Membangun Persahabatan

MEMBANGUN PERSAHABATAN

Menghadapi naik-turunnya persahabatan dan percintaan

Salah satu hal yang paling khusus kamu lakukan untuk diri kamu sendiri dalam kehidupan ini adalah menjalin persahabatan. Persahabatan dapat menyakitkan hatimu atau menyenangkan hatimu dan kadang pada waktu bersamaan. Persahabatan menciptakan ruang di mana kamu dapat belajar, bertumbuh, menciptakan kegembiraan atau mendapat dukungan, dan meluaskan dirimu.

Hal yang sering terjadi didalam sebuah persahabatan :

Kompetisi (Persaingan)

Kompetisi adalah tentang kalah dan menang. Kompetisi ini baik dalam pertandingan atau situasi tertentu, tetapi di dalam persahabatan lebih baik tidak ada kompetisi. Umumnya, persaingan tidak akan membangun persahabatan, malahan dapat menyebabkan cucuran air mata.

Inti persaingan adalah ketika kamu membandingkan diri kamu dengan orang lain. Kamu tidak akan pernah menang. Kamu akan merasa tidak lagi superior dan lebih baik, atau tidak aman dan tidak cukup, karena kamu percaya bahwa orang lain lebih baik daripada kamu.

Iri Hati atau Cemburu

Cemburu atau iri hati adalah masalah yang sangat sulit di dalam persahabatan. Masalah ini muncul karena mempertahankan pendapat bahwa saya benar dan orang lain salah, yang timbul karena perasaan tidak aman. Pikirkanlah hal itu. Jika kamu menemukan diri kamu didalam situasi dimana kamu membutuhkan pembenaran atas perasaan yang membuat kamu menciptakan cerita sendiri mengenai masalah itu. Tanpa sadar, kita menciptkan cerita versi sendiri ketika kita dikuasai perasaan negatif dan kita membiarkan perasaan negatif tersebut berputar dan terus berputar di kepala kita, menyingkirkan kejadian yang sebebnarnya. Jika ini yang terjadi, pergilah ke orang yang bersangkutan dan berbicaralah. Katakan, “Saya mempunyai perasaan seperti ini sekarang dan saya perlu membicarakannya agar perasaan saya menjadi lebih baik dalam menghadapi situasi ini. ” Jangan menyerang dan membuat cerita sendiri mengenai masalah ini. Tanyakan, “bagaimana kita dapat memperbaiki masalah ini? saya membutuhkan bantuan.”

Membandingkan

Hal lain yang dapat memutuskan tali persahabatan adalah membanding-bandingkan. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah seperti membandingkan apel dan pisang. Keduanya punya rasa enak, keduanya bergizi dan bervitamin, keduanya punya kegunaan tetapi tidak sama kegunaannya, keduanya berharga, hanya saja tidak dengan cara yang benar-benar sama.

Sebuah quotes mengatakan ” Jika kamu membandingkan diri kamu dengan orang lain, kamu bisa menjadi sombong atau merasa kalah; selalu ada orang yang lebih baik atau lebih kurang baik daripada diri kamu”. By : Desiderata.

Hal yang perlu kamu lakukan untuk membangun sebuah persahabatan :

Jadilah Diri Sendiri

Kamu adalah sebuah individu. Kehidupan bukanlah sebuah kompetisi untuk megalahkan orang lain atau berpikir bahwa kamu lebih baik daripada orang lain. Jadilah diri kamu sendiri.

Jangan berusaha menjadi sesuatu yang bukan diri kamu. Jelaskan nilai moral dan pemikiran kamu kepada orang lain. Kamu tidak harus setuju dengan mereka, tetapi kamu perlu mengekspresikan nilai moral dan kepercayaan kamu untuk memberikan kesempatan kepada mereka agar dapat memahami siapa kamu sebenarnya, bahkan jika mereka tidak mau memahami kamu.

Diperlukan keberanian untuk berbicara. Jika orang lain tidak mau menerima kamu apa adanya, mereka akan menjauh. Dengan berbicara tentang kebenaran, kamu memberi kesempatan berkembangnya hubungan yang baik dan benar, tidak ada pretensi dan kebohongan.

Jujurlah dalam Persahabatan

Tetapkan standar dan batasan bagi diri kamu, berlakulah jujur kepada teman tentang siapa kamu sebenarnya dan apa yang kamu yakini. Setiap oerselisihan dan konfrontasi dengan temabn merupakan peluang untuk memabngun persahabatan. KAdangkala rasa sakit dan tidak enak dalam jangka waktu pendek adalah harga karcis masuk yang kamu bayar menuju tingkat pertemanan dan percintaan yang lebih tinggi.

 

 

Book of Young-Vicki Bennett