Kunjungan Industri Ke PT Amerta Indah Otsuka (07/12/2017)

Kamis, 07 Desember 2017
Arvian Yoel (11160090) – HIMA ACCASIA 2017-2018

Banner

Sukabumi, Jawa Barat Program Studi Akuntansi bersama HIMA ACCASIA, Universitas Bunda Mulia mengadakan acara kunjungan industri ke PT Amerta Indah Otsuka ( PT AOI ). Acara ini diikuti oleh 55 mahasiswa aktif Program Studi Akuntansi semester 1 di Kampus Serpong, mereka terlihat sangat antusias dalam mengunjungi perusahaan yang memiliki  produk andalan Pocari Sweat tersebut.

Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan umum tentang salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri makanan dan minuman khususnya minuman isotonik.

Perjalanan kunjungan industri dimulai dari Kampus UBM Alam Sutera dengan menggunakan salah satu armada bus, perjalanan pun berjalan dengan baik tanpa ada kendala satupun, lalu sesampainya di PT Amerta Indah Otsuka, para mahasiswa disambut baik oleh pegawai PT AOI, setelah masuk kedalam area parkir bus, para mahasiswa, dosen pembimbing dan perwakilan dari HIMA ACCASIA mengambil gambar untuk didokumentasikan tepat didepan gedung PT AOI.

Setelah pengambilan gambar, para mahasiswa langsung diajak masuk ke dalam gedung PT AOI dan diarahkan ke hall yang diberi nama Brilliant Hall. Pada saat para mahasiswa masuk kedalam hall tersebut, setiap mahasiswa dipinjamkan sebuah tablet, setelah para mahasiswa mendapati kursi untuk duduk, mereka langsung disambut oleh seorang wanita bernama Kakak Anis Wamtazul Liana yang dipanggil Kak Anis dan merupakan pembawa acara sekaligus yang akan mengedukasi para mahasiswa tentang PT AOI, Kak Anis juga ditemani oleh partnernya yang bernama Kakak Dita Fahtima Putri dipanggil Kak Dita yang membantu Kak Anis menjadi operator.

Setelah perkenalan singkat dari Kak Anis dan Kak Dita, acara dilanjutkan dengan pengisian data diri setiap mahasiswa menggunakan tablet yang dipinjamkan, dan mahasiswa pun tidak hanya mengisi data diri, namun mereka juga diminta untuk menulis sebuah nama yang akan dicetak ke atas pin dan akan diberikan oleh PT AOI sebagai souvenir. Setelah pengisian data selesai, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan beberapa materi dari Kak Anis dimulai dari penjelasan mengenai filosofi logo, informasi perusahaan, denah pabrik, proses produksi, sampai manfaat cairan tubuh. Kak Anis menjelaskan tiap sub materi dengan sangat menyenangkan dan menarik untuk didengarkan, dan para mahasiswa pun sangat aktif dalam memberikan jawaban saat Kak Anis memberikan pertanyaan singkat. Setelah penyampaian materi selesai, para mahasiswa diminta untuk membuka tabletnya kembali karena akan ada sebuah quiz yang dibuat oleh Kak Anis, jadi pertanyaannya akan ditampilkan ditablet, lalu dijawab oleh mahasiswa dengan kurun waktu 10 detik, pada akhir quiz, ternyata ada 3 orang mahasiswa Universitas Bunda Mulia yang mendapatkan nilai sempurna.

Setelah quiz selesai, dilanjutkan dengan perjalanan ke pabrik. Kak Anis memimpin perjalanan dari Brilliant Hall sampai ke pabrik pembuatan salah satu produk dari PT AOI yaitu Pocari Sweat dalam kemasan botol. Kak Anis menjelaskan tiap prosedur yang ada didalam pabrik tersebut dengan jelas singkat dan padat sehingga para mahasiswa pun mudah mengerti. Lalu setelah mengunjungi pabrik secara langsung, para mahasiswa diajak ke merchandise shop untuk pengambilan pin yang berisikan logo pocari sweat dan nama yang sudah dibuat saat pertama kali masuk kedalam Brilliant Hall menggunakan tablet.

Setelah setiap mahasiswa mendapatkan pinnya masing – masing, ternyata ada sebuah kejutan yang dibuat oleh Kak Anis dan kawan kawan, yaitu sebuah permainan yang ada di dalam wahana yang bernama ExplorION Theater. Permainan ini merupakan permainan petualangan dimana ada sebuah avatar yang mencari ION yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dibantu dengan para mahasiswa, avatar tersebut harus menjelahi gua, tambang dan perjalanan dibawah tanah lainnya, jadi saat avatar harus melompat, maka para mahasiswa harus ikut melompat, jika avatar harus pindah ke kiri, maka mahasiswa pun harus berpindah tempat ke kiri. Permainan ini juga memberikan efek bagi tubuh para mahasiswa secara langsung, yaitu saat para mahasiswa beraktivitas, mereka mengeluarkan keringat yang dimana keringat itu terdiri dari air dan ION, lalu setelah permainan berakhir tibalah saatnya para mahasiswa diberikan 4 buah botol pocari sweat yang terdiri air dan ION yang mampu menggantikan cairan tubuh yang keluar saat beraktivitas salah satunya adalah saat para mahasiswa bermain ExplorION.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi pemberian kenang-kenangan berupa plakat dari Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia yang diwakili oleh Bapak Refianto S.E., M.M selaku Sekretaris I Program Studi Akuntansi. Plakat tersebut diterima oleh Kak Anis selaku perwakilan dari PT Amerta Indah Otsuka. Begitu juga sebaliknya, PT AOI memberikan kenang-kenangan sebuah foto para mahasiswa, dosen pendamping dan perwakilan dari Hima Accasia yang dicetak dan dibungkus dengan frame khusus yang berlogo pocari sweat. Setelah itu, acara kunjungan industri pun ditutup dengan ucapan terima kasih dari PT AOI dan para mahasiswa pun langsung menuju ke bus untuk perjalanan pulang ke Kampus UBM Serpong.

Go Biemers!