PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT “Teknologi Informasi dalam Industri E-Commerce di Indonesia” Di PANTI ASUHAN HARAPAN REMAJA

IMG_6767 IMG_6784 IMG_6794 IMG_6805 IMG_6808 IMG_6809 IMG_6881 IMG_6885 IMG_6903

Acara pengabdian kepada masyarakat kali ini adalah adalah memberikan pelatihan/pembekalan kepada siswa usia 13-17 tahun dilingkungan Panti Asuhan Harapan Remaja agar dapat mengerti tentang pemanfaatan teknologi dalam E-Commerce yang ada di Indonesia.

Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission), oleh para ahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan definisinya. Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, “e-commerce is a part of e-business”.
Media elektronik yang dibicarakan di dalam tulisan ini untuk sementara hanya difokuskan dalam hal penggunaan media internet. Pasalnya, penggunaan internetlah yang saat ini paling populer digunakan oleh banyak orang, selain merupakan hal yang bisa dikategorikan sebagai hal yang sedang ‘booming’. Perlu digarisbawahi, dengan adanya perkembangan teknologi di masa mendatang, terbuka kemungkinan adanya penggunaan media jaringan lain selain internet dalam e-commerce. Jadi pemikiran kita jangan hanya terpaku pada penggunaan media internet belaka.
Penggunaan internet dipilih oleh kebanyakan orang sekarang ini karena kemudahan-kemudahan yang dimiliki oleh jaringan internet, yaitu Internet sebagai jaringan publik yang sangat besar (huge/widespread network), layaknya yang dimiliki suatu jaringan publik elektronik, yaitu murah, cepat dan kemudahan akses. Menggunakan electronic data sebagai media penyampaian pesan/data sehingga dapat dilakukan pengiriman dan penerimaan informasi secara mudah dan ringkas, baik dalam bentuk data elektronik analog maupun digital.

Adapun rangkaian acara PKM yaitu :
Hari /Tanggal : Sabtu, 21 September 2019
Waktu : 08:00 – 15:00
Tempat : Panti Asuhan Harapan Remaja
Jumlah Peserta : 15 remaja
Jumlah Dosen Prodi : 3 Dosen
Jumlah Mahasiswa : 2 Mahasiswa
Tema Acara : Pelatihan dan Pembekalan