Pengabdian Kepada Masyarakat: Pengenalan dan Pemanfaatan ICT dalam E-Business dan Market Place

Electronic Marketplace (E-Market Place) merupakan sebuah pasar virtual dimana pasar tersebut menjadi tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi. E-market mempunyai fungsi yang sama dengan sebuah pasar tradisional, hanya saja yang menjadi perbedaan nya adalah E-Market ini lebih terkomputerisasi dengan menggunakan bantuan sebuah jaringan dalam mendukung sebuah pasar agar dapat dilakukan secara efisien dalam menyediakan update informasi dan layanan jasa untuk penjual dan pembeli yang berbeda-beda. Fungsi sebuah pasar sendiri adalah:

a. Menghubungkan antara penjual dan pembeli
b. Menentukan produk yang akan ditawarkan. Mencari pembeli atau penjual. Menemukan harga yang sesuai.

c. Memfasilitasi transaksi
d. Transaksi antara lain pembayaran, pengiriman, pertukaran informasi dll
e. Menyediakan infrastruktur
Oleh karena itu di zaman sekarang ini sangat penting untuk memberikan pengenalan sejak dini kepada siswa agar mengerti manfaat dari ebusiness dan marketplace yang ada di Indonesia.

Berdasarkan hal tersebut, Program studi Sistem Informasi Universita Bunda Mulia mengadakan pelatihan/pembekalan kepada anak usia 13-17 tahun di RPTRA Dharma Suci dengan harapan peserta pelatihan dapat mengerti dan memanfaatkan aplikasi android yang ada untuk meningkatkan pengetahuan kepada para siswa sejak dini.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di RPTRA Dharma Suci berjalan dengan baik. Adapun susunan pelaksanaan PKM yaitu :
Waktu, Tempat
Hari / Tanggal : Sabtu, 6 Juli 2019
Waktu : 08.00 – 15.00
Tempat : RPTRA Dharma Suci
Jumlah Peserta : 15 remaja
Bentuk Acara : Pelatihan dan Pembekalan

2 1Pak FranckaPak FauziPak Deny