KULIAH TAMU HUMAN RESOURCES “MENJADI EKSEKUTIF MANAJEMEN SDM YANG UNGGUL DI BIDANG PERHOTELAN” PROGRAM STUDI HOSPITALITY DAN PARIWISATA

Pada hari Selasa, 9 November  2019 program studi Hospitaliti dan Pariwisata Universitas  Bunda Mulia dan Akademi Pariwisata Bunda Mulia menyelenggarakan Kuliah Tamu, mengenai Human Resource di dunia perhotelan. Topik Kuliah Tamu dengan judul “MENJADI EKSEKUTIF MANAJEMEN SDM YANG  UNGGUL DI BIDANG PERHOTELAN” dilatarbelakangi oleh sumber daya manusia di Indonesia mengalami peningkatan dari segi jumlah, banyak lulusan dari banyak universitas ternama di Indonesia memenuhi dunia kerja saat ini, namun tidak diimbangi dengan kompetensi yang memadai dari masing-masing sumber daya manusia yang kita miliki, yang kadang berimbas kepada motivasi karyawan yang cepat menurun. dengan kuliah tamu ini akan membuka cakrawala mahasiswa bagaimana menajamkan kemampuan dan kompetensi serta motivasi kerja di era yang baru ini.

Kegiatan ini menghadirkan Bapak Made Suwenten (Human Resources Manager Hotel Dharmawangsa Beberapa posisi strategis sudah pernah di jabat oleh beliau seperti Founder  Focus Solution Indonesia, Director Human Resource InterContinental Bali Resort, Director Human Resource Hotel Indonesia Kempinski Para peserta yang terdiri dari mahasiswa semester 6  program studi Hospitality dan Pariwisata Universitas Pariwisata Bunda Mulia sangat antusias dalam mendengarkan paparan yang diberikan oleh Bapak Made Suwenten. Kuliah Tamu ini merupakan salah satu bentuk keseriusan dari Universitas Bunda Mulia untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada industri, sesuai dengan tagline Universitas Bunda Mulia yaitu Bridging Education to the Real World.

1 2

Kunjungan Industri Mahasiswa Program Studi Hospitality dan Pariwisata ke Desa Wisata Sukajadi, Bogor

Pada tanggal 6 April 2019, Mahasiswa Semester 6 Program Study Hospitality dan Pariwisata mendapatkan kesempatan berkunjung ke Desa Wisata Sukajadi, Bogor. Sebanyak 176 mahasiswa/i didampingi 5 dosen melakukan berbagai macam kegiatan yang menyenangkan di lokasi desa wisata.

Para mahasiswa/I berkesempatan melakukan permainan sederhana seperti Enggrang, Bakiak, Senapan Angin, dan membuat Sandal. Acara ini diakhiri dengan melakukan panen buah Jambu dan foto bersama.

1 2 3 4 5

Kegiatan PKM Program Studi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol dan Akademi Pariwisata Bunda Mulia “Peningkatan Kapasitas Kemampuan Masyarakat Pengelola Desa Wisata di Kabupaten Bogor”

Pada hari Jumat, 12 April 2019 telah diadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Peningkatan Kapasitas Kemampuan Masyarakat Pengelola Desa Wisata di Kabupaten Bogor” bertempat di Universitas Bunda Mulia dengan materi pembelajaraan diantaranya Sosialisasi Penerapan Sapta Pesona dan Sadar Wisata, Kriteria desa wisata perintis (embrio), kriteria desa wisata berkembang, kriteria desa wisata maju, kriteria desa wisata mandiri, Penerapan seni dalam proses making bed dan towel art untuk homestay, Peningkatan dalam penerapan Community Based Tourism (CBT), Pemberdayaan Masyarakat Desa Wisata Melalui Pengembangan Kuliner Tradisional, Pengolahan Makanan Berbahan Dasar Lokal, Standar Minimum Rumah Hunian, Pelayanan dan Pengelolaan Homestay, dan Peningkatan Keterampilan Standar Pelayanan Minuman Untuk Welcome Drink Sebagai Ciri Khas Desa Wisata.

Kegiatan dilaksanakan di Universitas Bunda Mulia dan  diikuti oleh 18 orang peserta. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi pengetahuan tambahan dan memberikan manfaat kepada para warga desa untuk menunjang kegiatan wisata di desa yang ada di Kabupaten Bogor.

1 2 3  5 6

Kuliah Tamu “Perkembangan Dunia Food & Beverage Di Indonesia”

Pada hari selasa tanggal 9 April, Program studi Hospitaliti dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia Berasama Program Studi Perhotelan, Akademi Pariwisata Bunda Mulia bekerja sama dengan mengadakan kuliah tamu yang bertemakan “Perkembangan Dunia Food & Beverage Di Indonesia”.

Acara ini berlangsung di Premiere Room  dari jam 9 sampai jam 11 siang, pengisi materi ini adalah Bapak Diky Wisnu Lingga, Beliau adalah Director Food & Beverage at The Dharmawangsa Hotel & Resort yang sudah berpengalaman bertahun-tahun di dunia Food and Baverage .

Beliau membahas banyak hal mengenai food and beverages dan apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang sumber daya manusia yang unggul di bidang Hospitality, kemudian Kebutuhan pelanggan yang mungkin akan berusaha untuk memuaskan adalah: 1) Fisiologis : kebutuhan makanan khusus, 2) Ekonomi : kebutuhan untuk nilai terbaik untuk harga yg dibayarkan, 3) Sosial : suasana yang bersahabat, terus terang mengungkapkan perasaan, 4)Psikologis : kebutuhan untuk meningkatkan harga diri, 5) Kenyamanan : keinginan orang lain untuk melakukan pekerjaa. Anak-anak pun terlihat sangat antusias dengan acara kuliah tamu ini. Pak Diky Wisnu Lingga pun melemparkan beberapa pertanyaan berhadiah sebuah kue khas hotel dharmawangsa, anak-anak tampak bersemangat dalam menjawab pertanyaan. Acara pun di tutup dengan berfoto bersama.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Pelatihan Table Manner (Pengetahuan Menu Makanan Italia ) Untuk Abang None Jakarta Utara

Pada hari Sabtu tanggal 30 Maret 2019, Program studi Hospitality dan pariwisata serta Program Studi Perhotelan diadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Pelatihan Table Manner (Pengetahuan Menu Makanan Italia ) Untuk Abang None Jakarta Utara”. Bertempat Di Laboratorium Restoran Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol Dengan dua  narasumber yaitu para dosen Program Studi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia dengan materi pembelajaraan Pengenalan Menu Makanan Italia.

Pada kegiatan ini para peserta Abang None Jakarta Utara di bekali bagaimana cara penjamuan makan, etika dan sopan santun dalam meja makan serta mengetahui menu makanan dari negara Italia. Untuk itu diharapkan para Peserta Abang None Jakarta Utara yang baru pertama kali mendengarkan pembelajaraan ini dapat memahami cara penjamuan makan, etika dan sopan santun dalam meja makan serta mengetahui menu makanan dari negara Italia yang diberlakukan di industri hospitality dan Pariwisata Maupun Dunia Perhotelan. Dan di akhir kegiatan peserta Table Manner diajak juga untuk mencicipi makanan yang ada.

1 2

HOSPITOUR 2019 TEKNIK MEMANDU DAN TOUR PLANNING PROGRAM STUDI HOSPITALITY DAN PARIWISATA UNIVERSITAS BUNDA MULIA

Pada tanggal 10 April, mahasiswa Program Studi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia berpartisipasi untuk mengikuti kompetisi “Hospitour 2019″ yang diselenggarakan oleh Universitas Pelita Harapan.

Program Studi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia mengirim satu tim yang terdiri dari 3 kandidat pada kompetisi Paket Wisata yaitu Angelia Agatha, Ferdianto dan Jesselyn. Sementara untuk kompetisi teknik memandu Program Studi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia mengirim 1 kandidat yaitu Rafael Yoel Limawal.

Keseluruhan peserta kompetisi ini berasal dari beberapa perguruan tinggi diantaranya Bali International Academy, Trisakti Academy, Universitas Bina Nusantara, Universitas Pelita Harapan dan lain-lain.

1 2 3

LOMBA HOSPITOUR 2019 PROGRAM STUDI HOSPITALITY DAN PARIWISATA UNIVERSITAS BUNDA MULIA

Pada tanggal 9 dan 10 April 2019 Program studi S1 Hospitaliti dan Pariwisata mengikuti acara lomba di bidang pariwisata, nama acara tersebut adalah Hospitour 2019 yang diadakan oleh Universitas Pelita Harapan, Karawaci.

Program studi S1 Hospitaliti dan Pariwisata diwakili oleh Clarita dan Velani Melania mengikuti Lomba Front Office Competition dan Garry Ardhinata dan Nanda Saputra mengikuti lomba Housekeeping dan towel art.

Untuk hasilnya adalah Clarita dan Velani dari tim FO yang mengikuti lomba Front Office belum berhasil mendapatkan juara. Dari tim Housekeeping, Garry  dan Nanda belum berhasil mendapatkan juara.

1 2 3

Seminar “Exploring the Potentials of New Tourism Destinations” bersama Kementrian Pariwisata Republik Indonesia

Tangerang – Pada Hari Selasa (09/04/2019) yang lalu bekerja sama dengan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, Prodi Hospitality dan Pariwisata (Hospar) Universitas Bunda Mulia – Kampus Serpong mengadakan Seminar yang bertemakan Exploring the Potentials of New Tourism Destinations.  Seminar dilaksanakan di Lecture Hall – Lantai 5, UBM Kampus Serpong. Seminar ini mendatangkan Bpk. Dodi Riadi, PIC 10 Destinasi Pariwisata Prioritas untuk Kepulauan Seribu dan Kota Tua Jakarta dan Ibu Ambar Rukmi, Kepala Bidang Pengembangan Masyarakat Pariwisata Kementrian Pariwisata.

Seminar dimulai oleh Ibu Ambar Rukmi mengenai pengenalan tentang Desa Wisata. Di materi tersebut, Ibu Ambar membagikan strategi untuk mengembangkan sebuah Desa Wisata dan bagaimana para mahasiswa/I dapat ikut berpartisipasi. Materi kedua dibawakan oleh Bapak Dodi Riadi mengenai destinasi “Bali Baru”, khususnya Kepulauan Seribu dan Kota Tua. Para mahasiswa/i S1 Hospar juga berkesempatan untuk melontarkan pertanyaan – pertanyaan dan berinteraksi langsung untuk menambah wawasan mereka. Ibu Ambar dan Bapak Dodi pun juga tidak sungkan dalam membagikan lebih banyak banyak tips sukses berkarya di industri berkembang dengan pesat dan sesi tanya jawab.

Acara Kuliah Umum ditutup dengan pemberian piagam penghargaan dan sertifikat atas kesediaan Ibu Ambar Rukmi dan Bpk. Dodi Riadi untuk berbagi ilmu dan pengalaman dengan para generasi muda penerus pengembangan pariwisata Indonesia di Universitas Bunda Mulia. Sebagai tanda apresiasinya, para mahasiswa/i Prodi Hospar UBM juga mempersiapkan jamuan makan siang bagi para pembicara.

1 2 3 4

Kegiatan Seminar HOSPITOUR 2019: MILLENIALS’ DIGITAL TOURISM

Pada hari Senin, 8 April 2019 dua dosen prodi Hospitality dan Pariwisata UBM, Ibu Supina, SST.Par., M.Par., dan Bapak Reagan Brian, S.ST., M.M. mengikuti Seminar Pariwisata HOSPITOUR 2019: MILLENIALS’ DIGITAL TOURISM yang diselenggarakan oleh Fakultas Pariwisata, Universitas Pelita Harapan.

Seminar ini membahas pola generasi milenial dalam melakukan kegiatan wisata, dan juga tren dari industri pariwisata yang muncul karena pola wisata generasi milenial. Pembicara pada seminar ini mewakili berbagai stakeholder industri pariwisata. Pak Frans Teguh mewakili pihak pemerintah (Kementerian Pariwisata) menyampaikan apa yang terjadi dengan pola wisata generasi milenial. Ibu Fajar mewakili sektor kuliner pariwisata yang membahas mengenai tren fotografi dalam berwisata, termasuk tren mengambil gambar makanan dan posting oleh para wisatawan ke media sosial. Bapak Jonathan Thamrin mewakili sektor perjalanan wisata yang membahas destinasi destinasi wisata nasional yang banyak diminati oleh golongan milenial di Indonesia. Ibu Anike Widiyani mewakili sektor perhotelan yang membahas langkah – langkah yang dilakukan oleh operator hotel dalam menghadapi pasokan tenaga kerja dari generasi milenial di sektor akomodasi wisata.

1 2 3 4 5

PENJAJAKAN KERJASAMA UNIVERSITAS BUNDA MULIA, INDONESIA DENGAN GUILIN TOURISM UNIVERSITY, CHINA PADA PROGRAM STUDI S1 HOSPITALITY & PARIWISATA

Pada hari Kamis, 21 Maret 2019 bertempat di Universitas Bunda Mulia kampus Ancol telah diadakan pertemuan antara Universitas Bunda Mulia dan Guilin Tourism University, China untuk membahas peluang kerjasama Dual Degree antar Institusi Pendidikan tersebut untuk Program Sarjana Hospitality dan Program Sarjana Pariwisata.

Perwakilan dari Guilin Tourism University, China adalah:

  1. Dr. Junyang Pan – Director of Guangxi Tourism Big Data Research Center at Guilin Tourism University

 

Perwakilan dari Universitas Bunda Mulia adalah:

  1. Dr. Kandi S.S. Dahlan, M.B.A., Ph.D – Wakil Rektor Bidang Akademik
  2. Lelly Christin, S.E., M.M – Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
  3. Supina, S.ST Par., M.Par., MM – Ketua Program Studi Hospitality dan Pariwisata

4. Regina Dewi Hanifah, S.ST Par., M.Par – Ketua Program Studi Perhotelan

7

Penyerahan Token of Appreciation dari Dr. Kandi S.S. Dahlan, M.B.A., Ph.D – Wakil Rektor Bidang Akademik, Universitas Bunda Mulia kepada Dr. Junyang Pan – Director of Guangxi Tourism Big Data Research Center at Guilin Tourism University

8

Penyerahan Token of Appreciation dari Dr. Junyang Pan – Director of Guangxi Tourism Big Data Research Center at Guilin Tourism University kepada Dr. Kandi S.S. Dahlan, M.B.A., Ph.D – Wakil Rektor Bidang Akademik, Universitas Bunda Mulia

9

Foto bersama setelah selesai melaksanakan diskusi Penjajakan Kerjasama

 

Diharapkan kerjasama antara Universitas Bunda Mulia dan Guilin Tourism University dapat di launching segera sehingga mahasiswa Universitas Bunda Mulia dapat meraih Dual Degree dengan Guilin Tourism University.