Pengabdian Kepada Masyarakat: Pengenalan dan Pemanfaatan ICT dalam E-Business dan Market Place

Electronic Marketplace (E-Market Place) merupakan sebuah pasar virtual dimana pasar tersebut menjadi tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi. E-market mempunyai fungsi yang sama dengan sebuah pasar tradisional, hanya saja yang menjadi perbedaan nya adalah E-Market ini lebih terkomputerisasi dengan menggunakan bantuan sebuah jaringan dalam mendukung sebuah pasar agar dapat dilakukan secara efisien dalam menyediakan update informasi dan layanan jasa untuk penjual dan pembeli yang berbeda-beda. Fungsi sebuah pasar sendiri adalah:

a. Menghubungkan antara penjual dan pembeli
b. Menentukan produk yang akan ditawarkan. Mencari pembeli atau penjual. Menemukan harga yang sesuai.

c. Memfasilitasi transaksi
d. Transaksi antara lain pembayaran, pengiriman, pertukaran informasi dll
e. Menyediakan infrastruktur
Oleh karena itu di zaman sekarang ini sangat penting untuk memberikan pengenalan sejak dini kepada siswa agar mengerti manfaat dari ebusiness dan marketplace yang ada di Indonesia.

Berdasarkan hal tersebut, Program studi Sistem Informasi Universita Bunda Mulia mengadakan pelatihan/pembekalan kepada anak usia 13-17 tahun di RPTRA Dharma Suci dengan harapan peserta pelatihan dapat mengerti dan memanfaatkan aplikasi android yang ada untuk meningkatkan pengetahuan kepada para siswa sejak dini.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di RPTRA Dharma Suci berjalan dengan baik. Adapun susunan pelaksanaan PKM yaitu :
Waktu, Tempat
Hari / Tanggal : Sabtu, 6 Juli 2019
Waktu : 08.00 – 15.00
Tempat : RPTRA Dharma Suci
Jumlah Peserta : 15 remaja
Bentuk Acara : Pelatihan dan Pembekalan

2 1Pak FranckaPak FauziPak Deny

Pengabdian Kepada Masyarakat: Pengenalan Aplikasi Pembelajaran Online (YUK LES) Bagi Para Siswa di RPTRA Dharma Suci

Eksistensi perguruan tinggi ditentukan oleh kemampuannya memberi kontribusi pada masyarakat. Pengabdian masyarakat
memiliki esensi yang sangat penting bagi aspek tata guna laksana dari pengembangan ilmu pengetahuan.
Acara pengabdian kepada masyarakat kali ini adalah adalah memberikan pelatihan/pembekalan kepada siswa usia 13-17 tahun
dilingkungan RPTRA Dharma Suci.

Atas dasar nilai-nilai normatif tersebut di atas Program Studi Sistem Informasi Universitas Bunda Mulia Jakarta mempunyai
gagasan untuk melakukan pelatihan untuk memberikan pengenalan mengenai pembelajar online dan fitur – fitur aplikasi YUK
LES yang dibuat oleh mahasiswa prodi SI.

Aplikasi “Yuk Les” menawarkan kemudahan kepada siswa untuk menemukan pengajar soft skill yang mumpuni di
bidangnya. Bukan hanya membantu siswa, aplikasi ini mengakomodir masyarakat yang mempunyai skill terutama mahasiswa
yang dapat mengisi waktu luangnya untuk mendapatkan lapangan pekerjaan baru, tidak menutup kemungkinan untuk
masyarakat yang ingin menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan penuh waktu.
Dengan aplikasi ini, orang tua/siswa dapat melihat catatan pendidikan, penghargaan hingga kemampuan apa yang dimiliki oleh
pengajar sehingga siswa merasa yakin terhadap pengajar yang dipilih. Selain itu, aplikasi ini menawarkan kemudahan untuk
memilih waktu dan tempat les, jumlah orang dalam satu kelas hingga memilih biaya les. Fitur tambahan lainnya ialah adanya
notifikasi untuk mengingatkan pengguna ketika les akan dimulai dan kapan les akan berakhir. Dengan demikian, diharapkan
siswa di Jakarta Utara dimudahkan dengan adanya aplikasi “Yuk Les” dalam memilih jasa les private soft skill yang diinginkan
sehingga dapat meningkatkan soft skillnya dan diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan untuk mahasiswa ataupun
masyarakat yang mempunyai kemampuan yang dapat di bagikan kepada siswa.

Adapun Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PKM) Yuk Les pada :

Hari / Tanggal              : Sabtu, 20 Juli 2019
Waktu                             : 08.00 – 15.00
Tempat                           : RPTRA Dharma Suci
Jumlah Peserta             : 20 anak
Bentuk Acara                : Pelatihan dan Pembekalan

WhatsApp Image 2019-08-08 at 16.13.37 WhatsApp Image 2019-08-08 at 16.13.37(1) WhatsApp Image 2019-08-08 at 16.13.36yuk les 1YanthiJulianJuliaHonni

Kunjungan Industri: PT. Sinar Sosro

PT. Sinar Sosro adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang minuman ringan, terutama yang berbahan dasar teh. PT Sinar Sosro merupakan perusahaan minuman teh siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia dan di dunia. Pada tanggal 29 Oktober 2018, mahasiswa jurusan Sistem Informasi semester 3 dan 5 Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol mengadakan kunjungan industri ke pabrik Sinar Sosro. Kunjungan industri ini dilaksanakan dengan tujuan menambha pengetahuan dan pengalaman tentang dunia kerja serta memberikan gambaran dunia industri. Disana mereka dijelaskan mengenai asal mula sejarah Sinar Sosro terbentuk, melihat produksi teh di dalam pabrik hingga melihat-lihat ruangan produksi lainnya dalam pabrik tersebut.

IMG-20190626-WA0009 IMG-20190626-WA0007 IMG-20190626-WA0004IMG-20190626-WA0008

Pendaftaran HAKI Scan Event-Ku Apps

Penggunaan Teknologi untuk menjawab permasalahan sosial sudah menjadi salah satu trend di era Evolusi 4.0. Scan Event-ku Apps adalah satu satu aplikasi karya anak SI. Aplikasi “Scan Eventku” adalah aplikasi mobile dan web terintegrasi yang dapat digunakan dalam proses registrasi peserta. Penyelenggara dapat mendaftarkan acara ke dalam aplikasi dengan mengunggah data peserta dengan format yang sudah ditentukan, kemudian aplikasi akan membuat QR code untuk setiap peserta. Untuk penyelenggara yang sudah mempunyai website pendaftaran, dapat menggunakan REST API “Scan Eventku”. Saat registrasi ulang, penyelenggara  cukup melakukan scan QR code peserta untuk mendaftarkan kehadiran peserta. Aplikasi “Scan Eventku” menawarkan efisiensi waktu proses dan penyimpanan berkas registrasi. Aplikasi “Scan Eventku” mengusung tema ‘One Scan for All’ sehingga aplikasi ini dapat digunakan untuk mendukung proses penyimpanan data dan e-registrasi dalam industri apapun.

Pada tanggal 5 Maret 2019 Aplikasi ini telah release dan tanggal 29 Mei 2019 telah didaftarkan ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual: atas Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI).

 

 

 

 
 
 
 

Pemenang Hibah Dikti: PKM-KC 2019

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2001 merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Tahun 2019, 3 Mahasiswa prodi Sistem informasi yaitu Lydia Liliana, Adam Surya Wijaya dan Nico Fernando menjadi  salah satu pemenang dalam hibah PKM yang diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tersebut. Judul proposal yang didanai adalah “YUK LES : SISTEM INFORMASI PENYEDIA JASA LES PRIVATE ONLINE”. Luaran yang diharapkan oleh penulis yaitu aplikasi sistem informasi berbasis mobile yang dapat memudahkan siswa dalam melakukan pencarian dan pemesanan jasa les private online untuk memperoleh soft skill yang sesuai dengan kompetensi mereka. Aplikasi ini juga memberikan peluang kepada mahasiswa dan masyarakat yang ingin mendapatkan pekerjaan sesuai dengan skill yang dimiliki. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur notifikasi waktu les dimulai dan selesai, fitur notifikasi progress pembayaran dan verifikasi.

Pemenang Web Design Competition 2019

Techno Art: WEB Design Competition 2019 adalah salah satu kompetisi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa SI, Universitas Bunda Mulia yang merupakan serangkaian kegiatan Techno Art 1.0 yang diadakan oleh Fakultas Teknologi & Design. Kegiatan ini ditujukan bagi siswa-siswi SMA/SMK. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat melatih kemampuan siswa/i dalam bidang pengembangan WEB. Tema kompetisi ini adalah “Technology for Sosial Impact”.  Lomba ini diikuti oleh siswa/i dari SMA JABODETABEK, Malang & Bali. Pemenang juara 1 sampai 3 mendapatkan uang tunai, sertifikat, plakat dan beasiswa lanjut untuk kuliah di Prodi Sistem Informasi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah kreatifitas siswa dalam berpartisipasi menjawab masalah sosial disekitar dengan adanya perkembangan teknologi. Berikut merupakan nama pemenang WEB Design Competition 2019.

List Peserta & Pemenang WDC 2019

TechnoArt 2019: Challenging Technology and Creativity in Industry 4.0 (CTC in 4.0)

Techno Art: WEB Design Competition 2019 adalah salah satu kompetisi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa SI, Universitas Bunda Mulia yang merupakan serangkaian kegiatan Techno Art 1.0 yang diadakan oleh Fakultas Teknologi & Design. Kegiatan ini ditujukan bagi siswa-siswi SMA/SMK. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat melatih kemampuan siswa/i dalam bidang pengembangan WEB. Tema kompetisi ini adalah “Technology for Sosial Impact”. Dengan mengusung tema ini diharapkan dapat memotivasi siswa-siswi SMA/SMK untuk turut serta berkontribusi dengan kreativitas dan ide dalam menjawab permasalahan sosial di masyarakat menggunakan teknologi. Berikut detail deskripsi tahapan lomba.

Masing-masing tim, berkompetisi untuk membuat desain WEB yang kreatif dan menarik sesuai dengan tema yang ditentukan. Setiap tim akan melakukan pengumpulan hasil WEB desain via email sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Juri akan melakukan seleksi dan memilih 3 karya terbaik yang akan dijadikan pemenang dalam kompetisi ini. Detail kompetisi adalah sebagai berikut.
• Periode pendaftaran : sd 1 April 2019
• Biaya Pendaftaran : GRATIS
• Melengkapi syarat yang dibutuhkan sebelum periode pendaftaran berakhir:
Nama tim & Biodata tim (Nama, No. Hp, email)
Data Guru Pendamping (Nama, No. Hp, email)
Dokumen pendukung : Scan Kartu Pelajar tiap siswa
Pendaftaran offline dari PIC tiap sekolah masing-masing.
• Pendaftaran via online melalui link berikut: bit.ly/registrasiwdc dengan melengkapi form biodata diri dan upload syarat pendaftaran.
• Melakukan pengumpulan hasil desain WEB via email ke ubm.sicompetition@gmail.com .
• *Karya yang dikumpulkan :
Screenshot website
File website (disimpan dalam 1 folder dengan nama folder NamaTim_WEBdesign)
*) File disatukan dalam folder dengan nama folder Siswa_NamaTIM_WDC
• Format Karya : 1 file dalam format (.zip/rar)
• Subject Email : Siswa_NamaTIM_WDC
Pada tanggal 26 april 2019, pengumuman pemenang dan rewarding kompetisi Techno Art 2019 akan diselenggarakan di kampus Ancol, Universitas Bunda Mulia. Acara ini dirangkaikan dengan kegiatan penutupan Techno Art 2019. Seluruh peserta kompetisi ini, WAJIB untuk menghadiri acara rewarding.
Panitia tidak menyediakan transportasi antar-jemput untuk peserta, sehingga diharapkan tiap sekolah untuk menyediakan transportasi bagi siswa/i yang menjadi peserta lomba.
1. Peserta TechnoArt: WEB design Competition 2019 untuk siswa adalah 1 tim yang berasal dari sekolah yang sama yang terdiri dari 2-3 orang
2. Peserta merupakan siswa SMA/SMK yang berstatus AKTIF
3. Sekolah diperbolehkan mendaftarkan lebih dari 1 tim
4. 1 siswa hanya boleh terdaftar dalam1 tim
5. Pendaftaran dilakukan secara online di bit.ly/registrasiwdc

Contact Person :

Pranchis 0857 1867 1010

Yemima   0812 5412 9233

Info dan pengumuman lengkap cek ig: @himsiubm

Rule Book Web Design Competition dapat di unduh di link berikut ini : bit.ly/panduanlombawdc

 

 

Kunjungan Industri: PT. Global Jet Commerce

E-commerce atau perdagangan elektronik yang memungkinkan transaksi jual beli dilakukan secara online dari sudut tempat mana pun. Perkembangan yang pesat dan banyaknya penggunaan IT dalam dunia bisnis terutama atas perkembangan e-commerce menyebabkan meningkatnya permintaan akan tenaga kerja profesional dalam bidang SI/TI.  Pada Senin, 13 Mei 2019, Mahasiswa Prodi Sistem Informasi melakukan kunjungan Industri pada PT. Global Jet Commerce. Tujuan dari kegiatan ini yaitu mahasiswa dapat merasakan langsung atmosfer dunia kerja khususnya pada industri yang bergerak dalam menyediakan layanan dan solusi digital platform.

Tag: Kampus Serpong

 
 
 
 

Cloud Computing Bootcamp UI

Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi bekerja sama dengan Amazon Web Service (AWS) dan Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakakegiatan Cloud Computing Bootcamp yang akan memberikan dasar-dasar keterampilan dalam cloud computing system.

Universitas Bunda Mulia mengikutsertakan 4 tenaga pserengajar dan 10 mahasiswa/i untuk mengikuti kegiatan “Cloud Computing BootCamp”. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 2 – 3 Mei 2019, dan dilakukan seleksi untuk 100 mahasiswa/i terbaik yang akan mengikuti “Game Day-Cloud Computing BootCamp” pada tanggal 4 Mei 2019 untuk merebutkan medali “AWS GAME DAY”.  Tujuan mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat mendukung mahasiswa/i untuk dapat bersaing dalam dunia industri dan menambah pengetahuan bagi tenaga pengajar dalam bidang cloud computing.

 
 
 
 

Beasiswa Dicoding: Azure Cloud Developer

Cloud Computing adalah salah satu teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan dan pemrosesan data. Microsoft Azure adalah salah satu dari cloud computing. Cloud computing merupakan #1 hard skill yang paling dibutuhkan perusahaan (sumber).  Dicoding bekerjasama dengan microsoft memberikan kelas untuk mempelajari mengenai Azure Cloud Computing. Mewakili prodi Sistem informasi, Billy Anderson Matjik kembali mendapatkan beasiswa untuk mengikuti training selama 50 hari. Training ini berisi mengenai teori dan praktik penggunaan cloud computing Azure App Service, layanan Platform-as-a-Service dari Microsoft Azure, layanan basis data yang bisa digunakan pada Microsoft Azure, jenis-jenis penyimpanan yang bisa digunakan pada Microsoft Azure, layanan-layanan kognitif pada Microsoft Azure yang bisa digunakan developer dalam mengembangkan aplikasinya, dan membangun arsitektur aplikasi pada Microsoft Azure yang sesuai dengan best practice.

 

Link academy : Azure Cloude Developer

azure