Seminar “Cyber Security, Threat & Ransomware and Update Technology – Virtual Realty”

Perkembangan zaman yang disertai peningkatan kebutuhan manusia akan memicu adanya peningkatan kemajuan teknologi. Era sekarang ini teknologi menjadi hal yang wajib ada dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah aktivitas manusia. Banyak sistem yang telah dikembangkan dan digunakan oleh masyarakat luas namun seringkali masyarakat mengabaikankan keamanan sistem yang digunakan. Seperti aplikasi online yang tidak terlindungi keamanan datanya. Keamanan jaringan diupayakan untuk mengurangi ancaman fisik/logika yang mengganggu jaringan. Hacking, cracking, carder, phising dan yang lainnya adalah sebuah kata yang menjadi hal mengerikan. Konotasi kata tersebut identik dengan orang-orang yang suka mengganggu sistem keamanan komputer di jaringan. Mereka memahami pengertian hacking sebagai pengetahuan ilegal untuk menjebol sistem keamanan komputer. Persepsi tentang definisi hacking adalah ilmu tentang obrak-abrik komputer di jaringan, sepenuhnya tidak benar. Ada juga teknik diatas memiliki tujuan yang tidak berbahaya misalnya hacking yang digunakan untuk mencari solusi dari celah yang bisa diterobos oleh hacker yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, butuh suatu keamanan untuk mencegah kasus hacking. Sebenarnya sudah ada undang–undang yang mengatur tentang hacking, namun itu masih bersifat manual, sehingga diperlukan suatu sistem untuk menanggulangi hacking. Selain itu, masih banyak masyarakat umum yang belum mengetahui tentang security yang bisa mencegah akan adanya kasus hacking. Untuk itu perlu diadakan seminar dengan tema Seminar dengan topik “Cyber Security, Threat & Ransomware and  Update Technology – Virtual Realty” untuk mengatasi keingintahuan masyarakat umum maupun pelajar atau mahasiswa mengenai dunia security juga hacking dan bagaimana cara menanganinya.  

Tujuan diadakannya Seminar dengan adalah sebagai berikut:

  1. Agar mahasiswa memperoleh wawasan dan pengetahuan terutama dalam hal Cyber Security
  2. Agar mahasiswa dapat mengetahui bagaimanakah perkembangan Cyber Security dan antivirus yang berkembang

Pembicara Seminar adalah Team dari PT. Nusantara Utama Technology (Kaspersky) dan PT. Nusantara Jaya Technology (Gigabyte).

Target peserta seminar adalah seluruh civitas Fakultas Teknologi dan Desain (Prodi SI, TI, dan DKV) Universitas Bunda Mulia.

Waktu dan tempat pelaksanaanya adalah Sabtu, 26 Mei 2018 di The UBM Hall Lantai 8 Universitas Bunda Mulia.

Berikut seluruh dokumentasi selama kegiatan seminar berlangsung.