S1 Ilmu Komunikasi
Mencetak Ahli Komunikasi di Era Digital
Mencetak Ahli Komunikasi di Era Digital
Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi, metode komunikasi, dan pengelolaan proses informasi secara verbal maupun nonverbal. Tidak hanya itu, ilmu komunikasi juga mempelajari bagaimana informasi diterima serta pemahaman makna melalui saluran dan media secara efektif.
Dalam dunia industri, ilmu ini sangatlah dibutuhkan. Misalnya, untuk mengembangkan kegiatan public relations atau membangun citra merek. Dua hal ini adalah beberapa contoh penerapan ilmu marketing communication. Sementara segala produk informasi yang diperoleh lewat media (berita, konten media sosial, dan lainnya) adalah contoh penerapan ilmu komunikasi di bidang digital communication & media.
Program studi Ilmu Komunikasi sudah berdiri sejak 10 Juni 2003 sesuai dengan SK Penyelenggaraan Perguruan Tinggi No 11102/D/T/K-III/2012. Program studi ini menjadi kesatuan rencana belajar yang secara khusus mengkaji, menerapkan, dan mengembangkan Ilmu Komunikasi.
Akreditasi:
Unggul, Internasional
Kredit lulus:
144 SKS
Durasi:
4 tahun
Gelar:
Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom)
Kurikulum program studi Ilmu Komunikasi UBM dirancang sesuai dengan kebutuhan Industri. Mahasiswa bukan hanya dibekali pengetahuan teoritis, tapi juga berbagai tugas praktek agar siap terjun ke dunia kerja.
Ilmu marketing communications serta digital communication & media adalah dua peminatan yang dapat dipilih oleh mahasiswa. Keduanya diberi sentuhan pemahaman digital agar mahasiswa dapat memberikan solusi-solusi komunikasi di era teknologi informasi.
Tenaga pengajar didatangkan dari tenaga profesional di dalam dan luar negeri yang memiliki keahlian di bidang komunikasi. Ditambah lagi, suasana belajar yang ditunjang berbagai fasilitas lab tentunya dapat mendukung mahasiswa sepanjang masa studi di UBM.
Peminatan diambil pada semester 3 perkuliahan S1 Ilmu Komunikasi UBM.
Mahasiswa mempelajari komunikasi pemasaran dan cara kerjanya, agar bisa meningkatkan citra merek dan mendukung kesuksesan penjualan produk dan jasa.
Mahasiswa mempelajari cara menyediakan konten digital yang kreatif untuk penyiaran digital maupun berbagai platform media baru yang berkembang di masyarakat.
Selama masa perkuliahan, mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia perlu memenuhi kredit lulus 144 SKS. Berikut ini adalah daftar mata kuliah untuk program studi S1 Ilmu Komunikasi:
Ada beragam peluang karir yang terbuka bagi lulusan S1 Ilmu Komunikasi. Baik dalam bisnis swasta, pemerintahan, maupun wirausaha. Lulusan S1 Ilmu Komunikasi UBM juga berpeluang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Berikut ini adalah sejumlah peluang karir bagi lulusan S1 Ilmu Komunikasi.
Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UBM hadir dengan nama COMRADE, sebagai sarana mahasiswa membangun kemampuan berorganisasi sekaligus menggali keahlian ilmu komunikasi lebih dalam. Aktivitas COMRADE meliputi berbagai club komunikasi, kunjungan industri, seminar nasional, dan masih banyak lagi.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan himpunan mahasiswa ilmu komunikasi, silakan kunjungi media sosial di instagram:
Comrade Kampus Ancol : @ubm_comrade_ancol
Comrade Kampus Serpong : @ubm_comrade_serpong
Dalam menerapkan motto “Bridging Education to the Real World”, Universitas Bunda Mulia (UBM) sebagai universitas berakreditasi unggul memberikan pelatihan komunikasi publik kepada siswa-siswi SMK Santa Theresia dalam upaya mempersiapkan para peserta pelatihan sebagai calon praktisi pada industri pariwisata ataupun informasi dan teknologi. Zera Edenzwo Subandi, S.I.Kom., M.I.Kom, dosen program studi ilmu komunikasi UBM, sebagai pelaksana kegiatan memberikan materi tersebut di ruang kelas SMK Santa Theresia pada tanggal 04 Oktober 2024, turut didampingi oleh mahasiswi aktif program studi ilmu komunikasi UBM yaitu Jessica Caroline.
Jakarta, 17 Juli 2024 – Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sebagai implementasi penelitian yang selalu dilakukan dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia (UBM) Kampus […]
Jakarta, 3 Juli 2024. Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia (UBM) telah mengadakan kegiatan kunjungan industri ke salah satu industri penyiaran Indonesia, Radio Republik Indonesia. […]
Pada Rabu, 5 Juni 2024, Mahasiswa/i Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol berkesempatan mengunjungi PT.Lativi Media Karya (TV One) dalam kegiatan kunjungan industri. […]
Jakarta, 11 Juni 2024 – Seiring dengan perkembangan lanskap persaingan dalam dunia pemasaran merek, pendekatan dinamis terhadap kolaborasi merek muncul sebagai salah satu strategi kunci dalam […]
Jakarta, 30 Mei 2024 – Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia melaksanaan Adjunct Professor untuk mata kuliah Issues and Crisis Management yang terbagi menjadi 4 sesi. […]