Pelaksanaan Seminar Nasional Pajak (10/11/2017)

Jum’at, 10 November 2017
Henny – Panitia Seminar Nasional Pajak 2017
Seminar Nasional 10-11-2017

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol – Pada hari Jum’at, 10 November 2017, dengan bertempat di The UBM Grand Auditorium (TUGA), Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia (HIMA ACCASIA) mengadakan Seminar Nasional yang bertemakan Perpajakan di Era Teknologi dan Keterbukaan Informasi Keuangan, Tantangan Bagi Profesi Akuntan.  Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa aktif Program Studi Akuntansi semester 1, 3, 5, dan 7 dan mahasiswa dari Perguruan Tinggi eksternal, yaitu Universitas Esa Unggul, Universitas STIE Santa Ursula, STIE Rawamangun serta Universitas Mercu Buana. Acara ini bertujuan untuk memberikan informasi penting mengenai perpajakan dan sistem informasi keuangan yang sedang menjadi perhatian di Indonesia.

Proses registrasi peserta dimulai pada pukul 07.00 WIB dan kegiatan dimulai pada pk. 08.15 dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dipandu oleh Claudia (mahasiswi aktif Universitas Bunda Mulia) dan dilanjutkan dengan menyanyikan Mars Universitas Bunda Mulia oleh seluruh peserta yang hadir. Ibu Ririn Breliastiti, SE., MM selaku Ketua Program Studi Akuntansi dan Albert Wijaya selaku Ketua Acara Seminar Nasional memberikan kata sambutan untuk para peserta seminar.

Acara dilanjutkan dengan Sesi Pertama dengan topik pembahasan Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Mendukung Reformasi Perpajakan Indonesia yang dipandu oleh Bapak Budi Kurniawan, SE., MA., M.Ak, CMA selaku moderator dan Ibu Dr. Siti Nurwahyuningsih Harahap, SE., MBA selaku narasumber. Ibu Nung dalam kesempatan ini memberikan penjelasan yang komprehensif terkait dengan: (1) Sistem Informasi dalam Organisasi; (2) Porter’s Competitive Forces Model; (3) David McKevitt’s Competitive Forces Model for Public Sector; (4) Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan Kemenkeu; (5) Reformasi Perpajakan; (5) Cetak Biru Teknologi Informasi dan Komunikasi DJP; (6) Keterbukaan Informasi (AKASIA); (7) Core Tax System; (8) Pilar-Pilar Pengembangan TIK DJP; dan (9) Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SIDJP). Setelah kurang lebih 50 (lima puluh menit) Ibu Nung membahas materi-materi tersebut, para peserta mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi yang dibuka oleh moderator. Para peserta memperlihatkan antusiasme dengan mencoba untuk bertanya kepada narasumber. Akan tetapi karena keterbatasan waktu, moderator, Bapak Budi Kurniawan, hanya memilih 3 (tiga) peserta, yaitu: (1) Yoan Destriana (semester 7); (2) Dio Fernando (semester 7); dan (3) Magdalena (semester 5) untuk menyampaikan pertanyaan. Di akhir sesi, narasumber kemudian memilih dua penanya terbaik yaitu, Magdalena dan Yoan Destriana untuk diberikan apresiasi berupa souvenir yang telah disiapkan panitia. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian token of appreciation dari Program Studi Akuntansi yang diwakili oleh Ibu Ririn Breliastiti kepada narasumber dan moderator.

Acara kemudian dikembalikan kepada MC Hansen Andersson dan Jessica Emanuella untuk memberikan apresiasi terhadap para sponsor Seminar Nasional, yaitu Catrice Cosmetic, Wiley, PT Emotion, Dynamic, Cuptoyou, WN Mata Optik, Multi Corner, Makaroni Juara, dan Tiga Anak Bawang. Sponsor ini merupakan pendukung acara yang kami selenggarakan dengan melakukan kerjasama antara pihak HIMA ACCASIA dengan pihak sponsor tersebut. Beberapa sponsor membuka stand di Lobby UBM lt.1, dengan menjual beberapa produknya.

Sesi Kedua Seminar Nasional yang mengambil topik Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan kemudian dibuka oleh Ibu Ernie Riswandari, SE., M.Si selaku moderator dan Bapak Dedie sugiarta, S.Sos, SE selaku narasumber. Dalam sesi ini, narasumber memberikan pemaparan materi sebagai berikut: (1) Latar Belakang dan Pertimbangan; (2) Pertukaran Informasi Keuangan; (3) Keterlibatan Indonesia dalam AEOI; (4) Syarat Implementasi AEOI; (5) Batasan Waktu dan Risiko; (6) Sejalan dengan Program Tax Amnesty; (7) Akses Informasi Keuangan; (8) Sifat Pemberian Informasi Keuangan; (9) Subjek Pelapor; (10) Otomatis Perjanjian Internasional (OPI); (11) Otomatis Peraturan Perpajakan (OPP); (12) Permintaan Ditjen Pajak; (13) Perlindungan Kerahasiaan & Sanksi; dan (14) Tantangan dan Kesiapan. Setelah pemaparan materi, para peserta diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab dan dipilih 2 (dua) penanya terbaik yaitu Mega Sari dan Evan Wijaya Santoso untuk diberikan token of appreciation berupa souvenir. Setelah pemaparan materi selesai, acara dilanjutkan dengan pemberian plakat yang disampaikan oleh Ibu Ririn Breliastiti, SE., MM selaku Ketua Program Studi Akuntansi kepada narasumber serta moderator.

Untuk memeriahkan acara, perwakilan dari Mahasiswi aktif Program Studi Akuntansi yang tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa Lollybee membawakan sebuah lagu. Setelah itu acara dipandu MC Hansen Andersson dan Jessica Emanuella untuk pembagian doorprize yang diwakili oleh Albert Wijaya selaku Ketua Acara.

Demikian rangkaian acara Seminar Nasional yang telah kami selenggarakan. Dan diakhir acara, MC memberikan kata penutup serta memandu arus keluar peserta seminar. Setelah para peserta seminar melakukan registrasi ulang, para peserta seminar mendapatkan konsumsi.

Go Biemers!

Silahkan klik tautan ini untuk mengunduh Materi Seminar Nasional Pajak 2017.

Dokumentasi – Registrasi Peserta

Dokumentasi – Pembukaan Acara

Dokumentasi – Sesi Pertama Seminar Nasional

Dokumentasi – Sesi Kedua Seminar Nasional

Dokumentasi – Performance, Penutupan Acara, dan Para Sponsor

Sampai jumpa di acara Seminar Nasional berikutnya!