Kuliah Umum “E-Business & IoT” Des 2018

Kampus UBM Alam Sutera,

1 Desember 2018.

 

Dalam persaingan dunia bisnis yang semakin tinggi, maka diperlukan sebuah sistem kerja yang cepat, efektif dan efisien. Apalagi pada saat ini komunikasi bisnis mulai beralih dari komunikasi langsung hingga komunikasi dengan bantuan internet atau bisa dikategorikan ­E-Business. Dengan bertambahnya jalur penjualan produk, konsumen tidak hanya berbelanja di dunia nyata melalui department stores atau mall. Kini penggunaan teknologi memungkinkan bisa melakukan aktifitas pembelian melalui internet dengan tidak harus beranjak dari rumah atau pun kamar tidur, namun cukup membuka komputer dengan mengetik alamat situs yang dikehendaki, kemudian aktifitas transaksi dapat dilakukan. Persaingan dalam pelayanan dan tuntutan kebutuhan informasi serta pengetahuan masyarakat saat ini mendorong pemasar untuk memberikan nilai pada pelayanan berupa kemudahan untuk memenuhi kebutuhan informasi.

Sedangkan, Internet of Things sendiri memiliki konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat yang tersambung dalam koneksi internet secara terus menerus. Sebagai contoh benda elektronik, bahan pangan dan termasuk benda hidup dan masih banyak lagi. Benda tersebut dapat ditanamkan sensor yang dibuat selalu aktif dan terhubung secara luas, baik dengan jaringan lokal maupun dengan jaringan global. Dalam industri, peralatan-peralatan dapat dirancang untuk memberikan informasi mengenai kondisinya. Misalnya ada peralatan yang membutuhkan bahan bakar, dan peralatan tersebut memancarkan informasi status bahakn bakarnya secara periodik ke suatu peralatan lain melalui jaringan internet. Dengan adanya sistem ini, maka kita dengan mudah memantau peralatan-peralatan yang digunakan dalam kantor kita. Memudahkan pemantauan akan mengindarkan kita dari situasi suatu mesin tidak berfungsi karena terlambat melakukan pemeliharaan. Dalam aplikasi dalam rumah tangga, saat kita belok ke halaman depan rumah kita, garasi langsung membuka. Pada saat garasi membuka, lampu ruangan dan AC akan langsung menyala.

Berkenaan dengan hal tersebut, Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi, selaku salah satu lembaga yang konsen pada perkembangan keilmuan dan pengetahuan pengolahan data (meliputi pemerolehan, kurasi, penyimpanan, penelusuran, pembagian, pemindahan, analisis, dan visualisasi data) serta sebagai institusi yang juga merupakan penghasil sumber daya manusia dalam bidang informatika dan keilmuan komputer menyelenggarakan “Kuliah Umum E-Business & IoT”.

 

IMG-20181201-WA0052 IMG-20181201-WA0047 IMG-20181201-WA0080IMG-20181201-WA0057