Home Program Studi Sarjana (S1) Ilmu Komunikasi
+ 198

Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia Jakarta
Program Studi : Ilmu Komunikasi
Jenjang Pendidikan : Strata Satu (S1)
Gelar Lulusan : Sarjana Ilmu Komunikasi (S.Ikom)

Definisi Program

Program Studi Ilmu Komunikasi adalah kesatuan rencana belajar yang mengkaji, menerapkan dan mengembangkan Ilmu Komunikasi. Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari konsep, metode dan pengelolaan proses informasi secara verbal dan nonverbal, penerimaan informasi, pemahaman makna melalui saluran dan media secara efektif.

Visi

Menjadi program studi Ilmu Komunikasi unggulan yang menyelenggarakan pendidikan berkualitas tinggi bidang industri Komunikasi, Informasi dan Public Relations.

Misi

  • Menyelenggarakan program pendidikan untuk menghasilkan lulusan siap pakai yang memiliki kompetensi dan daya saing tinggi pada industri Komunikasi, Informasi dan Public Relations.
  • Menyelenggarakan program penelitian dan pengembangan guna menghasilkan konsep dan hasil kajian bidang komunikasi, informasi dan Public Relations yang secara fungsional dapat mendukung pengembangan kehidupan bermasyarakat.
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan program pemberdayaan dan pengabdian  masyarakat melalui bidang ilmu pengetahuan komunikasi, informasi dan Public Relatitons yang bermanfaat bagi kemajuan masyarakat.

Kompetensi Lulusan

Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia Jakarta menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi utama dalam bidang ilmu komunikasi dengan dua peminatan yaitu broadcast communication dan public relation/markering communication, serta kompetensi pendukung lainnya; kompetensi tersebut dijabarkan sebagai berikut :

  • Mampu bekerja di lingkungan global, yang didukung oleh sikap, prilaku profesional, dan etika yang baik.
  • Mampu merancang, membangun dan mengembangkan bisnis, yang didukung oleh pengetahuan, wawasan dan ketrampilan entrepreneur & intrapreneur.
  • Mampu menganalisis dan memecahkan permasalahan-permasalahan dan fenomena komunikasi yang terjadi dalam masyarakat.
  • Mampu melakukan penelitian di bidang Ilmu Komunikasi dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  • Mampu merancang, membangun dan mengelola industri media, baik media cetak (surat kabar, majalah dan tabloid), media elektronik (televisi, radio dan film), maupun media on-line. (Broadcast Communication)
  • Mampu merancang mengembangkan, dan mengelola kegiatan Public Relations untuk menangani krisis organisasi, membangun dan mempertahankan citra atau reputasi serta pengembangan investasi dan perluasan pasar produk / jasa pada lembaga pemerintah, swasta, maupun organisasi nirlaba (Public Relations/ Marketing Communication)

Peluang Karier

Lulusan program studi Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia disamping da- pat melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi juga dapat bekerja da- lam dunia bisnis swasta, pemerintahan, maupun membuka usaha sendiri. Secara lengkap dapat dilihat pada tabel di bawah ini :

NoPeluang KarierKeterangan
1 Pengamat Komunikasi Publik, Pengamat Komunikasi Politik, Pengamat Media Pemerhati dan pengamat masalah-masalah dan fenomena komunikasi yang terjadi di masyarakat
2 Programmer Siaran Radio dan Televisi Perancang, pengelola, dan pengembang program acara radio dan televisi.
3 Editor, Reporter, Announcer, Journalism Photographer, Cameraman Perancang, pengelola, dan pengembang karya jurnalistik baik media cetak maupun media siaran Radio dan TV
4 Correspondent, Writer Penulis dan koresponden di media cetak maupun media siaran Radio dan TV
5 Perancang dan Pengelola Media Baru Perancang dan pengelola media baru, khususnya media siaran dan termasuk media perusahaan seperti company profile, newsletters, tabloid, dan inhouse magazine, website, dan homepage
6 PR Consultant Perancang, pengelola, dan pengembang perusahaan Public Relations.
7 Internal Relations Officer, Media Relations Officer, Community Relations Officer, Customer Relations Officer Perancang, pengelola, dan pengembang publik inter- nal dan eksternal organisasi
8 Event Organizer Perancang, pengelola, dan pengembang acara-acara khusus.
9 Peneliti Public Relations Peneliti audit komunikasi, kegiatan dan strategi Hu- mas, serta opini publik.
10 Juru Bicara dan Negosiator Menjadi juru bicara dan perunding dalam aktivitas PR dan bisnis

 

Share/Save/Bookmark
 

© Universitas Bunda Mulia Jakarta
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol - Jakarta Utara
Telp. (021) 692-9090 - Fax (021) 690-9712
Call Center: (021) 690 9090

RSS Berita dan Kegiatan Universitas Bunda Mulia Jakarta