Kegiatan PKM Universitas Bunda Mulia Kampus Serpong “Wawasan Kepariwisataan Dasar Bagi Generasi Net”

Pada hari Sabtu tanggal 2 Maret 2019, diadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Wawasan Kepariwisataan Dasar Bagi Generasi Net” bertempat di GKI Serpong Pos Cikoleang dengan empat narasumber yaitu para dosen Program Studi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia dengan materi pembelajaraan diantaranya Introducing Rural and Sustainable Tourism, Basic English For Tourism, Basic Grooming in Hospitality dan E-Commerce For Tourism.

Untuk ini diharapkan para generasi net yang baru pertama kali mendengarkan pembelajaraan ini dapat memahami dasar-dasar pariwisata yang diberlakukan di industri hospitaliti dan pariwisata. Kegiatan PKM diakhiri mixing drink demonstration yang dipresentasikan oleh siswa hospar peminatan food & beverage semester 4, minuman yang di racik adalah minuman jenis mocktail yaitu; Eclipse dan Sunset. Peserta generasi net diajak juga untuk meracik kedua minuman tersebut untuk membuat suasana menjadi seru dan penuh semangat.

 

1 2 3 4 5 76 77

SEMINAR RESEARCH METHODS 101

Pada hari Senin, 4 Maret 2019 diadakan seminar mengenai metode riset dalam skripsi dengan tema acara “Research Methods 101“ dengan salah satu dosen Hospitality dan Pariwisata yaitu Reagan Brian, S.ST., MM sebagai moderatornya. Tujuan dari diadakannya seminar ini yaitu untuk mendukung mahasiswa/i Program Studi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia dalam menyusun dan mempersiapkan penelitian yang dituangkan dalam skripsi.
Seminar tersebut diselenggarakan di lantai 7 The UBM Seminar Room (TUSR) dengan mendatangkan dosen-dosen yang sangat ahli di bidangnya yaitu Dr. Edi Purwanto, S.E., MM dan Dr. Tonny Hendratono, S.E., MM . Mahasiswa Program Studi Hospitality dan Pariwisata Universita Bunda Mulia sangat antusias mengikuti seminar ini karena sangat membantu mahasiswa/i dalam melanjutkan dan menyelesaikan penulisan skripsi.

IMG-20190304-WA0051 IMG-20190304-WA0067 IMG-20190304-WA0081

SEMINAR U.S PORK & ORIENTAL COOKING DEMONSTRATION

Pada hari Selasa tanggal 5 Maret 2019 diselenggarakan Seminar mengenai U.S Pork Meat oleh Association Chef Profesional (ACP) di Modena Indonesia dengan pembicaranya yaitu Chef Pung Lu Tin, Director of Tasty Court and Tasty Loong Restaurant.

Dalam seminar ini peserta diberikan bekal pengetahuan mengenai U.S Pork Meat berdasarkan USDA (United State Department of Agriculture) dalam hal peternakan hewan babi sebelum proses pemotongan hingga pengemasan. Dalam prosesnya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya peternakan, cara menyusui, kondisi kandang dan pakan dari hewan tersebut harus sesuai dengan USDA. Pemotongan hewan akan dilakukan pada saat hewan berumur 5 hingga 6 bulan.

Seminar ini juga menjelaskan mengenai jenis-jenis bagian dari U.S.Pork yang bisa dikonsumsi oleh manusia dan bagaimana cara mendistribusikan daging tersebut ke seluruh dunia. Pada bagian terakhir, Chef Pung memberikan demonstrasi mengenai oriental cooking berbahan dasar U.S.Pork Meat dengan membuat beberapa sajian otentik dari makanan chinese cuisine.

11 122

Kuliah Tamu “Go Green Hotels, Trends, and Sustainability”

Pada Hari Kamis, 28 Februari 2019, Prodi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia – Kampus Ancol mengadakan Seminar /Kuliah Tamu  yang bertemakan

“Go Green Hotels, Trends and Sustainability”.  Kuliah tamu yang diadakan di The UBM Seminar Room Lantai 7 Kampus Ancol. Kuliah umum ini mendatangkan Ibu Dr.rer.nat.Maria Prihanrijanti,ST, Head of Environmental Engineering Department Podomoro University.

Kuliah tamu yang bertemakan Go Green Hotels, Trends, and Sustainability dimulai dengan pembukaan oleh Kaprodi Hospar yaitu Ibu Supina, dan dilanjutkan dengan narasumber Ibu Maria selaku narasumber. Beliau memaparkan sector pariwisata terutama hotel dalam memberlakukan konsep Green hotel di era sekarang seperti menerapkan energy efficiency, water conservation, solid waste management , educating the tourist, purchasing activities, dan management system.

Para mahasiswa/i S1 Hospar juga berkesempatan untuk melontarkan pertanyaan – pertanyaan dan berinteraksi langsung untuk menambah wawasan mereka. Acara Kuliah tamu ditutup dengan pemberian piagam penghargaan dan buah tangan atas kesediaan Ibu Maria untuk berbagi ilmu dan pengalaman dengan para mahasiswa/i Universitas Bunda Mulia.

1 2 3 4 5

LOMBA INTERNAL CHOCO NATION “WHERE THE CHOCOLATE STARTS”

Rine Ludi dan Lucia Iren  mengikuti kegiatan Lomba Internal UBM Choco Nation 2019 yang diadakan pada 15 Februari 2019 Oleh HMJ Program Studi Hospitality dan Pariwisata. Rine Ludi dan Lucia Iren merupakan mahasiswi aktif semester IV Program Studi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol mewakili Program Studi. Pada kejuaraan Choco nation 2019 kali ini Rine Ludi dan Lucia Iren  mendapatkan Silver Untuk Rine dan Bronze Untuk Lucia Iren.

12 13 14

Kuliah Umum “Enhancing Rooms Division Career at Hotel Industry” bersama JW Marriott Hotel Jakarta

Tangerang – Pada Hari Rabu (27/02/2019) yang lalu bekerja sama dengan JW Marriott Hotel Jakarta, Prodi Hospitality dan Pariwisata (Hospar) Universitas Bunda Mulia – Kampus Serpong mengadakan Kuliah Umum yang bertemakan Enhancing Rooms Division Career at Hotel Industry. Kuliah umum dilaksanakan di Lecture Hall – Lantai 5, UBM Kampus Serpong. Kuliah umum ini mendatangkan Mr. Junius Irtanto, Front Office Manager di JW Marriott Hotel Jakarta.

Kuliah umum dimulai Mr. Junius dengan pengenalan mengenai Marriott International. Kemudian acara dilanjutkan dengan sharing session oleh beliau mengenai perjalanan karirnya di dunia perhotelan, khususnya di Front Office Department. Mr. Junius juga tidak sungkan dalam membagikan banyak tips sukses berkarya di industri yang terus berkembang ini. Para mahasiswa/i S1 Hospar juga berkesempatan untuk melontarkan pertanyaan – pertanyaan dan berinteraksi langsung untuk menambah wawasan mereka.

Acara Kuliah Umum ditutup dengan pemberian piagam penghargaan  dan buah tangan atas kesediaan Mr. Junius untuk berbagi ilmu dan pengalaman dengan para calon hotelier di Universitas Bunda Mulia. Sebagai tanda apresiasinya, para mahasiswa/i Prodi Hospar UBM juga mempersiapkan jamuan makan siang bagi Mr. Junius di Laboratorium Restoran UBM Kampus Serpong.

4 3 2 1

Peningkatan Kemampuan Masyarakat Desa Batulayang Kabupaten Bogor dalam Bidang Homestay dan Produk

Pada hari Sabtu, 16 Februari 2019 telah dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat kepada para ibu – ibu pengelola homestay di desa wisata Batulayang kabupaten Bogor. Acara diisi dengan pemaparan oleh beberapa narasumber dosen dari Program Studi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia dan Program Studi Perhotelan Akademi Pariwisata Bunda Mulia. Topik yang diberikan antara lain mengenai sosialisasi 8 standar nasional penilaian desa wisata, praktik pengelolaan minuman berbahan dasar lokal, penerapan kualitas layanan di homestay, praktik pengelolaan pastry berbahan dasar lokal, dan standar prosedur pengelolaan homestay.

Acara dilaksanakan di Balai Pertemuan desa wisata Batulayang dan  diikuti oleh kurang lebih 20 orang peserta. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada para penduduk desa untuk menunjang kegiatan wisata di desa mereka.

1 2 3 4

SEMINAR MAHASISWA MANAGEMENT TRAINEE HILTON GROUP PRODI HOSPITALITY DAN PARIWISATA UNIVERSITAS BUNDA MULIA OLEH BAPAK FAISAL TJANDRAATMADJA COUNTRY DIRECTOR HUMAN RESOURCE HILTON HOTELS INDONESIA-TIMOR LESTE TA 2018-2019

Pada hari Rabu, 13 Februari 2019 program studi Hospitality dan Pariwisata Universitas  Bunda Mulia Mulia menyelenggarakan seminar tentang pemaparan program Management Trainee Hilton Group. Kegiatan ini juga dilakukan untuk memperkenalkan program yang dilakukan oleh,”Double Tree by Hilton Jakarta – Diponegoro” sebagai program yang telah dilakukan oleh Hilton untuk dapat menghasilkan sarana bagi sumber daya manusia yang mau maju dan berkembang bersama Hilton. Management Trainee – Southeast Asia program akan mendalami bagaimana cara kita melihat seluruh aspect operational dari kacamata management dimana skill khusus yang diperlukan dalam posisi managerial. Trainee akan berpastisipasi secara keseluruhan dalam aktifitas hotel dan di rotasi secara berkala keseluruh department yang ada di hotel, dimulai dari front liner sampai back of the house, dengan harapan, trainee ini mempunyai kesiapan mental yang penuh disiplin.

Kegiatan ini menghadirkan Bapak Faisal Tjandraatmadja selaku Country Director Human Resource Hilton Hotels Indonesia-Timor Leste. Beberapa posisi strategis sudah pernah di jabat oleh beliau seperti Director of Human Resource W Retreat Spa Maldives, Director Human Resources IHG, Director of Human Resource Crowne Plaza Jakarta

Kegiatan ini diikuti dengan antusiasme tinggi oleh seluruh mahasiswa/i Prodi Hospitality dan Pariwisata semester 8 sehubungan dengan sebentar lagi para mahasiswa akan menjadi lulusan dan tentunya bekerja di berbagai perusahaan ternama, tentunya Hilton Worldwide menjadi salah satu impian tempat bekerja bagi para lulusan.

11

Kegiatan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan goes to campus oleh Kementerian Pariwisata

Pada hari Jumat tanggal 8 Februari 2019 para mahasiswa semester 2 dan para dosen Program Studi Hospitaliti dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia mengikuti kegiatan Pelatihan SDM Pariwisata goes to campus yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata. Acara diselenggarakan di The UBM Hall kampus UBM Ancol dari pukul 08.00 – 15.30.

Acara terdiri dari 4 sesi yaitu sesi pertama oleh Bapak Agus Purwanto (Kepala Dinas Pariwisata Jakarta Utara) dengan topik Arah Kebijakan Pengembangan SDM Pariwisata Daerah, Ibu Supina (Ketua Prodi Hospitality & Pariwisata UBM) dengan topik Peranan Mahasiswa sebagai Agen Perubahan Pengembangan Kepariwisataan, Ibu Gracia Wuwungan (CEO Eventaru Planner) dengan topik Peranan Industri Travel & MICE terhadap Peluang Kerja dan Perkembangan Industri Pariwisata Indonesia), dan Bapak Denny Farabi (Widyaiswara Kementerian Pariwisata) dengan topik Implementasi Sapta Pesona dalam Kehidupan Kampus.

Acara ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan lebih bagi para mahasiswa dan dosen dalam hal pentingnya peran Sumber Daya Manusia dalam mendorong Perkembangan Industri Pariwisata khususnya di Indonesia. Acara diakhiri dengan penyerahan plakat dan goodie bag kepada para pembicara.

2 3 4 5

SEMINAR ARAHAN PENULISAN SKRIPSI

Pada hari senin, 21 Januari 2019 Program Studi Hospitality dan Pariwisata mengadakan kegiatan seminar dengan tema “Motivasi, Berbagi Materi Seminar, dan Kiat Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu” yang bertempat di Ruang TUSR Universitas Bunda Mulia dengan dihadiri oleh bintang tamu seperti Reno Delansa, Andy Bahtiyar, dan Karuna Devi Tanuwidjaja.

Tujuan dari diadakannya seminar ini adalah untuk mempersiapkan mental mahasiswa/i dalam menyelesaikan skripsi tepat pada waktunya dan menghasilkan penelitian yang berguna bagi masa yang akan datang.

1 3 7 25 78