cisarua Sebagai Smart Village” – Pengenalan Kebutuhan Data Dan Alur Untuk Sistem Online Reservasi Kamar Homestay Di Desa Cilember.
Kegiatan PKM ini merupakan pendampingan bagi warga di Desa Cilember yang memiliki homestay untuk nantinya dapat mengelola pemesanan kamar secara online dan tidak lagi harus mencatat dan melakukan transaksi secara manual. Selain itu tamu juga dapat dengan mudah untuk dapat melihat ketersediaan kamar yang dimiliki dari pihak Homestay serta system pembayaran yang terpercaya.