Pertemuan Internal Peluncuran Mata Kuliah Praktikum Akuntansi dan Manajemen (26/06/2019)

Bangku perkuliahan pada umumnya menjadi tempat bagi mahasiswa/i untuk menuntut ilmu yang secara praktis diharapkan dapat menjadi bekal pengetahuan di dunia kerja nantinya. Universitas Bunda Mulia merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki slogan yaitu “Bridging Education to The Real World”. UBM senantiasa secara berkelanjutan melakukan dialog dengan industri baik di dalam negeri maupun diluar negeri terkait dengan kebutuhan akan tenaga profesional yang terkualifikasi dengan standar yang ditetapkan perusahaan.

Salah satu tantangan bagi UBM yaitu menjembatani kepentingan mahasiswa/i dengan industri. Kebutuhan industri pada umumnya adalah berupa lulusan perguruan tinggi yang memiliki keahlian khusus dibidang tertentu. Keahlian dari lulusan perguruan tinggi diharapkan dapat memenuhi tujuan dari perusahaan di setiap industri.

Program Studi Akuntansi UBM juga memiliki kepentingan yang sama yaitu berupaya agar lulusan Prodi Akuntansi dapat menerapkan ilmu akuntansi yang diperoleh di kampus secara nyata di perusahaan. Yang menjadi kendala berikutnya adalah bagaimana mahasiswa/i terkhususnya di Prodi Akuntansi UBM dapat mengombinasikan ilmu akuntansi yang dipelajari secara terpisah yang satu dengan yang lain.

Dalam mengakomodir kebutuhan akan pemahaman menyeluruh materi akuntansi oleh mahasiswa/i Prodi Akuntansi UBM maka pada hari Rabu, 26 Juni 2019, dilaksanakan pertemuan internal oleh para dosen Prodi Akuntansi UBM untuk membahas mengenai peluncuran mata kuliah baru yaitu Praktikum Akuntansi Keuangan dan Manajemen sekaligus dilakukan pembedahan modul yang nantinya akan digunakan dalam peluncuran pertama mata kuliah ini di semester ganjil periode tahun ajaran 2019/2020. Pelaksanaan pertemuan internal di kampus UBM Ancol ini dihadiri oleh delapan dosen dan pemaparan materi pertemuan oleh Dr. Temy Setiawan, SE., Ak., M.Ak CA.

Pelaksanaan pertemuan ini diharapkan dapat menjadi titik awal dalam pengembangan materi pembelajaran yang lebih fleksibel terhadap kebutuhan dunia industri karena menghasilkan beberapa saran dan kritik yang disampaikan oleh tim dosen yang hadir pada pertemuan tersebut. Mata kuliah Praktikum Akuntansi Keuangan dan Manajemen tersebut secara garis besar mengaitkan pembahasan antara materi akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen/biaya dalam satu kasus rill yang komprehensif di setiap modul yang dipelajari. Sehingga diharapkan nantinya mahasiswa/i Prodi Akuntansi UBM dapat memahami aspek pelaporan informasi keuangan kepada pihak internal dan eksternal sekaligus dalam satu siklus pelaporan.

Go Biemers!

312