Pelatihan Soft Skill Mahasiswa BBI 2019: “Leadership and Organizational Skills Training” (2 Desember 2019)

Senin, 2 Desember 2019 – Kemampuan dalam memimpin dan berbicara di depan umum adalah skills yang dibutuhkan dalam mengatur sebuah organiasai. Namun, cukup disayangkan banyak mahasiswa yang belum mengetahui bagaimana cara berorganisasi yang baik dan benar sehingga visi dan misi sebuah organisasi dapat tercapai, serta bagaimana tata cara menyampaikan pendapat sehingga tidak menyinggung satu sama lainnya. Oleh karena itu program kerja tahunan Himaprodi-BBI (ACES) mengadakan pelatihan soft skill yang bertema “Leadership and Organizational Skills Training” dengan pembicara Willyson (Alumni BBI dan Mantan Ketua ACES), ID Content Lead – Hello Health Group (GO.CARE) wand Volunteer Writer – Support Circle Indonesia.

Pelatihan yang diadakan pada hari Senin tanggal 2 Desember 2019 berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Pelatihan ini dimulai oleh dosen prodi Bahasa dan Budaya Inggris, Pak Ardi Nugroho, sebagai moderator. Narasumber memberikan materi mengenai leadership and organizational skills dengan mendetail dan jelas. Narasumber memberikan kesempatan tanya jawab kepada peserta. Terdapat lima anak yang bertanya mengenai organizational skills. Narasumber menjawab dengan jelas sehingga dapat diterima dengan baik.

Kegiatan dilanjutkan dengan latihan pembuatan proposal gathering secara per kelompok. Setiap kelompok mempresentasikan hasil proposal yang sudah dibuat, lalu narasumber memberikan feedback. Feedback pun dapat diterima dan dimengerti oleh peserta. Pelatihan diakhiri dengan pemberian sertifikat oleh Ibu Murniati, selaku Kaprodi BBI dan foto bersama.

Akhir kata, dengan diadakannya pelatihan ini, diharapkan para pesertanya dapat menambah wawasannya tentang kepemimpinan dan cara bekerja sama dalam tim yang baik sehingga dapat meningkatkan kemampuan berorganisasi mereka secara keseluruhan.

Go Biemers!

 

Willyson_01   Willyson_09   Willyson_02   Willyson_07   Willyson_04   Willyson_03   Willyson_05

Seminar Dosen 2019: “Qualitative Research Methodology for Language Research” (9 Oktober 2019)

Rabu, 9 Oktober 2019 – Salah satu tugas utama dosen adalah melakukan penelitian yang tercantum dalam Tri Darma Perguruan Tinggi. Penelitian dalam prodi sastra antara lain penelitian dalam bidang linguistik, sastra, pengajaran dan penerjemahan. Karena itu, para dosen prodi sastra Inggris UBM diwajibkan menambah pengetahuan yang berkaitan dengan metode penelitian di bidang-bidang tersebut. Salah satu metode penelitian yang banyak digunakan adalah metode penelitian kualitatif.

Untuk itu, untuk memperluas pengetahuan berkenaan dengan metode penelitian ini, Prodi BBI bersama dengan prodi BBT mengadakan seminar untuk para dosen prodi BBI dan BBT. Tajuk dari seminar tersebut adalah “Qualitative Research Methodology for Language Research”. Salah satu hal yang menjadi pertimbangan diadakannya seminar dosen dengan tema ini adalah untuk memutakhirkan ilmu pengetahuan dosen mengenai metode penelitian kualitatif. Oleh karena itu, para dosen wajib memperdalam pengetahuannya terutama yang berhubungan dengan metodologi penelitian kualitatif. Narasumber seminar dosen kali ini adalah Bapak Agustian Nugroho Sutrisno, PhD.

Acara dimulai pada pukul 08.00 pada tanggal 9 Oktober 2019. Bapak Agustian menjelaskan mengenai metode pengumpulan dan analisis data secara manual terlebih dahulu. Setelah menjelaskan proses analisis data secara manual, beliau melanjutkan penjelasan ke metode analisis data kualitatif secara otomatis. Beliau juga memperkenalkan beberapa peranti lunak dan aplikasi yang dapat digunakan untuk mempermudah proses analisis data kualitatif.

Singkat kata, dengan diadakannya seminar ini, diharapkan para pesertanya dapat menambah wawasannya dalam melakukan penelitian kualitatif agar dapat meningkatkan kualitas penelitiannya secara keseluruhan.

Go Biemers!

01   02   03   04   05   06

 

Kuliah Umum – “Create Conditions for Language Learners Through the Usage of Technology” (11 November 2019)

Senin, 11 November 2019 – Pada pukul 13.00, acara kuliah tamu dimulai oleh sambutan dan perkenalan narasumber oleh Ibu Suwarni selaku ketua panitia kuliah umum. Narasumber untuk kuliah tamu kali ini adalah Ibu Kay Alcorn, seorang RELO (Regional English Language Office) Fellow yang memiliki pengetahuan yang memadai mengenai pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris. Beliau memulai kuliah umum dengan memberikan beberapa prinsip pengajaran Bahasa Inggris yang dilanjutkan dengan pemaparan berbagai macam teknologi yang dapat dipakai untuk menunjang pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Mahasiswa sangat aktif dan antusias karena pada kuliah umum ini, narasumber memberikan kesempatan kepada mereka untuk berlatih memakai beberapa aplikasi untuk membantu dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Narasumber juga memberikan kesempatan untuk mahasiswa bertanya pada setiap topiknya. Mahasiswa antusias dengan topik yang disampaikan, beberapa anak memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar topik seperti apakah pembelajaran menggunakan teknologi lebih baik daripada pembelajaran menggunakan metode tradisional dan apakah ada kendala-kendala ketika menggunakan teknologi di kelas Bahasa Inggris.

Setelah narasumber selesai memaparkan materi, Ibu Murniati selaku Kaprodi BBI memberikan token of appreciation dalam bentuk sertifikat dan pelakat berupa merchandise UBM: Tumbler, Note, dan Tote bag. Acara kemudian ditutup dengan foto bersama.

 

DSCN0594   DSCN0600   DSCN0601   DSCN0603   DSCN0616   DSCN0619   DSCN0622   DSCN0625   DSCN0628   DSCN0630   DSCN0632   DSCN0634   DSCN0636   DSCN0638

Widyatama International Academic Competitions (10-12 Desember 2019)

Selasa-Kamis, 10-12 Desember 2019 – Seorang mahasiswi dari prodi Bahasa dan Budaya Inggris (BBI) berhasil meraih posisi Juara 1 dalam lomba English Essay Writing dalam acara Widyatama International Academic Competitions 2019 yang diselenggarakan oleh Universitas Widyatama, Bandung. Adapun mahasiswi tersebut adalah:

  • Jessica Christianti (15180003) – Juara 1 English Essay Writing Competition

Kami ucapkan selamat kepada pemenang tersebut. Semoga menjadi motivasi untuk mahasiswa/i BBI agar terus mengukir berbagai macam prestasi ke depannya.

Maju terus Biemers!

 

Jessica_01

Seminar Mahasiswa 2019: “Career Prospects in Legal Translation” (4 Oktober 2019)

Jumat, 4 Oktober 2019 – Penerjemahan di bidang hukum memiliki prospek karir yang cukup menjanjikan bagi mereka yang bergelut di bidang bahasa. Oleh karena itu, mahasiswa prodi Bahasa dan Budaya Inggris perlu mendapat pembekalan dari penerjemah yang bekerja di firma atau kantor yang bergerak di bidang hukum. Seminar yang wajib dihadiri oleh mahasiswa prodi Bahasa dan Budaya Inggris kali ini bertajuk ‘Career Prospects in Legal Translation’. Pembicara seminar mahasiwa ini adalah Ibu Wenang Ndaru Utami, S.S.,Sp.1. Beliau merupakan penerjemah dan juru bahasa yang saat ini bekerja di Soemadipradja & Taher, firma hukum yang cukup terkenal di Jakarta.

Kegiatan seminar mahasiswa berjalan dengan lancar. Peserta yang hadir terdiri atas 30 mahasiswa serta para dosen tetap BBI. Pembicara seminar sangat antusias dalam menjelaskan materi terkait penerjemahan di bidang hukum kepada mahasiswa. Para pesertanya pun aktif bertanya dan narasumbernya dapat menjawab pertanyaan mereka dengan baik.

Singkat kata, dengan diadakannya seminar mahasiswa ini, diharapkan para pesertanya dapat menambah wawasan mereka mengenai dunia penerjemahan di bidang hukum. Terutama bagi mahasiswa-mahasiswa yang mengambil penjurusan penerjemahan, diharapkan mereka mendapatkan gambaran yang lebih mendetail mengenai cara kerja seorang penerjemah legal.

Go Biemers!

 

Seminar_01   Seminar_02   Sertifikat   Foto Rame Rame

Kuliah Umum – “Keys to a Successful CV and Job Interview” (1 November 2019)

Jumat, 1 November 2019 – Pembuatan Curriculum Vitae yang benar dan menarik sangat penting karena hal ini merupakan penentu keberhasilan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan, namun cukup disayangkan, pada kenyataannya masih banyak pelamar kerja yang menuliskan CV nya apa adanya. Selain itu, mengetahui tips dan trick dalam interview kerja juga diperlukan untuk lebih mudah mendapat pekerjaan. Oleh karena itu, kali ini prodi BBI mengadakan kuliah umum yang bertema “Keys to a Successful CV and Job Interview” sebagai bagian dari mata kuliah Business Correspondence dengan pembicara Ibu Wulan Ranny, HR Director dari PT. Leverate Media Asia.

Kuliah umum dilaksanakan pada pukul 09.00 dan dimulai oleh dosen prodi Bahasa dan Budaya Inggris, Ibu Nurdiana, sebagai moderator. Narasumber memberikan materi-materi mengenai pembuatan CV serta tips and trick dalam job interview dengan sangat baik dan jelas dalam bahasa Inggris. Narasumber memberikan kesempatan untuk mahasiswa bertanya pada setiap topiknya. Mahasiswa antusias dengan topik yang disampaikan, beberapa anak memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar topik seperti bagaimana cara menjawab pertanyaan interview yang baik, bagaimana cara menuliskan personal information yang tertera di dalam CV, dll.

Setelah narasumber selesai memaparkan materi, Ibu Nurdiana selaku moderator dan dosen BBI memberikan token of appreciation dalam bentuk sertifikat dan pelakat serta beberapa merchandise UBM: Sweater, Kaus, Note, dan Pulpen. Acara kemudian ditutup dengan foto bersama.

Akhir kata, dengan diadakannya kuliah umum ini, diharapkan para pesertanya dapat menambah wawasannya tentang bagaimana menulis CV yang baik dan benar dalam bahasa Inggris serta bagaimana menghadapi wawancara kerja, terutama dalam bahasa Inggris sehingga dapat meningkatkan kemampuan mereka secara umum.

Go Biemers!

 

CV_07   CV_02   CV_05   CV_06   CV_03   CV_04

English Event 2019 (17-18 Juni 2019)

Senin-Selasa, 17-18 Juni 2019 – Seorang mahasiswa dari prodi Bahasa dan Budaya Inggris (BBI) berhasil meraih posisi Juara 2 dalam lomba Spelling Bee dalam acara English Event 2019 yang diselenggarakan oleh Universitas Mercu Buana. Adapun mahasiswa tersebut adalah:

  • Samuel Christian Chayadi (15160031) – Juara 2 Spelling Bee Competition

Kami ucapkan selamat kepada pemenang tersebut. Semoga menjadi motivasi untuk mahasiswa BBI agar terus mengukir berbagai macam prestasi ke depannya.

Maju terus Biemers!

 

IMG_4294

Kunjungan Industri ke Garuda Wisnu Kencana (22 Februari 2019)

Jumat, 22 Februari 2019 – Pada tanggal 22 Februari 2019, mahasiswa program studi Bahasa dan Budaya Inggris mengadakan kunjungan industri ke Bali. Salah satu tempat yang dikunjungi adalah Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana atau yang biasa disingkat GWK. GWK adalah tempat wisata yang terletak di bagian selatan pulau Bali yang dimana patung Garuda Wisnu Kencananya baru diresmikan pada tanggal 22 September 2018 oleh Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Tempat pusat di GWK sendiri adalah Garuda Plaza dimana disana terdapat lapangan terbuka yang luas dan dikelilingi oleh pilar-pilar yang terbuat dari batu kapur. Di belakang plaza juga terdapat Patung Garuda yang menjulang tinggi dan menjadi spot untuk foto yang sangat bagus.

Adapun tujuan kunjungan industri ini adalah untuk mendapatkan masukan mengenai industri tour guide di GWK, dimana penggunaan bahasa Inggris mutlak diperlukan. Hasilnya diharapkan menjadi sumber tambahan yang autentik untuk salah satu mata kuliah yang diberikan di prodi Bahasa dan Budaya Inggris Universitas Bunda Mulia yaitu, “English for Journalists”. Para mahasiswa mendapat beberapa masukan mengenai budaya para turis yang berasal dari berbagai negara dan bagaimana menghadapi mereka.

 

GWK 1

Kunjungan Industri ke Bali Post (21 Februari 2019)

Kamis, 21 Februari 2019 – Kunjungan Industri jurusan Bahasa dan Budaya Inggris Universitas Bunda Mulia yang pertama kalinya ke Bali. Kunjungan industri ke kantor surat kabar Bali Post di Denpasar dan berdialog serta berbagi pengetahuan dengan Chief Editor Bali Post, Gugiek Savindra. Kunjungan Industri kali ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang dunia kerja jurnalistik dan editorial baik dalam ranah nasional maupun internasional. Sesuai dengan visi Universitas Bunda Mulia dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dalam dunia kerja.

Dalam kesempatan kunjungan industri kali ini, kami berkesempatan untuk bertemu dan berdialog dengan Kepala Editor Bali Post, Gugiek Savindra, yang membagikan pengetahuan serta pengalaman-pengalaman unik dan menarik beliau ketika menjadi jurnalis. Sesi kunjungan industri ke kantor Bali Post ini ditutup dengan serah terima plakat penghargaan dari Universitas Bunda Mulia dan foto bersama.

 

KI Bali - Foto 2  KI Bali - Foto 1

Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Persiapan Ujian Nasional bagi Siswa-Siswi Kelas 9 di SMP Negeri 163 (Februari 2019)

Februari 2019 – Prodi Bahasa dan Budaya Inggris Universitas Bunda Mulia telah mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat selama bulan Februari 2019. PKM kali ini dilakukan di SMP Negeri 163 di Jakarta Selatan. Adapun temanya adalah “Persiapan Ujian Nasional” bagi siswa-siswi kelas IX di sekolah tersebut, khususnya untuk matapelajaran Bahasa Inggris. Kegiatan dilakukan pada setiap hari Sabtu di bulan Februari 2019, yaitu pada tanggal 2, 9, 16, dan 23. PKM kali ini melibatkan 10 dosen dari prodi BBI yaitu:

  1. Murniati
  2. Wulandari Santoso
  3. Nurdiana
  4. Ronald Maraden Parlindungan Silalahi
  5. Alvin Taufik
  6. Magdalena Kartikasari Tandy Rerung
  7. Suwarni Wijaya Halim
  8. Ardi Nugroho
  9. Jonathan Tanihardjo
  10. Rex Stardy

Selain dosen-dosen, kegiatan ini juga melibatkan beberapa mahasiswa dari semester 6. Adapun bentuk kegiatan PKM-nya berbeda-beda pada setiap harinya. Ada yang dalam bentuk pemaparan materi dan tips dan triks dalam mengerjakan soal UN beserta latihan mengerjakan soal-soal UN. Ada juga satu hari di mana kegiatannya lebih bersifat games / permainan seperti Amazing Race, di mana para siswa-siswi harus menyelesaikan berbagai aktifitas dan permainan dalam bahasa Inggris di berbagai pos. Kelompok yang memperoleh poin terbanyak adalah pemenangnya.

Kegiatan PKM secara keseluruhan berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan yang positif serta antusias dari para peserta. Akhir kata, dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat menambah wawasannya dalam mengerjakan soal-soal bahasa Inggris di UN secara baik. Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan kedepannya.

Go Biemers!

 

PKM SMPN 163 - Foto 4  PKM SMPN 163 - Foto 2  IMG_20190209_102534  IMG_20190209_102544  IMG_20190209_113013  IMG_20190209_115754  IMG_20190209_124504  PKM SMPN 163 - Foto 1