Journal is Me Adakan Lomba Menulis Artikel Opini

Oleh: Halla Puspita Yuri

Jakarta, Prodi Ikom, 03/03/2017 – Lomba Menulis Artikel Opini (LMAO) bertemakan “Bangun Kesatuan Bangsa Lewat Gerakan Pena” yang diadakan oleh salah satu dari 7 klub prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia (UBM), yaitu klub Journal is Me berlangsung pada 17 Januari – 13 Februari 2017 secara online.

 

Lomba yang bertujuan menjadi ajang evaluasi kemampuan peserta dalam penulisan artikel opini tersebut memiliki total peserta sebanyak 50 mahasiswa dari UBM, London School of Public Relations, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Indonesia. Semua peserta lomba mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Workshop Menulis Artikel Opini secara gratis.

 

Penilaian karya dilakukan menggunakan sistem blind test oleh 3 juri yang ahli dalam bidang jurnalistik. Sebanyak 10 peserta yang menjadi finalis LMAO mendapatkan free entry untuk acara Seminar Nasional pada 24 Februari 2017 di The Ubm Grand Auditorium (TUGA), lantai 8 UBM.

 

Pemenang LMAO yang telah diumumkan dalam Seminar Nasional adalah Putri Cahyaningrum dari Universitas Indonesia sebagai juara pertama, Valentina Saputri dari UBM sebagai juara kedua, dan Mulia Megantari dari London School of Public Relations sebagai juara ketiga. Pemenang mendapatkan piala, sertifikat, goodie bag, dan uang tunai. (HPY/TH)

Untuk Majukan Ikom, Dua Dosen Baru Bergabung

Oleh: Linna Friska Marbun dan Halla Puspita Yuri

Jakarta, Prodi Ikom, 17/1/17 – Untuk terus mempertahankan kualitas pendidikan berakreditasi A, Prodi Ikom UBM menambahkan tenaga pengajar yang sudah berpengalaman di bidangnya, yaitu Yohanes Eko Wahyu Ardiyanto, S.Pi., M.I.Kom dan Sandy Allifiansyah S.I.Kom, M.A. pada tanggal 20 Desember 2016 sebagai dosen tetap.

Selama perkuliahan semester genap T.A. 2016/2017 berlangsung, Yohanes Eko mengajar sebanyak 14 sks dalam 3 mata kuliah yang berbeda, yaitu Broadcast Journalism, TV Produksi Jurnalistik, dan Hukum Etika Media. Dosen tersebut memberikan ilmu dan pengalaman yang didapat sebagai praktisi di dunia pertelevisian selama 20 tahun.

Awal mula dirinya memutuskan menjadi seorang dosen dimulai dari keinginan untuk bekerja dibidang yang lain.  “Saya hidup tidak hanya ingin bekerja di satu bidang. Dari seorang jurnalis, saya ingin menjadi seorang dosen. Dengan perenungan dan diskusi bersama keluarga, akhirnya saya memberanikan diri bekerja menjadi seorang dosen,” ungkapnya.

Asam  garam dalam dunia penyiaran dan jurnalistik tentunya sudah pernah dirasakan oleh pria yang memulai perjalanan karirnya dari menjadi seorang jurnalis pada salah satu media cetak, yaitu Tabloid Bola, kemudian berlanjut pada posisi Manager News and Current Affairs ANTV, hingga menjadi Pimpinan Redaksi di Nusantara TV.

Berbeda dengan Sandy yang mengawali karirnya sebagai seorang wartawan majalah digital mengenai musik selama kurang dari setahun. Dosen muda tersebut harus berhenti bekerja karena mendapatkan beasiswa dari Dikbud sehingga Sandy wajib melanjutkan kuliah di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Pria yang menyelesaikan studinya pada Oktober 2016 tersebut memiliki pengalaman menulis jurnal ilmiah untuk konferensi di Atmajaya Yogyakarta dan asistensi di bagian produksi dan foto. “Ya, lebih terstruktur sih. Mahasiswa juga bisa ngawasin dosennya. Bertindak selayaknya memang dosen kan,” ujarnya mengenai perasaan mengajar di UBM.

(LFM/HPY/RA)

Yohanes Eko Wahyu Ardiyanto, S.Pi., M.I.Kom (kiri) dan Sandy Allifiansyah S.I.Kom, M.A (kanan)

Yohanes Eko Wahyu Ardiyanto, S.Pi., M.I.Kom (kiri) dan Sandy Allifiansyah S.I.Kom, M.A (kanan)

 

BMBC Raih Juara Kampanye Sosial

Oleh: Halla Puspita Yuri

Jakarta, Prodi Ikom, 18/04/2017 – Tim AXSI dari klub BMBC Universitas Bunda Mulia (UBM) berhasil meraih gelar sebagai juara harapan satu lomba Kampanye Sosial dalam acara Festival Komunikasi (FestKom) Univesitas Pancasila (UP) pada 18 April 2017 di Universitas Pancasila, Jakarta Selatan.

Acara yang digelar untuk merayakan ulang tahun ke 10 fakultas ilmu komunikasi UP tersebut mengusung tema ‘Peace Journalism and Conflict Resolution in Media’. Salah satu rangkaian dalam FestKom UP adalah lomba Kampanye Sosial yang terdiri dari pembuatan proposal dan poster, orasi, dan presentasi.

Tim AXSI yang terdiri atas Megi Aditya Permana selaku ketua dengan Claudia Agettha Sari dan Delika Bait selaku anggota berhasil bertarung melawan 8 finalis lainnya. Kampanye tim AXSI membahas mengenai pemberantasan hoax dengan aksi (beraxsi).

“Kami menilai bahwa masyarakat sekarang sudah semakin kritis kalau hanya untuk mengenali mana pemberitaan yang hoax dan mana yang bukan. Maka dari itu, kami lebih mempersuasi masyarakat untuk ikut beraksi dalam usaha menanggulangi fenomena hoax di sosial media,” ujar Megi.

 

(HPY/RA)

BMBC Raih Juara Kampanye Sosial
BMBC Raih Juara Kampanye Sosial
 

Melek Isu, Peduli Perdamaian melalui Digital Diplomacy

 Oleh Tristin Hartono

Jakarta, Prodi Ilkom, 18/4/17 – Kuliah umum bertemakan “Changing Perceptions Through Media and Digital Diplomacy” yang dibawakan oleh First Secretary of Media and Strategic Communications, Australian Embassy, Laura Kemp, telah berhasil dilaksanakan pada Selasa (11/4) lalu.

Acara yang dihadiri ratusan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi UBM ini diselenggarakan di The UBM Seminar Room (TUSR), mulai pukul 11:30 hingga selesai. Dengan moderator Lasmery Rosentauly Maissallinya Girsang S.IP., M.SI., acara berlangsung dengan tertib dan rapi yang selanjutnya diakhiri dengan sesi tanya jawab dari peserta.

Membahas tentang bagaimana peran media sosial sebagai platform yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, hal ini dapat dijadikan “senjata” untuk menciptakan perdamaian dan keharmonisan hubungan antara Australia dengan Indonesia. Menurut Laura,  akan lebih baik jika Indonesia dan Australia dapat saling bergandengan dalam mewujudkan perdamaian.

Kemp menjelaskan bahwa selain Australia dan Indonesia, Amerika Serikat telah terlebih dahulu menggunakan digital diplomacy (e-diplomacy) sebagai alat bernegosiasi dengan masyarakatnya, khususnya dalam “perang” melawan organisasi teroris, ISIS.

“Also, when they’re trying to put out their messages to other countries, perhaps to Russia, that they want to make it (the problems) clear, they might actually do that in a tweet, or in Instagram, or in another social media,”  jelas wanita yang pernah meraih beasiswa sarjana di Indonesia ini mengenai penggunaan e-diplomacy melalui media sosial.

Tak hanya masyarakat sipil, tapi e-diplomacy juga dilakukan oleh para pemimpin negara. Mereka menginginkan adanya penggunaan media secara positif (melalui informasi kenegaraan yang disebar), penyebaran pesan langsung, dan mereka juga berharap agar setiap pengguna dari seluruh dunia dapat melihat, sehingga itulah yang disebut dengan diplomasi menurut Laura Kemp.

Disisi lain, menurut Sekprodi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH), Lasmery, kuliah umum ini bertujuan agar generasi muda yang nantinya akan terlahir dari almamater UBM memiliki kepekaan terhadap isu-isu, terutama politik yang sedang terjadi di dunia luar.

“Kalau saya, sih, mengharapkan bahwa, ya, melek politik, lah. Kalo dengan membaca referensi atau buku mungkin terlalu jenuh, nah, kita datangkan expert sehingga bisa berdialog langsung mengenai isu-isu yang mereka lihat dipemberitaan media,” ujarnya.

Untuk kedepannya, UBM mengharapkan adanya kerja sama lebih lanjut, seperti program kerja magang, khususnya bagi mahasiswa jurusan Public Relations (PR). Melalui kuliah umum ini juga, UBM telah merealisasikan satu langkah nyata untuk meningkatkan kualitas lulusannya bahkan hingga mampu berkarir dijenjang internasional.

 

(TH/RA)

Lasmery Girsang selaku moderator memberikan plakat kepada Pembicara, Laura Kemp

Lasmery Girsang selaku moderator memberikan plakat kepada Pembicara, Laura Kemp

Ratusan peserta hadiri seminar Kedutaan Australia

Ratusan peserta hadiri seminar Kedutaan Australia

Seluruh peserta berfoto bersama

Seluruh peserta berfoto bersama

Yuri Aladin selaku dosen Ikom memberikan ucapan terima kasih kepada Laura Kemp

Yuri Aladin selaku dosen Ikom memberikan ucapan terima kasih kepada Laura Kemp

 

Ikom Menangkan Juara 1 Video Competition ANTV

Oleh: Halla Puspita Yuri

Jakarta, Prodi Ikom, 10/04/2017 – Miracle Production dari Universitas Bunda Mulia (UBM) berhasil meraih gelar sebagai Juara 1 Video Competition Indonesia Keren yang diselenggarakan oleh PT. Cakrawala Andalas Televisi dalam rangka merayakan HUT ANTV ke 24. Kemenangan tersebut diumumkan pada 24 Maret 2017 dalam acara malam puncak perayaan ulang tahun ANTV.

“Proses pengambilan videonya secara spontan. Sukanya itu bisa bekerja sama dengan orang yang ikut berprtisipasi dan anggota videonya. Dukanya itu agak susah ngumpulin dan mencari subjek yang ditanya,” ujar Bernard Vanady, mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi (Ikomers) semester 2 yang menjadi ketua tim Miracle Production sekaligus cameraman.

Selain Bernard, ikomers semester 2 lainnya adalah Efraim Nainggolan sebagai sutradara, Steven Bunadi sebagai editor, Novianti Saputra sebagai cameraman, Silvia Pristianita dan Hendry Susanto sebagai talent.

Dua orang ikomers semester 4 pun bergabung dalam tim tersebut, yaitu Michael Wijaya sebagai editor dan Halla Puspita Yuri sebagai script writer. Miracle Production pun memiliki Robi Tri Budi dari prodi Manajemen sebagai editor. Semua anggota Miracle Production tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Production Cinematography (Prodcine).

Ikom Menangkan Juara 1 Video Competition ANTV
Ikom Menangkan Juara 1 Video Competition ANTV
 

Kemeriahan Awarding Day UBM Ambassador 2017

Oleh: Halla Puspita Yuri

Jakarta, Prodi Ikom, 10/04/2017 – Universitas Bunda Mulia (UBM) menggelar ajang pencarian duta kampus yang memasuki puncak acara bernama Awarding Day UBM Ambassador 2017 pada 7 April 2017 di The UBM Grand Auditorium (TUGA).

Setelah melewati karantina selama 15 hari dan dua kali sesi tanya jawab dalam acara bertema Colours of Asia tersebut, nama Salmon Aldo A. Depari dari jurusan Ilmu Komunikasi 2014 dan Anggelia Merryciana dari jurusan Hospitality dan Pariwisata 2016 keluar sebagai Juara 1.

“Kesannya mendapatkan teman baru dan keluarga baru, juga pengetahuan baru. Pesannya untuk teman-teman semua, kita harus berani mencoba,” ujar Anggelia saat ditanya presenter mengenai kesan pesan selama acara UBM Ambassador 2017.

Setelah itu, presenter pun menanyakan mengenai kenangan tak terlupakan kepada Ansen Muls dari jurusan Ilmu Komunikasi 2015, Juara 2 atau First Runner Up acara tersebut. “Bisa merasakan senyuman dari teman-teman, karena bagi saya senyuman adalah obat kepedihan,” ujar Ansen.

Selain Ansen, Juara 2 atau First Runner Up juga dimenangkan oleh Andarillah Kaloh dari jurusan Ilmu Komunikasi 2014. Reynal Tanggara dari jurusan Teknik Manajemen Industri 2015 dan Bella Jovista Kamu dari jurusan School of Retail 2015 meraih gelar sebagai Juara 3 atau Second Runner Up.

Tidak hanya itu, Marcelino Rivky Toreh dari jurusan Teknik Manajemen Industri 2015 dan Kimberly Regina Tangka dari jurusan Psikologi 2015 pun meraih gelar sebagai Juara Favorit dalam acara yang menghadirkan Stevany Evelyn, Ady Huang, dan Christina Truly sebagai presenter. Juara Favorit mendapatkan hadiah berupa free membership 1 tahun dan treatment 3 bulan di Candi Spa, beasiswa senilai Rp 1.500.000,00 dari Choky Sitohang Coorporation, dan uang tunia dari UBM.

Acara Awarding Day UBM Ambassador 2017 dibuka dengan penampilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Dance, dilanjutkan dengan tarian khas budaya Asia dari finalis 20 besar. Sebanyak 3 pasang finalis membawakan tarian budaya Cina, 2 pasang finalis dengan tarian budaya India, 2 pasang finalis dengan tarian budaya Korea, dan sebanyak 3 pasang finalis membawakan tarian budaya Indonesia.

Diven Kilanta selaku ketua panitia acara dan UBM Ambassador 2015 memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Diven menjelaskan sekitar 100 orang peserta yang menjalani karantina selama 15 hari sejak 6 Desember 2016 telah tersaring menjadi finalis 20 besar.

Sambutan tersebut dilanjutkan dengan hiburan dari 2 orang anggota UKM Voice of UBM (VOU) yang menyanyikan lagu berjudul Penantian Berharga. Setelah itu, para finalis menampilkan fashion show dengan pakaian dari Dressabelle Indonesia. Acara kembali dilanjutkan dengan sambutan dari Hanny Wulandri Dharma, alumni UBM yang merupakan Miss Earth Indonesia Eco Tourism 2016 sekaligus Miss Friendship 2016 Top 5 Best Evening Gown.

Setelah sesi tanya jawab dengan finalis 20 besar, acara dimeriahkan oleh guest star Maria Callista. Sebanyak 5 pasang finalis yang lolos dalam Top 5 kembali mengikuti sesi tanya jawab kedua. Acara pun ditutup dengan sesi foto bersama.

 

(HPY/RA)

Photo by: Stanley Christophel
Photo by: Stanley Christophel
Photo by: Stanley Christophel
Photo by: Stanley Christophel
Photo by: Stanley Christophel
Photo by: Stanley Christophel
Photo by: Stanley Christophel
Photo by: Stanley Christophel
 

COMMIT 2017: Unjuk Gigi News Anchor Muda

Oleh: Sandra Insana Sari

Jakarta, Prodi Ilkom, 3/3/2017 - Di hari ketiga Communication Summit 2, Prodi Ilmu Komunikasi Univesitas Bunda Mulia (UBM) menggelar News Caster Competition  dan Seminar Broadcasting pada hari Rabu (22/2).
News Caster Club (NCC), Prodi Ilmu Komunikasi telah menyelenggerakan kompetisi berskala nasional yaitu News Caster Competition dengan tema “Be The Next Anchor!”. Acara ini di gelar di Lab Radio, lantai 5 Gedung UBM pada pukul 09.00-11.40 WIB. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berasal dari universitas-universitas yang ada di Indonesia.
Kompetisi ini bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa/mahasiswi Ilmu Komunikasi dalam hal penyampaian berita hardnews, softnews & sportnews, sehingga diharapkan ke depannya dapat menghasilkan para News Caster muda handal yang nantinya siap dalam dunia News Presenting.

Dalam menyeleksi dan mendapatkan pemenang dengan skill news anchor yang baik, NCC bekerja sama dengan kru senior ANTV yang tentunya berpengalaman dalam dunia news. Manager News & Current Affair ANTV, Angghi Muliya serta News Anchor ANTV Restu Wulandari menjadi juri dalam kompetisi ini. Tak hanya mereka, dosen Ikom yang berpengalaman dalam bidang news pun juga hadir menemani sebagai juri.

Meski peserta diliputi ketegangan menjelang proses penjurian kontes unjuk gigi ini, namun kita dapat melihat senyum sumringah para peserta disertai rasa bangga meliputi suasana dipenghujung acara.

 

(SIS/RA)

COMMIT 2017: Seminar Broadcasting Digital Platform

Oleh: Sandra Insana Sari

Jakarta, Prodi Ilkom (3/3/2017) – Di hari ketiga Communication Summit 2, Prodi Ilmu Komunikasi Univesitas Bunda Mulia (UBM) menggelar News Caster Competition  dan Seminar Broadcasting pada hari Rabu (22/2).

Prodi Ilmu Komunikasi bekerja sama dengan “ANTV Kampus Keren” telah menggelar seminar Broadcasting dengan mengangkat tema “How Communication Works in Digital Platform” pada pukul 12.00-14.45 di The UBM Hall. Seminar ini dibuka dengan kata sambutan dari Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UBM (Dr., Drs., Sugeng Wahyudi, M.Si) dan performance dari UKM Dance UBM.

Acara ini berlangsung antusias dengan kehadiran Manager News & Current Affair ANTV (Angghi Muliya), General Manager Digital ANTV (Rizky Indrawan), dan News Anchor ANTV (Restu Wulandari). Tak hanya membagikan pengalaman mereka dalam dunia industri televisi, para bintang tamu pun memberikan tips dan kiat-kiat dalam berkarir di dunia televisi.

Berkarir dalam dunia televisi tak semudah yang dibayangkan dan juga tak sesulit yang diperkirakan, meski begitu, kita sebagai mahasiswa ilmu komunikasi harus memahami celah dan peluang yang tepat dalam meniti karir di dunia yang serba digital ini, niscaya kita akan mampu bertahan dan memperoleh karir yang gemilang.

Setelah pemberian materi oleh narasumber, kegiatan ini pun diakhiri dengan penampilan spesial dari Mervo, yang salah satu personilnya adalah mahasiswa UBM dan finalis ajang The Voice Indonesia tahun lalu.

Kampus keren, ya Universitas Bunda Mulia.. Bridging Education to Ther Real World..

(SIS/RA)

GEN FM Meriahkan Workshop Biems Radio UBM

Oleh : Linna Friska Marbun

Jakarta, Prodi Ikom, 03/03/2017 – Biems Radio UBM sukses menyelenggarakan Workshop bersama GEN FM. Ratusan mahasiswa Ikom UBM mengikuti Workshop bertemakan “How To Bea a Good Announcer” pada tanggal 23 Februari 2017 bertempat di The UBM Seminar Room.

Materi Workshop dibawakan secara fun oleh Kemal Palevi dan Diaz Danar, penyiar Radio GEN FM yang menjadi narasumber utama dalam Workshop ini. Cari keunikan yang ada pada diri kalian yang orang lain ga punya, karena hal itu bisa digunakan sebagai nilai lebih kalian sebagai seorang announcer nantinya,” ujar Kemal Pahlevi.

Begitu banyak dan materi yang disampailkan kepada peserta selama Workshop berlangsung. Seperti penyataan dari Diaz Danar, ”Kalau kalian punya mimpi menjadi seorang announcer, terus capai mimpi kalian itu sampai menjadi kenyataan,”

Tidak hanya memberikan materi searah kepada seluruh peserta, kedua penyiar dari GEN FM juga memberikan pelatihan dan penilaian kepada tiga peserta beruntung, yaitu Angel, Marco, dan Ardio. Mmereka menampilkan kemampuan mereka dalam bersiaran didepan narasumber.

WorkshopHow To Be A Good Announcer” diakhiri dengan penyerahan goodie bag oleh Pembina Club Biems Radio, Christina sebagai tanda terima kasih. Tidak luput juga seluruh peserta dan panitia mengabadikan momen berakhirnya kegiatan Workshop dengan foto bersama kedua narasumber.

(LFM/RA)

Journal is Me Adakan Lomba Menulis Artikel Opini

Oleh: Halla Puspita Yuri

Jakarta, Prodi Ikom, 03/03/2017 – Lomba Menulis Artikel Opini (LMAO) yang diadakan oleh salah satu dari 7 klub prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia (UBM), yaitu klub Journal is Me berlangsung pada 17 Januari-13 Februari 2017 secara online.

 

Lomba yang bertujuan menjadi ajang evaluasi kemampuan peserta dalam penulisan artikel opini tersebut memiliki total peserta sebanyak 50 mahasiswa dari UBM, London School of Public Relations, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Indonesia. Semua peserta lomba mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Workshop Menulis Artikel Opini secara gratis.

 

Penilaian karya dilakukan menggunakan sistem blind test oleh 3 juri yang ahli dalam bidang jurnalistik. Sebanyak 10 peserta yang menjadi finalis LMAO mendapatkan free entry acara Seminar Nasional pada 24 Februari 2017 di The Ubm Grand Auditorium (TUGA) lantai 8 UBM.

 

Pemenang LMAO yang telah diumumkan dalam Seminar Nasional adalah Putri Cahyaningrum dari Universitas Indonesia sebagai juara pertama, Valentina Saputri dari UBM sebagai juara kedua, dan Mulia Megantari dari London School of Public Relations sebagai juara ketiga. Pemenang mendapatkan piala, sertifikat, goodie bag, dan uang tunai.

(HPY/RA)