DESIGNATURE 3 : DAY 1

(26/02/19) Dengan meningkatnya dunia persaingan khususnya dalam industri kreatif saat ini, dibutuhkan suatu ruang pameran untuk mengekspresikan nilai lebih pada hasil karya desain grafis dan multimedia. Pameran karya merupakan suatu kegiatan penyajian karya, dalam hal ini karya grafis untuk dikomunikasikan, sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas. Melalui kegiatan ini diharapkan terjadi komunikasi antara desainer yang diwakili oleh karya nya dengan apresiator. Contohnya karya-karya tugas akhir yang dibuat oleh mahasiswa/i program studi Desain Komunikasi Visual di Universitas Bunda Mulia dimana berbagai macam karya diciptakan untuk menunjukkan kemampuan masing-masing mahasiswa. Untuk mengapresiasi dan menunjukkan hasil karya tugas akhir mahasiswa, untuk ketiga kalinya prodi DKV UBM mengusung acara Designature dengan tema “Start your Creativity Up”

Designature merupakan acara yang diselenggarakan oleh prodi DKV untuk memperlihatkan hasil karya tugas akhir mahasiswa ke umum, acara yang diselenggarakan di Designature 3.0 tidak hanya pameran karya mahasiswa saja, terdapat acara seminar dan talkshow bagi mahasiswa UBM maupun kalangan umum dalam menambah ilmu mengenai industri kreatif.

Pada kesempatan kali ini, tema yang diusung menceritakan perjalanan sebuah aktivitas menuju ke tingkatan yang lebih tinggi dimana sebuah kreativitas bertemu dengan peluang-peluang dalam menciptakan bisnis. Kegiatan “Designature” ini sudah berjalan selama 2 tahun hingga saat ini. Acara ini diselenggarakan mulai dari tanggal 26 – 28 Februari 2019 di kantor Ruang & Tempo, Palmerah.

Kini, acara Designature telah memasuki hari pertama. Acara ini dibuka dengan kata sambutan oleh Bapak G. Aditya Tedjasendjaja, S.Sn., M.Ds selaku Sekretaris Program Studi DKV Universitas Bunda Mulia, Bapak Andreas Palma selaku Kepala Ruang dan Tempo, Joditha Winata Jaya selaku Project Leader Kreavi, dan terakhir sambutan dari Micheal Jacksen selaku Ketua Himpunan Mahasiswa DKV Universitas Bunda Mulia. Rangkaian sambutan ini dilanjutkan dengan penandatanganan sebagai bentuk peresmian acara Designature 3.0 untuk 3 hari kedepan.

Di hari pertama Designature 3.0 ini juga ada acara seminar yang sangat menarik. Seminar pertama bertemakan The Importance of Drawing Style yang dibawakan oleh Ngurah Yudha. “Mencari style dan menemukan karakteristik pada karya itu sangatlah penting karena itu akan membuat karya kita lebih mudah untuk dikenali banyak orang dan orang lain juga tidak akan dengan mudah meniru karya kita, dan kita juga punya value yang lebih karena kita mempunyai kepuasan lebih dalam menghasilkan karya sendiri” kata Ngurah Yudha. Dalam seminar ini juga disampaikan beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk dapat menemukan style kita sendiri yaitu adalah : belajar menggambar dari basic seperti menggambar stick man dan stick figure, belajar dari style yang sudah ada, berlatih terus dan menerima pekerjaan dengan style apapun.

Ada pula seminar kedua yang bertemakan Digital Visual Story Teller oleh Enrico Jonathan. Di seminar ini juga menjelaskan bahwa kekuatan visual adalah sesuatu yang membuat semua hal menjadi tergambarkan dengan baik dan dapat digunakan dalam banyak hal. Ada pula hal yang terpenting untuk dapat mencapai ide dalam membuat suatu konten yaitu adalah dengan mempertanyakan segala hal sekecil apapun, dan mempunyai mindset dan tidak terpaku terhadap peraturan yang ada, ujar Enrico.

Setelah seminar berlangsung dilanjutkan penyerahan sertifikat kepada pembicara sebagai bentuk apresiasi oleh Bapak G. Aditya Tedjasendjaja, S.Sn., M.Ds selaku Sekretaris Program Studi DKV Universitas Bunda Mulia dan Micheal Jacksen selaku Ketua HIMA DKV UBM.

Hari pertama Designature 3.0 ini berjalan dengan lancar dengan antusiasme peserta yang besar untuk mengikuti kegiatan pameran, Seminar dan Talkshow membuat acara Designature 3.0 berlangsung meriah dan diikuti baik dari mahasiswa DKV dari UBM ataupun kalangan masyarakat dan akademisi umum.