Definisi Program Studi
Program studi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia berdiri pada tanggal 05 September 2013 sesuai dengan SK Penyelenggaraan Perguruan Tinggi No. 363/E/O/2013. Program Studi Hospitality dan Pariwisata adalah kesatuan rencana belajar yang menerapkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan ilmu pariwisata khususnya dalam perencanaan, memproduksi, dan pengawasan pengelolaan jasa penginapan/akomodasi, tata boga, dan jasa lainnya dalam bidang perhotelan.
Kompetensi Utama Lulusan
Program Studi Hospitaliti Universitas Bunda Mulia Jakarta menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi utama dalam bidang hospitality management, food & beverage dan event planner & organizer serta kompetensi lainnya; kompetensi tersebut dijabarkan sebagai berikut :
- Kemampuan menyelesaikan masalah-masalah dalam pekerjaan (problem solving)
- Kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan (Communication)
- Kemampuan interpersonal (Interpersonal skill)
- Kemampuan bekerja dalam lingkungan budaya yang berbeda (Work with diversity), mandiri dalam kelompok dan tekanan tinggi (work independently, work with colleague, work under pressure),
- Memiliki kesadaran dalam menerapkan etika dan tanggungjawab hukum dalam lingkungan kerja hospi¬taliti dan pariwisata,
- Mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip hubungan industrial dalam industri hospitaliti dan pariwisata,
- Menerapkan prinsip-prinsip keselamatan, kesehatan dan keamanan lingkungan kerja hotel, motel, industri lodjing dan properti lainnya,
- Mampu mengindentifikasi dan menghargai karier dalam bidang hospitaliti dan pariwisata
Peminatan (Kompetensi Pendukung)
Berikut ini adalah kompetensi berdasarkan peminatan program studi S1 Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia.
Peminatan Executive Accommodation Management
- Mampu menyusun dan menganalisis hotel revenue
- Mampu mengoperasikan sistem reservasi hotel
- Mampu mengelola bidang housekeeping di hotel
- Mampu mengelola kegiatan front office di hotel
Peminatan Food and Beverage Art and Innovations
- Mampu mengelola catering & banquet di hotel.
- Mampu mengelola penyediaan minuman oleh bagian bar.
- Mampu mengelola restoran dan kafe.
- Mampu membuat dan mengelola usaha pastry.
Peminatan Entertainment and Leisure Management
- Mampu mengoperasikan sistem ticketing.
- Mampu membuat rencana perjalanan wisata.
- Mampu memimpin perjalanan wisata.
- Mampu mengelola kegiatan MICE secara profesional
KOMPETENSI LAINNYA
- Mampu melakukan tugas pekerjaan secara mandiri dan bertanggung jawab dengan penampilan diri yang sesuai standar perusahaan serta mampu berkomunikasi dengan jelas baik menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa asing.
- Mampu bersaing, berprestasi, dan beradaptasi di industri hospitality dan pariwisata baik di tingkat nasional maupun internasional.
Mata Kuliah Hospitality & Pariwisata
Berikut ini adalah mata kuliah S1 Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia.
Semester 1
- Agama & Etika
- Bahasa Inggris
- Perspektif Ilmu Hospitality & Pariwisata
- Pariwisata Internasional
- Kebersihan, Sanitasi, Kesehatan dan Keselamatan Kerja
- Pengantar Manajemen
- Manajemen Keuangan
Semester 2
- Bahasa Inggris 2
- Pancasila dan Kewarganegaraan
- Manajemen Aset
- Psikologi Layanan dan Perilaku Konsumen
- Standar Usaha Pariwisata
- Manajemen Operasi Finansial
Semester 3
- Etiquette & Communication Skill
- Bahasa Indonesia
- Manajemen Destinasi
- E-Business
- Entrepreneurship
- Sistem Informasi Manajemen (Peminatan Executive Accomodation Management)
- Manajemen Kantor Depan (Peminatan Executive Accomodation Management)
- Komoditas Makanan dan Gizi (Peminatan Food and Beverage Art and Innovations)
- Manajemen Restoran dan Banquet (Peminatan Food and Beverage Art and Innovations)
- Reservasi dan Tarif Pasasi Domestik (Peminatan Entertainment & Leisure Management)
- Event Logistic & Sponsorship (Peminatan Entertainment & Leisure Management)
Semester 4
- Bahasa Inggris Pariwisata
- Pengantar Teknologi Informasi
- Pemrograman Web
- Manajemen SDM Pariwisata
- Manajemen Keuangan Kantor Depan (Peminatan Executive Accomodation Management)
- Manajemen Jasa Boga (Peminatan Food and Beverage Art and Innovations)
- Perencanaan Perjalanan (Peminatan Entertainment & Leisure Management)
Semester 5
- Pemasaran Pariwisata
- Mata Kuliah Pilihan 1
- Profesional Butler Service (Peminatan Executive Accomodation Management)
- Manajemen Divisi Area Kamar, Publik & Binatu (Peminatan Executive Accomodation Management)
- Manajemen Akomodasi Executive (Peminatan Executive Accomodation Management)
- Pengolahan Makanan (Peminatan Food and Beverage Art and Innovations)
- Pengolahan Roti dan Kue (Peminatan Food and Beverage Art and Innovations)
- Desain dan Tata Letak F&B (Peminatan Food and Beverage Art and Innovations)
- Memandu (Peminatan Entertainment & Leisure Management)
- Meetings, Incentives, Conferences & Exhibitions (Peminatan Entertainment & Leisure Management)
- Manajemen Impresariat (Pecial Event) (Peminatan Entertainment & Leisure Management)
Semester 6
- Manajemen Stratejik Pariwisata
- Metodologi Penelitian Pariwisata
- Statistika Pariwisata
- Mata Kuliah Pilihan 2
- Mata Kuliah Pilihan 3
- Mata Kuliah Pilihan 4
Semester 7
- Pemahaman Lintas Budaya
- Mata Kuliah Pilihan 5
- Mata Kuliah Pilihan 6
- Mata Kuliah Pilihan 7
- Mata Kuliah Pilihan 8
Semester 8
- Skripsi
Peluang Karier
Lulusan program studi Hospitality dan Pariwisata yang lulus dari Universitas Bunda Mulia akan memiliki beragam kompetensi untuk bergabung ke industri melalui perusahaan, ataupun terjun langsung sebagai entrepreneur. Berikut ini adalah sejumlah peluang karir yang bisa ditempuh oleh para lulusan.
- Receptionist Hotel, bertugas melayani reservasi dan registrasi tamu hotel/
- Concierge Hotel, bertugas menerima, mengatur, dan mengantar barang tamu hotel.
- Waitress Restaurant Hotel, bertugas menyajikan makanan dan minuman untuk tamu hotel.
- Chef, bertugas merencanakan menu, budget, dan memimpin dapur dalam pengolahan makanan,
- Bartender, bertugas meramu/meracik minuman
- Housekeeper, bertugas mengatur kebersihan/kelengkapan dan melaporkan kesiapan kamar hotel.
- Pengajar/instruktur, sebagai pengajar mata kuliah perhotelan
- Hospitality consultant, konsultan bidang hospitality
- Steward/ess, melayani tamu di kapal pesiar dan pesawat terbang
- Pengusaha katering, mengelola bisnis makanan dan minuman.