Kunjungan Industri Program Studi Hospitality dan Pariwisata Serpong ke JIEXPO Kemayoran

Pada tanggal 3 Maret 2020, mahasiswa/I semester 2 Kampus Serpong mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi JIEXPO Kemayoran sebagai pembelajaran dan penambahan wawasan mengenai MICE Industry. Kunjungan Industri ini diikuti oleh sebanyak 180 mahasiswa/I dan 2 dosen pendamping. Di JIEXPO, mereka mendapatkan pemaparan mengenai MICE industry, apa saja yang dijalankan oleh JIEXPO , dan sejarah dari JIEXPO sendiri. Setelah penjelasan materi selesai, diikuti oleh venue tour dan ditutup oleh foto bersama.

Kami berharap dengan adanya kunjungan industri ini bisa membuka wawasan lebih luas mengenai dunia industri hospitality dan pariwisata yang ada di Indonesia.

Jiexpo1      Jiexpo2

Jiexpo3      Jiexpo4

Kunjungan Industri Program Studi Hospitality dan Pariwisata Serpong ke NOVOTEL CIKINI

Pada tanggal 5 maret 2020, Mahasiswa/I semester 4 angkatan 2018 melakukan kegiatan Kunjungan Industri ke Novotel Cikini, guna mendapatkan pemaparan materi dan penjelasan mengenai konsep Green Hotel Management dan Sumber Daya Manusia yang diterapkan oleh International Chain Hotel Management yaitu Accor.

Pada kesempatan ini, sebagai pembicara adalah Bapak Andra Aulia sebagai Talent and Culture Manager Novotel Cikini yang membawakan kedua materi tersebut. Acara berlangsung secara tertib dan teratur, dan diakhiri dengan foto bersama serta hotel tour yang dipandu oleh staff Novotel Cikini.

Semoga dengan kegiatan ini, mahasiswa/I bisa mendapatkan lebih jelas mengenai penerapan konsep Green Hotel Management dan Sumber Daya Manusia yang dilakukan di industri perhotelan.

Cikini1      Cikini2     Cikini3

Pertemuan Perkumpulan Peneliti Pariwisata Indonesia

Pada hari Kamis, 05 Maret 2020 Program Studi Hospitality dan Pariwisata yang diwakilkan oleh Ibu Supina, S.ST Par., M.Par telah mengikuti pertemuan Perkumpulan Peneliti Pariwisata Indonesia (Pelita) kedua yang diadakan pada di Fakultas Pariwisata, Universitas Pancasila sebagai lanjutan dari pertemuan sebelumnya yang diadakan di Universitas Podomoro. Kegiatan ini diikuti peserta dari Institusi Pendidikan lainnya seperti:

  1. Akademi Pariwisata Bunda Mulia
  2. Universitas Pancasila
  3. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  4. Universitas Pelita Harapan
  5. Universitas Bina Nusantara
  6. Universitas Podomoro
  7. Politeknik Negeri Sahid
  8. Swiss – German University
  9. Universitas Matana
  10. Akademi Pariwisata Indonesia
  11. STIE Pariwisata Indonesia
  12. Universitas Gunadarma
  13. Institute STIAMI

Kegiatan ini dihadiri lebih dari 11 Institusi Pendidikan yang memiliki program studi dengan keilmuan baik Hospitality maupun Pariwisata, dimana dalam pertemuan ini ke 12 Institusi yang rata-rata mengirimkan perwakilan 2-3 dosen yang di bagi kedalam 3 tim kerja yaitu : Organisasi, Kerjasama, dan Program Kerja. Dimana perwakilan Universitas Bunda Mulia masuk ke dalam tim Organisasi.

Perkumpulan Peneliti Pariwisata Indonesia (Pelita) diharapkan untuk dapat segera berbadan hukum untuk membantu peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat setiap dosen yang telah memiliki NIDN pada Institusi Pendidikan masing-masing guna pengayaan Sumber Daya Manusia Pariwisata Indonesia terutama Dosen Pariwisata.

1     3      2

KUNJUNGAN INDUSTRI TABLE MANNER Prodi S1 Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia Semester Genap TA 2019-2020

I. DETAIL ACARA
Acara Kunjungan Industri “TABLE MANNER“ berlangsung yaitu pada:
Hari : Selasa – Jumat
Tanggal : 3 – 6 Maret 2020
Waktu : 09:00 – 16.00
Narasumber : Hotel Grand Hyatt Jakarta
PIC : Stephanie Rosanto,. BBus., MBA.
Dewanta Facrureza, S.ST.Par., M.Par.

Pada tanggal 3 – 6 Maret 2020, Program Studi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia, serta Program Studi Perhotelan Akademi Pariwisata Bunda Mulia menyelenggarakan kegiatan Kunjungan Industri ke Hotel Grand Hyatt Jakarta. Kunjungan Industri yang dilakukan ini memiliki dua agenda utama, yaitu melakukan Hotel Tour untuk melihat bagaimana operasional di setiap departemen di hotel dan juga melakukan kegiatan Table Manner. Mahasiswa dibagi ke dalam tiga kelompok dalam melakukan hotel tour, dimana mereka diajak berkeliling kamar-kamar dan fasilitas yang dimiliki oleh hotel tersebut.

Kegiatan yang kedua adalah melakukan dan menerapkan Table Manner yang baik dan benar. Dimana diajarkan oleh perwakilan langsung dari Hotel Grand Hyatt Jakarta tersebut. Makanan yang disajikan terdiri dari empat makanan yang dimulai dari Appetizer – Tuscan Tomato Soup (Crispy Focaccia), Main Course – Grilled Chicken Breast (Black Olive Mashed Potato, Glazed Carrot, Jus), dan Dessert – Fruits Salad (Raspberry Sorbet).

Dengan kegiatan ini diharapkan mahasiswa mendapat ilmu secara langsung operasional dari setiap departemen di hotel yang dapat membantu mereka mempertimbangkan peminatan yang dipilih di semester yang akan datang. Kegiatan Table Manner yang dijalani selama Kunjungan Industri ini juga diharapkan dapat menambahkan softskills dan hardskills dari mahasiswa untuk nantinya dapat dipergunakan disaat mereka membutuhkan di dunia perhotelan.

 

II. GAMBAR ACARA

1      2

3      4

5      6

 10     8

9      7

PRESS RELEASE GROOMING SEMINAR WITH DAN-DAN

Pada hari Sabtu, tanggal 29 Maret 2019, mahasiswa/i Universitas Bunda Mulia Kampus Serpong mengadakan kegiatan “Grooming Seminar With Dan-Dan Health and Beauty”. Acara ini berlangsung karena adanya kerjasama antara Program Studi Hospitaliti dan Pariwisata Kampus Serpong dengan Alumni Career Center UBM yang bertujuan  untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai ‘penampilan prima’ sebagai mahasiswa/i dari Hospitaliti dan Pariwisata. Acara dibagi dua sesi untuk wanita dan pria, sesi wanita dari jam 9.00-11.00 dan pria jam 11.00-12.00. Sesi wanita dimulai dengan kata sambutan dari Ms. Maria Bianda BA., MGFAB selaku Sekprodi Hospitaliti & Pariwisata dan dilanjutkan kata sambutan oleh Marketing Manager Dan-Dan Ibu Maretta Santy Holly. Acara dilanjutkan dengan pemberian plakat dan token of appreciation kepada Ibu Maretta Santy Holly oleh Ms. Maria Bianda BA., MGFAB.

Acara sesi 1 dimulai dengan Dan-Dan memperkenalkan seorang Beauty Blogger yang cantik dan cukup terkenal Angelica Manopo yang akan memberikan demo make-up yang benar yang dapat diikuti oleh mahasiswi UBM, peralatan dan make-up disediakan oleh brand ‘Moko-Moko’, sedangkan model make-up diambil dari siswi UBM, gift untuk peserta diberikan oleh sponsor ‘Moko-Moko’. Di sesi ini juga dilakukan pemilihan peserta yang make-up nya rapi dan kelihatan elegant, ketiga peserta yang terpilih diberikan hadiah menarik dari Dan-Dan Health and Beauty.

Acara sesi 2 untuk pria di bawakan oleh Pak Zuli dari team Dan-Dan, di kesempatan ini siswa diberikan pengetahuan mengenai grooming dan personal hygiene untuk bekal mereka selama perkuliahan sehingga siap di industri. Untuk sesi 2 ini sponsor gift diberikan oleh Gatsby dan hadiah kuis grooming diberikan oleh Dan-Dan. Semoga pengetahuan yang didapat dalam acara ini dapat bermanfaat dan terpakai untuk siswa dan siswi UBM di Kampus Serpong.

 2       4

 

1     3

Kuliah Umum Hubungan Ekonomi dan Pariwisata Indonesia-Republik Rakyat Tionghoa

Pada hari senin 24 februari lalu, prodi hospar dan akpar telah melakukan sebuah acara kuliah umum yang berjudul “Hubungan Ekonomi dan Pariwisata Indonesia-Republik Rakyat Tionghoa” Acara ini dibawakan oleh rof Ratlan Pardede, beliau adalah Duta Besar Indonesia untuk Tanzania.

Acara yang diadakan di ruangan The UBM Seminar Room ini membicarakan tentang hubungan ekonomi antara Indonesia dan Republik Rakyat Tionghoa yang belakangan ini mengalami peningkatan, kuliah umum ini juga berbicara tentang isu hangat yang tengah banyak dibicarakan oleh kalangan luas seperti perdagangan di cina yang sedang menggeliat luar biasa sampai kesempatan melanjutkan studi dan berkarir di cina.

Acara yang berlangsung dari pukul 13:00 hingga 15:30 ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat dari Ibu Kandi selaku Perwakilan dari UBM dan dilanjutkan dengan berfoto bersama dengan seluruh dosen juga Prof Ratlan.

 

RRT       RRT2       RRT4

RRT3      RRT5       RRT6

Internship Program Studi Hospitality dan Pariwisata,Universitas Bunda Mulia di Malaysia

Sebagai salah satu bagian dari kurikulum pembelajaran program studi Hospitality dan Pariwisata, Universitas Bunda Mulia, beberapa dari mahasiswa/I semester 6 mendapatkan kesempatan untuk bisa melakukan internship (praktek kerja lapangan) di Malaysia.

Pada tanggal 13 January 2020, sebanyak 5 orang mahasiswa/I gabungan dari Kampus Ancol dan Kampus Serpong berangkat menuju Malaysia guna melaksanakan internship di Grand ION Delemen Hotel, Genting Highlands. Mahasiswa/I tersebut adalah Nabila Kuswayan, Hendra Irwanto, Alicia Lee, Stephanie, dan Stephanie Huga Adobe. Periode internship dimulai dari 13 January – 12 July 2020. Kesempatan ini tidak disia siakan oleh para mahasiswa/i, mulai dari recruitment sampai dengan pengurusan dokumen yang dibutuhkan.

Saat ini, mahasiswi tersebut sudah berada di lokasi, dan sudah mengawali hari hari nya untuk melakukan internship di hotel tersebut. Kami berharap kesempatan baik ini dipergunakan untuk menunjang semua ilmu yang sudah diberikan selama perkuliahan.

Malay      Malay4

Malay2      Malay3

Internship Program Studi Hospitality dan Pariwisata,Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol di China

Sebagai salah satu bagian dari kurikulum pembelajaran program studi Hospitality dan Pariwisata, Universitas Bunda Mulia, beberapa dari mahasiswa/I semester 6 mendapatkan kesempatan untuk bisa melakukan internship (praktek kerja lapangan) di China.

Pada tanggal 5 January 2020, sebanyak 2 orang mahasiswa/I dari Kampus Ancol berangkat menuju China guna melaksanakan internship di Howard Johnson Riverview Hotel Guangzhou, China. Mahasiswa/I tersebut adalah Fernando dan Della Zhang. Periode internship dimulai dari 7 January – 6 July 2020. Kesempatan ini tidak disia siakan oleh para mahasiswa/i, mulai dari recruitment sampai dengan pengurusan dokumen yang dibutuhkan.

Saat ini, mahasiswi tersebut sudah berada di China untuk mengawali dan bekerja guna menempuh internship di hotel tersebut. Kami berharap kesempatan baik ini dipergunakan sebaik mungkin dan menerapkan semua ilmu yang sudah diberikan selama perkuliahan.

China       China2

China3        China4

KULIAH TAMU OPPORTUNITY BUSINESS FOR FOOD & BEVERAGE PRODUCTS IN THE MILLENNIAL ERA Prodi S1 Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia Semester Genap TA 2019-2020

I. Acara Kuliah Tamu “OPPORTUNITIES BUSINESS FOR FOOD & BEVERAGE PRODUCTS IN THE MILLENIAL ERA“ berlangsung yaitu pada:
Hari : Kamis
Tanggal : 20 Februari 2020
Waktu : 09:30 – 11.30
Narasumber : Aryoko Mochtar SE., MBA. – Founder Vito Milk
PIC : Stephanie Rosanto,. BBus., MBA.
Dikki Zuchradi Choesrani. SST. Par., MM.

II. ACARA
Dari kegiatan Kuliah Tamu ‘F&B Opportunities Business F&B’ ini, yang berlangsung telah memberikan pengetahuan kepada mahasiswa dan mahasiswi mengenai bagaimana berwawasan luas dan mencari peluang untuk masa depan. Bukan berarti hanya dunia profesional yang akan di hadapi oleh lulusan S1 Hospitality & Pariwisata akan tetapi mahasiswa juga akan dapat melihat kesempatan ke dunia usaha. Kesempatan bidang usaha di dunia F&B, dan narsum memberikan pandangan seberapa besar bidang usaha yang bergerak di F&B dapat menjadi peluang usaha dan kesempatan di masa depan. Contoh yang dibawakan oleh Narasumber adalah bidang usaha yang sedang dijalankan oleh beliau, yaitu bidang usaha pengadaan produk susu murni di Cisarua dan berkembang menjadi produk-produk F&B lainnya seperti Yogurt dan Kefir.

III. GAMBAR

KTFB3       KTFB4

KTFB      KTFB2

Kegiatan Seminar Program Studi Hospitality dan Pariwisata Kampus Serpong Bersama HILDIKTIPARI di STPBI (Sekolah Tinggi Pariwisata Bali International)

Pada tanggal 14 Febuari 2020, Salah satu Dosen Hospitality dan Pariwisata mengikuti kegiatan seminar di STPBI yang diselenggarakan oleh HILDIKTIPARI yang mengangkat tema Pembentukan Konsorsium Prodi Pariwisata. Kegiatan seminar ini diikuti oleh Hari Iskandar, SE,MM.

Kegiatan ini diselenggarakan bekerjasama antara HILDIKTIPARI dengan STPBI dan mengundang semua institusi yang tergabung disini untuk bekerjasama serta menyatukan suara untuk membentuk serta mengurus 5 klaster program studi pariwisata yaitu Tourism, Hospitality, Tour and Travel, MICE, dan Destination. Adapun hasil dari konsorsium dan seminar ini adalah dibentuknya para pengurus untuk masing masing program studi dan memiliki visi misi untuk memajukan institusi nya masing masing.

Seminar Bali1      Seminar Bali2      Seminar Bali3