Kuliah Umum “E-Business & IoT” Des 2018

Kampus UBM Alam Sutera,

1 Desember 2018.

 

Dalam persaingan dunia bisnis yang semakin tinggi, maka diperlukan sebuah sistem kerja yang cepat, efektif dan efisien. Apalagi pada saat ini komunikasi bisnis mulai beralih dari komunikasi langsung hingga komunikasi dengan bantuan internet atau bisa dikategorikan ­E-Business. Dengan bertambahnya jalur penjualan produk, konsumen tidak hanya berbelanja di dunia nyata melalui department stores atau mall. Kini penggunaan teknologi memungkinkan bisa melakukan aktifitas pembelian melalui internet dengan tidak harus beranjak dari rumah atau pun kamar tidur, namun cukup membuka komputer dengan mengetik alamat situs yang dikehendaki, kemudian aktifitas transaksi dapat dilakukan. Persaingan dalam pelayanan dan tuntutan kebutuhan informasi serta pengetahuan masyarakat saat ini mendorong pemasar untuk memberikan nilai pada pelayanan berupa kemudahan untuk memenuhi kebutuhan informasi.

Sedangkan, Internet of Things sendiri memiliki konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat yang tersambung dalam koneksi internet secara terus menerus. Sebagai contoh benda elektronik, bahan pangan dan termasuk benda hidup dan masih banyak lagi. Benda tersebut dapat ditanamkan sensor yang dibuat selalu aktif dan terhubung secara luas, baik dengan jaringan lokal maupun dengan jaringan global. Dalam industri, peralatan-peralatan dapat dirancang untuk memberikan informasi mengenai kondisinya. Misalnya ada peralatan yang membutuhkan bahan bakar, dan peralatan tersebut memancarkan informasi status bahakn bakarnya secara periodik ke suatu peralatan lain melalui jaringan internet. Dengan adanya sistem ini, maka kita dengan mudah memantau peralatan-peralatan yang digunakan dalam kantor kita. Memudahkan pemantauan akan mengindarkan kita dari situasi suatu mesin tidak berfungsi karena terlambat melakukan pemeliharaan. Dalam aplikasi dalam rumah tangga, saat kita belok ke halaman depan rumah kita, garasi langsung membuka. Pada saat garasi membuka, lampu ruangan dan AC akan langsung menyala.

Berkenaan dengan hal tersebut, Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi, selaku salah satu lembaga yang konsen pada perkembangan keilmuan dan pengetahuan pengolahan data (meliputi pemerolehan, kurasi, penyimpanan, penelusuran, pembagian, pemindahan, analisis, dan visualisasi data) serta sebagai institusi yang juga merupakan penghasil sumber daya manusia dalam bidang informatika dan keilmuan komputer menyelenggarakan “Kuliah Umum E-Business & IoT”.

 

IMG-20181201-WA0052 IMG-20181201-WA0047 IMG-20181201-WA0080IMG-20181201-WA0057

UBM Edu Festival 2018

Edu Fest merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh marketing UBM. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 13-14 November 2018. Rangkaian kegiatannya terdiri dari campus touring, talkshow, visit booth dari semua program studi yang ada di UBM.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperkenalkan kampus UBM kepada siswa/i dari berbagai SMA/SMK di Indonesia.

11a83008-bb91-4493-baf6-16acf62f887b a9430a09-b944-4489-82d9-89d2aa62a46f d2022318-e063-4446-8f5a-e979f05bb337

ICPC Asia Jakarta Regional Contest “10-12 November 2018″

Programming Competition
------------------------
Finalist The 2018 ICPC Asia Regional Jakarta

Tanggal acara : 10-12 November 2018

Peserta : Charles, James dan Andy

ACM International Collegiate Programming Contest (ICPC) merupakan kompetisi pemrograman komputer antar universitas di dunia. Kontes ini melibatkan jaringan global universitas yang menyelenggarakan kompetisi regional untuk nantinya maju ke babak final (ACM ICPC World Finals). Setelah mengikuti Indonesia National Contest, Tim Biemers berhasil maju ke babak regional yaitu The 2018 ICPC Asia Regional Jakarta.

The 2018 ICPC Asia Regional Jakarta diikuti oleh 75 TIM Terbaik Se-ASIA seperti KAIST (Korea), NTU (Singapora), Kyoto University (Jepang), UI, ITB, BINUS dan universitas lain se-ASIA.

Pada kompetisi ini mahasiswa secara beregu akan diuji kemampuan nalarnya dalam pemrograman, kerjasama tim, melatih tingkat pemecahan masalah melalui serangkaian soal-soal algoritma yang harus diselesaikan dalam waktu yang telah ditetapkan. 

Dengan mengikuti kompetisi programming seperti ini, diharapkan dapat melatih kemampuan mahasiswa dalam ruang lingkup pemrograman.

PHOTO-2018-11-15-14-23-23

Perluas Wawasan Mahasiswa, Seminar dari BCA “Bisnis Keluarga di Revolusi Digital”

Jakarta, 9 April 2018 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senantiasa berkomitmen dalam memajukan kualitas dunia pendidikan dan mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Hal ini juga sejalan dengan visi dan misi dari Universitas Bunda Mulia yang selalu berupaya menjembatani antara dunia pendidikan dengan dunia industri. Untuk itu, komitmen ini diimplementasikan melalui pemberian pembekalan melalui Seminar oleh BCA kepada 1000 mahasiswa Universitas Bunda Mulia (UBM) dengan mengangkat tema “Succession Plan of Family Business in Digital Revolution” di Jakarta, Senin (09/04).

Seminar yang dibuka oleh Senior Advisor UBM Prof. John J.O.I Ihalauw ini menghadirkan Wakil Presiden Direktur BCA Armand Wahyudi Hartono sebagai pembicara dan Wakil Rektor Bidang Akademik Kandi Sofia Senastri Dahlan, MBA., PhD sebagai moderator. Turut hadir dalam acara ini,  Founder of Yayasan Pendidikan Bunda Mulia Djoko Susanto, Rektor Universitas Bunda Mulia Doddy Surja Bajuadji,  Kepala Kantor Wilayah XII BCA Freddy Suliman dan sejumlah manajemen BCA dan UBM.

Perkembangan bisnis di Indonesia mengalami perubahan seiring revolusi di bidang teknologi, salah satunya bisnis keluarga. Bisnis berbasis keluarga di Indonesia menempati posisi terdepan di wilayah Asia Tenggara, khususnya dalam perencanaan dan persiapan alih kepemimpinan atau suksesi kepemimpinan. Berdasarkan riset EIU (The Economist Intelligence Unit), sebanyak 78 persen dari usaha keluarga di Indonesia telah menyiapkan rencana suksesi. “Bisnis keluarga akan terus maju dari generasi ke generasi asalkan bisa mengikuti perubahan zaman. Oleh sebab itu, saat ini generasi muda Indonesia harus aware terhadap perubahan zaman, teknologi, dan keinginan pasar agar bisnis yang dibangun dapat tumbuh berkelanjutan,” papar Armand.

Wakil Presiden Direktur BCA Armand Wahyudi Hartono hadir untuk berbagi mengenai “Succession Plan of Family Business in Digital Revolution” dan pengalaman kepada mahasiswa bagaimana teknologi dapat mempengaruhi pengembangan dan pertumbuhan bisnis keluarga. Untuk itulah, BCA selalu berupaya mengikuti perkembangan teknologi yang diselaraskan dengan kebutuhan nasabah yang terus berkembang. Seperti BCA yang menawarkan beragam solusi tepat melalui aplikasi digital, Virtual Assistant Chat Banking (VIRA), Application Program Interface (API), e-Branch dan lain sebagainya.

“Kunci sukses membangun bisnis keluarga untuk tetap bertahan di tengah kompetisi yang semakin ketat adalah mengikuti perubahan teknologi, karena teknologi akan selalu berkembang. Selain itu, dalam bisnis keluarga harus saling memberikan semangat untuk mampu bersinergi satu sama lain serta memberikan kebebasan kepada anggota keluarga dalam menjalankan bisnisnya,” tutup Armand.

 

 

Jurnal IKRAITH-INFORMATIKA Vol 2 No 1 Maret 2018

All Present

Tanggal Acara: 1 Maret 2018

Pemakalah 1: Pistia dan JF Andry

Pemakalah 2: Sri Bina dan JF Andry

Pemakalah 3: Tika Pradini dan JF Andry

Dalam Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2015-2020, industri kreatif adalah bagian tak terpisahkan dari ekonomi kreatif. Industri kreatif berpotensi untuk dikembangkan terutama di Indonesia, karena bangsa Indonesia memiliki sumberdaya insani kreatif dan warisan budaya yang kaya. Industri kreatif bila terus digali potensinya dan dikembangkan berkelanjutan yang berfokus pada penciptaan barang dan jasa dengan mengandalkan keahlian, bakat dan kreativitas sebagai kekayaan intelektual, tidak dapat pungkiri dapat memperkuat citra & identitas bangsa Indonesia dan dapat memberikan kontribusi secara signifikan bagi perekonomian bangsa untuk bangkit, bersaing dan meraih keunggulan dalam ekonomi global.

Dari sisi karakter bangsa, pembangunan yang terarah di sektor industri kreatif berbasis budaya pada akhirnya akan dapat menciptakan landasan karakter budaya lokal yang kuat. Terdapat warisan kearifan budaya Indonesia seperti hasil Research & Development, begitu juga dalam industri digital/multimedia seharusnya memiliki peranan dalam menciptakan kandungan/konten yang berbasis budaya. Upaya pelestarian warisan budaya selama ini dirasa miskin kreasi kreasi baru sehingga masyarakat kurang mengapresiasi warisan budayanya sendiri.

Harus diakui sampai dengan saat ini masih terdapat gap antara akademi dan industri, baik dari karakter maupun dari segi sudut pandang. Kolaborasi antara Cendekiawan (Intellectuals), Bisnis (Business) dan Pemerintah (Government) mutlak diperlukan untuk membangun sebuah model kolaborasi sebagai suatu ekosistem. Kolaborasi di atas diharapkan akan berperan untuk merealisasikan dan dapat menggerakkan industri kreatif nasional dan sasaran yang ingin dicapai.

Melalui kegiatan ini, diharapkan kolaborasi diatas dapat terealisasi sekaligus jembatan tertuangnya berbagai hasil research atau pun sharing hasil temuan dan pengamatan yang telah dilakukan oleh para kelompok intelekual, praktisi serta industriawan. Pertemuan dan diskusi pada kegiatan nanti diharapkan pula dapat menemukan sebuah konklusi yang bermanfaat bagi peningkatan perekonomian, terjaganya kekayaan budaya nasional serta terpiliharanya lingkungan.

 

Sumber: http://semnas-ikraith.com/participant/web/index.php?r=site%2Finfo

Seminar Nasional TEKNOKA 2017 pada 4 November 2017 di Uhamka

homepageImage_en_US

Tanggal Acara: 4 November 2017

Pemakalah 1: Ardi Gunawan dan JF Andry

Pemakalah 2: Iskandar Budiman dan JF Andry

Pemakalah 3: Suryadi dan JF Andry

Jurnal ini merupakan jurnal berwasit seri Prosiding Seminar Nasional Teknoka yang diadakan oleh FT – UHAMKA (Fakultas Teknik – Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka). Jurnal ini membahas  tiga bidang / bagian yang berkaitan yaitu : Teknik Informatika, Teknik Elektro dan Teknik Mesin. Jurnal Seri  Seminar Nasional Teknoka terbit secara berkala satu kali setahun sesuai dengan kegiatan Seminar yang diadakan oleh FT – UHAMKA. Proses penerimaan artikel akan dilihat dan ditelaah oleh beberapa penelaah yang telah ditunjuk.
Susunan editor Prosiding Seminar Nasional Teknoka terdiri,

Ketua Editor
Ir. Harry Ramza, MT, PhD, MIPM
(Program Studi Teknik Elektro, FT-UHAMKA, Jakarta - Indonesia)

Editor Anggota
1. Dr. Dan Mugsidi, MT (Teknik Mesin – UHAMKA, Jakarta)  -  Wakil.
2. Drs. Gunarwan Prayitno, M.Eng (Teknik Elektro – UHAMKA, Jakarta) – Anggota.
3. Ir. Gunara, M.Sc (Teknik Mesin – UHAMKA, Jakarta) – Anggota.
4. Dr. Sugema, M.Kom (Teknik Informatika – UHAMKA, Jakarta) – Anggota.
5. Drs. Arjoni Amir, MT (Teknik Elektro – UHAMKA, Jakarta) – Anggota.
6. Wahyu Sasongko Putro, ST, M.Sc (Institut Teknologi Sumatera, Lampung) – Anggota.
7. Roer Eka Pawinanto, ST, M.Sc (Malaysia Japan Institute of Technology – Universiti Teknologi Malaysia, Kuala Lumpur) – Anggota.
8. Faizar Abdurrahman, ST. M.Sc (Teknik Elektro – Universitas Malikussaleh, Aceh) – Anggota.
9. Atiqah Meutia Hilda, M.Kom (Teknik Informatika – UHAMKA) – Anggota.
10. Dwi Astuti C, ST. MT (Teknik Elektro – UHAMKA) – Anggota.
11. Estu Sinduningrum, ST. MT (Teknik Informatika – UHAMKA) – Anggota.
12. Arien Bianingrum, A.Md (Fakultas Teknik – UHAMKA) – Anggota.

Jurnal ini terdaftar pada Pusat Data Informasi Ilmiah – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII – LIPI) dengan,
ISSN Cetak : 2502 – 8782
ISSN Online : 2580 – 6408

Untuk pencatatan nomor diatas juga telah terindek secara otomatis oleh,
Google Scholar
didukung oleh :
Kemenristekdikti

Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SEMNASTEK 2017) pada 1-2 November 2017 di Univ Muhammadiyah Jakarta

Banner Seminar

Tanggal Acara: 1-2 November 2017

Pemakalah 1: Riman Irfanto dan JF Andry

Pemakalah 2: Fenny dan JF Andry

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar Seminar Nasional Sains dan Teknologi (Semnastek) 2017 yang mempublikasikan 210 makalah sains dan teknologi. Acara ini juga diharapkan jadi terobosan sinergi pemangku kepentingan dalam aplikasi teknologi untuk kemandirian bangsa.

Dekan Fakultas Teknik UMJ Budiyanto menyampaikan, Semnastek 2017 ini diselenggarakan setiap tahun sebagai upaya UMJ menjadi lembaga pendidikan tinggi yang terkemuka, modern dan Islami. Pada kesempatan ini, FT UMJ juga meluncurkan program magister S2 Teknik Kimia.

Ketua Panitia Semnastek 2017 Tri Yuni Hendrawati, mengatakan ajang ini mempublikasikan 210 makalah hasil penelitian teknologi. Dua ratus sepuluh makalah ini merupakan naskah yang lulus diulas oleh tim gabungan dari dari BPPT, BATAN, Universitas Gunadharma, Poltek Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Pelita Harapan dan UMJ.
Sebaran peminatan makalah yakni teknik elektro, teknik kimia, teknik mesin, teknik industri, teknik informatika dan sains teknologi relevan. ”Makalah yang kami terima berasal dari Aceh, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bangka Belitung, Surabaya, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Madura, Bali, Maluku dan Jakarta bahkan NTT,” ungkap Tri dalam keterangan tertulis, Jumat (3/11).
Semua karya penelitian ini dimuat di laman daring http://semnastek.umj.ac.id/index.php/semnastek dengan ISSN 2407-1846 eISSN 2460-8416 yang telah terindeks Google Scholar, Sinta dan Portal Garuda Kemenristekdikti.
Seminar Nasional ini diikuti oleh dosen peneliti dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, serta beberapa praktisi dan Industri. Selain forum diskusi ilmiah, Semnastek 2017 sekaligus sebagai ajang silaturahim, komunikasi dan berbagi informasi seputar perkembangan ilmu pengetahuan dan hasil riset terkini.
Semnastek 2017 merupakan bentuk kepedulian UMJ dalam mengembangkan kegiatan riset dan penelitian di berbagai bidang keteknikan antara lain rekayasa energi, energi alternatif, teknik telekomunikasi, rekayasa perangkat lunak, peralatan alat berat di industri, serta sistem produksi.
Acara yang digelar pada Rabu (1/11), itu dibuka oleh Rektor UMJ Syaiful Bakhri yang menyampaikan pentingnya pengembangan teknologi menuju kemandirian bangsa. Kegiatan ini juga diawali pidato kunci oleh Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti Muhammad Dimyati.
Contoh penerapan kendaraan angkutan massal berbasis rel dan strategi Jepang dan Cina menguasai teknologi kereta cepat juga dipaparkan di sana oleh Guru Besar ITB Yanuarsyah Haroen. Paparan itu dikuatkan paparan pelaku industri teknologi yakni pemilik PT Banshu Group Deddy Harsono. Acara ini dihibur pula oleh kolaborasi Mahasiswa Arsitek FT UMJ dan Viva Fakultas Teknik UMJ.
Semnastek merupakan terobosan untuk dapat mewujudkan kerja sama dalam aplikasi energi dan teknologi maju untuk kemandirian bangsa. Untuk itu, sinergi berbagai pemangku kepentingan bidang teknologi yakni akademisi, pemerintah, dan industri amat dibutuhkan.
sumber: http://republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/17/11/03/oyuda0423-gelar-semnastek-2017-umj-publikasikan-210-makalah-teknologi

Agus Salim & Nicolas Halim, Top 15 Most Impactful Researcher pada Indonesian Young Professional Paper Awards 2017 pada 24-26 November 2017

IMG20170820WA0035

Agus dan Nico

Tanggal Acara: 24-26 November 2017

Peserta: Agus Salim & Nicolas Halim

Indonesian Young Professional Paper Awards (IYPPA) 2017 merupakan ajang penganugerahan yang didedikasikan untuk mahasiswa(i) Indonesia kontributif dalam bidang penelitian dan karya tulis ilmiah. Program ini mengusung tema “Exploring Ideas to Generate Millennial Innovators”.

KOMA Youth Collaboration sebagai penyelenggara kegiatan, memberikan kesempatan
kepada para nominator untuk mengirimkan karya terbaik dengan kategori:
1. Ide/Gagasan
2. Prototipe
3. Aplikatif

Kategori Penganugerahan
Penganugerahan ini ditujukan untuk 12 bidang ilmu dengan rincian sebagai berikut:
a. MIPA
b. Ilmu Tanaman
c. Ilmu Hewan
d. Ilmu Kedokteran
e. Ilmu Kesehatan
f. Ilmu Teknik
g. Ilmu Bahasa
h. Ilmu Ekonomi
i. Ilmu Sosial Humaniora
j. Agama dan Filsafat
k. Ilmu seni, Desain dan Media
l. Ilmu Pendidikan

Jenis Penganugerahan
a. Seluruh Nominator Terpilih dari Disiplin Ilmu Pada 12 Bidang Ilmu di 3 (Tiga) Kategori
masing-masing Mendapatkan penghargaan sebagai :
1. The Most Innovative Paper Award (Ide/Gagasan)
2. The Most Creative Paper Award (Prototipe)
3. The Most Impactful Innovator Award (Aplikatif)

b. Nominator Terbaik dari 12 Bidang Ilmu di 3 (Tiga) kategori masing-masing mendapatkan penghargaan sebagai :
1. Gold Paper Award
2. Silver Paper Award
3. Bronze Paper Award

Reinaldo, Top 40 Young Engineers & Scientists Summit 2017 ASEAN pada 6-10 September 2017

16797794_1222712891116229_1165163096646328340_o

DSC02410

Tanggal Acara: 6-10 September 2017

Peserta: Reinaldo

YES SUMMIT 2017 is conducted by Student Executive Council of Institut Teknologi Sepuluh Nopember which exchanges ideas in a conference.

 

YES SUMMIT 2017 is a conference participated by engineering and science students around ASEAN countries.  The purpose is to overcome existing problems in ASEAN. The participants are expected to be able to develop knowledge, creatitivity and critical thinking, in line with the theme of the conference ” ASEAN Connectivity “. By joining YES SUMMIT 2017.

YES SUMMIT 2017 is conducted by Student Executive Council of Institut Teknologi Sepuluh Nopember which exchanges ideas in a conference.

YES SUMMIT 2017 is a conference participated by engineering and science students around ASEAN countries.  The purpose is to overcome existing problems in ASEAN. The participants are expected to be able to develop knowledge, creatitivity and critical thinking, in line with the theme of the conference ” ASEAN Connectivity “. By joining YES SUMMIT 2017, you are agreed to all the requirements made by the committee. There are more than 30 students participated in YES SUMMIT 2017 and get the chance to explore the beauty of Surabaya.

 

 

Pengabdian Kepada Masyarakat ke RPTRA Dharma Suci 2016

RPTRA atau Ruang Publik Terpadu Ramah Anak adalah tempat dan/atau ruang terbuka yang memadukan kegiatan dan aktivitas warga dengan mengimplementasikan 10 (sepuluh) Program Pokok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga untuk mengintegrasikan dengan program Kota Layak Anak (PERGUB DKI No. 196 tahun 2015). RPTRA adalah wujud komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak sehingga anak dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Untuk tahun 2015, Pemprov DKI Jakarta mentargetkan untuk dapat membangun +60 RPTRA di seluruh wilayah DKI Jakarta, sedangkan di tahun 2016 direncanakan akan dibangun +150 RPTRA, dimana +32 RPTRA akan dibangun di wilayah Jakarta Utara.

Salah satu RPTRA yang sedang dibangun di tahun 2015 ini adalah RPTRA Dharma Suci yang terletak di kawasan RW. 016 Kelurahan Pejagalan Kecamatan Penjaringan Kotamadya Jakarta Utara. RPTRA ini terletak didekat kolong tol Jembatan Tiga – pintu masuk tol Jembatan Tiga. Secara geografis, lokasi RPTRA ini terletak diantara kawasan RW 016 dan RW 018 Kelurahan Pejagalan.

Universitas Bunda Mulia selaku institusi akademik bertanggung jawab dalam membantu memberikan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi anak-anak RPTRA Dharma Suci terutama dalam hal berselancar didunia maya. Internet merupakan salah satu perkembangan teknologi yang menjadi faktor terpenting dalam kehidupan sehari-hari anak-anak pada zaman sekarang. Seringkali internet disalah gunakan untuk hal-hal yang tidak diinginkan sehingga berdampak buruk bagi anak-anak. Salah satunya adanya pemerkosaan yang dilakukan oleh anak-anak dibawah umur yang diakibatkan karena seringnya anak-anak mencari konten internet yang negatif atau porno. Oleh sebab itu, pentingnya Universitas Bunda Mulia memberikan penyuluhan mengenai pentingnya penggunaan internet yang sehat bagi anak-anak terutama anak-anak RPTRA.

Adapun tujuan dari Pengabdian masyarakat kepada masyarakat di RPTRA Dharma Suci, ini adalah :

  1. Meningkatkan kerjasama dengan masyarakat di RPTRA Dharma Suci
  2. Meningkatkan rasa kepedulian seluruh civitas akademik pada masyarakat, khusus nya dalam hal penggunaan internet sehat dan internet yang aman untuk anak-anak
  3. Meningkatkan pengetahuan mengenai dampak internet bagi masyarakat di RPTRA Dharma Suci baik dampak negatif dan positf terutama bagi anak sedang tumbuh berkembang atau yang menginjak dewasa

Adapun manfaat yang diharapkan dalam pengabdian masyarakat bagi RPTRA Pejagalan ini adalah :

  1. Anak-anak RPTRA Pejagalan mampu menggunakan fasilitas internet dengan baik dan sehat
  2. Adanya kerjasama dengan pihak RPTRA dalam mengubah wawasan mengenai pengawasan internet yang sehat dan yang aman untuk anak-anak
  3. Adanya stimulus bagi masyarakat di RPTRA Pejagalan untuk meningkatkan pengetahuan akan dampak positif dan negatif internet.

Tim PKM Sistem Informasi Universitas Bunda Mulia yang melaksanakan pengabdian kepada masyarakat adalah sebagai berikut :

  1. Verliana L, S.Kom, MM
  2. Julia Loisa, S.Kom., MM
  3. Indra Priyandono, S.Kom., M.Kom

Adapun waktu dan tempat pelaksanaan

Hari / Tanggal : Jumat, 16 Desember 2016
Waktu : 08.00 – selesai
Tempat : RPTRA Dharma Suci
Jumlah Peserta : 10 staf pengurus RPTRA

Berikut dokumentasi pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat RPTRA Dharma Suci.

1 2 3 4 5