FGD (Focus Group Discussion) with Alfa Team

Untitled

Kamis, 12 September 2019, mahasiswa perwakilan Hima Prodi Manajemen dengan Hima prodi lainnya berkesempatan mengikuti kegiatan FGD (Focus Group Discussion) with Alfa Team di Universitas Bunda Mulia Kampus Serpong
Tujuan pelaksanaan acara ini untuk mencari tahu terkait keinginan konsumen Milenial saat ini sekaligus adanya pengenalan produk baru dari Alfa, yaitu Alfa X. Acara dipimpin oleh Ibu Deanita Stepfanie Hadi, S.Kom., M.M. selaku Project Leader Alfa X Development dan Bapak Wildan Karim Anggaperbata, S.Pd. selaku Knowledge Management Specialist.
Acara berlangsung dengan lancar dan kondusif, Di akhir acara, seluruh mahasiswa/i yang mengikuti acara tersebut diberikan bingkisan berupa goodie bag.

Semiloka Dosen Program Studi Manajemen “ Adult Learning Techniques by Malcolm Knowles”

Untitled

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada hari Jumat, 06 September 2019, diadakan semiloka/pelatihan dosen Program Studi Manajemen yang membahas mengenai teknik mengajar dengan tema  “ Adult Learning Techniques by Malcolm Knowles ” yang dibawakan oleh Bapak Antakirana, M.Pd, CPBA,CPVA. Beliau merupakan Founder dan CEO PT. Komunika Cipta Performa sekaligus Trainer dan Coach tersertifikasi CPBA & CPVA – USA dan Associate Certified Coach – USA. Beliau juga Tersertifikasi Master Practitioner Neuro-Semantics NLP – USA dan merupakan seorang Penulis Buku.

Untitled

 

 

 

 

Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB yang dibuka oleh MC yaitu Ibu Lusiana, SE., MM. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ibu Lelly Christin, SE., MM selaku Ketua Program Studi Manajemen. Selanjutnya pemaparan materi diberikan oleh Bapak  Antakirana, M.Pd, CPBA,CPVA selaku narasumber dan dipandu oleh moderator acara yaitu Bapak Rian Adam, S.Th., MM selaku dosen Program Studi Manajemen.

 

Untitled

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemaparan materi mengenai penerapan metode mengajar berdasarkan 5 asumsi “adult learners” dan prinsip-prinsip teori adult learning andragogy dari Malcolm S. Knowles. Dengan demikian diharapkan para dosen bisa menggunakan teknik belajar yang sesuai dengan “adult learners”. Pemaparan materi ditutup dengan kuis menggunakan aplikasi kahoot.com yang dimenangkan oleh 3 peserta yang diberi hadiah berupa buku karya Bapak Antakirana. Lalu dilanjutkan dengan pemberian Sertifikat kepada moderator dan pembicara yang diserahkan oleh Ibu Lelly Christin, SE., MM, dilanjutkan dengan foto bersama. Pukul 11.30 acara diakhiri dengan makan siang.

 

PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS BUNDA MULIA KAMPUS ANCOL MENGIKUTI ACARA BUSINESS AND ECONOMICS NATIONAL CONFERENCE – CALL FOR PAPERS, SEMINAR & RESEARCH METHODS WORKSHOP (27 AGUSTUS 2019)

Untitled

Pada tanggal 27 Agustus 2019, Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia menugaskan dua dosen tetap Kampus Ancol yaitu Bapak Andreas Wijaya,SE.,MM dan Ibu Tisia Priskila, SE., M.Si untuk mengikuti acara Business and Economics National Conference (BENC)Call For Papers, Seminar & Research Methods Workshop. Kegiatan ini dilaksanakan di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Kampus Semanggi.

Acara pertama dibuka oleh keynote speakeryaitu Bapak Rudiantara selaku Menteri Telekomunikasi dan Informatika. Narasumber pada acara seminar yang bertemakan “Blockchain & Prospek Bisnis Masa Depan” adalah Bapak Akhis R. Hutabarat, Ph.D selaku Principal Economist Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Bapak Dwi Kurniawan selaku Direktur Strategi Sistem Informasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Ganesha Nara Saputra selaku Manager of IT Governance and Compliance Go-Pay.

Acara berikutnya dilanjutkan dengan sesi paralel presentasimakalah oleh Ibu Tisia Priskila, SE., M.Siyang berjudul “Pengaruh Kualitas Website (WEBQUAL 4.0) dan Kualitas Pelayanan (SERVQUAL) Online to Offline (O2O) Commerce Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Minat Pembelian Ulang. Dilanjutkan dengan Bapak Andreas Wijaya., SE.,MM yang mempersentasikan makalahnya yang berjudul“Pengaruh Bundling Harga Dan Bundling Produk Terhadap Niat Membeli Yang Dimoderasi Oleh Barang Komplementaritas”.

Setelah selesai sesi persentasi makalah, acara dilanjutkan dengan Research Methods Workshop dengan metode R Analysis.Acara ditutup dengan sesi foto bersama peserta dan panitia acara.(aw,ts)

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi Manajemen“Basic Concept Of Retailing Management Training”

Pada hari Senin, 26 Agustus 2019 Program Studi Manajemen mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang sesi kedua bertemakan Basic Concept Of Retailing Management Training. Kegiatan ini diikuti oleh 33 siswa/i Sekolah Bunda Mulia bertempat di Ruang 305 Universitas Bunda Mulia Ancol.

Setelah makan siang sesi 1, selanjutnya kami semua menuju ruang 305 untuk ke acara selanjutnya. Acara diawali dengan pembukaan  ice breaking oleh Egidius Ediet.

Acara selanjutnya dengan penyampaian materi pertama oleh Bapak Andreas Wijaya, SE., MM selaku Dosen Program Studi Manajemen. Beliau membahas tentang Loss Prevention pada usaha ritel seperti pencegahan kerugianyang sering dihadapi dalam bisnis ritel.

Untitled

 

 

 

 

 

Acara selanjutnya dengan penyampaian materi oleh Ibu Novita, SE., M.Si selaku Dosen Program Studi Manajemen. Beliau membahas tentang In-store promotion pada usaha ritel seperti aktivitas promosi banyak cara untuk melakukan promosi, dapat melakukan impulse buying melakukan pembelian tidak direncanakan.

Untitled

 

 

 

 

 

Acara selanjutnya dengan penyampaian materi oleh Bapak Ongky Alex Sander, SE., MM selaku Dosen Program Studi Manajemen. Beliau membahas tentangPricing Management pada usaha ritel seperti strategi – strategi harga ada 4 yaitu teknik umpan, harga bundle/paket, harga referensi, teknik harga ganjil.

Untitled

 

 

 

 

 

Acara selanjutnya dengan penyampaian materi oleh Ibu Lusiana, SE., MM selaku Dosen Program Studi Manajemen. Beliau membahas tentang Visual Merchandising pada usaha ritel seperti mengapa kita perlu tau tentang Visual Merchandising, 4 Rak vertikal yaitu stretch level, eye level, touch level, stoop level dan plannogram.

Untitled

 

 

 

 

 

Acara selanjutnya dengan penyampaian materi oleh Ibu Henilia Yulita, SE., MM., M.I.Kom selaku Dosen Program Studi Manajemen. Beliau membahas tentang Visual Merchandising Puzzle Games dimana siswa dilibatkan untuk bermain games mendisplay barang ke rak.

Untitled

 

 

 

 

 

Acara selanjutnya pengisian kuesioner dan penilaian games oleh Dosen  Program Studi Manajemen sesi kedua. Acara ditutup oleh Ibu Lelly Christin,SE., MM selaku Ketua Program Studi Manajemen.

Untitled

 

 

 

 

Selanjutnya sesi foto bersama dengan siswa Bunda Mulia  dan para dosen didepan The UBM lab ritel laboratorium (TURLA).

Untitled

 

 

 

 

 

 

 

Setelah sesi foto selesai, selanjutnya pengumuman games dan penyerahan hadiah (Voucher Turla) oleh Ibu Henilia Yulita, SE., MM., M.I.kom.

Untitled

 

 

 

 

 

 

Acara Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sesi kedua selesai. Acara ini diharapkan dengan adanya Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Bunda Mulia, siswa Bunda Mulia mendapat pengetahuan, wawasan serta pengalaman yang baru terhadap dunia ritel.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi Manajemen Pengenalan Investasi bagi Generasi Muda

Pada hari Senin, 26 Agustus 2019 Program Studi Manajemen mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang bertemakan Pengenalan Investasi bagi Generasi Muda. Kegiatan ini diikuti oleh 33 orang siswa/i Sekolah Bunda Mulia bertempat di Ruang 537 Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol.
Untitled

Acara diawali dengan pembukaan atau kata sambutan oleh Ibu Lelly Christin, SE., MM  selaku Ketua Program Studi Manajemen.  Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama oleh Ibu Tannia, SE., MM selaku Sekretaris Program Studi Manajemen. Beliau membahas tentang bagaimana cara mengelola keuangan bagi generasi muda dimulai dari membuat rencana keuangan, mengendalikan konsumsi, menabung, mencari pendapatan tambahan, dan lain sebagainya.

Untitled

 

 

Setelah itu, dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua oleh Ibu Lilis Susilawaty, SE., MM selaku Sekretaris Program Studi Manajemen. Beliau membahas tentang pentingnya investasi sejak dini serta manfaat-manfaat umum yang didapatkan jika kita berinvestasi sejak dini.
Untitled

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi ketiga oleh Bapak Dr Fahrul Riza, SE., MSM selaku Dosen Program Studi Manajemen. Beliau membahas tentang pengenalan investasi saham lebih dalam lagi seperti tipe-tipe investor, bagaimana membeli saham, dan jenis-jenis emiten yang go-public.
Untitled

Agar para siswa/i lebih dibekali dengan pengalaman berinvestasi khususnya investasi saham, maka diadakan praktek simulasi trading saham oleh Ibu Eliza Christabella, SE selaku Asisten Dosen Program Studi Manajemen. Beliau membahas cara mendaftar akun saham serta cara pembelian dan penjualan saham melalui aplikasi MNC Trade.
Untitled

 

Setelah itu dilanjutkan dengan kesimpulan oleh MC dan sesi foto bersama dengan siswa/i, guru serta para dosen yang turut serta. Semoga dengan adanya Pengabdian Kepada Masyarakat ini, dapat memberikan edukasi kepada/i siswa bahwa pentingnya mengelola keuangan dan investasi sejak dini.

Untitled

 

 

 

 

Semiloka Dosen Program Studi Manajemen bersama dengan MNC Sekuritas: “Pelatihan Simplifikasi Opening Account sebagai Proses Pembelajaran bagi Dosen”

Untitled

 

Pada tanggal 8 Agustus 2019, Program Studi Manajemen – Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol, bersama dengan MNC Sekuritas mengadakan Semiloka untuk para Dosen dengan tema “Pelatihan Simplifikasi Opening Account sebagai Proses Pembelajaran bagi Dosen”.

Pelatihan ini diharapkan agar para dosen Program Studi Manajemen khususnya para dosen yang mengampu mata kuliah keuangan dapat memanfaatkan simplifikasi opening account kedalam proses perkuliahan.

Program Studi Manajemen mengundang Bapak Rifqi Ramadhan selaku Investment Gallery Officer MNC Sekuritas, untuk berbagi ilmu dan membantu para dosen Manajemen untuk dapat mengoperasikan metode simplifikasi opening account.

Untitled

 

Kegiatan ini berlangsung dari jam 15.00 – 16.00 yang dilaksanakan di Ruang 605, UBM Kampus Ancol. Peserta yang mengikuti kegiatan semiloka ini sebanyak 41 orang.

Dalam kegiatan Semiloka kali ini, dibuka dengan kata sambutan dari Ibu Lelly Christin, SE.,MM selaku Ketua Program Studi Manajemen. Kegiatan pun dimulai dengan pemaparan materi oleh Bapak Rifqi mengenai simplifikasi opening account, beliau menjelaskan mengenai perbedaan antara opening account yang lama dengan simplifikasi opening account, dan menginformasikan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam simplifikasi opening account ini. Kegiatan Semiloka diikuti dengan antusias oleh para dosen yang dibuktikan dari adanya keaktifan di sesi tanya jawab.

Semiloka ini ditutup dengan teknis opening account di Galeri Investasi UBM oleh Ibu Eliza C. Phuanerys, SE. selaku Pengurus Galeri Investasi UBM dan dilanjutkan dengan rapat bersama bagi para dosen Program Studi Manajemen

 

GALERI INVESTASI UNIVERSITAS BUNDA MULIA (GI BEI-UBM-MNCS) MENGHADIRI ACARA TRAIN OF TRAINERS (TOT) DI BURSA EFEK INDONESIA

UntitledKamis, 1 Agustus 2019,  Galeri  Investasi BEI-UBM-MNCS yang diwakilkan oleh Hanna Meilaniwati (12160036) dan Vinstine De Ristie (12170040) menghadiri undangan Train Of Trainers (TOT) di Bursa Efek Indonesia yang bertujuan untuk membekali Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) menjalankan program kerja dan inovasi yang dapat dikembangkan dalam pengembangan pasar modal di kampus dan sekitarnya.

Acara ini diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, yang kemudian dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC dan kata sambutan dari Bapak Marco Poetra Kawet selaku Kepala Kantor Perwakilan Jakarta BEI. Acara ini membahas 4 materi, yaitu Market update & Outlook 2019, Berkarir di Pasar Modal Indonesia, Social Media Marketing dan Effective Public Speaking.

Materi “Market Update &Outlook 2019”dibawakan oleh Ibu Heidy Ruswita Sari selaku Perwakilan dari Divisi Riset BEI yang menjelaskan kondisi Pasar Modal Indonesia dari  tahun sebelumnya hingga saat ini. Dari tahun ke tahun, Pasar Modal Indonesia terus berkembang. Dengan perkembangan tersebut, Menurut Beliau, penting untuk berinvestasi di Pasar Modal Indonesia dalam  jangka waktu yang panjang dan menyebarluaskan potensi Pasar Modal Indonesia ke masyarakat luas. Kemudian dilanjutkan dengan materi “Berkarir di Pasar Modal Indonesia” yang disampaikan oleh Bapak Banyu Adiputra selaku perwakilan dari TICMI. Beliau menerangkan bahwa berkarir di Pasar Modal Indonesia mempunyai peluang yang cukup besar. Hal ini dikarenakan Indonesia memasuki era revolusi industri 4.0 dimana beberapa bidang pekerjaan ada tergantikan dengan oleh mesin, robot dan sebagainya. Dengan masalah tersebut, Beliau menyarankan untuk lebih melatih kemampuan secara spesifik karena menjadi sarjana saja tidak  cukup di era saat ini.

Acara berikutnya, dibawakan oleh Bapak Adjie Bagoes selaku Perwakilan Divisi Sekretaris Perusahaan BEI yang menyampaikan materi “Social Media Marketing”. Materi ini membahas tentang cara-cara penggunaan social media sebagai wadah untuk mempromosikan dan menyebarluaskan galeri investasi di tiap kampus. Terakhir, acara ditutup dengan materi “Effective Public Speaking” yang disampaikan oleh Ibu Maria Katarina selaku perwakilan dari CNBC Indonesia. Beliau menyampaikan bahwa Public Speaking adalah seni dalam berbicara yang ditambahkan dengan intonasi, diksi, artikulasi, dan penekanan. Selain itu, Beliau juga memberikan tata cara untuk berbicara yang baik.

UntitledAcara ditutup dengan penyerahan sertifikat oleh Bapak Hasan Fawzi selaku Direktur Pengembangan BEI kepada perwakilan dari salah satu KSPM  dan foto bersama.

Dengan adanya Train of Trainers ini diharapkan para pengurus Galeri Investasi UBM dapat mengembangkan program kerja dan inovasi di lingkungan kampus dan masyarakat sekitarnya yang tentunya dengan dukungan dari seluruh pengurus dan nasabah GIBEI UBM.

Salam Investor Muda!

Kegiatan Welcoming Freshmen 2019 Program Studi Manajemen

Selasa, 30 Juli 2019 Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen yaitu XCM  (Excellent Community of Management) melaksanakan kegiatan Welcoming Freshmen kepada mahasiswa baru Program StudiManajemen yang telah menjadi kegiatan rutin dalam satu periode untuk anggota aktif  Himpunan Mahasiswa XCM. Kegiatan kali ini, dilakukan di The UBM Hall (TUH). Kegiatan diikuti oleh mahasiswa baru Program Studi Manajemen angkatan 2019.

Acara dimulai dengan pembukaan dari pembawa acara yaitu Khelvin Simon(12170070) dan Devi Kristina(12170001) dilanjutkan dengan penyampaian gerakan yel-yel yang telah disiapkan oleh panitia. Kemudian dilanjutkan dengan materi pertama yang disampaikan oleh Ibu Lelly Christin, SE., MM selaku Ketua Program Studi Manajemen. Materi yang disampaikan adalah pengenalan dari Program Studi Manajemen seperti pengenalan dosen-dosen, sistem penilaian dan kurikulum, dan fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh Program Studi Manajemen. Setelah materi selesai dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab.

Untitled

 

 

Acara dilanjutkan dengan sharing alumni Program Studi Manajemen UBM oleh Fendy Wong, SE yang menyampaikan bagaimana dalam memulai suatu bisnis dan membuat produk menjadi menarik oleh konsumen. Setelah materi selesai, dilanjutkan dengan pemberian Token of Appreciation kepada Fendy Wong, SE.

Selanjutnya pengenalan himpunan mahasiswa program studi manajemen yang disampaikan oleh Vinstine De Ristie (12170040) selaku Ketua XCM dan Antony Japutra (12180254) selaku Wakil Ketua XCM. Hal-hal yang disampaikan seperti arti logo, susunan divisi dan tugas-tugasnya, keuntungan sampai dengan cara mendaftar apabila minat mengikuti organisasi XCM.

 

Untitled

 

 

 

Kemudian acara dilanjutkan dengan pengumuman dan pemberian hadiah twibon kepada mahasiswa baru, yang dimana mahasiswa baru sudah mengupload twibon di masing-masing instagram dengan bertemakan Show Your Talent.

Kemudian setelah pemberian hadiah twibon, panitia mengadakan kompetisi dance untuk setiap kelompok dan langsung diumumkan pemenangnya oleh panitia dan dilanjutkan pemberian hadiah kepada pemenang. Selain itu panitia memilih mahasiswa yang menjadi perwakilan untuk menampilkan performance dance tersebut di inagurasi WF pada Rabu, 31 Juli 2019. Setelah itu acara ditutup dengan pengumuman dan pemberian hadiah Creative Moment With Mentor kepada kelompok yang foto dengan mentor paling unik dan kreatif. (SAT)

 

 

 

 

 

 

 

 

Juara Investor Teraktif PeriodeSemester Ganjil T.A. 2018/2019 Galeri Investasi BEI-UBM-MNCS

Rabu, 17 Juli 2019  pukul 13.00 WIB, Galeri Investasi Universitas Bunda Mulia di bawah naungan Program Studi Manajemen melaksanakan pemberian Penghargaan kepada 3 orang pemenang investor teraktif Galeri Investasi UBM Semester Ganjil Tahun Akademik 2018/2019. Penghargaan Investor Teraktif merupakan program rutin yang dilakukan oleh Galeri Investasi setiap semester yang bertujuan untuk memotivasi para mahasiswa/i untuk melakukan transaksi perdagangan saham.

Adapun penentuan ketiga pemenang berdasarkan jumlah frekuensi perdagangan terbanyak pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2018/2019 yaitu dari bulan September 2018 sampai dengan bulan Februari 2019

Untitled

 

Berikut adalah ketiga pemenang:

Juara 1 – Cuncung (12150054) dengan total frekuensi transaksi sebesar640 kali.

Juara 2 – Suhendi Tjhia (12140183) dengan total frekuensi transaksi sebesar 606 kali.

Juara 3 – Mathue (12150035) dengan total frekuensi transaksi sebesar 540 kali.

Pemberian penghargaan untuk Juara 1 sebesar Rp 1.500.000,-,Juara 2 sebesar Rp 1.000.000,- dan Juara 3 sebesar Rp 500.000,- diberikan oleh Ibu Eliza C. Phuanerys, SE. selaku pengurus Galeri Investasi Universitas Bunda Mulia.  Seluruh hadiah merupakan dana modal rekening efek yang disponsori oleh Bursa Efek Indonesia.

Dosen Prodi Manajemen Mengikuti Semiloka Psycodrama Dosen UBM Kampus Serpong

Untitled

Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia kampus Serpong mengikuti kegiatan Semiloka Dosen dengan Tema “Menyiapkan Diri Menjadi Tenaga Pendidik di Era 4.0″. Kegiatan ini dilakukan pada Jumat, 28 Juni 2019 dengan pembicara, Oey Mayasari S.Psi., M.Si.

UntitledUntitled

Pembicara yang juga berprofesi sebagai psikolog tersebut menjabarkan lima materi penting yang sangat bermanfaat bagi keberlangsungan proses mengajar dosen terhadap mahasiswa. Salah satu materi yang cukup unik adalah materi Psycodrama, dimana setiap dosen diminta untuk membawa satu buah mainan, benda unik, ataupun benda kesayangan yang nantinya akan menunjukan kepribadian dari masing masing dosen.

Seminar dan Lokakarya ini diikuti oleh 23 orang dosen lintas prodi Universitas Bunda Mulia Serpong. Melalui kegiatan semiloka ini, dosen diberi pembelajaran yang sangat bermanfaat dan dapat di implementasikan kepada para mahasiswa. “kegiatan ini sangat berpengaruh, terutama pada bagian pengenalan terhadap mahasiswa yang lebih dalam.” jelas Pak Ali, dosen prodi Manajemen Universitas Bunda Mulia kampus Serpong.