Seminar Nasional “Ethics and Global Business” (25-27/02/2017)

HIMA ACCASIA UBM – Seminar Nasional “Ethics and Global Business” Siapkan Generasi untuk Menghadapi Tantangan di Era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean)

Senin, 27 Februari 2017 – Sehubungan dengan semakin berkembangnya dunia industri di era globalisasi ini, para lulusan Perguran Tinggi dituntut untuk memiliki daya saing yang tinggi dalam meningkatkan kelanjutan perusahaan. Banyaknya lulusan mahasiswa yang semakin meningkat setiap tahunnya merupakan suatu potensi yang dapat di asah. Para lulusan diharapkan mampu memenuhi kriteria perusahaan dan memiliki keahlian serta nilai tambah bagi setiap pribadi, untuk dapat bersaing baik secara nasional maupun global.

Dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2016 ini memberikan tantangan sekaligus peluang yang lebih luas bagi pengembangan budaya bisnis di tanah air. Namun seiring dengan itu, para pelaku pasar juga tetap harus disadarkan akan pentingnya prinsip etika dalam berbisnis.

Maka dari itu Program Studi  Akuntansi Universitas Bunda Mulia (UBM) berhasil menggelar Seminar Nasional dengan tema “Ethics and Global Business” yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 25 Februari 2017 dan 27 Februari 2017 yang diselenggarakan di The UBM Grand Auditorium, Universitas Bunda Mulia (UBM).

Seminar Nasional merupakan program kegiatan yang dilaksanakan oleh HIMA Akuntansi atau yang disebut HIMA ACCASIA (Accounting Association of Bunda Mulia University). Seminar ini diperuntukkan untuk semua program studi, maka pembahasan yang dibahas dalam seminar ini lebih bersifat general (umum). Sebagai mahasiwa/I yang merupakan generasi bangsa atau generasi penerus, maka melalui seminar ini diharapkan peserta seminar dapat memahami Business Ethics dan juga Global Business dalam menghadapi dunia bisnis.

Seminar Nasional yang di selenggarakan pada tanggal 25 Februari 2017 mengangkat sebuah topic “Business Ethics” dan pada tanggal 27 Februari 2017 mengangkat sebuah topic “Global Business” dengan dihadiri oleh ±685 peserta perharinya baik peserta dari internal (mahasiswa/I Universitas Bunda Mulia) dan dari eksternal.

Untuk memperoleh harapan dari terselenggaranya seminar ini, maka Seminar Nasional menghadirkan pembicara dengan berbagai latar belakang dan profesi untuk membagikan materi dan juga sharing tentang pengalaman yang diharapkan dapat memotivasi peserta seminar yang hadir. Pembicara yang dihadirkan pada Seminar Nasional yaitu :

  1. Arya Dwi Paramita, S.Sos., M.M. – Corporate Secretary PT. Pertamina Lubricants
  2. Dr. Bruno Rumyaru , M.A. - Lecturer Of State Philosophy  & Citizenship and Lecturer of Ethics & Business Ethics
  3. Agustinus Yoga, S.H., M.Kn. – Lecturer Of Kapita Selekta Hukum Bisnis dan Pelatihan Kemahiran Hukum (PLKH III – NON LITIGASI)
  4. Satrio Anindito - Assistant to President Commissioner, PT. Rajawali Corpora and Lead Coordinator, Business Ethics and Governance Working Group

Kegiatan seminar juga berlangsung secara interaktif antara peserta dengan pembicara. Para peserta secara langsung menanyakan tanggapan dari isu-isu topik tentang etika bisnis yang ramai dibicarakan di masa-masa ini, khususnya yang ada di Indonesia.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan semua lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia lebih siap dalam menghadapi persaingan di era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean); serta mendapatkan banyak pengalaman, pengetahuan dan dapat untuk Universitas Bunda Mulia (UBM) sendiri mengharapkan agar melalui kegiatan seperti ini dapat membangun relasi antar universitas yang berpartisipasi dalam acara ini.

Go Biemers!