Pengabdian kepada Masyarakat

 

Frequently Asked Questions

  1. Bagaimanakah jika saya ingin mengajukan proposal ABDIMAS?
    Dosen UBM dapat mendaftarkan rencana pelaksanaan ABDIMAS dengan cara mengajukan eproposal ke https://proposal.bundamulia.ac.id/ dan submit proposal, file excel, serta materi ke http://bit.ly/UploadPKMUBM minimal H-1 (hari kerja).
  2. Di manakah saya dapat memperoleh template proposal dan laporan ABDIMAS?
    Template proposal dan laporan ABDIMAS dapat diperoleh pada buku pedoman Pengabdian kepada Masyarakat atau pada tautan berikut:
  1. Proposal Abdimas insidental dan non insidental apakah sama?
    ABDIMAS insidental (tidak terprogram) dan non insidental (terprogram) dibedakan berdasarkan durasi pelaksanaanya. ABDIMAS insidental dilakukan selama durasi waktu kurang dari 1 bulan, sedangkan non insidentil dilakukan selama durasi lebih dari 1 bulan. Template proposal untuk keduanya pada dasarnya sama. Perbedaanya terletak pada jumlah siswa yang dilibatkan. Insidental mewajibkan mahasiswa untuk terlibat dengan jumlah minimal 1, sementara itu, non insidental mewajibkan minimal 5 mahasiswa.
  2. Apakah proposal Abdimas Ancol dan Serpong harus disubmit dari 2 kampus berbeda?
    Ya, upload 2 proposal yang sama, berbeda kampus. Mohon menyesuaikan sesuai dengan template seperti yang tercantum pada poin 2 di atas.
  3. Kapan deadline upload proposal Abdimas?
    H-1 (hari kerja) dari tanggal kegiatan. Untuk kegiatan di hari Sabtu dan Minggu mohon diajukan setidaknya pada hari Kamis.
  4. Apa yang harus dikumpulkan untuk mendapatkan surat tugas dan sertifikat Abdimas?
    Laporan lengkap yang mencakupi lampiran-lampiran, sebagai berikut:
    • Ringkasan pelaksanaan kegiatan yang mencakupi Pendahuluan, Metode Pelaksanaan, Hasil dan Pembahasan dalam 150-200 kata disertai 5 kata kunci. 
    • Dokumentasi berupa foto atau tangkap layar pelaksanaan kegiatan minimal 3 foto atau tangkap layar kegiatan (seluruh narasumber, mahasiswa dan peserta).  
    • Press release dengan jumlah kata 100-150 kata yang memuat komponen 5W+1H (What, Why, Who, When, Where, dan How).
    • File Excel umpan balik (link spreadsheet) dengan skala 1-4
    • Daftar Hadir (boleh dilampirkan langsung atau melalui link spreadsheet). Daftar Hadir mencakup nama, Nomor HP, atau alamat email.
    • Surat Keterangan telah melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat, formulir konfirmasi keikutsertaan, atau sertifikat yang diterbitkan mitra pelaksana.
    • Laporan yang sudah disetujui oleh pimpinan Akademik disubmit melalui https://bit.ly/LPJ_Abdimas_UBM untuk memperoleh pengesahan pimpinan Direktorat P3M.
  1. Durasi pengerjaan dokumen administrasi ABDIMAS (Approval, surat tugas sertifikat)?
    Pengerjaan laporan oleh P3M terhitung 7 hari kerja setelah ketua pelaksana melaporkan melalui link http://bit.ly/LPJ_Abdimas_UBM dan dinyatakan sesuai.
  2. Apakah ada Hibah untuk kegiatan ABDIMAS?
    Ada. Proposal hanya dapat diajukan oleh dosen homebase Universitas Bunda Mulia yang dibuktikan dengan adanya NIDN dosen. Semua Dosen pengaju harus sudah mendaftarkan diri di SINTA dan sudah memiliki SINTA ID. Bagi dosen baru yang belum mempunyai NIDN sementara hanya bisa menjadi anggota saja. Pengajuan proposal dapat dilakukan melalui tautan https://penelitian.bundamulia.ac.id/
  3. Di manakah saya dapat memperoleh template dokumen hibah ABDIMAS?
    Link template dan informasi terkait hibah ABDIMAS dapat diakses melalui portal penelitian di https://penelitian.bundamulia.ac.id/. Dosen dapat mengakses template proposalnya pada tautan: https://bit.ly/hibahubm-abdimas