Pemenang Hibah Dikti: PKM-KC 2019

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2001 merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Tahun 2019, 3 Mahasiswa prodi Sistem informasi yaitu Lydia Liliana, Adam Surya Wijaya dan Nico Fernando menjadi  salah satu pemenang dalam hibah PKM yang diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tersebut. Judul proposal yang didanai adalah “YUK LES : SISTEM INFORMASI PENYEDIA JASA LES PRIVATE ONLINE”. Luaran yang diharapkan oleh penulis yaitu aplikasi sistem informasi berbasis mobile yang dapat memudahkan siswa dalam melakukan pencarian dan pemesanan jasa les private online untuk memperoleh soft skill yang sesuai dengan kompetensi mereka. Aplikasi ini juga memberikan peluang kepada mahasiswa dan masyarakat yang ingin mendapatkan pekerjaan sesuai dengan skill yang dimiliki. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur notifikasi waktu les dimulai dan selesai, fitur notifikasi progress pembayaran dan verifikasi.

Pemenang Web Design Competition 2019

Techno Art: WEB Design Competition 2019 adalah salah satu kompetisi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa SI, Universitas Bunda Mulia yang merupakan serangkaian kegiatan Techno Art 1.0 yang diadakan oleh Fakultas Teknologi & Design. Kegiatan ini ditujukan bagi siswa-siswi SMA/SMK. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat melatih kemampuan siswa/i dalam bidang pengembangan WEB. Tema kompetisi ini adalah “Technology for Sosial Impact”.  Lomba ini diikuti oleh siswa/i dari SMA JABODETABEK, Malang & Bali. Pemenang juara 1 sampai 3 mendapatkan uang tunai, sertifikat, plakat dan beasiswa lanjut untuk kuliah di Prodi Sistem Informasi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah kreatifitas siswa dalam berpartisipasi menjawab masalah sosial disekitar dengan adanya perkembangan teknologi. Berikut merupakan nama pemenang WEB Design Competition 2019.

List Peserta & Pemenang WDC 2019

TechnoArt 2019: Challenging Technology and Creativity in Industry 4.0 (CTC in 4.0)

Techno Art: WEB Design Competition 2019 adalah salah satu kompetisi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa SI, Universitas Bunda Mulia yang merupakan serangkaian kegiatan Techno Art 1.0 yang diadakan oleh Fakultas Teknologi & Design. Kegiatan ini ditujukan bagi siswa-siswi SMA/SMK. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat melatih kemampuan siswa/i dalam bidang pengembangan WEB. Tema kompetisi ini adalah “Technology for Sosial Impact”. Dengan mengusung tema ini diharapkan dapat memotivasi siswa-siswi SMA/SMK untuk turut serta berkontribusi dengan kreativitas dan ide dalam menjawab permasalahan sosial di masyarakat menggunakan teknologi. Berikut detail deskripsi tahapan lomba.

Masing-masing tim, berkompetisi untuk membuat desain WEB yang kreatif dan menarik sesuai dengan tema yang ditentukan. Setiap tim akan melakukan pengumpulan hasil WEB desain via email sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Juri akan melakukan seleksi dan memilih 3 karya terbaik yang akan dijadikan pemenang dalam kompetisi ini. Detail kompetisi adalah sebagai berikut.
• Periode pendaftaran : sd 1 April 2019
• Biaya Pendaftaran : GRATIS
• Melengkapi syarat yang dibutuhkan sebelum periode pendaftaran berakhir:
Nama tim & Biodata tim (Nama, No. Hp, email)
Data Guru Pendamping (Nama, No. Hp, email)
Dokumen pendukung : Scan Kartu Pelajar tiap siswa
Pendaftaran offline dari PIC tiap sekolah masing-masing.
• Pendaftaran via online melalui link berikut: bit.ly/registrasiwdc dengan melengkapi form biodata diri dan upload syarat pendaftaran.
• Melakukan pengumpulan hasil desain WEB via email ke ubm.sicompetition@gmail.com .
• *Karya yang dikumpulkan :
Screenshot website
File website (disimpan dalam 1 folder dengan nama folder NamaTim_WEBdesign)
*) File disatukan dalam folder dengan nama folder Siswa_NamaTIM_WDC
• Format Karya : 1 file dalam format (.zip/rar)
• Subject Email : Siswa_NamaTIM_WDC
Pada tanggal 26 april 2019, pengumuman pemenang dan rewarding kompetisi Techno Art 2019 akan diselenggarakan di kampus Ancol, Universitas Bunda Mulia. Acara ini dirangkaikan dengan kegiatan penutupan Techno Art 2019. Seluruh peserta kompetisi ini, WAJIB untuk menghadiri acara rewarding.
Panitia tidak menyediakan transportasi antar-jemput untuk peserta, sehingga diharapkan tiap sekolah untuk menyediakan transportasi bagi siswa/i yang menjadi peserta lomba.
1. Peserta TechnoArt: WEB design Competition 2019 untuk siswa adalah 1 tim yang berasal dari sekolah yang sama yang terdiri dari 2-3 orang
2. Peserta merupakan siswa SMA/SMK yang berstatus AKTIF
3. Sekolah diperbolehkan mendaftarkan lebih dari 1 tim
4. 1 siswa hanya boleh terdaftar dalam1 tim
5. Pendaftaran dilakukan secara online di bit.ly/registrasiwdc

Contact Person :

Pranchis 0857 1867 1010

Yemima   0812 5412 9233

Info dan pengumuman lengkap cek ig: @himsiubm

Rule Book Web Design Competition dapat di unduh di link berikut ini : bit.ly/panduanlombawdc

 

 

Kunjungan Industri: PT. Global Jet Commerce

E-commerce atau perdagangan elektronik yang memungkinkan transaksi jual beli dilakukan secara online dari sudut tempat mana pun. Perkembangan yang pesat dan banyaknya penggunaan IT dalam dunia bisnis terutama atas perkembangan e-commerce menyebabkan meningkatnya permintaan akan tenaga kerja profesional dalam bidang SI/TI.  Pada Senin, 13 Mei 2019, Mahasiswa Prodi Sistem Informasi melakukan kunjungan Industri pada PT. Global Jet Commerce. Tujuan dari kegiatan ini yaitu mahasiswa dapat merasakan langsung atmosfer dunia kerja khususnya pada industri yang bergerak dalam menyediakan layanan dan solusi digital platform.

Tag: Kampus Serpong

 
 
 
 

Cloud Computing Bootcamp UI

Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi bekerja sama dengan Amazon Web Service (AWS) dan Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakakegiatan Cloud Computing Bootcamp yang akan memberikan dasar-dasar keterampilan dalam cloud computing system.

Universitas Bunda Mulia mengikutsertakan 4 tenaga pserengajar dan 10 mahasiswa/i untuk mengikuti kegiatan “Cloud Computing BootCamp”. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 2 – 3 Mei 2019, dan dilakukan seleksi untuk 100 mahasiswa/i terbaik yang akan mengikuti “Game Day-Cloud Computing BootCamp” pada tanggal 4 Mei 2019 untuk merebutkan medali “AWS GAME DAY”.  Tujuan mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat mendukung mahasiswa/i untuk dapat bersaing dalam dunia industri dan menambah pengetahuan bagi tenaga pengajar dalam bidang cloud computing.

 
 
 
 

Beasiswa Dicoding: Azure Cloud Developer

Cloud Computing adalah salah satu teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan dan pemrosesan data. Microsoft Azure adalah salah satu dari cloud computing. Cloud computing merupakan #1 hard skill yang paling dibutuhkan perusahaan (sumber).  Dicoding bekerjasama dengan microsoft memberikan kelas untuk mempelajari mengenai Azure Cloud Computing. Mewakili prodi Sistem informasi, Billy Anderson Matjik kembali mendapatkan beasiswa untuk mengikuti training selama 50 hari. Training ini berisi mengenai teori dan praktik penggunaan cloud computing Azure App Service, layanan Platform-as-a-Service dari Microsoft Azure, layanan basis data yang bisa digunakan pada Microsoft Azure, jenis-jenis penyimpanan yang bisa digunakan pada Microsoft Azure, layanan-layanan kognitif pada Microsoft Azure yang bisa digunakan developer dalam mengembangkan aplikasinya, dan membangun arsitektur aplikasi pada Microsoft Azure yang sesuai dengan best practice.

 

Link academy : Azure Cloude Developer

azure

 

Kunjungan Industri: Data Center PT. Media Akses Global Indo

PT. Media Akses Global Indo merupakan salah satu perusahaan IT yang menyediakan produk dan jasa sebagai solusi dari keamanan komunikasi jaringan. Beberapa produk & jasa yang disediakan adalah MEDIANET IP-transit Service, Fiber Optic and Local Loop Access Service Satelite Media Access Packages (SMAP) dan Data Center. Pada tanggal 10 April 2019, Prodi Sistem Informasi melakukan kunjungan industri ke PT. Media Akses Global Indo pada divisi data Center. Data center merupakan fasilitas yang terdiri dari jaringan komputer dan penyimpanan yang digunakan oleh bisnis atau organisasi lain untuk mengatur, memproses, menyimpan, dan menyebarluaskan data dalam jumlah yang besar. Mahasiswa diajak untuk melihat dan mengetahui langsung lokasi Data Center serta mengetahui prosedur operational Data Center di PT. Media Akses Global Indo.

 
 
 
 

TOP 10 Finalis BPNF, UKSW

Business Plan National Competition (BPNC) merupakan kompetisi tingkat nasional yang merupakan salah satu dari 3 rangkaian kegiatan nasional yang diadakan oleh HMPSI, Universitas Kristen Satya Wacana. Kegiatan ini mendukung salah satu program pemerintah yaitu 1000 Start-Up di Indonesia. Pada kompetisi ini, peserta ditantang untuk membuat rancangan atau ide bisnis yang kreatif dan inovatif serta dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Mulai dari ide, perencanaan keuangan sampai kepada prototype aplikasi.

Kompetisi ini terdiri dari 2 tahapan. Tahap penyisihan adalah tahap dimana 50 proposal terbaik akan diseleksi, selanjutnya jika masuk 50 besar peserta melakukan daftar ulang sesuai dengan waktu yang ditentukan. Lalu, akan dilakukan seleksi tahap kedua yaitu 10 proposal terbaik. Selanjutnya pada tahap final  peserta melakukan presentasi terhadap ide bisnisnya dan melakukan exhibition dari ide bisnisnya, di Universitas Kristen Satya Wacana.

Pada tanggal 4-6 Maret 2019, 2 Tim prodi SI yang terdiri dari 6 Mahasiswa yaitu Albert Yohanes, Billy Anderson Matjik, Charles Martino, James Surya Seputro, Ronny Kurniawan dan Kevin dengan dosen pembimbing Dwi Hosanna Bangkalang, S.Kom.,M.Cs mengikuti final di Universitas Kristen Satya Wacana. Tahap final merupakan presentasi ide dan Expo Ide bisnis yang diikuti oleh 10 Tim terbaik yang berasal dari UI, ITB, IT Telkom surabaya, dll.

 
 
 
 

Beasiswa Dicoding: Goole Android Developer

Dicoding adalah program yang dikhususkan untuk pengembang aplikasi di Indonesia, dengan bermacam kelas (“Academy”) yang dapat dipelajari secara online/daring, tantangan (“Challenge”) yang dapat dikerjakan, serta kegiatan (“Event”) yang dapat diikuti.

Bekerja sama dengan Google, Dicoding Indonesia memberikan beasiswa kepada dosen & mahasiswa untuk belajar mengembangkan Aplikasi sesuai dengan standar kurikulum Google. 2 dosen dan 1 Mahasiswa SI yaitu Johanes Fernandes Andry, ST., M.Kom, Kevin Christianto, S.Kom., MMSI dan Billy Anderson mendapatkan beasiswa Kelas Menjadi Android Developer Expert.  Program beasiswa ini selama 100 hari untuk mengerjakan project sesuai dengan standar kurikulum google yang telah disesuaikan dengan kebutuhan industri saat ini.

Link academy : Google Android Developer

sertifikat billy

 

Kuliah Umum “E-Business & IoT” Des 2018

Kampus UBM Alam Sutera,

1 Desember 2018.

 

Dalam persaingan dunia bisnis yang semakin tinggi, maka diperlukan sebuah sistem kerja yang cepat, efektif dan efisien. Apalagi pada saat ini komunikasi bisnis mulai beralih dari komunikasi langsung hingga komunikasi dengan bantuan internet atau bisa dikategorikan ­E-Business. Dengan bertambahnya jalur penjualan produk, konsumen tidak hanya berbelanja di dunia nyata melalui department stores atau mall. Kini penggunaan teknologi memungkinkan bisa melakukan aktifitas pembelian melalui internet dengan tidak harus beranjak dari rumah atau pun kamar tidur, namun cukup membuka komputer dengan mengetik alamat situs yang dikehendaki, kemudian aktifitas transaksi dapat dilakukan. Persaingan dalam pelayanan dan tuntutan kebutuhan informasi serta pengetahuan masyarakat saat ini mendorong pemasar untuk memberikan nilai pada pelayanan berupa kemudahan untuk memenuhi kebutuhan informasi.

Sedangkan, Internet of Things sendiri memiliki konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat yang tersambung dalam koneksi internet secara terus menerus. Sebagai contoh benda elektronik, bahan pangan dan termasuk benda hidup dan masih banyak lagi. Benda tersebut dapat ditanamkan sensor yang dibuat selalu aktif dan terhubung secara luas, baik dengan jaringan lokal maupun dengan jaringan global. Dalam industri, peralatan-peralatan dapat dirancang untuk memberikan informasi mengenai kondisinya. Misalnya ada peralatan yang membutuhkan bahan bakar, dan peralatan tersebut memancarkan informasi status bahakn bakarnya secara periodik ke suatu peralatan lain melalui jaringan internet. Dengan adanya sistem ini, maka kita dengan mudah memantau peralatan-peralatan yang digunakan dalam kantor kita. Memudahkan pemantauan akan mengindarkan kita dari situasi suatu mesin tidak berfungsi karena terlambat melakukan pemeliharaan. Dalam aplikasi dalam rumah tangga, saat kita belok ke halaman depan rumah kita, garasi langsung membuka. Pada saat garasi membuka, lampu ruangan dan AC akan langsung menyala.

Berkenaan dengan hal tersebut, Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi, selaku salah satu lembaga yang konsen pada perkembangan keilmuan dan pengetahuan pengolahan data (meliputi pemerolehan, kurasi, penyimpanan, penelusuran, pembagian, pemindahan, analisis, dan visualisasi data) serta sebagai institusi yang juga merupakan penghasil sumber daya manusia dalam bidang informatika dan keilmuan komputer menyelenggarakan “Kuliah Umum E-Business & IoT”.

 

IMG-20181201-WA0052 IMG-20181201-WA0047 IMG-20181201-WA0080IMG-20181201-WA0057