SEMINAR MAHASISWA MANAGEMENT TRAINEE HILTON GROUP PRODI HOSPITALITY DAN PARIWISATA UNIVERSITAS BUNDA MULIA OLEH BAPAK FAISAL TJANDRAATMADJA COUNTRY DIRECTOR HUMAN RESOURCE HILTON HOTELS INDONESIA-TIMOR LESTE TA 2018-2019

Pada hari Rabu, 13 Februari 2019 program studi Hospitality dan Pariwisata Universitas  Bunda Mulia Mulia menyelenggarakan seminar tentang pemaparan program Management Trainee Hilton Group. Kegiatan ini juga dilakukan untuk memperkenalkan program yang dilakukan oleh,”Double Tree by Hilton Jakarta – Diponegoro” sebagai program yang telah dilakukan oleh Hilton untuk dapat menghasilkan sarana bagi sumber daya manusia yang mau maju dan berkembang bersama Hilton. Management Trainee – Southeast Asia program akan mendalami bagaimana cara kita melihat seluruh aspect operational dari kacamata management dimana skill khusus yang diperlukan dalam posisi managerial. Trainee akan berpastisipasi secara keseluruhan dalam aktifitas hotel dan di rotasi secara berkala keseluruh department yang ada di hotel, dimulai dari front liner sampai back of the house, dengan harapan, trainee ini mempunyai kesiapan mental yang penuh disiplin.

Kegiatan ini menghadirkan Bapak Faisal Tjandraatmadja selaku Country Director Human Resource Hilton Hotels Indonesia-Timor Leste. Beberapa posisi strategis sudah pernah di jabat oleh beliau seperti Director of Human Resource W Retreat Spa Maldives, Director Human Resources IHG, Director of Human Resource Crowne Plaza Jakarta

Kegiatan ini diikuti dengan antusiasme tinggi oleh seluruh mahasiswa/i Prodi Hospitality dan Pariwisata semester 8 sehubungan dengan sebentar lagi para mahasiswa akan menjadi lulusan dan tentunya bekerja di berbagai perusahaan ternama, tentunya Hilton Worldwide menjadi salah satu impian tempat bekerja bagi para lulusan.

11

Kegiatan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan goes to campus oleh Kementerian Pariwisata

Pada hari Jumat tanggal 8 Februari 2019 para mahasiswa semester 2 dan para dosen Program Studi Hospitaliti dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia mengikuti kegiatan Pelatihan SDM Pariwisata goes to campus yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata. Acara diselenggarakan di The UBM Hall kampus UBM Ancol dari pukul 08.00 – 15.30.

Acara terdiri dari 4 sesi yaitu sesi pertama oleh Bapak Agus Purwanto (Kepala Dinas Pariwisata Jakarta Utara) dengan topik Arah Kebijakan Pengembangan SDM Pariwisata Daerah, Ibu Supina (Ketua Prodi Hospitality & Pariwisata UBM) dengan topik Peranan Mahasiswa sebagai Agen Perubahan Pengembangan Kepariwisataan, Ibu Gracia Wuwungan (CEO Eventaru Planner) dengan topik Peranan Industri Travel & MICE terhadap Peluang Kerja dan Perkembangan Industri Pariwisata Indonesia), dan Bapak Denny Farabi (Widyaiswara Kementerian Pariwisata) dengan topik Implementasi Sapta Pesona dalam Kehidupan Kampus.

Acara ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan lebih bagi para mahasiswa dan dosen dalam hal pentingnya peran Sumber Daya Manusia dalam mendorong Perkembangan Industri Pariwisata khususnya di Indonesia. Acara diakhiri dengan penyerahan plakat dan goodie bag kepada para pembicara.

2 3 4 5

SEMINAR ARAHAN PENULISAN SKRIPSI

Pada hari senin, 21 Januari 2019 Program Studi Hospitality dan Pariwisata mengadakan kegiatan seminar dengan tema “Motivasi, Berbagi Materi Seminar, dan Kiat Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu” yang bertempat di Ruang TUSR Universitas Bunda Mulia dengan dihadiri oleh bintang tamu seperti Reno Delansa, Andy Bahtiyar, dan Karuna Devi Tanuwidjaja.

Tujuan dari diadakannya seminar ini adalah untuk mempersiapkan mental mahasiswa/i dalam menyelesaikan skripsi tepat pada waktunya dan menghasilkan penelitian yang berguna bagi masa yang akan datang.

1 3 7 25 78

Kuliah Umum “A Career in the Hospitality Industry” bersama Fairmont Hotel Jakarta

Pada Hari Rabu (23/01/2019) yang lalu bekerja sama dengan Fairmont Hotel Jakarta, Prodi Hospitality dan Pariwisata (Hospar) Universitas Bunda Mulia – Kampus Serpong mengadakan Kuliah Umum yang bertemakan A Career in the Hospitality Industry. Kuliah umum ini mendatangkan tiga narasumber sekaligus yaitu Mr. Carlos Monterde (General Manager Fairmont Hotel Jakarta), Mr. M. Fachmi Ismaya (Outlet Manager Fairmont Hotel Jakarta), dan Chef Hans Christian (Executive Chef Fairmont Hotel Jakarta). Kuliah umum dilaksanakan di Lecture Hall – Lantai 5, UBM Kampus Serpong.

Kuliah umum dimulai dengan sharing session dari Mr. Carlos Monterde mengenai pengalaman beliau di dunia perhotelan, lalu dilanjutkan oleh Mr. M. Fachmi Ismaya dan Chef Hans Christian mengenai Karir di Bidang Food & Beverage. Para pembicara tidak hanya memaparkan tentang perjalanan mereka untuk mencapai posisinya sebagai manajemen sebuah hotel bergengsi di Jakarta, tetapi juga beragam tips and masukan agar bisa sukses di industri perhotelan. Para mahasiswa/i tidak hanya mendengarkan pengalaman para praktisi, tetapi juga berkesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan narasumber dan melontarkan pertanyaan – pertanyaan untuk memenuhi keingintahuan mereka.

Acara Kuliah Umum ditutup dengan foto bersama dan pemberian buah tangan, serta piagam penghargaan atas kemurahan hati mereka untuk berbagi dengan para calon hotelier di Universitas Bunda Mulia. Sebagai tanda apresiasi mereka, para mahasiswa/i Prodi Hospar UBM juga mempersiapkan jamuan makan siang untuk para narasumber di Laboratorium Restoran UBM Kampus Ancol.

1 2 3 4 5 6

Cooking Class with Chef Marinka

Pada hari Senin tgl 3 Desember 2018 yang lalu Chef Marinka berkunjung ke Kampus UBM Serpong untuk memperlihatkan kemahiran nya dalam memasak.

Tema makanan yang dibuat pada hari itu adalah Baramundi Fish with walnut, honey and wine sauce. Cooking class ini diadakan bagi  mahasiswa Hospar semester 3 peminatan Food and Beverage dan terbatas hanya untuk 30 orang siswa.

Mahasiswa sangat antusias dan serius mendengarkan Chef Marinka bagaimana meracik bumbu dan memasak ikan kakap putih ini, sesekali Chef Marinka juga mendatangi siswa dan membantu untuk memberikan masukan untuk mempersipakn masakan ini, dan hasilnya tidak mengecewakan, Baramundi Fish terlihat sangat menarik dengan perpaduan warna dan sangat lezat untuk disantap.

Bravo Chef Marinka!!!

1 2 3 5 4

Kegiatan “The Amazing You” Kerjasama Antara ESQ Leadership dengan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia di ICE BSD

Tgl 15 – 16 Desember 2018, 12 mahasiswa program studi Hospitality dan Pariwisita Universitas Bunda Mulia didampingi oleh Bapak Rianto sebagai dosen pendamping menghadiri kegiatan The Amazing You yang tempat pelaksananya di ICE BSD. Kegiatan  ini merupakan  kerjasama antara ESQ Leadership dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Kementrian Pariwisata bekerjasama, HILDIKTIPARI ( Himpunan Lembaga Tinggi Pariwisata ) dan beberapa lembaga pendidikan pariwisata baik negeri maupun swasta yang ada di Indonesia. Adapun pembicara/trainer dalam acara ini yaitu Dr.H.C Ary Ginanjar Agustian yang merupakan pendiri dari ESQ Group. Adapun tujuan dalam kegiatan ini adalah peserta diajak untuk menyusun SMART Goals sampai dengan tahapan meraih target/goals. Diharapkan mahasiswa yang mengikuti acara ini mampu merencanakan hidupnya untuk meraih kesuksesan.

1 2 3

SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPER AKPINDO, STEIN, SEKOLAH TINGGI PARIWISATA BOGOR “PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA DITENGAH KEMAJUAN TEKNOLOGI UNTUK KEBERLANJUTAN INDUSTRI PARIWISATA DIINDONESIA”

Pada tanggal 21 November 2018 salah satu dosen Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia yaitu Imam Ardiansyah, S.ST.Par.,MM.Par mengikuti Seminar Nasional dan Call for Paper yang diselenggaran oleh STEIN bekerja sama dengan Akademi Pariwisata Indonesia (AKPINDO) dan Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor mengadakan Seminar Nasional dengan mengusung tema “Pemberdayaan Sumber Daya Di Tengah Kemajuan Teknologi Untuk Keberlanjutan Pariwisata Di Indonesia”.

Adapun, kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Harper by Aston Cawang Jakarta Timur pada hari Rabu tanggal 21 November 2018 dengan keynote speaker Dr. Komang Mahawira, S.H., M.Hum., Kepala Bidang Pemasaran Area I (India) Regional 3 Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata II Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

Dalam seminar tersebut mengemukakan bagaimana industri pariwisata sangat bergantung pada sumber daya. Sumber daya yang dimaksud adalah sumber daya alam dan sumber daya manusia sebagai penunjang dalam perkembangan pariwisata di Indonesia. Sumber daya alam tersebut dijadikan obyek sekaligus produk bagi industri pariwisata. Berbagai lokasi wisata dengan beragam budaya yang melekat dapat ditemukan di sepanjang wilayah Bumi Pertiwi kian menarik perhatian pengunjung, baik wisatawan lokal maupun asing. Hal inilah yang menjadi kekuatan bagi pengembangan pariwisata di Indonesia hingga saat ini. Menyadari akan kekuatan tersebut, kami ingin mengembangkan pariwisata dengan melakukan kajian-kajian yang dapat memberikan masukan positif bagi perkembangan pariwisata dalam bentuk pertemuan ilmiah.

1

Table Manner di Novotel Hotel Tangerang City

Pada tanggal 7 Desember 2018, Program Studi Hospitaliti dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia kampus Serpong kegiatan Table Manner ke Hotel Novotel Tangerang City, Banten. Para peserta adalah para Mahasiswa Semester 1 atau angkatan 2018 dengan didampingi oleh 3 Dosen. Dengan kegiatan Table manner yang dijalani diharapkan dapat menambahkan softskills mahasiswa untuk nanti dapat dipergunakan disaat mereka membutuhkan.

Adapun Courses yang disajikan terdiri dari 4 courses antara lain:
Hidangan Pembuka: Cloeslaw Asia di bakar di Bawang Putih Aioli, dengan Seared Ayam Dada
Sup: Portobello Mushroom Capuccino, Basil Pesto, Parmesan Tuille
Hidangan Utama: Tumis Daging Sapi Organik, Polenta Lembut Krim, Sayuran Petani, Saus Lada Hijau
Hidangan Penutup: Kue Tiramisu klasik dengan saus kopi kayu manis tuile dan akar manis berry

Pic Table Manner Novotel Tang City 7 Dec 2018 - With Students Pic Table Manner Novotel Tang City 7 Dec 2018 - Ballroom 4 Set Up 1 Pic Table Manner Novotel Tang City 7 Dec 2018 - All Participants plus Trainer and Ibu Isti

 

THE SECOND LA CUISINE 2018 Cooking Competition di Pameran SIAL Interfood

Pada tanggal 24-26 November 2018 telah di diadakan kegiatan SIAL INTERFOOD dimana pada expo ini banyak suplier makanan maupun minuman dari berbagai negara. Selain expo tersebut, terdapat perlombaan LA CUISINE dimana Team Universitas Bunda Mulia Program Studi Hospitality dan Pariwisata  menurunkan 3 team dan mengikuti  3 kategori perlombaan yang ada dari 4 kategori dan 17 kelas yang ada.  Mahasiswa Universitas Bunda Mulia mengikuti 3 kelas yang berbeda pada perlombaan tersebut, diantaranya adalah Sate  Nusantara (Kikkoman AKUFOOD) , Sweet Bread , dan Indonesian Gastronomy Set Menu. Program Studi Hospitality dan Pariwisata  menurunkan 1 Team Individual atas nama  Khatty Marcella   ( semester 5 ) turun dalam kelas Sate  Nusantara (Kikkoman AKUFOOD), lalu 1 Team Individual Sweet Bread atas nama Miranda Agastha  ( semester 1) dan 1 Team Beregu Indonesian Gastronomy  atas nama Ferry Effendy dan Melvin Egha Yohansyah  ( semester 5). Pada Perlombaan tersebut Team Program Studi Hospitality dan Pariwisata mendapatkan  kesempatan Medali Perunggu pada Kelas Sate  Nusantara (Kikkoman AKUFOOD) dan Indonesian Gastronomy  sedangkan untuk kelas Sweet Bread mahasiswa Program Studi Hospitality dan Pariwisatabelum mendapatkan mendali dan hanya mendapatkan medali diploma. Selama kegiatan tersebut mahasiswa Program Studi Hospitality dan Pariwisata di dampingi oleh Sir Yudhiet Fajar Dewantara, S.Pd., M.Par.  Selamat Bagi Para mahasiswa yang mendapatkan prestasi , dan jangan pernah bersedih bagi yang belum berkesempatan mendapatkan medali dan terus berusaha untuk menjadi yang terbaik di next event.

1 2 3 4

Pengabdian Kepada Masyarakat di SMK ANANDA Bekasi

Pada tanggal 29 November 2018 program studi Hospitality dan Pariwisata mengadakan pelatihan  kreatifitas dan inovasi produk makanan berbahan ikan di  SMK Ananda Bekasi. Pada kegiatan ini disampaikan oleh bapak Yudhiet Fajar Dewantara,S.Pd., M.Par. Selaku dosen Prodi Hospitality dan Pariwisata. Awal kegiatan  dimulai dengan pembukaan dari Marketing serta pihak sekolah dan lalu dilanjutkan dengan Materi  penjelasan tentang maincourse, porsi untuk maincourse, teknik pengolahan maincourse, lalu dilanjutkan dengan Cooking demo pembuatan hidangan utama hasil olahan ikan dilanjutkan dengan praktek dan mentoring siswa dalam pembuatan maincourse   dan di akhiri penjurian dan pemberian masukan  terhadap teknik yang peserta buat dan foto bersama. Pada pelatihan ini dosen mengajarkan membuat Rolled Shrimp Dorry Mouse with Tarro Purre and Spinach Vegetable serve Serve with Lemon Buuter Sauce dimana hidangan ini di buat dan di presentasikan sesuai hidangan yang ada pada trend sekarang ini.

1 2 3 4 5 6