Iklan Layanan Masyarakat Anti Korupsi

foto

Kasus korupsi telah menjadi konsumsi masyarakat di banyak media belakangan ini, namun hanya sedikit media yang mengajak dan mendorong masyarakat untuk selalu mengedepankan semangat anti korupsi, terlebih sejak dini. Melahirkan generasi muda anti korupsi merupakan tanggung jawab kita bersama.

Video program dengan format iklan layanan masyarakat ini diproduksi oleh para mahasiswa Ilmu Komunikasi jurusan broadcasting. Untuk melihat video, klik pada gambar atau judul.

Kunjungi galeri video karya mahasiswa lainnya di ikomstudio.ubm.ac.id

Dosen Ikom Berhasil Sandang Gelar S3

Oleh: Halla Puspita Yuri

Jakarta, Prodi Ikom, 11/07/17 – Salah satu dosen Universitas Bunda Mulia (UBM) prodi Ilmu Komunikasi bernama Rustono Farady Marta S. Sos., M. Med. Kom telah berhasil menyelesaikan pendidikannya di Universitas Indonesia (UI) jenjang S3.

“Berhasil memetik genuine knowledge of communication science menjadi kemewahan tersendiri ketika menempuh studi di Program Pascasarjana Doktoral Ilmu Komunikasi UI, ” ujarnya.

Gelar Doktor berhasil diraih setelah menyelesaikan sidang terbuka Senat Akademik UI di gedung F kampus FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) UI, Depok, pada 5 Juli 2017 lalu.

Pria yang pernah meneliti 2 jenis tabloid Surabaya tersebut menyelesaikan disertasi dengan topik ‘Identitas dan Film Nasional’ yang berjudul ‘Dinamika Identitas Tionghoa Indonesia dalam Konstruksi Sosial Film Nasional Lintas Masa’ selama 2 tahun.

“Pertama, penelitian ini merupakan wujud aktualisasi diri. Kedua, memberi nuansa tersendiri dalam penajaman keilmuan. Ketiga, permasalahan bangsa ini belum banyak dikaji sehingga membutuhkan pemahaman holistik mengenai identitas etnis Tionghoa lintas masa,” ucapnya kemudian.

 

(HPY/RA)

Dosen Ikom Berhasil Sandang Gelar S3
Dosen Ikom Berhasil Sandang Gelar S3
Dosen Ikom Berhasil Sandang Gelar S3
 

Hadirnya Dosen Baru IKom UBM Serpong

Oleh: Halla Puspita Yuri dan Linna Friska Marbun

Jakarta, Prodi Ikom, 14/07/2017 – Universitas Bunda Mulia (UBM) tidak pernah berhenti meningkatkan kualitas pendidikan. Hal tersebut dibuktikan dengan bergabungnya tenaga pengajar baru bernama Nico Setiawan Susilo, S.IKom., MFA. sebagai dosen prodi Ilmu Komunikasi (Ikom) UBM mulai dari Juli 2017 lalu.

Lulusan S2 dari Korea National University Arts tersebut telah memiliki pengalaman mengajar ilmu sosial di salah satu SMP swasta Surabaya. Nico mengawali karir sebagai guru SMP sejak menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Kristen Petra dan akhirnya tertarik untuk mendalami dunia pendidikan.

“Mau ke pendidikan sih untuk jangka panjang. Kalo sekolah lagi pun harus punya background ngajar juga di ilmu komunikasi. Kebetulan S1 dan S2 saya kan linier. Kalo dari feelingnya sih emang suka ngajar. Jadi, kedepannya pengen terus ngajar dibidang yang memang sudah saya kuasai,” ujarnya.

Selain Nico, seorang dosen baru lainnya bernama Fanty Pratiwi Meita, S.IKom, M.IKom. juga menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 secara linier. Lulusan S1 dari Universitas Muhammadiyah Malang tersebut sudah memiliki pengalaman sebagai dosen di Lombok.

Tidak hanya itu, Fanty juga merupakan seorang praktisi. Lulusan S2 dari Universitas Brawijaya itu memiliki pengalaman bekerja sebagai seorang news anchor maupun presenter di TVRI. “Praktisi karena menurut saya komunikasi harus ada belajar prakteknya. Jadi, kalo nyampein ke temen-temen mahasiswa juga lebih enak,”ucapnya.

Dua dosen tersebut telah mengajar mata kuliah PPM, nantinya mereka akan mengajar mata kuliah pengantar seperti Pengantar Ilmu Komunikasi untuk mahasiswa-mahasiswi Ikom (Ikomers) UBM cabang Alam Sutra, Tangerang. Nico dan Fanty berharap agar mereka bisa membangun karir di UBM dan membuat Ikomers lebih berkembang.

 

(HPY/LFM)

Hadirnya Dosen Baru IKom UBM Serpong
 

Klub Ikom Ramaikan Kampus Serpong

Oleh Sean Putra Abraham

Jakarta, Prodi Ikom, 15/9/2017 – Setelah mengadakan stand klub sebagai bentuk promosi ketujuh klub Ikom yang dilaksanakan di selasar UBM lantai 1 Kampus Ancol, pada Senin-Kamis (5-9/9) lalu, Prodi Ikom kembali membuka stand klub di selasar lantai 4, UBM Kampus Serpong pada Kamis (14/9).

 

Empat dari tujuh klub yang dinaungi oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) Prodi Ikom hadir untuk menyediakan stand klub guna menjangkau para mahasiswa baru (maba) UBM Kampus Serpong. Keempat klub tersebut antara lain; Journal is Me, Videography Team (Vite), News Caster Club (NCC), dan Cl!ck Photography.

 

Para maba terlihat antusias dalam pengadaan stand klub ini. Tak hanya mendaftarkan diri secara on the spot, mereka juga dapat melihat berbagai hasil karya anggota klub yang pernah mencetak prestasi di periode tahun ajaran sebelumnya.

 

Menurut Regan Hailim dan Edy Chiang, maba Ikom UBM Kampus Serpong, pengadaan stand klub ini menambah wawasan mereka mengenai fasilitas yang disediakan Prodi Ikom, sekaligus dapat menjadi ajang bagi maba Ikom untuk mengembangkan soft skill mereka.

 

“Seru, jadi tau kalau ada banyak kegiatan di luar perkuliahan. Jadi, agar kami punya aktivitas lain dan gak kupu-kupu (kegiatan kuliah-pulang kuliah-pulang – red.)” papar Regan.

 

Edy juga menambahkan, adanya klub yang disediakan oleh Prodi Ikom membuat dirinya dapat mempergunakan waktu senggang dan mengisinya dengan kegiatan positif. “Dengan adanya kegiatan di luar kelas seperti mengikuti klub, kita bisa mengikuti lomba-lomba yang ada dan menambah prestasi,” ujarnya.

 

Tak hanya stand dari Prodi Ikom, kegiatan ini juga dihadiri oleh berbagai stand dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Unit Kegiatan Rohani (UKR). Selain itu, Dr. Drs. Sugeng Wahjudi, M.Si. selaku Kaprodi Ikom dan Dekan FISH, serta Dr. Toni Hendratono selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan turut menghadiri acara ini.

 

Acara pun semakin dimeriahkan oleh penampilan Rafid Maulana, mahasiswa Ikom semester 5, dan Jhon Fraidi, mahasiswa Teknik Informatika (TI) semester 5, yang menjadi pembawa acara dalam kegiatan stand booth exhibition ini. (SPA/TH)

(dari kiri) klub Journal is Me, NCC, Vite, dan Cl!ck Photography yang mengikuti acara pembukaan stand di UBM Serpong pada Kamis (14/9).

(dari kiri) klub Journal is Me, NCC, Vite, dan Cl!ck Photography yang mengikuti acara pembukaan stand di UBM Serpong pada Kamis (14/9).

Terlihat antusiasme mahasiswa baru yang mendaftarkan diri di salah satu klub yang membuka stand, yakni NCC dan klub Journal is Me.

Terlihat antusiasme mahasiswa baru yang mendaftarkan diri di salah satu klub yang membuka stand, yakni NCC dan klub Journal is Me.

Terlihat stand klub Ikom (kiri) dan stand UKM iCare yang didatangi oleh beberapa mahasiswa baru UBM Serpong, serta kedua pembawa acara yang berdiri di antara stand Cl!ck Photography dan stand UKM iCare.

Terlihat stand klub Ikom (kiri) dan stand UKM iCare yang didatangi oleh beberapa mahasiswa baru UBM Serpong, serta kedua pembawa acara yang berdiri di antara stand Cl!ck Photography dan stand UKM iCare.

 

Pemilihan Ketua Baru Comrade

Oleh: Halla Puspita Yuri

Jakarta, Prodi Ikom, 06/09/2017 – Comrade sebagai himaprodi jurusan (HMJ) Ilmu Komunikasi (Ikom) Universitas Bunda Mulia (UBM) melakukan penghitungan suara atas pemilihan ketua baru pada 5 September 2017 pukul 18.00-20.00 WIB di ruang 507 UBM, Ancol, Jakarta Utara.

Jabatan sebagai ketua Comrade masa bakti 2017/2018 akhirnya diraih oleh Valentina Saputri dengan perolehan sebanyak 167 suara. Sementara itu, Steven Bunadi berada pada urutan kedua dengan 106 suara dan Denny Liemanto di urutan ketiga dengan 83 suara. Sebanyak 70 suara dinyatakan golput atau tidak sah karena tidak sesuai dengan ketentuan untuk memberikan tanda ceklis pada nomor urut maupun foto calon ketua.

“Perasaan saya yang pasti bangga karena dipercaya untuk memimpin HMJ Ikom. Semoga HMJ tahun 2017/2018 ini dapat berkembang serta memajukan prodi ilmu komunikasi,” ujar Valentina.

Kampanye calon ketua baru Comrade 2017/2018 telah dilangsungkan selama seminggu, mulai dari 28 Agustus hingga 2 September 2017. Selama masa kampanye, para calon ketua Comrade diperkenankan untuk memperkanalkan diri, menjelaskan visi misi, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa-mahasiswi Ikom (Ikomers) UBM. Setelah itu, pada tanggal 4-5 September 2017, Comrade membuka stand di Lobby UBM lantai 1 guna melakukan voting kepada para calon ketua yang dilaksanakan pada pukul 7.30-18.30 WIB.

Prosesi penghitungan suara disaksikan oleh pembina HMJ Ikom UBM, Yuri Alfrin Aladdin, S.E., M.Si., M.A., M.IKom., dua orang perwakilan dari Senat Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH), anggota Comrade masa bakti 2016/2017, dan tiga orang calon ketua baru Comrade.

Setelah sambutan pembuka dari ketua lama Comrade, Markus Maximillian, penghitungan dilakukan dengan cara memperlihatkan kertas suara kepada seluruh peserta penghitungan, menyebutkan nama yang tertera, lalu merobek kertas tersebut sebagai tanda suara telah dihitung.

 

(HPY/SPA)

Pemilihan Ketua Baru Comrade
Pemilihan Ketua Baru Comrade
 

Pelaksanaan Regenerasi Klub Journal is Me

Oleh: Halla Puspita Yuri

Jakarta, Prodi Ikom, 29/08/2017 – Salah satu dari 7 klub di bawah naungan prodi Ilmu Komunikasi (Ikom) Universitas Bunda Mulia (UBM), klub Journal is Me mengadakan acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) sebagai bentuk regenerasi dari kepengurusan lama kepada kepengurusan baru pada 28 Agustus 2017 di Universitas Bunda Mulia, Ancol, Jakarta Utara.

Acara dimulai dengan sambutan dari pembina klub, Yuri Alfrin Aladdin, S.E., M.Si., M.A., M.IKom. Sambutan kedua diberikan oleh ketua klub lama, Halla Puspita Yuri yang kemudian memperkenalkan jajaran Badan Pengurus Harian (BPH) lama.

Selain Halla, kepengurusan lama terdiri dari Anggreine Grasella sebagai wakil ketua, Liviana selaku bendahara, Meisyca dan Linna Friska sebagai divisi kompetisi dan acara, Tristin Hartono selaku divisi desain, Rachael Angelin dan Sri Gilberty sebagai divisi publikasi dan dokumentasi, serta Yolanda Kristianto dan Lois Peter selaku divisi perlengkapan.

Sean Putra Abraham selaku ketua klub Journal is Me yang baru pun memperkenalkan kepengurusannya yang terdiri dari Nadia Tama Putri Wijaya, Verren Adrielle Sabell, Samuel Hatigoran Malau, dan Sarah Harun.

Setelah sesi foto bersama, kepengurusan lama memberikan evaluasi atas kinerja pengurus dalam setiap acara yang telah diadakan, keberhasilan dan kekurangan dari program kerja, masukan, saran, serta tips agar kepengurusan baru dapat menunjukkan hasil yang jauh lebih baik.

(HPY/RA)

Pelaksanaan Regenerasi Klub Journal is Me
Pelaksanaan Regenerasi Klub Journal is Me
Pelaksanaan Regenerasi Klub Journal is Me
 

Perkenalan Kepengurusan Comrade Periode 2017/2018

Oleh Tristin Hartono

Jakarta, Prodi Ikom (15/9/17) – Rapat pertama kepengurusan himpunan mahasiswa program studi ilmu komunikasi Universitas Bunda Mulia (Hima Prodi Ikom UBM) atau biasa disebut “Comrade” baru saja dilaksanakan pada Selasa (13/9). Selain ketua Comrade baru, Valentina Saputri, dan pembina Comrade, Yuri Alfrin Aladdin, S.E., M.Si., acara ini juga dihadiri oleh beberapa dosen ikom, serta Kaprodi Ikom, Dr., Drs., Sugeng Wahjudi, M.Si..

Rapat perkenalan ini diawali dengan kata sambutan dan penjelasan tugas kepengurusan dari pembina. Beliau mengingatkan kepada para pengurus Comrade yang beranggotakan 23 orang ini, bahwaacara seperti Communication Summit (COMMIT) dan Leadership Training for Communication (LTC) adalah 2 program kerja utama Comrade dalam masa jabatan.

Selanjutnya, para peserta rapat juga mendapat wejangan dari Kaprodi Ikom mengenai pentingnya klub dan lomba. “Prodi akan menyediakan budget kalau kalian mau ikut lomba, tinggal lapor aja ke saya, nanti diurus,” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan saran tambahan dari Virgitta Septyana, S.I.Kom., M.Si. mengenai keaktifan media sosial Comrade seperti Instagram dan Line@ Official yang masih kurang aktif. Beliau menyarankan administrator kepengurusan Comrade yang baru untuk lebih sering update, karena saat ini media sosial adalah pedoman image dari suatu organisasi.

Setelah mendengar kata sambutan dan pesan dari para dosen, kini giliran ketujuh ketua klub ikom yang berkesempatan mempresentasikan visi, misi, dan program kerja yang mereka canangkan di periode baru ini. Mulai dari klub Videography Team (Vite), hingga klub jurnalistik, Journal is Me.

Acara pun diakhiri dengan wejangan tambahan dari pembina Comrade. Tak hanya memberi wejangan, beliau juga kembali mengingatkan ketujuh klub untuk tetap aktif mengadakan acara, serta dalam kepengurusan Comrade. Selanjutnya ucapan terima kasih, serta kata penutup dari pembina Comrade, dan tak lupa juga foto bersama.

 

(TH/RA)

Perkenalan Kepengurusan Comrade Periode 2017/2018
 

Pelaksanaan Regenerasi Klub Journal is Me

Oleh: Halla Puspita Yuri

Jakarta, Prodi Ikom, 29/08/2017 – Salah satu dari 7 klub di bawah naungan prodi Ilmu Komunikasi (Ikom) Universitas Bunda Mulia (UBM), klub Journal is Me, mengadakan acara serah terima jabatan sebagai bentuk regenerasi dari kepengurusan lama kepada kepengurusan baru pada 28 Agustus 2017 di Universitas Bunda Mulia, Ancol, Jakarta Utara.

Acara dimulai dengan sambutan dari pembina klub, Yuri Alfrin Aladdin, S.E., M.Si., M.A., M.I.Kom. Sambutan kedua diberikan oleh ketua klub lama, Halla Puspita Yuri yang kemudian memperkenalkan jajaran Badan Pengurus Harian (BPH) lama.

Selain Halla, kepengurusan lama terdiri dari Anggreine Grasella sebagai wakil ketua, Liviana selaku bendahara, Meisyca dan Linna Friska sebagai divisi kompetisi dan acara, Tristin Hartono selaku divisi desain, Rachael Angelin dan Sri Gilberty sebagai divisi publikasi dan dokumentasi, serta Yolanda Kristianto dan Lois Peter selaku divisi perlengkapan.

Sean Putra Abraham selaku ketua klub Journal is Me yang baru pun memperkenalkan kepengurusannya yang terdiri atas  Nadia Tama Putri Wijaya, Verren Adrielle Sabell, Samuel Hatigoran Malau, Sarah Harun, Jovanka Buntari, Candrawati Ayuningrum, Celine, dan Paskahria Birgitta Tifanny.

Setelah sesi foto bersama, kepengurusan lama memberikan evaluasi atas kinerja pengurus dalam setiap acara yang telah diadakan, keberhasilan, dan kekurangan dari program kerja sebelumnya, masukan, saran, dan juga tips agar kepengurusan baru dapat memberikan hasil yang jauh lebih baik. (HPY/TH)

(dari kiri) Lois Peter, Linna, Tristin, Anggreine, Halla, Yuri, Sean, Yolanda, Rachael, Samuel, Sarah, Nadia, dan Verren melakukan sesi foto bersama setelah melaksanakan acara serah terima jabatan Klub Journal is Me pada Senin (28/8).

Serah Terima Jabatan Klub Journal is Me

(dari kiri) Lois Peter, Linna, Tristin, Anggreine, Halla, Yuri, Sean, Yolanda, Rachael, Samuel, Sarah, Nadia, dan Verren melakukan sesi foto bersama setelah melaksanakan acara serah terima jabatan Klub Journal is Me pada Senin (28/8).
 

UBM Ikuti Program Pertukaran Mahasiswa di Jepang

IMG 20170917 WA0010

Dalam rangka memenuhi undangan Kementerian Luar Negeri Jepang melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia, Universitas Bunda Mulia (UBM) mengirimkan salah satu mahasiswi berprestasi sebagai wakil UBM, Truly Christina, untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa di Jepang.

Program Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths (JENESYS) ini akan berlangsung pada tanggal 18-26 September 2017, serta dihadiri  110 mahasiswa dari seluruh negara-negara anggota ASEAN untuk membahas empat tema besar yaitu bencana alam, perkembangan ekonomi, permasalahan lingkungan hidup, dan aktifitas sosial.

Program JENESYS merupakan program tahunan yang digagas  Kementrian Luar Negeri Jepang,  bertujuan mempromosikan kepercayaan dan rasa saling pengertian antara masyarakat Jepang dan Asia Pasifik.

Untuk ikut berpartisipasi dalam Japan-ASEAN student conference dengan tema “What the Youth in AMS and Japan can do for Peace and Prosperity”, Truly telah melewati beberapa prosedur pemilihan termasuk wawancara langsung di Kemenpora hingga akhirnya terpilih menjadi wakil untuk pertama kalinya dari Universitas Bunda Mulia.

Truly merupakan mahasiswi semester 5 Program Studi Ilmu Komunikasi UBM. Ia akan mengikuti program tersebut bersama 10 mahasiswa lainnya dari  perguruan tinggi di Indonesia, yakni UI, UGM, Unpad, ITB, Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama, Unbraw, Undip, dan UNS.(*TC/YAA)

Berbagi Cerita Dalam Temu Alumni

 

Oleh : Linna Friska Marbun

Jakarta, Prodi Ikom, 4/9/2017 – Tidak hanya berfokus pada kegiatan mahasiswa saja, Prodi Ikom UBM juga mengadakan acara bagi para Alumni Prodi Ikom UBM bertemakan, “Grow With Alumni” pada Sabtu (26/8) di The UBM Seminar Room (TUSR).

Acara Temu Alumni dimulai dengan penampilan dari mahasiswi Prodi Ikom, Vivi Yovita menyanyikan sebuah lagu, kemudian pemberian kata sambutan ketua pelaksana Temu Alumni, Shella Natalia. Berlanjut sesi ice breaking dipandu MC Riska Desiadiorna, bersama para Alumni Prodi Ikom yang hadir, memainkan games nostalgia, menebak nama-nama dosen dari potongan foto yang ditampilkan.

Sampai pada inti acara, yaitu sharing alumni. Salah satu alumni Prodi Ikom UBM, Ricky Wiranto menceritakan tentang pengalaman dirinya selama menjadi mahasiswa UBM, hingga kesibukannya saat ini. “Seneng bisa kuliah di UBM. Banyak banget pengalaman selama kuliah disini, apalagi dulu dapet kesempatan bisa OJT di RCTI,  lanjut bikin skripsi,  bisa wisuda 3,5 tahun dengan predikat cumlaude dan sekarang udah kerja”,  ujar Ricky.

Setelah sesi sharing, acara Temu Alumni dilanjutkan dengan kata sambutan dari Dr. Drs. Sugeng Wahjudi, M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) “puji syukur acara Temu Alumni ini bisa berjalan dengan baik, semoga acara Temu Alumni ini bisa memperkuat relasi antara mahasiswa dengan alumni Prodi Ikom UBM nantinya di dunia kerja nanti,” tutur Dekan yang dikenal jenaka ini.

Kegiatan foto dan makan bersama, diiringi penampilan menyanyi dari mahasiswi Prodi Ikom UBM, Vivi Yovita, menjadi kegiatan dalam penghujung acara Temu Alumi Prodi Ikom UBM tersebut. Harapannya, dikemudian hari akan ada acara temu alumni yang lebih besar sehingga mempertemukan angkatan-angkatan terdahulu untuk dapat menambah wawasan dan relasi.

(LFM/RA)

 

Berbagi Cerita Dalam Temu Alumni