Pengabdian Kepada Masyarakat – SMP Citra Kasih (02/02/18)

Jumat, 02 Februari 2018
Elfina Astrella Sambuaga – Dosen Tetap Program Studi Akuntansi

Banner

Tangerang, Banten – Mengawali tahun 2018, Program Studi Akuntansi menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMP Citra Kasih, Cimone, Tangerang.  Kegiatan ini melibatkan 5 orang dosen dari Program Studi Akuntansi, yaitu Ibu Ernie Riswandari, SE., MSi, Ibu Elfina Astrella Sambuaga, SE., M.S.Ak, Ibu Merna Surjadi, SE., M.S.M, Bapak Budi Kurniawan, SE., MA., M.Ak., CMA., Bapak Herry Cornelius Hutabarat, SH., SE., MSi. Selain dosen, pada kegiatan ini juga dibantu oleh 3 orang mahasiswa aktif Program Studi Akuntansi, yaitu Livia Kurniawan, Tanti Citadewi, dan Felicia Tiar Tantowi. Kedatangan tim disambut hangat oleh kepala sekolah SMP Citra Kasih, Bapak Rudi Pakpahan, S.Pd beserta 2 guru pendamping yaitu Ibu Margareta Nurata, S.Pd dan Ibu Anung Widyasmoro, M.PdB.

Kegiatan bertajuk “Catatan Pendapatan dan Pengeluaran Harian”  ini diikuti oleh siswa/i kelas VII dan kelas VIII yang disebar dalam 5 kelompok, yaitu Tim Pendapatan, Tim Pengeluaran, Tim Menabung, Tim Hutang, dan Tim Saldo. Masing-masing kelompok mendapatkan pelatihan dari dosen-dosen Program Studi Akuntansi, dengan memberikan lembaran materi untuk latihan serta buku tabungan saku sebagai bagian dari tindak lanjut kegiatan. Para siswa diminta untuk mencatat pendapatan dan pengeluaran mereka sesuai dengan uang jajan yang mereka terima setiap hari dari orangtua. Selanjutnya mereka diajak untuk menghitung uang yang dapat disisihkan melalui sisa uang jajan mereka.

Antusias dari para siswa dalam menyimak materi yang diberikan jelas terlihat saat diadakan games berhadiah. Demi mencapai posisi 2 tim terbaik, mereka mengerjakan soal yang diberikan dengan penuh semangat. Meskipun beberapa kali gagal, namun akhirnya ditetapkan 2 tim terbaik yaitu Tim Hutang dan Tim Saldo yang berhasil menyelesaikan catatan pendapatan dan pengeluaran dengan cepat dan tepat. Konsep pencatatan sederhana ini diharapkan dapat menumbuhkan pola tertib di kalangan para siswa dalam mengelola dana yang mereka miliki. Sehingga membentuk sikap hidup yang bertanggungjawab sekaligus memberikan motivasi untuk menabung.

Go Biemers!