Pajak Bertutur (11/08/17)

Jumat, 11 Agustus 2017
Wulan Pangestuti (11160073) – Panitia Pajak Bertutur

Peserta Pajak Bertutur di The UBM Hall (11/08/17)

Peserta Pajak Bertutur di The UBM Hall (11/08/17)

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol Tax Center Universitas Bunda Mulia bekerjasama dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jakarta Utara mengadakan gerakan sadar pajak dalam rangka memberikan awareness tentang program edukasi kesadaran pajak dengan salah satu kegiatannya adalah “Pajak Bertutur”. Kegiatan ini dilakukan serentak di Indonesia salah satunya di Universitas Bunda Mulia dan dihadiri oleh kurang lebih sebanyak 335 peserta, baik dari kalangan mahasiswa/i, Dosen Universitas Bunda Mulia maupun dari pihak eksternal. Sebelum mengikuti kegiatan para peserta melakukan registrasi terlebih dahulu.

Setelah melakukan registrasi yang dibuka pada pukul 13.00 WIB, para peserta dibagi menjadi beberapa tim yang masing masing dipandu oleh dua narasumber dan 1 usher sebagai berikut: (1) Tim Penagihan: Bapak Cahyonandi Wardono dan Bapak  Supangat dengan dibantu  Teissya Stevani (mahasiswi aktif Prodi Akuntansi UBM); (2) Tim Ekstensifikasi dengan narasumber Bapak Haryono dan Ibu Martha dengan dibantu Hendry Winata (mahasiswa aktif Prodi Akuntansi UBM); (3) Tim Pengawasan dengan narasumber Bapak Suparmin dan Bapak Chresno Daroe Warsono dengan dibantu Arvian Yoel (mahasiswa aktif Prodi Akuntansi UBM); (4) Tim Pemeriksaan dengan narasumber Bapak Surdjo Adjie Pranoto dan Ibu Yustitie Evelina Sitorus dengan dibantu Lisa Mannuela (mahasiswi aktif Prodi Akuntansi UBM); dan (5) Tim Pelayanan dengan narasumber Ibu Siti Nuraeni dan Bapak Rian Ramdani dengan dibantu Lutfi Hannifah Saddiq Taqqi (mahasiswi aktif Prodi Akuntansi UBM). Masing masing narasumber memberikan pendalaman materi mengenai apa itu pajak, fungsi pajak, dan “Pajak sebagai perwujudan Ipoleksosbudhankam”, setelah penyampaian materi para peserta diminta membuat Yel-Yel Pajak untuk setiap tim.

Tepat pukul 15.00 WIB, semua peserta dikumpulkan di The UBM Hall (TUH) untuk mengikuti acara selanjutnya. Sesi ini dipandu oleh MC Bapak Rian Ramdani dan Catherine Tania (mahasiswi aktif Prodi Akuntansi UBM) yang kemudian membuka acara mengajak semua peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Acara kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Bapak Temy Setiawan SE.,AK., M.Ak., CA selaku Sekretaris Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia, kemudian diikuti kata sambutan perwakilan dari pihak Direktorat Jenderal Pajak mengenai pengadaan pajak bertutur yang disampaikan oleh Ibu Febryanti Sawaliah. Untuk mencairkan suasana kegiatan ditampilkan pertunjukan nyanyian yang dibawakan oleh mahasiswi Wenny Vandre sebagai perwakilan mahasiswa Program Studi Akuntansi  Universitas Bunda Mulia dan Ibu Yustitie Evelina Sitorus dari Pihak Direktorat Jenderal Pajak dengan masing-masing membawakan satu buah lagu. Setelah ini, ke lima tim menampilkan dengan semangat dan antusias Yel-Yel masing masing tim yang telah dibuat di awal acara, dan dari kelima tim itu dipih 1 tim dengan Yel-Yel terbaik dan diberi hadiah sebagai apresiasi untuk kesungguhan mereka.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dan pemberian materi lanjutan seputar pendalaman mengenai pentingnya kesadaran akan pajak dari perwakilan Direktorat Jendral Pajak oleh Ibu Resti Idawati, para peserta terlihat memperhatikan dan menunjukkan keseriusan mengenai pemaparan yang disampaikan, terbukti dengan dilanjutkannya acara ke sesi tanya jawab, mereka dengan antusias berlomba-lomba ingin berusaha menjawab sebaik mungkin pertanyaan yang diajukan seputar pajak. Untuk mereka yang berhasil menjawab dengan baik dari pihak Direktorat Jenderal Pajak mengapresiasi mereka dengan beberapa hadiah dan souvenir yang tentunya diterima dengan antusias pula oleh para peserta yang mampu menjawab.

Acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama oleh seluruh jajaran yang berpartisipasi menyukseskan acara dan juga dengan para peserta kegiatan Pajak Bertutur dan pembagian sertifikat untuk para peserta. Kesuksesan acara ini tidak lepas dari campur tangan dan kerjasama antara Kanwil DJP Jakarta Utara, Tax Center UBM, dan seluruh peserta kegiatan Pajak Bertutur.

Go Biemers - Siapkan Generasi Emas yang Sadar Pajak!