KULIAH UMUM “CHINESE DEPARTMENT ROLE IN INDONESIA”

KU Desy Yanti

Pada hari Rabu, 28 Mei 2019 Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa menyelenggarakan kuliah umum dengan tema Chinese Department Role in Indonesia. Tema ini diangkat sebagai tema dari kuliah umum dengan harapan mahasiswa program studi Bahasa dan Budaya Tionghoa dapat mengetahui peranan Bahasa mandarin di Indonesia dan juga dapat mendengarkan sharing narasumber mengenai lingkungan kerjanya.

Dalam kuliah umum kali ini, Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa mengundang alumni dari Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa UBM angkatan 2016, Desy Yanti, untuk menjadi narasumber. Beliau bekerja di Taiwan Economic & Trade Office Inonesia sebagai asisten Kepala Polisi Taiwan. Dalam pekerjaannya, Kak Desy juga pernah menjadi penerjemah bagi petugas kepolisian Taiwan yang bekerja sama dengan polisi Indonesia dalam kasus pengrebekan penjahat-penjahat dari Taiwan yang menyelundupkan obat-obatan terlarang ke Indonesia.

Kepada mahasiswa, Kak Desy membagikan wawasannya seputar pengalamannya selama bekerja menjadi asisten Kepala Polisi Taiwan yang bertugas di Indonesia, dimulai dari awal dirinya bekerja, menghadapi kesulitan ketika dia menemukan berbagai macam istilah hukum yang tidak dia mengerti, sampai pencapaian besar yang berhasil diraihnya. Kak Desy juga mengatakan kepada mahasiswa untuk tidak berhenti mengembangkan kemampuan diri, karena di zaman sekarang belajar bahasa Mandarin saja tidak cukup menunjang kemampuan kita dalam bekerja nantinya. Akan ada istilah-istilah khusus pada suatu bidang yang akan muncul ketika seseorang bekerja menjadi penerjemah, seperti istilah kedokteran, istilah yang berhubungan dengan hukum, ekonomi, dsb.

Peserta kuliah umum kali ini terdiri dari 91 mahasiswa serta 5 dosen program studi Bahasa dan Budaya Tionghoa. Para peserta sangat tertarik dan antusias dalam mendengarkan wawasan yang diberikan oleh kak Desy selama 1,5 jam di UBM Premiere Classroom. Mahasiswa juga menggunakan kesempatan dalam sesi tanya jawab dengan baik, dengan mengungkapkan beberapa kesulitan yang ditemui ketika menerjemahkan beberapa dokumen, yang juga berhasil dijawab dengan baik oleh narasumber.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian penghargaan kepada narasumber yang diberikan oleh ibu Symphony selaku Kaprodi Bahasa dan Budaya Tionghoa. Mahasiswa, dosen, dan narasumber juga berfoto bersama sebagai pengingat betapa seru dan menyenangkannya sharing pada siang hari itu. Mahasiswa berhasil mendapatkan ilmu baru, dan juga suntikan keberanian untuk mempelajari hal-hal baru untuk menunjang kemampuan berbahasa Mandarin.

Kuliah umum ini merupakan salah satu bentuk keseriusan dari Universitas Bunda Mulia untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran dan memperluas wawasan mahasiswa mengenai dunia kerja. Juga sekaligus mendorong mahasiswa untuk lebih mengembangkan diri lagi, karena kegiatan ini juga membuka mata para mahasiswa bahwa kemampuan berbahasa Mandarin sangat dibutuhkan Indonesia sekarang ini, tentu jika hal itu juga didukung dengan pengetahuan yang lebih luas lagi. Go Biemers!

Kuliah Umum Bersama Philip S.Kho “Chinese Teaching Skills and Methods”

Pada Hari Jumat, 10 Mei 2019 Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa telah mengadakan Kuliah Umum yang bertema “Chinese Teaching Skills and Methods “. Topik ini diambil dengan harapan meningkatkan pengetahuan mahasiswa/i prodi Bahasa dan Budaya Tionghoa dibidang pengajaran dalam bahasa tionghoa. Kuliah Umum merupakan suatu sarana untuk menambah wawasan mahasiswa/I prodi Bahasa dan Budaya Tionghoa tentang penerapan Bahasa Tionghoa dalam dunia nyata.

 Dalam kuliah umum kali ini, Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa menghadirkan Bpk. Philip S.Kho yang merupakan CEO dari Caiming Mandarin Education Centre sebagai narasumber.

Dalam kuliah umum kali ini, Bpk. Philip S.kho membagikan tips tentang bagaimana menjadi seorang pengajar berkualitas yang memiliki metode serta teknik pengajaran yang benar dan menarik. Selain itu, beliau juga mempraktekkan langsung tentang bagaimana cara beliau mengajar murid-muridnya, seperti dengan menggunakan berbagai permainan, nyanyian dll. Para peserta pun diberi kesempatan untuk bermain langsung  permainan yang diberikan oleh Bpk. Philip S.Kho

Peserta Kuliah Umum kali ini terdiri dari 27 orang mahasiswa serta 1 dosen prodi Bahasa dan Budaya Tionghoa. Para peserta terlihat sangat tertarik dan antusias mendengarkan paparan yang dibawakan oleh Bpk. Philip S.Kho. Ini terbukti dari aktifnya para peserta dalam mengikuti permainan-permainan yang merupakan bagian dari teknik & metode mengajar yang biasa digunakan Bpk. Philip S.Kho dalam mengajar murid-muridnya.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian penghargaan kepada narasumber yang diberikan oleh Ibu Eny selaku Dosen Bahasa dan Budaya Tionghoa

Kuliah umum ini merupakan salah satu bentuk keseriusan dari Universitas Bunda Mulia untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada industri, sesuai dengan tagline Universitas Bunda Mulia yaitu Bridging Education to the Real World.

KUNJUNGAN INDUSTRI KE MANDARIN STATION FM 98,3

IMG-20190510-WA0011

Selasa, 7 Mei 2019, Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia menyelenggarakan kegiatan kunjungan industri ke Radio Mandarin Station FM 98,3 Jakarta. Kami memilih mengadakan kunjungan ke Radio Mandarin Station FM 98,3 Jakarta dikarenakan Radio Mandarin Station FM 98,3 Jakarta merupakan station radio mandarin pertama di Jakarta yang telah berdiri sejak 11 Maret 1971 hingga saat ini.

Tujuan kami mengadakan kunjungan ke Radio Mandarin Station FM 98,3 Jakarta adalah untuk mengetahui penggunaan bahasa mandarin dalam bidang penyiaran radio, selain itu juga untuk memperkaya pengetahuan mahasiswa Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa dalam bidang penyiaran radio.

Acara kunjungan ini diawali dengan kata sambutan dari Bapak Harry selaku perwakilan dari Mandarin Station FM 98,3 Jakarta, kemudian disambung dengan ucapan terima kasih dari Ketua Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa, Ibu Symphony Akelba Christian atas kesempatan kunjungan yang telah diberikan oleh Mandarin Station FM 98,3 Jakarta kepada Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia. Acara berikutnya merupakan sesi tanya jawab. Para mahasiswa sungguh antusias menanyakan berbagai pertanyaan mengenai penyiaran radio. Tak disangka pula, pada kesempatan ini kami dapat bertemu dengan beberapa penyiar senior dari Mandarin Station FM 98,3 Jakarta, dimana pemyiar tersebut adalah Ongky Shu-Shu dan Freddy Su. Kami juga memperoleh kesempatan untuk melakukan tanya jawab kepada pemyiar senior, Freddy Su, mengenai pengalaman dan suka duka yang telah dilalui selama menjadi penyiar radio mandarin. Yang tak kalah menariknya dan menambah antusias para mahasiswa adalah kami dapat melihat Freddy Su secara langsung yang sedang melakukan siaran radio pada saat itu. Para mahasiswa pun mendapat pengalaman berharga yang sangat langkah. Kami juga diajak untuk berkeliling melihat lingkungan kerja di Mandarin Station FM 98,3 Jakarta.

Foto bersama Pak Harry selaku perwakilan dari Mandarin Station FM 98,3 Jakarta dan Freddy Su selaku penyiar senior Mandarin Station FM 98,3 Jakarta pun menjadi pertanda berakhirnya sesi kunjungan industri kami kali ini.

Dengan adanya kunjungan industri ke Mandarin Station FM 98,3 Jakarta menunjukkan bentuk keseriusan dari Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia yang ingin mengembangkan keterampilan mahasiswanya tidak hanya dalam berbahasa mandarin tetapi juga dalam bidang lainnya, seperti penyiaran. Diharapkan pula dengan adanya kunjungan industri kali ini dapat menumbuhkan minat dan membuat mahasiswa Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda mulia mengetahui bidang pekerjaan berbahasa mandarin dalam bidang penyiaran.

Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa, Fighting!!!

BBT UBM Meraih Juara Keterampilan Oriental Terbaik dalam “Chinese Bridge” Seleksi Wilayah Indonesia 2019

WhatsApp Image 2019-04-21 at 7.03.53 PM

Kompetisi Bahasa Mandarin “Chinese Bridge” Tingkat Universitas Seleksi Wilayah Indonesia merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Confusius Headquarters, Kedutaan Besar Republik Rakyat Tiongkok di Indonesia, Badan Koordinasi Pendidikan Bahasa Mandarin Jakarta, serta Pusat Bahasa Mandarin Universitas Al-Azhar. Tahun ini, Kompetisi Bahasa Mandarin “Chinese Bridge” Tingkat Universitas Seleksi Wilayah Indonesia diadakan pada tanggal 21 April 2019 di El Royale Hotel Jakarta.

Kompetisi Bahasa Mandarin “Chinese Bridge” Tingkat Universitas Seleksi Wilayah Indonesia dibagi menjadi tiga sesi kompetisi, yaitu pidato berbahasa Mandarin, tanya jawab, dan keterampilan oriental. Kompetisi kali ini mengangkat tema “One World, One Family”. Total 39 peserta dari seluruh Indonesia bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam kompetisi ini.

Dalam persaingan lomba yang begitu ketat ini, mahasiswa Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa dengan bakat keterampilan oriental Wushu yaitu Jefvlin berhasil memukau para juri dan penonton dengan kemampuan Wushu nya yang sangat baik dan berhasil meraih prestasi yang membanggakan yaitu berhasil meraih Juara Penampilan Keterampilan Oriental Terbaik.

 Proud To Be Biemers!!!

BBT UBM Berhasil Meraih Juara 1 dan 3 dalam Kompetisi Bahasa Mandarin “Chinese Bridge” Seleksi Wilayah Jakarta

WhatsApp Image 2019-03-31 at 5.08.28 PM

Kompetisi Bahasa Mandarin “Chinese Bridge” Tingkat Universitas Seleksi Wilayah Jakarta kembali diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Pendidikan Bahasa Mandarin Jakarta dan Pusat Bahasa Mandarin Al-Azhar pada tanggal 31 Maret 2019 di Universitas Tarumanegara. Kompetisi ini menjadi ajang kompetisi mahasiswa program studi bahasa Mandarin di Jakarta untuk saling adu kemampuan dan bakat dalam pidato berbahasa Mandarin, tanya jawab dalam bahasa Mandarin, dan penampilan keterampilan oriental.

Dalam kompetisi kali ini, mahasiswa Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia yaitu Yohanes dan Jefvlin berhasil meraih prestasi yang membanggakan. Dengan kemampuan berpidato yang baik, ketenangan dalam menjawab pertanyaan juri, serta penampilan keterampilan oriental yang memukai, Yohanes dan Jefvlin berhasi meraih Juara 1 dan 3. Pencapaian ini kembali mengukuhkan eksistensi Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa UBM di kalangan masyarakat Jakarta sebagai program studi bahasa Mandarin terbaik di Jakarta.

Proud to be Biemers!!!

KUNJUNGAN INDUSTRI KE PT. DUTA ANUGERAH INDAH (DAAI TV)

Jumat 01 Maret 2019, Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa (BBT) melaksanakan Kunjungan Industri ke PT. Duta Anugerah Indah (DAAI TV), Jakarta Utara. Kunjungan Industri kali ini diikuti oleh mahasiswa/i program studi Bahasa dan Budaya Tionghoa UBM Alam Sutera semester 2 dan 4 serta dosen yang berjumlah 27 orang.

Kegiatan Kunjungan Industri merupakan salah satu kegiatan yang secara continue dilakukan oleh setiap Program Studi di Universitas Bunda Mulia yang menekankan pada peningkatan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada industri. Kunjungan Industri kali ini merupakan Kunjungan Industri pertama untuk mahasiswa/i program studi Bahasa dan Budaya Tionghoa UBM Alam Sutera.

Rombongan disambut dengan baik oleh pihak Stasiun Televisi DAAI. Dalam Kunjungan Industri ini, kami diperkenalkan dengan sejarah perkembangan stasiun televisi DAAI mulai dari awal dibentuknya hingga sekarang ini. Kemudian mahasiswa/i prodi Bahasa dan Budaya Tionghoa diajak oleh pihak DAAI TV berkeliling ketempat-tempat yang menjadi sarana penting untuk keberlangsungan sebuah acara.

Disetiap studio-studio yang kami kunjungi, pihak DAAI TV menjelaskan dengan jelas apa saja fungsi  dari alat-alat yang ada distudio-studio tersebut dan juga menjelaskan apa saja hal-hal penting dalam on-air.

Dalam kegiatan Kunjungan Industri ini terlihat jelas sekali antusiasme dari para mahasiswa/i, hal ini terlihat dari aktifnya para mahasiswa/i bertanya mengenai DAAI TV. Para mahasiswa/i menerima banyak sekali informasi mengenai ilmu broadcasting dan semakin bertambahnya wawasan tentang perstasiun televisian.

Kemudian sebagai ungkapan terimakasih atas kesediaan dari pihak Stasiun Televisi DAAI dalam menerima tempatnya untuk dikunjungi oleh mahasiswa/i prodi Bahasa dan Budaya Tionghoa, pihak Universitas Bunda Mulia Alam Sutera yang diwakili oleh dosen prodi Bahasa dan Budaya Tionghoa yang juga merupakan dosen pendamping kami Eny,BA.,MTCSOL memberikan cinderamata berupa plakat. Tak lupa pihak DAAI TV juga memberikan cinderamata untuk dosen pembimbing beserta para anggota Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Budaya Tionghoa.

 

 

Mahasiswa BBT UBM Kembali “Memborong” Piala dalam Kompestisi Star of Chinese 2018

Star of Chinese 2018

Kompetisi Star of Chinese 2018 merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Confusius Headquarters dan Pusat Bahasa Mandarin Al-Azhar. Tahun ini, kompetisi dibagi menjadi beberapa kategori yaitu kategori Kemampuan Berbahasa Mandarin, Cerita Idiom/Ungkapan, Pertunjukkan Drama Bahasa Mandarin, dan komprehensif (gabungan dari ketiga kategori kompetisi). Mahasiswa program studi bahasa Mandarin dari universitas-universitas di Jakarta seperti Universitas Indonesia, Universitas Bina Nusantara, Universitas Al-Azhar, Universitas Tarumanegara, dan Universitas Bunda Mulia berbondong-bondong untuk adu kemampuan dalam kompetisi Star of Chinese ini.

Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia mengutus 20 mahasiswa untuk ikut serta dalam kompetisi Star of Chinese 2018 dan hampir semua mahasiswa yang diutus oleh Universitas Bunda Mulia berhasil meraih prestasi gemilang.

Dalam kategori kompetisi Kemampuan Berbahasa Mandarin, yang merupakan ujian penguasaan kosa kata bahasa Mandarin peserta, Lia Angelina berhasil meraih Juara 1. Sedangkan Lavenea Odelia dan Lin Nyuk berhasil meraih Juara 2, diikuti oleh Hanson Wibisono dan Cindy Millenia dengan predikat Juara 3.

Dalam kategori kompetisi Cerita Idiom/Ungkapan, Bella Octavia berhasil meraih Juara 2.

Dalam kategori kompetisi Pertunjukkan Drama Bahasa Mandarin, dua tim BBT UBM berhasil meraih Juara 1 (Lin Nyuk dan Cindy Natalia) dan Juara 3 (Salsa Pratama Wijaya, Siska, Elvina, Wulan Fitriyanti Setia, dan Liani Wati).

Dalam kategori Komprehensif yaitu gabungan dari tiga kategori kompetisi diatas, San San Yuliana berhasil meraih Juara 3.

Selamat atas prestasi yang berhasil diraih oleh BBT UBM!!!

Proud to be Biemers!!!

KUNJUNGAN INDUSTRI KE PT. VIVO MOBILE INDONESIA

Kunjungan industri vivo

Pada tanggal 7 Desember 2018, Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa mengadakan kunjungan industri ke PT. VIVO Mobile Indonesia yang bertempat di daerah perkantoran Kuningan. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa semester 5, himpunan mahasiswa program studi, dan Sekretaris Prodi, Ibu Juliana, total 30 peserta.

Peserta berkumpul di Universitas Bunda Mulia pada pukul 07.00 dan berangkat ke kantor PT. VIVO Mobile Indonesia pada pukul 08.00. Pada pukul 09.00,  peserta telah tiba di gedung Generali Tower. Di lobby, peserta disambut oleh Ibu Thara Muthia selaku HR Assistant, lalu peserta dipersilahkan untuk naik ke lt. 11, tempat dimana kantor PT. VIVO Mobile Indonesia berada.

Sesampai di dalam kantor, peserta diarahkan menuju ruang yang telah disiapkan. Di dalam ruangan telah disusun bangku yang menghadap ke arah TV, peserta dipersilahkan duduk dan menunggu acara dimulai.

Acara dimulai dengan sambutan oleh Ibu Daisy Liang selaku Head of HR. Ibu Daisy menyambut peserta dengan ramah, menjelaskan sedikit latar belakang mengenai perusahaan VIVO yang ada di Indonesia. Namun karena Ibu Daisy memiliki jadwal lain, peserta hanya memiliki waktu yang terbatas untuk berbincang dengan Ibu Daisy.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai perusahaan VIVO secara mendalam yang dibawakan oleh Bapak Fachryansyah selaku Brand Manager. Pada sesi presentasi ini, Bapak Fachryansyah menjelaskan banyak hal, mulai dari latar belakang masuknya VIVO ke Indonesia, jumlah kantor VIVO di Indonesia maupun di luar Indonesia, kerja sama antara VIVO dengan perusahaan lain, hingga perkembangan teknologi yang dirancang oleh VIVO dari awal masuk ke Indonesia hingga yang terbaru.

Setelah sesi presentasi selesai, diadakan briefing singkat sebelum peserta diajak untuk melihat kantor lebih lanjut. Setelah briefing, peserta diajak untuk melihat bagaimana isi dari kantor, mulai dari bagian resepsionis hingga bagian marketing, produk dll. Pada bagian akhir, peserta kembali dibawa ke ruang briefing untuk duduk dan berbincang-bincang dengan pihak VIVO.

Setelah melihat kantor, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada sesi ini, peserta boleh menanyakan banyak hal kepada pihak VIVO, misalnya cara marketing, produk yang difokuskan oleh VIVO dsb. Pada akhir sesi, pihak VIVO memberikan sedikit kuis kepada peserta. Kuis ini berdasarkan presentasi yang dilakukan oleh Bapak Fachryansyah, sehingga peserta yang menyimak dengan baik dapat menjawab semua pertanyaan tersebut. Kuis ini juga ada hadiahnya, yaitu beberapa barang official VIVO yang tidak dapat dibeli dimanapun, seperti tumbler VIVO, boneka icon VIVO dll.

Pada akhir kunjungan, peserta mengambil foto bersama dengan latar belakang peta Indonesia dan pemberian plakat oleh Ibu Juliana kepada pihak VIVO. Pada pukul 11.00, peserta kembali ke Universitas Bunda Mulia.

Kunjungan industri merupakan kunjungan ke perusahaan-perusahaan untuk mengenalkan mahasiswa kepada dunia kerja yang akan mereka geluti telak. Selain itu mahasiswa juga dapat menemukan posisi-posisi kerja yang kelak bisa dilamar di kemudian hari. Kegiataan ini sesuai dengan tagline Universitas Bunda Mulia, yaitu Bridging Education to the Real World.

Go Biemers!

KULIAH UMUM “BUSINESS E-COMMERCE”

KU Efah

Pada hari Sabtu, 17 November 2018 Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa menyelenggarakan kuliah umum dengan tema Business E-Commerce. Tema ini diangkat sebagai tema dari kuliah umum dengan harapan mahasiswa program studi Bahasa dan Budaya Tionghoa dapat mengetahui perkembangan bisnis E-commerce di Indonesia  dan memahami cara untuk menghadapi perkembangan tersebut. Dalam perkembangannya, Indonesia juga mulai didatangi perusahaan E-commerce, khususnya perusahaan dari Tiongkok. Pada kuliah umum kali ini, diharapkan mahasiswa dapat menghadapi perkembangan bisnis E-commerce tersebut dan menjadikannya sebagai modal di dunia pekerjaan.

Dalam kuliah umum kali ini, Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa menghadirkan alumni dari Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa UBM angkatan 2012, Efah, yang juga sekarang bekerja di PT. Global Jet Ecommerce sebagai narasumber.

Pada kuliah umum ini, Kak Efah membagikan wawasannya seputar bisnis E-commerce kepada mahasiswa, mulai dari jumlah pengguna internet di Indonesia, perilaku konsumen E-commerce, dan juga kategori barang yang dibeli oleh konsumen di internet. Kak Efah juga menjelaskan perbedaan antara E-commerce dengan E-business serta alasan mengapa orang – orang ingin membeli barang dari internet dan juga sebaliknya. Kak Efah juga menunjukkan grafik perbandingan dan perkembangan dari perusahaan – perusahaan E-commerce di Indonesia. Terakhir, kak Efah mengajarkan “rahasia” dalam membangun bisnis E-commerce.

Peserta kuliah umum kali ini terdiri dari 91 mahasiswa serta 3 dosen program studi Bahasa dan Budaya Tionghoa. Para peserta sangat tertarik dan antusias dalam mendengarkan wawasan yang diberikan oleh kak Efah, ini dikarenakan ada beberapa peserta yang bekerja di bidang sejenis, sehingga para peserta secara aktif mengajukan pertanyaan kepada narasumber pada sesi tanya jawab

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian penghargaan kepada narasumber yang diberikan oleh ibu Symphony selaku Ka.Prodi Bahasa dan Budaya Tionghoa, dan juga pengenalan Alumni Center secara singkat oleh Ibu Shella.

Kuliah umum ini merupakan salah satu bentuk keseriusan dari Universitas Bunda Mulia untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada industry, sesuai dengan tagline Universitas Bunda Mulia yaitu Bridging Education to the Real World.

Go Biemers!

Mahasiswa BBT UBM Berhasil Meraih Juara 3 Mandarin News Anchor Competition Universitas Indonesia

Mandarin News Anchor Sinofest XX

Pada hari Kamis, 15 November 2018, Program Studi Cina Universitas Indonesia kembali menyelenggarakan kegiatan festival budaya tahunan SINOFEST. Sinofest tahun ini mengambil tema “Akulturasi Budaya Tionghoa dengan Budaya Bali sebagai Warisan Budaya Indonesia”. Selain memamerkan akulturasi kedua budaya ini, Prodi Cina Universitas Indonesia juga mengadakan berbagai lomba bahasa Mandarin untuk tingkat SMA dan Universitas. Adapun lomba tingkat universitas yang diadakan tahun ini adalah Lomba Cerdas Cermat Sinologi dan Lomba News Anchor Mandarin.

Tim mahasiswa Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia kembali meraih prestasi gemilang dalam perlombaan kali ini. Satu tim News Anchor Mandarin yang terdiri dari mahasiswa semester 5 yaitu Cindy Chandra dan Venny berhasil meraih Juara 3. Sungguh suatu pencapaian yang tidak mudah karena mereka bersaing dengan berbagai universitas di Indonesia seperti Universitas Kristen Petra, Universitas Bina Nusantara, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Trisakti, Universitas Pelita Harapan, dan lain-lain.

Selamat kepada tim mahasiswa Prodi BBT UBM, semoga dapat meraih prestasi kembali dalam ajang perlombaan berikutnya!

Proud to be Biemers!!!

SEMINAR “THE PURPOSE OF LEARNING CHINESE”

Jumat, 02 November 2018, Himpunan Mahasiswa Prodi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia Alam Sutera mengadakan seminar mahasiswa yang bertemakan “The Purpose of Learning Chinese. Seminar ini dibawakan oleh Ibu Susi, yang merupakan seorang guru bahasa mandarin Lulusan S2 dari Zhongshan university Guangzhou. Ibu Susi adalah seorang ahli pendidikan bahasa mandarin yang memiliki pengalaman mengajar lebih dari 7 tahun, dan pernah mengajar di UIB (Universitas Internasional Batam)  Batam. Ibu Susi  juga pernah menerjemah  buku bahasa Indonesia ke bahasa Mandarin dan dari bahasa Mandarin ke bahasa Indonesia.

Maksud dan tujuan Himpunan Mahasiswa prodi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia Alam Sutera dalam menyelenggarakan seminar ini adalah untuk memberikan wawasan yang lebih mendalam kepada para mahasiswa/I khususnya prodi Bahasa dan Budaya Tionghoa mengenai pentingnya pembelajaran Bahasa Tionghoa di dunia kerja yang akan mendatang. Selain memperkenalkan pentingnya bahasa mandarin di era modern ini, dalam seminar ini juga memperkenalkan kepada mahasiswa/I mengenai tahap dasar dalam pembelajaran mandarin yang perlu ditanam, dikembangkan, serta dikuasai untuk merealisasikan impian serta cita-cita  melalui bahasa mandarin.

Seminar ini diawali dengan kata sambutan yang dibawakan oleh wakil rektor Universitas Bunda Mulia, Ibu Kandi Sofia Senastri Dahlan, Ph.D, yang kemudian di lanjutkan dengan seminar langsung. Ibu Susi membawakan seminar ini dengan terampil dan lebih mudah dipahami oleh para peserta. Ibu Susi terlebih dahulu memperkenalkan berbagai macam karir yang dapat kita tekuni di dunia kerja nanti, seperti; guru mandarin, penerjemah, pembawa acara, dan masih banyak lagi karir-karir lainnya. Setelah itu, Ibu Susi juga memperkenalkan serta mengajarkan tahap dasar dalam belajar bahasa mandarin, seperti nada, pelafalan, intonasi,dll. Tidak lupa Ibu Susi juga memberikan tips dan trik dalam pembelajaran bahasa mandarin dengan tujuan agar para peserta dapat belajar bahasa mandarin dengan metode yang lebih mudah dan lebih sederhana. Hal tersebut tentunya dapat mengembangkan serta meningkatkan motivasi para peserta untuk terus berjuang menggapai cita-citanya melalui belajar bahasa mandarin.

Seminar diakhiri dengan sesi tanya jawab, foto bersama serta penyerahan sertifikat. Dalam seminar kali ini, para peserta tidak hanya mendapatkan wawasan mengenai karir yang berhubungan dengan bahasa mandarin saja, tetapi juga memotivasi para peserta untuk terus berjuang menggapai impian serta cita-citanya kelak melalui bahasa mandarin. Semoga dengan diadakannya seminar mahasiswa kali ini dapat memberikan semangat baru untuk mahasiswa/I prodi Bahasa dan Budaya Tionghoa untuk terus berjuang menggapai impian yang diimpikan kelak.

Gapailah mimpi sampai ke negeri China, prodi Bahasa dan Budaya Tionghoa, jiayou!!!

Ujian HSK dan HSKK Online (19 Mei 2018)

A Level, Jenis, JadwalBiaya, dan Tempat Ujian

  1. New Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) Tulisan Level 1-6 dan HSK Lisan (HSKK) Level Dasar, Menengah, dan Lanjutan.
  2. Tempat Ujian:

Universitas Tarumanegara.

Hari/tanggal

Level

Jenis

Waktu Ujian

Biaya Ujian

Sabtu, 19 Mei 2018 HSK Level 1 Ujian  Tulisan

13:30-14:05

35 menit

Rp. 200.000,-

Sabtu, 19 Mei 2018 HSK Level 2 Ujian  Tulisan

09:00-09:50

50 menit

Rp. 250.000,-

Sabtu, 19 Mei 2018 HSK Level 3 Ujian  Tulisan

13:30-14:55

85 menit

Rp. 350.000,-

Sabtu, 19 Mei 2018 HSK Level 4 Ujian  Tulisan

09:00-10:40

100 menit

Rp. 450.000,-

Sabtu, 19 Mei 2018 HSK Level 5 Ujian  Tulisan

13:30-15:30

120 menit

Rp. 500.000,-

Sabtu, 19 Mei 2018 HSK Level 6 Ujian  Tulisan

09:00-11:15

135 menit

Rp. 530.000,-

Sabtu, 19 Mei 2018 HSKK Level Dasar Ujian  Lisan

16:30-16:47

17 menit

Rp. 170.000,-

Sabtu, 19 Mei 2018 HSKK Level Menengah Ujian  Lisan

16:30-16:51

21 menit

Rp. 250.000,-

Sabtu, 19 Mei 2018 HSKK Level Lanjutan Ujian  Lisan

16:30-16:54

24 menit

Rp. 310.000,-

Catatan:

Ujian HSK 1,3,5 bersamaan dalam satu lab komputer, total kuota 45 peserta.

Ujian HSK 2,4,6 bersamaan dalam satu lab komputer, total kuota 45 peserta.

Ujian HSKK Level Dasar, Menengah, dan Lanjutan bersamaan dalam satu lab komputer, total kuota 45 peserta.

 

B Cara Pendaftaran

  1. Mengisi formulir pendaftaran, silahkan unduh formulir pendaftaran yang diinginkan seperti yang tertera berikut atau mengirimkan email kepada contact person dibawah. Formulir Pendaftaran HSK dan HSKK
  2. Formulir pendaftaran dikirimkan ke email contact person dibawah dengan  melampirkan:
  • Scan KTP/Paspor/Surat Ijin Menetap (SIM dan kartu pelajar tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto dan tidak kadaluarsa hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun). Jenis file scan adalah dalam format jpg, besar file maksimal 100KB. Mohon perhatikan masa berlaku kartu identitas adalah masih berlaku sampai dengan tanggal ujian berlangsung karena peserta tidak diperkenankan mengikuti ujian jika tidak membawa kartu identitas asli dengan alasan apapun atau jika kartu identitas sudah kadaluarsa pada hari ujian berlangsung.
  • Pas foto formal berwarna terbaru, jenis file dalam format jpg, besar file maksimal 100KB.
  • Ketentuan untuk foto:

-     Warna baju dan warna background foto TIDAK BOLEH sama atau mirip

-     Tidak boleh memakai topi, jepit rambut, bando, kaca mata hitam.

-     Foto harus dari kepala sampai bagian dada.

3. Membayarkan biaya pendaftaran sesuai dengan keterangan pada email konfirmasi yang didapat.

4. Mengirimkan bukti pembayaran ke email contact person terkait.

 

C. Batas Waktu Pendaftaran

Batas akhir pendaftaran pada tanggal 1 Mei 2018.

 

D. Pengambilan Kartu Peserta Ujian

Setelah proses pendaftaran selesai, peserta wajib mengambil Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) seminggu sebelum ujian berlangsung (waktu pengambilan Kartu Peserta Ujian akan diinformasikan melalui email) dan harus diperiksa dengan seksama apakah data yang tertera di Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) terdapat kesalahan atau tidak. Jika terdapat kesalahan harap segera melapor kepada contact person terkait.

 

E. Simulasi Ujian

Simulasi Ujian akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal : Jumat, 11 Mei 2018

Waktu          : Pukul 15.00 WIB-selesai

Tempat        : Lantai 10 Universitas Tarumanegara

 

F. Tata Tertib Ujian

  1. Datang minimal 1 jam sebelum ujian berlangsung untuk pendaftaran ulang, 30 menit sebelum waktu ujian peserta sudah harus berada di ruang ujian.
  2. Membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) dan kartu identitas asli pada saat daftar ulang. Apabila peserta tidak membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) beserta kartu identitas diri yang berfoto dan tidak kadaluarsa (SIM tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun), tidak diperkenankan mengikuti ujian dengan alasan apapun, dan Uang Ujian yang telah dibayar tidak dapat dikembalikan.
  3. Peserta masuk ruang ujian hanya diperkenankan membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket)kartu identitas asli, dan alat tulis (pensil 2B dan penghapus), selain itu tidak diperkenankan dibawa masuk ke ruang ujian.
  4. Peserta wajib memakai pakaian rapi dan memakai sepatu.

 

G. Pengambilan Hasil Ujian

Hasil ujian dapat dilihat oleh peserta ujian melalui website: www.chinesetest.cn 30 hari setelah ujian, sedangkan untuk pengambilan hasil ujian tertulis akan diumumkan kemudian melalui email (paling cepat 2 bulan setelah ujian).

F. Contact person:

Kumala Dewi: kumala_kumkum@yahoo.com

Telp hotline: 021-6929090 ext.1349

Alamat: Jl. Lodan Raya No.2 Ancol – Jakarta Utara

KUNJUNGAN INDUSTRI KE PT. SINAR MAS

WhatsApp Image 2018-02-23 at 3.24.00 PM (1)

Jumat 23 Februari 2018, Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa (BBT) melaksanakan Kunjungan Industri ke PT. Sinar Mas yang berlokasi di Plaza Simas I, Jakarta Pusat. Kunjungan Industri kali ini diikuti oleh mahasiswa/i program studi Bahasa dan Budaya Tionghoa semester 4 dan 8 serta dosen-dosen yang berjumlah 63 orang.

Dalam Kunjungan Industri ini, kami diperkenalkan dengan sejarah perkembangan perusahaan Sinar Mas, ragam bidang industri yang dijalankan perusahaan ini, jenis-jenis asuransi serta banyak hal lainnya. Melalui kunjungan industri ini kami juga mendapatkan banyak pengetahuan akan dunia industri terutama di bidang Asuransi dan E-commerce. Program Management Training atau dikenal dengan MT yang diselenggarakan Sinar Mas setiap tahunnya bertujuan untuk membimbing dan mengembangkan potensi partisipan, sehingga partisipan menjadi lebih memahami dan menguasai bidang pekerjaan di Sinar Mas. Beragam pertanyaan juga ditanyakan oleh mahasiswa/i kami menjelang akhir acara mengenai perusahaan Sinar Mas, Program MT, Peluang Karir di Sinar Mas, dan sebagainya.

Pada akhir acara, sebagai rasa apresiasi, Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa memeberikan penghargaan berupa plakat kepada pihak PT. Sinar Mas yang diserahkan oleh Ibu Symphony selaku Ketua Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa. Kegiatan Kunjungan Industri ini diakhiri dengan foto bersama antara pihak Sinar Mas dan Mahasiswa/i serta dosen-dosen Universitas Bunda Mulia.

Kunjungan industri ini telah membawakan banyak pengetahuan baru yang berharga bagi para mahasiswa/i yang bermanfaat untuk kelak dalam persiapan terjun dalam dunia kerja. UBM, Bringing Education to the Real World. GO BIEMERS!

HSK PREPARATION CLASS

Introduction

Chinese Proficiency Test (HSK) is an international standardized Chinese language test to measure Chinese language learners’ abilities in using the Chinese language in their daily, academic and professional lives.

HSK consists of six levels, namely HSK 1, HSK 2, HSK 3, HSK 4, HSK 5, and HSK 6.

HSK Level

The result of the HSK test can be:

  1. 1.       Your gateway to study in China

It’s regulated by the Chinese Ministry of Education that foreign students who enroll in Chinese universities to study shall pass the HSK level 4 or above exams.

  1. 2.       A must for applying for scholarships and summer camps

Learners who want to apply the Confucius Institute Scholarships should take the score reports of HSK. All test takers who take HSK abroad are eligible to apply for the Chinese Test Summer Camp to experience Chinese culture and learn the language for a short period in China.

  1. 3.       Plus for career building

Many foreign governments, multinational companies, and schools have recognized HSK and have used HSK as criteria for recruitment, performance evaluation and promotion.

 

HSK Preparation Class Schedule, Location, Price (for the students who will take the test on March 2018)

HSK PREPARTION CLASS FEE-feb 2018

All the classes will be held at Bunda Mulia University, Jl. Lodan Raya No. 2, North Jakarta, the classroom will be informed later.

*The materials fee for HSK 2, HSK 3, HSK 4 is for the HSK Standard Course textbook. For HSK 2 and HSK 3 each student will get two books (student books and workbook); for HSK 4 each student will get four books (two student books and two workbooks).

Class will be held by at least 5 students for each level.

Cash back 15% of the taken course fee or discount 20% of the next period course fee for student who passed the HSK test in March. 2018 (Terms and conditions apply).

 

Registration and Contact Information

Registration opens January 24th-31st Januari 2018.

Registration link click: https://goo.gl/forms/1S5YGrNBbKX7X3hU2

 

More Information please contact:

Bunda Mulia Learning & Development Center (BMLDC)

Office Hour: Monday-Friday (07:30-16:30)

Telephone: (021) 692-9090 ext. 1323/1330

Email: bmldc@bundamulia.ac.id

Ujian YCT, HSK, dan BCT (24-25 Maret 2018)

A Level, Jenis, Jadwal, Biaya, dan Tempat Ujian

  1. New Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) Tulisan Level 1-6 dan HSK Lisan (HSKK) Level Dasar, Menengah, dan Lanjutan.
  2. New Youth Chinese Test (YCT) Tulisan Level 1-4 dan YCT Lisan Level Dasar dan Menengah.
  3. Business Chinese Test (BCT) Tulisan Level A dan B.
  4. Tempat Ujian:

Ujian YCT & BCT: Universitas Bunda Mulia

Ujian HSK: Kampus I Universitas Tarumanegara

Ruang ujian akan diinformasikan kemudian.

Hari/tanggal

Level

Jenis

Waktu Ujian

Biaya Ujian

Sabtu, 24 Maret 2018 YCT Level 1 Ujian Tertulis

11:30-12:00

30 menit

Rp. 100.000,-

Sabtu, 24 Maret 2018 YCT Level 2 Ujian Tertulis

09:00-09:45

45 menit

Rp. 150.000,-

Sabtu, 24 Maret 2018 YCT Level 3 Ujian Tertulis

11:30-12:25

55 menit

Rp. 200.000,-

Sabtu, 24 Maret 2018 YCT Level 4 Ujian Tertulis

09:00-10:20

80 menit

Rp. 250.000,-

Sabtu, 24 Maret 2018 YCT Level Dasar Ujian Lisan

14:00-14:17

17menit

Rp. 100.000,-

Sabtu, 24 Maret 2018 YCT Level Menengah Ujian Lisan

15:00-15:19

19 menit

Rp. 150.000,-

Sabtu, 24 Maret 2018 BCT (A) Ujian Tulisan

09:00-10:05

65 menit

Rp. 250.000,-

Sabtu, 24 Maret 2018 BCT (B) Ujian Tulisan

11:30-13:50

140 menit

Rp. 350.000,-

Minggu, 25 Maret 2018 HSK Level 1 Ujian  Tulisan

13:30-14:05

35 menit

Rp. 200.000,-

Minggu, 25 Maret 2018 HSK Level 2 Ujian  Tulisan

09:00-09:50

50 menit

Rp. 250.000,-

Minggu, 25 Maret 2018 HSK Level 3 Ujian  Tulisan

13:30-14:55

85 menit

Rp. 350.000,-

Minggu, 25 Maret 2018 HSK Level 4 Ujian  Tulisan

09:00-10:40

100 menit

Rp. 450.000,-

Minggu, 25 Maret 2018 HSK Level 5 Ujian  Tulisan

13:30-15:30

120 menit

Rp. 500.000,-

Minggu, 25 Maret 2018 HSK Level 6 Ujian  Tulisan

09:00-11:15

135 menit

Rp. 530.000,-

Minggu, 25 Maret 2018 HSKK Level Dasar Ujian  Lisan

16:30-16:47

17 menit

Rp. 170.000,-

Minggu, 25 Maret 2018 HSKK Level Menengah Ujian  Lisan

17:30-17:51

21 menit

Rp. 250.000,-

Minggu, 25 Maret 2018 HSKK Level Lanjutan Ujian  Lisan

18:45-19:09

24 menit

Rp. 310.000,-

 

B Cara Pendaftaran

  1. Mengisi formulir pendaftaran, silahkan unduh formulir pendaftaran yang diinginkan seperti yang tertera berikut atau mengirimkan email kepada contact person dibawah. Formulir Pendaftaran YCT2018, Formulir Pendaftaran BCT2018, Formulir Pendaftaran HSK2018
  2. Formulir pendaftaran dikirimkan ke email contact person dibawah dengan  melampirkan:
  • Scan KTP/Paspor/Surat Ijin Menetap (SIM dan kartu pelajar tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto dan tidak kadaluarsa hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun). Jenis file scan adalah dalam format jpg, besar file maksimal 100KB. Mohon perhatikan masa berlaku kartu identitas adalah masih berlaku sampai dengan tanggal ujian berlangsung karena peserta tidak diperkenankan mengikuti ujian jika tidak membawa kartu identitas asli dengan alasan apapun atau jika kartu identitas sudah kadaluarsa pada hari ujian berlangsung.
  • Pas foto formal berwarna terbaru, jenis file dalam format jpg, besar file maksimal 100KB.
  • Ketentuan untuk foto:

-     Warna baju dan warna background foto TIDAK BOLEH sama atau mirip

-     Tidak boleh memakai topi, jepit rambut, bando, kaca mata hitam.

-     Foto harus dari kepala sampai bagian dada.

3. Membayarkan biaya pendaftaran sesuai dengan keterangan pada email konfirmasi yang didapat.

4. Mengirimkan bukti pembayaran ke email contact person terkait.

 

C. Batas Waktu Pendaftaran

Pendaftaran dimulai pada tanggal 24 Januari 2018 sampai dengan 12 Februari 2018.

 

D. Pengambilan Kartu Peserta Ujian

Setelah proses pendaftaran selesai, peserta wajib mengambil Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) seminggu sebelum ujian berlangsung (waktu pengambilan Kartu Peserta Ujian akan diinformasikan melalui email) dan harus diperiksa dengan seksama apakah data yang tertera di Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) terdapat kesalahan atau tidak. Jika terdapat kesalahan harap segera melapor kepada contact person terkait.

 

E. Simulasi Ujian

Simulasi Ujian hanya akan dilaksanakan untuk ujian YCT dan HSK Lisan:

1. Simulasi Ujian YCT Lisan

Hari/tanggal      : Jumat, 23 Maret 2018

Waktu              : Pukul 15:00-selesai

Tempat             : Lab Bahasa I Universitas Bunda Mulia

2. Simulasi Ujian HSK Lisan (HSKK)

Hari/tanggal      : Jumat, 23 Maret 2018

Waktu              : Pukul 15:00-selesai

Tempat             : Kampus I Universitas Tarumanegara

 

F. Tata Tertib Ujian

  1. Datang minimal 1 jam sebelum ujian berlangsung untuk pendaftaran ulang, 30 menit sebelum waktu ujian peserta sudah harus berada di ruang ujian.
  2. Membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) dan kartu identitas asli pada saat daftar ulang. Apabila peserta tidak membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) beserta kartu identitas diri yang berfoto dan tidak kadaluarsa (SIM tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun), tidak diperkenankan mengikuti ujian dengan alasan apapun, dan Uang Ujian yang telah dibayar tidak dapat dikembalikan.
  3. Peserta masuk ruang ujian hanya diperkenankan membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket), kartu identitas asli, dan alat tulis (pensil 2B dan penghapus), selain itu tidak diperkenankan dibawa masuk ke ruang ujian.
  4. Peserta wajib memakai pakaian rapi dan memakai sepatu.
  5. Bagi peserta ujian YCT lisan, hanya disediakan fasilitas rekam untuk 40 orang/level, jika peserta ujian per level lebih dari 40 orang maka sisanya harus membawa peralatan rekam sendiri.
  6. Bagi peserta ujian HSK lisan, hanya disediakan fasilitas rekam untuk 45 orang/level, jika peserta ujian per level lebih dari 45 orang maka sisanya harus membawa peralatan rekam sendiri.

 

G. Pengambilan Hasil Ujian

Hasil ujian dapat dilihat oleh peserta ujian melalui website: www.chinesetest.cn 30 hari setelah ujian, sedangkan untuk pengambilan hasil ujian tertulis akan diumumkan kemudian melalui email (paling cepat 2 bulan setelah ujian).

F. Contact person:

Kumala Dewi: kumala_kumkum@yahoo.com

Symphony: symphony.akelba@gmail.com

Telp hotline: 021-6929090 ext.1349

Alamat: Jl. Lodan Raya No.2 Ancol – Jakarta Utara