PROFESSIONAL TALK-AGUNG SISWAHYU (OWNER-PT. RANCANG BANGUN SEJAHTERA)

Kuliah-Dosen-Praktisi-Bp-Agung-Owner-Rancang-Bangun-Sejahtera-470x260

Pada hari Sabtu, 6 Desember 2014, program studi Teknik Manajemen Industri Universitas Bunda Mulia menyelenggarakan kuliah dengan dosen praktisi yang mengangkat topik “Invention and Product Development”. Topik ini merupakan salah satu pokok bahasan di dalam mata kuliah Perancangan dan Pengembangan Produk dan kali ini diangkat sebagai topik dalam kuliah dengan dosen praktisi, dilatar belakangi oleh menjamurnya produk-produk lokal maupun luar negeri di pasaran yang tidak memiliki karakteristik added value yang baik serta kesiapan pasar Indonesia menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

Program studi Teknik Manajemen Industri menghadirkan Ir. Agung Siswahyu, MT sebagai narasumber pada kuliah dosen praktisi ini. Beliau merupakan senior engineer Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sekaligus owner PT. Rancang Bangun Sejahtera yang bergerak di bidang jasa konsultan process, product and plant design.

Mengenai topik yang diangkat, beliau mengemukakan bahwa tahapan krusial dalamproduct development adalah identifikasi kebutuhan pelanggan (voice of customer), sehingga akan didapatkan produk yang memang benar-benar diinginkan oleh konsumen serta harus memiliki karakteristik, fungsi dan nilai yang lebih baik dari produk sebelumnya. Selain itu perlu juga diidentifikasi economic potential dari produk yang akan dikembangkan, sehingga nantinya produk tersebut akan mampu bersaing secara ekonomis dari produk yang sebelumnya sudah ada di pasaran.

Para peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dihadiri oleh dosen pengampu mata kuliah Perancangan dan Pengembangan Produk Teknik Manajemen Industri sangat antusias dalam mendengarkan paparan yang diberikan oleh Ir. Agung Siswahyu, MT. Pertanyaan demi pertanyaan dilontarkan ketika sesi diskusi dibuka.

Sebagai bentuk apresiasi, program studi Teknik Manajemen Industri memberikan penghargaan berupa piagam sertifikat kepada Ir. Agung Siswahyu, MT. yang diserah terimakan oleh Dino Caesaron, MT., MBA. selaku sekretaris program studi Teknik Manajemen Industri Universitas Bunda Mulia.

Prodi Teknik Manajemen Industri

JUARA HARAPAN 2 REKAYASA KUALITAS NASIONAL

gold-trophy2-470x260

Kompetisi Rekayasa Kualitas Tingkat Nasional III (KRKTN III) adalah kompetisi yang secara spesifik membahas tentang rekayasa di dunia Quality Engineering termasuk juga aplikasi statistik di dalamnya dan taraf Nasional. Kompetisi ini merupakan kompetisi ke tiga yang rutin diadakan oleh Universitas Trisakti setiap Tahunnya dimulai dari Tahun 2013. Pada Kompetisi yang diadakan pada Tahun 2015 ini, Prodi Teknik Manajemen Industri mengirimkan 3 tim (UBM 1, UBM 2, dan UBM 3), dimana tim UBM 1 yang beranggotakan Panca Jodi Awan, Yona Maimury dan Clara Valentina Gunawan (Mahasiswa Semester 7-Prodi Teknik Manajemen Industri UBM) berhasil menempati peringkat pertama sebagai Juara I pada akhir kompetisi.

Juara-KRKTN

 

SIDANG PRAKTIKUM TATA LETAK FASILITAS PABRIK

Foto-Sidang-PTLF-Calvin-1415-470x260

12 Desember 2014,

Sebagai bagian dari tugas akhir Mata Kuliah Perancangan Tata Letak dan Fasilitas, Prodi Teknik Manajemen Industri mengadakan sidang praktikum Tata Letak Fasilitas Pabrik pada tanggal 28 November dan 05 Desember 2014 hari Jumat. Ada 7 kelompok yang mengikuti sidang.

Desain tata letak pabrik merupakan tahap awal sebelum proses pembangunan dan instalasi pabrik dilakukan. Pada tahap ini seorang konsultan tata letak pabrik haruslah memiliki konsep awal yang jelas mengenai komponen-komponen penentu luas dan posisi/lokasi pabrik, seperti aliran material, aliran produksi, sistem penerimaan dan pengiriman barang, plant service, estimasi jumlah karyawan kantor dan produksi, dan lain sebagainya.

Setiap tahunnya hasil desain pabrik yang tampilkan selalu lebih baik dari tahun sebelumnya. 40% peserta sidang pada tahun ini mendapat nilai “B” dan 60% mendapat nilai “A”.

Note : Desain Layout Pabrik pada gambar adalah milik kelompok “Future Consultant”yang beranggotakan Willy, Calvin, dan Stephen, mahasiswa Teknik Manajemen Industri angkatan 2012.

Prodi Teknik Manajemen Industri

PROFESSIONAL TALK-BP. YUDI (IT MANAGER-TRANSERA WATER PARK)

P1012682-470x260

02 Oktober 2014,

Hari Kamis tanggal 2 Oktober 2014, Mahasiswa Program Studi Teknik Manajemen Industri diberikan kesempatan untuk dapat berkunjung ke Transera Waterpark untuk belajar bagaimana Kegiatan Operasional dari Industri Hiburan dijalankan dan strategi bisnis yang sedang dibangun.  Selama mengikuti kunjungan, mahasiswa berkesempatan untuk mengetahui tentang sistem yang digunakan, yaitu TMT (Transera Ticketing Machine) yang bertujuan untuk mengurangi SDM dan RFID yang langsung disampaikan oleh Bp. Yudi (IT Manager-Transera Waterpark). Mahasiswa juga diberikan akses untuk berkeliling untuk melihat wahana – wahana yang tersedia dan melihat sistem kerja mesin hidrolik yang digunakan pada kolam ombak.

Visit Note by : Helena Sisilia (Mahasiswa Angkatan 2013)
Documentation by : Charles Darvin (Mahasiswa Angkatan 2013)

PROFESSIONAL TALK-YOEN PAMIRMA (FACTORY VICE MANAGER) KRATINGDAENG

Yuen-470x260

18 September 2014,

Kamis 11 September 2014, Mahasiswa Teknik Industri-Universitas Bunda Mulia berkesempatan untuk mendapatkan seminar dari Bapak Yoen Pamirma (Factory Vice Manager) dari PT. Asia Health Energy Beverages. PT Asia Health Energy Beverages merupakan perusahaan yang memproduksi minuman ber-energi dengan merek KRATINGDAENG. Mahasiswa Teknik Industri disambut dengan sangat baik oleh tim dari KRATINGDAENG. Pada kesempatan ini, mahasiswa banyak mendapat pengetahuan mengenai bagaimana teknologi dan proses produksi dari salah satu industri Food & Beverages. KRATINGDAENG merupakan minuman ber-energi yang memiliki market share terbesar di Indonesia.

Prodi Teknik Industri

SEMINAR MOTIVASI BELAJAR, TEKNIK PEMBUATAN CV & ETIKA INTERVIEW

1392599370277

17 Februari 2014,

Bertempat di Ruang 203 Kampus Universitas Bunda Mulia, 57 orang Mahasiswa Program Studi Teknik Industri berkesempatan mengikuti seminar dengan topik“Motivasi Belajar, Teknik Pembuatan CV & Etika Interview” yang dibawakan oleh seorang Psikolog, yakni Ibu Dinah Kartana, S.Psi., M.Psi., Psi. Acara Seminar dibuka dengan kata sambutan oleh Bp. Hendy Tannady, ST., MT. selaku Kaprodi Teknik Industri. Seminar ini diadakan oleh Prodi Teknik Industri dibantu oleh Panitia dari  HMP-TD (Himpunan Mahasiswa Prodi Teknik Industri).

Tujuan dari seminar adalah membekali mahasiswa Teknik Industri dengan Motivasi belajar yang baik sebagai bekal studi dan juga seminar diselenggarakan bertepatan dengan hari pertama perkuliahan Semester Genap, Tahun Ajar 2013/2014. Selain itu Topik “Teknik Pembuatan CV & Etika Dalam Interview” diharapkan mampu memberi gambaran umum kepada mahasiswa Teknik Industri yang akan segera lulus, sebagai bekal mereka dalam membuat CV guna keperluan kerja dan tahu bagaimana cara serta etika ketika mereka akan diinterview pada saat bertemu dengan HRD dan Pimpinan Perusahaan.

Acara ditutup dengan Sambutan Akhir oleh Wahyu Eka Munardi (Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi Teknik Industri/HMP-TD) dan penyerahan plakat dari HMP TD kepada Ibu Dinah Kartana, S.Psi., M.Psi. Psi. selaku pembicara.

Berikut Dokumentasi dari acara Seminar :

SEMINAR PENELITIAN DOSEN

Senin-04 November 2013,

Bertempat di Ruang 201 Pascasarjana, Kampus Universitas Bunda Mulia (UBM), Prodi Teknik Industri menyelenggarakan Seminar Penelitian bagi para dosen-dosen di UBM yang diberi nama Industrial Engineering Seminar Event (IESE 2013). Seminar Penelitian perdana yang diselenggarakan oleh prodi Teknik Industri menghadirkan 2 sesi seminar, yakni:

Pk 09.00-11.00 : Sesi 1 dengan topik “Tips Menulis Proposal Untuk Hibah” yang dibawakan oleh Ibu Dr.Ir. Tri Yuni Hendrawati, M.Si. dan

Pk 14.00-16.00 : Sesi 2 dengan topik “Metode Penelitian Kuantitatif” yang dibawakan oleh Dr.Eng. Fergyanto Gunawan.

Pelaksanaan seminar berjalan sangat baik dan interaktif, hal tersebut nampak dari besarnya antusiasme peserta seminar dalam memberikan pertanyaan dan sanggahan positif terhadap topik yang dibawakan. Latar Belakang dari Seminar Penelitian ini adalah keinginan yang besar dalam menumbuh-kembangkan semangat dan pengetahuan bagi para civitas akademik di UBM agar dapat lebih aktif dan benar koridornya dalam membuat laporan penelitian.

Dokumentasi :

Berikut juga dilampirkan materi seminar dari 2 pembicara :

Sesi Seminar 1-Tips Menulis Proposal Hibah
Sesi Seminar 1-Contoh Proposal Hibah Dosen
Sesi Seminar 2-Metode Penelitian Kuantitatif

RESEARCH COLLABORATION WITH NATIONAL TAIWAN UNIVERSITY SCIENCE & TECHNOLOGY

icet21-470x260

International Conference on Engineering Tarumanagara (ICET 2013)
Bp. Dino Caesaron (Dosen Prodi Teknik Industri-UBM) mempresentasikan artikel ilmiahnya yang berjudul “Distance Estimation within Peri-Personal Space in Real and Virtual Environment” yang merupakan collaboration paper dengan Prof. Chiuhsiang Joe Lin (NTUST-Taiwan) pada International Conference di Universitas Tarumanagara.

LABORATORY DISCUSSION-OCT 10, 2013

IMG-20131010-00382-470x260

10 Oktober 2013,

Mahasiswa Teknik Industri menggunakan waktu luang mereka untuk mengerjakan tugas praktikum Facility Layout Planning dan tugas-tugas lainnya. Suasana santai namun tetap fokus tampak dalam sesi belajar bersama.

MATH. COMPETITION IN EDUFEST 7

Math-Competition-Edufest-7-470x260

Jakarta, 24 September 2013

Program Studi Teknik Industri bersama dengan Panitia Edufest Universitas Bunda Mulia (UBM) mengadakan Math. competition yang diikuti lebih dari 40 Siswa dan Siswi SMA dari berbagai sekolah di JABODETABEK, antusiasme peserta tampak dari animo yang besar dalam mengikuti Technical Meeting.

Math. Competition tersebut diadakan dalam 3 Babak, Babak I, Babak II, dan Grand Final, dimana nilai peserta akan diakumulasikan dan diambil 3 Tim dengan nilai terbesar untuk berhak maju di Grand Final. Acara Grand Final diadakan di Student Lounge Lt. 1 Kampus UBM. Acara Grand Final dibuka oleh Dekan Fakultas Teknologi dan DesainBp. Bambang Dwi Wijanarko, S.Si., M.Kom. yang hadir untuk memberi kata sambutan.

Tampil sebagai Juara 1 adalah SMA Bhinneka Tunggal IkaJuara 2 SMAN 2 Tambun Selatan, dan Juara 3 SMA Bhinneka Tunggal Ika. Para Juara Math. Competition berhak mendapatkan Beasiswa hingga 40% untuk berkuliah di Prodi Teknik Industri-UBM, Uang Tunai, dan hadiah hiburan lainnya.

Suasana Grand Final terlihat tampak atraktif dengan hadirnya teman-teman serta guru dan Siswa/i dari berbagai sekolah yang hadir untuk menyaksikan dan memberi dukungan, acara tersebut juga mendapat dukungan penuh dari Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Teknik Industri yang membantu menyukseskan acara kompetisi tersebut. Apresiasi juga layak diberikan kepada Bp. Dino Caesaron, ST., MT., MBA. selaku Ketua Panitia Math. Competition-Edufest 7 yang sukses mengkoordinir suksesnya acara tersebut.

 

Prodi Teknik Industri