Pada hari Senin, 16 Mei 2016, Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen yaitu Excellence Community of Management (XCM) kembali melakukan Kunjungan Industri ke PT Liwayway yang berlokasi di daerah Cikarang, Bekasi – Indonesia.
Kunjungan Industri yang kedua kalinya di lokasi ini terbuka bagi seluruh mahasiswa/i Universitas Bunda Mulia. Kunjungan Industri ini diikuti oleh 51 peserta dengan didampingi oleh Ibu Tannia, SE., MM selaku Pembina XCM.
Keberangkatan seluruh peserta dimulai sekitar pukul 07.20 pagi. Terlihat semua peserta Kunjungan Industri antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Untuk mengisi waktu dalam perjalanan menuju PT Liwayway, panitia Kunjungan Industri mengadakan kegiatan kecil agar para peserta bertambah semangatnya. Setelah sampai di PT Liwayway, waktu sudah menunjukkan jam 09.30 WIB. Para peserta dituntun memasuki ruangan Talk Show untuk mendapatkan berbagai informasi seputar kegiatan manajemen PT Liwayway dan produk yang telah dibuat baik di dalam maupun luar negeri.
Dalam Kunjungan Industri tersebut, para peserta disambut oleh Bapak Ibnu Cahyadi Wibowo selaku perwakilan dari divisi Marketing PT Liwayway, yaitu. Dalam sambutannya, Bapak Ibnu Cahyadi Wibowo membuka sesi pertama yang diawali dengan pemberian materi dalam Talk Show. Beliau menjelaskan mengenai perluasan pertama PT Liwayway yang berada di China pada tahun 1995 dengan 15 anak perusahaan, kemudian dilanjutkan perluasan di Vietnam pada tahun 1997, di Myanmar pada tahun 1999, di Thailand dan Indonesia pada tahun 2006 serta yang terakhir adalah Kamboja dan India pada tahun 2012. Beliau juga tidak lupa menceritakan bahwa asal kata Liwayway mencerminkan harapan serta optimisme dari perang di Manila. Presentasi dilanjutkan oleh Ibu Dina selaku perwakilan dari divisi Quality Control yang menjelaskan kepada peserta dimulai dari cara pemilihan bahan-bahan baku, proses pembuatan menjadi setengah jadi, hingga masuk sampai tahapan proses packaging produk Oishi. Beliau juga mengatakan bahwa sebanyak 90% bahan baku dalam Produk Oishi ini diambil dari dalam negeri, sehingga menjadikan produk Oishi ini menjadi produk berbasis lokal.
Sampai saat ini PT Liwayway di Indonesia telah mampu memasarkan 13 produknya ke pasar luas, dan akan segera ditambah lagi dengan 3 produk barunya yaitu “Oishi Popcorn Caramel”, “Shoops” dan ”Lula” dimana ketiga produk ini masih belum dipasarkan secara luas, sehingga para peserta mendapatkan kesempatan menjadi konsumen pertama kali dari produk tersebut.
Sebagai satu rangkaian kegiatan dari Kunjungan Industri, para peserta diarahkan untuk melaksanakan Factory Tour. Para peserta diajak untuk melihat secara langsung proses pembuatan produk Oishi yang dimana pada saat itu sedang memproduksi produk Oishi Pillows rasa Coklat.
Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi serta dan penyampaian pertanyaan bagi para peserta yang berlangsung interaktif. Kunjungan Industri kali ini diakhiri dengan pemberian plakat dari Universitas Bunda Mulia yang diwakilkan oleh Ibu Tannia, SE., MM kepada PT Liwayway yang diwakilkan oleh Bapak Ibnu Cahyadi Wibowo. (ric, tnn)