Latihan Dasar Kepemimpinan Himpunan Mahasiswa Prodi Hospitality & Pariwisata Kampus Ancol

Pada hari Selasa hingga Kamis, tanggal 6-8 Agustus 2019, Himpunan Mahasiswa prodi Hospitality & Pariwisata melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan di Villa Mega Rosa, Tugu, Cisarua, Puncak, Jawa Barat. Latihan Dasar Kepemimpinan ini merupakan kegiatan untuk menjaga tali persaudaraan, menjalin keakraban, serta melatih kedisiplinan dan jiwa kepemimpinan antar sesama anggota HIMA. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah memberikan pelatihan, wawasan baru, evaluasi kembali program kerja yang telah dilaksanakan selama 1 periode, dan membuat rencana program kerja untuk 1 periode selanjutnya.

Kegiatan ini di isi dengan pelatihan softskill mengenai leadership, teamwork , dan digital marketing yang diberikan secara khusus oleh beberapa dosen Hospitality & Pariwisata yaitu, Sir Rianto, S.ST.Par., M.Si.Par , Sir Antonius Rizky Krisnadi, SST.Par., MM.Par , dan Sir Raymond Christyantyo, SE., MM. Puncak acara dari kegiatan yang dilaksanakan ini adalah Re-Organisasi ( Pelepasan ketua dan wakil ketua HIMA tahun ajaran 2018-2019 dan Pelantikan ketua dan wakil ketua HIMA tahun ajaran 2019-2020)

1 2 3 4 5 6  8

The 1st Sustainable Tourism National Seminar Road to Recovery: Strengthening Stakeholder’s Spirit to Develop Sustainable Tourism Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram menggelar The First Suistainable Tourism National Seminar atau Seminar Nasional Pariwisata Berkelanjutan, yang dilaksanakan di Hotel Lombok Vaganza, STP Mataram pada Sabtu, 31 Agustus 2019. Seminar ini diikuti oleh kalangan akademisi, peneliti, praktisi, dosen dan guru, mahasiswa serta pemerhati pariwisata dengan lima keynote speaker dari dalam dan luar negeri, yaitu Prof. Adrian Vickers dari The University of Sydney. Prof. Badaruddin Mohamed, M.Sc.,Ph.D., dari School of Housing, Building, and Planngin, Universiti Sains Malaysia. Paul Green, Ph.D., dari School of Social and Political Sciencs. Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M.Lit., dari Udayana University. Dan, Dr. Drs. Syech Idrus, M.Si., dari Mataram Tourism Insitute. Selain itu ada sebanyak 56 papers dan 79 pemateri dari 21 institusi di seluruh Indonesia. sebanyak 95 peserta seminar dan 25 tamu undangan mengikuti kegiatan seminar nasional itu.

Tema yang digagas untuk seminar nasional pertama ini adalah pemulihan pascagempa: penguatan semangat seluruh Stakeholder untuk membangun Pariwisata Berkelanjutan. Universitas Bunda Mulia dan Akademi Pariwisata Bunda Mulia berkesempatan menjadi Co-Host dalam kegiatan tersebut.

Dosen Universitas Bunda Mulia yang ikut dalam kegiatan kegiatan Seminar Nasional dan Penyaji untuk Call for Paper adalah Antonius Rizki Krisnadi S.ST.Par.,MM.Par dan Imam Ardiansyah, S.ST.Par.,MM.Par.

Seminar ini bertujuan untuk memberikan wadah kepada para ilmuan, akademisi, dan praktisi pariwisata Indonesia untuk menyampaikan hasil penelitian dan kajian mereka agar dapat memberikan sumbangsih pemikiran kepada pariwisata Indonesia. Dukungan politis serta komitmen dari pemerintah pusat sampai daerah sangat dibutuhkan dalam proses pembangunan pariwisata berkelanjutan, sehingga pariwisata dapat menjadi motor penggerak dalam menciptakan lapangan pekerjaan, melestarikan budaya, melestarikan lingkungan serta penghapusan kemiskinan. Ini sejalan seperti yang dicita-citakan UNWTO “2017: International Year of Sustainable Tourism for Development”, sehingga Pariwisata dapat dipercaya sebagai masa depan Indonesia.

1 2

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat “Sekolah Rakyat Ancol”

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat masuk dalam kegiatan agenda besar Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol yaitu Social Science Week, dimana setiap Program Studi membuat sebuah kegiatan mengenai Pengabdian Kepada Masyarakat. Pada kesempatan kali ini, dosen-dosen Program Studi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Rakyat Ancol. Adapun peserta Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah siswa-siswa yang belajar di Sekolah Rakyat Ancol yang terletak dibelakang Kampus Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol.

Pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diawali dengan penjemputan ke Sekolah Rakyat Ancol yang dibantu oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Program Studi Hospitality dan Pariwisata menuju Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol. Acara pertama diisi dengan Pembukaan Kepala Program Studi Hospitality dan Pariwisata yaitu Ms. Supina, SST.Par.,M.Par, kemudian disusul dengan perkenalan dosen serta perkenalan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan Program Studi Hospitality dan Pariwisata. Setelah perkenalan seluruh siswa Sekolah Rakyat Ancol mendengarkan materi yang diberikan oleh dosen Program Studi Hospitality dan Pariwisata dengan materi sebagai berikut :

1, Hospitality : Supina, SST.Par.,M.Par dan Stephanie Rosanto, BBUS., MBA.

2. Personal Grooming : Antonius Rizki Krisnadi, SST.Par.,MM.Par.

3. English is fun for children : Vishnuvardhana S. Soeprapto, BA.,MA

Seluruh siswa Sekolah Rakyat Ancol sangat antusias mengikuti acara Pengabdian Kepada Masyarakat ini dari awal hingga akhir yang ditujukan dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta dan tanggapan perwakilan dari Ketua OSIS Sekolah Rakyat Ancol.

Acara terakhir ditutup dengan pemberian plakat dan foto bersama seluruh dosen dan mahasiswa Himpunan Mahasiswa jurusan Program Studi Hospitality dan Pariwisata dengan seluruh siswa Sekolah Rakyat Ancol yang menjadi peserta dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.

1 2 3 4

WAJIB KUNJUNGAN MUSEUM TAHUN 2019 OLEH SUKU DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN JAKARTA UTARA PRODI S1 HOSPITALITY & PARIWISATA UNIVERSITAS BUNDA MULIA TAHUN AJARAN 2019/2020

Pada hari Kamis  22 Agustus  2019 program studi Hospitaliti dan Pariwisata Universitas  Bunda Mulia menyelenggarakan kegiatan “ WAJIB KUNJUNGAN MUSEUM TAHUN 2019” yang diselenggarakan oleh Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Utara. Maksud dan tujuan diadakannya acara ini adalah untuk memperkenalkan ikon Kota Jakarta serta mengenalkan lokasi bersejarah, dengan mengenal lebih dekat tentang museum sejarah, dan meningkatkan pemahaman akan sejarah.Selain itu juga untuk meningkatkan motivasi peserta untuk menggali dan meningkatkan potensi, pengetahuan, dan wawasan sejarah yang berada di wilayah ibu Kota DKI Jakarta.

Adapun lokasi yang akan dikunjungi dalam kegiatan hari ini yaitu Museum Sejarah Jakarta, Museum Seni Rupa dan Keramik dan Museum Wayang. Sebanyak 320 peserta mengikuti kegiatan Wajib Kunjung Museum yang diadakan oleh Suku Dinas Pariwisata dan Budaya Jakarta Utara tangga; 22 Agustus 2019 berasal dari mahasiwa Universitas Bunda Mulia, sanggar kesenian, anggota pengelola RPTRA wilayah Jakarta Utara dan siswa dari Sekolah Luar Biasa Mawar Putih Jakarta Utara.

1 2

Latihan Dasar Kepemimpinan HIMA Prodi Hospitality dan Pariwsata Serpong 2019

Kegiatan latihan dasar kepemimpinan ini diadakan pada tanggal 5-6 Agustus 2019 di Alfa Resort. Kegiatan ini merupakan suatu kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembentukan karakter bagi para anggota HIMA Prodi Hospar. Dengan adanya kegiatan ini dilaksanakan yaitu berguna untuk mengevaluasi program kerja yang sudah berjalan selama satu periode untuk meningkatkan performa anggota HIMA Prodi Hospitality dan Pariwisata serta memberikan pemahaman mengenai organisasi dan kemimpinan yang dapat tertanam dengan baik di dalam diri para anggota HIMA Prodi Hospar Serpong dan dapat diimplementasikan dalam kegiatan berorganisasi.

Dalam kegiatan ini, diikuti oleh para anggota HIMA Prodi Hospar dan Sir Hari Iskandar, SE,MM selaku dosen tetap Hospitality dan Pariwisata Serpong. Kegiatan ini dibimbing oleh Sir Hari Iskandar, SE,MM yang membawakan materi kepada para anggota HIMA Prodi Hospar dengan tema Leadership, Team Work dan Motivasi, Pengertian Organisasi. Lalu dilanjutkan dengan Pelantikan dan Pelepasan anggota HIMA baru dan lama serta melakukan penyusunan struktur keanggotaan HIMA periode baru. Bukan hanya itu saja, seluruh anggota HIMA juga melakukan aktivitas di luar ruangan untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara sesama anggota HIMA Prodi Hospar.

1 2 3 4 5

THE 12th INDONESIA SALON CULINAIRE 2019 ” CONTINENTAL COMPETITION ENDORSHMENT by WACS

Pada tanggal 24 s/d 27 Juli 2019 telah di diadakan kegiatan Food Hotel International  dimana pada expo ini banyak suplier makanan maupun minuman dari berbagai negara. Selain expo tersebut, terdapat perlombaan THE 12 th INDONESIA SALON CULINAIRE 2019 ” CONTINENTAL COMPETITION ENDORSHMENT by WACS dimana Team Universitas Bunda Mulia Program Studi Hospitality dan Pariwisata  menurunkan Menurunkan 1 Team untuk Katagori Ini.

Pada pelaksanaanya  tim 1 dilaksanakan pada tanggal 26/07/2019.  Mahasiswa  yang membuat Aneka hidangan Set Menu Asian dengan menu : Vietnamese Egg Veggie Serve W/ Mix Seafood And Somtam Dressing Lalu Membuat Chicken Rendang Stuff With Shrimp Mouse Serve W/ White Sauce And Yellow Sauce And Present With Kebuli Rice And Sauté Balacan. Serta Kojo Cake Serve With Mango Kweni Sauce , Ampyang And Mix Tropical Fruit dan masing masing  disajikan 3 buah ke pada juri dalam waktu 2 jam. Mahasiswa UBM  bersaing dengan competitor lainnya ada yang berasal dari dunia hotel dan ada pula yang berasal dari akademisi. Untuk Pesaing pada sesi ini yang dari industry resto dan 1 individual team terdiri dari 1 peserta  pada sesi ini yang terdiri dari Turning Point Coffee dan Junior Master Chef Indonesia.

Sedangkan untuk ynag berasal dari akademisi terdiri dari Baeseok University Korea , STP Trisakti, Universitas Negeri Jakarta,  STP Sahid,, IULI (International University Liason Indonesia) Binus dan UBM. Perlombaan Junior Asian Chef Chalenge pada acara  The 12 Th Indonesia Salon Culinaire 2019 Prodi S1 Hospar memiliki Hanya kesempatan mendapatkan Medali SILVER  dengan skor point 83.75 dan nilai tertinggi di peroleh Mahasiswa UBM . Mahasiswa  tersebut ditemani oleh dosen pendamping  yang sekaligus menjadi mentor dan team yaitu Bapak Yudhiet Fajar Dewantara.

1 2 3

Kegiatan Seminar “Smart Ways to Increase Direct Bookings” oleh Siteminder dan DOKU Di Hotel Monopoli, Jakarta Selatan

Pada tanggal 17 Juli 2019, salah satu dosen Hospitality dan pariwisata mengikuti seminar yang diadakan oleh Siteminder dan DOKU bertempat di Hotel Monopoli dengan tema “Smart Ways to Increase Direct Bookings”.  Kegiatan Seminar ini mengangkat topik mengenai cara hotel untuk bisa mengoptimalisasi, mengandalkan serta memaksimalkan official hotel Website untuk bisa mengalihkan reservasi tamu dari online travel agent menuju hotel website sendiri.

Di seminar ini diberikan tips dan trick bagaimana membuat website yang baik, user friendly, mudah diakses dan peran serta website untuk menaikkan tingkat pendapatan hotel terutama kamar. Dibahas juga teknik revenue management bagi hotelier untuk melihat berbagai macam data yang harus dikumpulkan supaya bisa dianalisis dan akhirnya menjadi suatu acuan bagi General Manager untuk bisa mengambil keputusan. Setelah itu, dibahas pula mengenai solusi untuk memudahkan para Ecommerce dalam melakukan perubahan harga dan jatah kamar yaitu menggunakan channel manager.

Sebagai penutup, diberikan penyuluhan materi mengenai Payment Gateway dari DOKU kepada para peserta sebagai solusi kemudahan dalam menerima pembayaran lewat internet, secure system, dan memperkecil  kemungkinan untuk ada nya sanggahan dari Bank.

1 2 3 4 5

Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia Bekerjasama Dengan Kementerian Pariwisata

Dalam rangka mewujudkan MOU yang telah di tanda tangani antara Universitas Bunda Mulia dengan Kementerian Pariwisata dalam hal ini Deputi bidang pengembangan industri dan kelembagaan serta Deputi pengembangan SDM pariwisata dan hubungan antara lembaga, maka dilaksanakan kegiatan pendampingan desa wisata dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 Juli 2019 bertempat di Desa Wisata Pasireurih Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Kegiatan ini memberikan materi antara lain berkaitan dengan Sapta Pesona, standard dan pengelolaan homestay, pengolahan makanan berbahan dasar bahan  yang banyak terdapat di desa serta pelatihan berkaitan dengan higini dan sanitasi.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari warga pengelola homestay, kelompok penggerak pariwisata (Kompepar), karang taruna, ibu-ibu PKK serta aparatur desa. Semua pembiayaan dalam pelaksanaan kegiatan pendampingan ini dibiaya oleh pihak Kementerian Pariwisata.

1 2 3 4

Kegiatan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata

Bertempat di hotel Sanggabuana Cipanas pada tanggal 20 Juni 2019 telah dilaksanakan kegiatan pelatihan tata kelola destinasi pariwisata bagi pengelola penggerak pariwisata/pengelola obyek  daya tarik wisata di Kabupaten Cianjur.

Pelaksanaan kegiatan adalah Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Cianjur.Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Bapak Rianto. S.ST. Par., M. Si. Par diminta menjadi salah satu narasumber berkaitan dengan pengelolaan Homestay dan standarisasi homestay.

Peserta pelatihan adalah penggerak pariwisata di 10 (sepuluh) Desa Wisata yang ada di Kabupaten Cianjur.

Kegiatan ini diharapkan bahwa para penggerak/pengelola desa wisata mendapatkan pengetahuan dan pemahaman berkaitan dengan tata kelola destinasi desa wisata.

1 2 3 4

20-hour training on English as a Medium Instruction

United States Embassy Jakarta – Regional English Language Office telah mengadakan kegiatan pelatihan selama 20 jam mengenai “English as Medium Instruction” yang diadakan di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, Depok.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 9-13 Juli 2019 yang dibagi kedalam 2 bidang ilmu yaitu untuk tanggal 9,10, dan 13 untuk dosen Ilmu Sosial dan tanggal 11,12,13 untuk dosen Ilmu Teknik. Narasumber pada kegiatan ini adalah Dr. Heather Linville – English Language Spesialist, kegiatan dibuka oleh Dr. Bradley Horn – RELO Director

Peserta dalam kegiatan ini adalah dosen-dosen yang berasal dari berbagai institusi pendidikan baik di dalam maupun di luar pulau Jawa. Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pada Mata Kuliah yang diajarkan oleh masing-masing dosen. Dari Program Studi Hospitality dan Pariwisata yang mengikuti kegiatan pelatihan ini adalah Supina, S.ST Par., M.Par.

Terima kasih banyak United States Embassy Jakarta – Regional English Language Office atas undangannya, sukses selalu!

1 2