Seminar Overview Big Data dan Workshop Python “Analytic Big Data for Better Life”

Di era globalisasi sekarang ini teknologi informasi semakin berkembang, semakin banyak industri yang menerapkan teknologi informasi pada bisnisnya dan ada juga yang menggunakan teknologi informasi sebagai pilar bisnis utama dalam menjalankan perusahaannya seperti yang sekarang populer kita kenal.

Nah, data yang begitu besar dan didapatkan dengan mudah inilah yang kemudian disebut dengan big data. Wikipedia.org mendefinisikan big data sebagai sebuah istilah umum yang digunakan untuk mendefinisikan segala himpunan data dalam jumlah yang sangat besar, rumit dan tak terstruktur sehingga menjadikannya sukar ditangani apabila hanya menggunakan perkakas manajemen basis data biasa atau aplikasi pemroses data tradisional. Big data mempunyai karakteristik berukuran sangat besar (high-volume), atau sangat bervariasi (high-variety), atau kecepatan pertumbuhan tinggi (high-velocity), dan sangat tidak jelas (high veracity).

Salah satu software yang digunakan untuk mengakses Big Data adalah Python dan PHP. Keduanya adalah bahasa pemograman yang tergolong dalam lingkup open source. Kedua bahasa pemograman ini bebas digunakan, mudah didapatkan, dan tidak berbayar. Sebagai programmer yang berjuang sendirian, bahasa pemograman open source adalah sesuatu yang sangat potensial. Kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan tenaga untuk kedua bahasa pemograman ini. Bahasa pemograman dengan sumber terbuka juga memiliki banyak komunitas sehingga programmer dapat memperoleh informasi secara mudah.

Berkenaan dengan hal tersebut, Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi, selaku salah satu lembaga yang konsen pada perkembangan keilmuan dan pengetahuan pengolahan data (meliputi pemerolehan, kurasi, penyimpanan, penelusuran, pembagian, pemindahan, analisis, dan visualisasi data) serta sebagai institusi yang juga merupakan penghasil sumber daya manusia dalam bidang informatika dan keilmuan komputer menyelenggarakan Seminar Overview Big Data dan Workshop Python dengan topic “Analytic Big Data for Better Life”.

Tujuan diadakannya seminar dan workshop dengan adalah sebagai berikut:

-          Agar mahasiswa memperoleh wawasan dan pengetahuan terutama dalam hal Python.

-          Agar mahasiswa dapat mempraktekkan langsung software tersebut untuk dibuat ke dalam sebuah aplikasi

Pembicara Seminar adalah Prof. Jennifer Widom, (Fletcher Jones Professor, Computer Science and Electrical Engineering Stanford University)

Adapun Waktu dan Tempat pelaksanaan workshop.

Hari dan Tanggal Selasa, 1 November 201608:00 – 16:00 WIB
Tempat Ruang Premier lantai 2Universitas Bunda Mulia

Berikut dokumentasi selama acara seminar dan workshop berlangsung.

IMG_0046 IMG_0028 IMG_0029 IMG_0051 IMG_0061 IMG_0064 IMG_9869 IMG_9898 IMG_9899 IMG_9903 IMG_9907 IMG_9964 IMG_9990