Integrated Agriculture (Soqghum) to Change Climate Seminar

pic 1

Universitas Bunda Mulia bekerjasama dengan Universitas Trisakti yang memprakarsai mengenai pembudi-dayaan Sorghum (Let’s Shine Together) dan 4 Universitas lainnya yang didukung oleh Kemenristek-DIKTI. Universitas Bunda Mulia mengambil bagian pada pengolahan Sorghum menjadi bahan makanan berdaya saing dan bernilai jual tinggi. Seminar ini dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2016.

Sorghum sendiri merupakan tanaman serealia yang dapat dimanfaatkan sebagai Pakan, Pangan & Energi. Tanaman yang termasuk dalam famili Poaceae ini memiliki nilai nutrisi yang cukup baik sebagai pakan ataupun pangan. Potensi ini merupakan peluang yang baik, dimana sorgum belum banyak dimanfaatkan. Saat ini sorgum merupakan tanaman pertanian penting setelah jagung, kedelai, dan gandum di Amerika Serikat. Tanaman ini memiliki sifat ketahanan lebih tinggi terhadap kekeringan dan suhu tinggi bila dibandingkan dengan kedelai, gandum, jagung atau tanaman lainnya.

Sorghum (Sorghum Bicolor (L.) Moench) merupakan tanaman asli benua Afrika. Tercatat dalam sejarah budidaya tanaman ini dilakukan oleh penduduk negeri Mesir sejak 3000 SM. Sorgum dapat ditanam di daerah tropis, sub-tropis, bahkan daerah gersang di seluruh belahan dunia. Penyebaran sorgum ke Amerika dilakukan melalui rute perdagangan pada tahun 1700an. Sorgum dapat disebut dengan nama  yang berbada di tempat yang berbeda di seluruh belahan dunia. Sebagai contoh di Afrika Barat tanaman ini disebut great millet, kafir corn, atau guinea corn (secara tidak langsung berhubungan dengan jagung atau millet sebagai sumber makanan pokok). Di Asia seperti di India tanaman ini disebut jowar, kaolian di Cina, dan milo di Spanyol.

pic 2

Kegiatan Monitoring Mahasiswa On The Job Training di Changjiang International Hotel dan Guest Lecture di Yangjiang Vocational & Technical College

Paha Hari Senin (08/01/2018) Sekretaris Program Studi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia Bpk. Antonius Rizki Krisnadi, S.ST.Par., M.M.Par beserta Randy, Kezia Christie, Marieta Christy Ibrahim mahasiswa semester IV dengan mengambil peminatan Food And Beverage  berangkat ke Yang Jiang, China sebagai bagian dari Program Study Hospitality dan Pariwisata dalam rangka On The Job Training selama 6 bulan di Chang Jiang International Hotel di Kota Yang Jiang, China.

Para mahasiswa disambut dengan baik oleh Dr. Su Nianjun Vice President Overseas Students Communication Association of Yangjiang (OSCAYJ) dan Human Resources Manager ChangJiang International Hotel Mr. Peng Yu Qian setiba di Yangjiang, China. Para mahasiswa diberikan pembekalan singkat mengenai program training selama 6 bulan dan pembagian kamar serta peraturan-peraturan mengenai On The Job Training di Chang Jiang International Hotel.

Pada Hari Selasa (09/01/2018) mahasiswa Universitas Bunda Mulia yang melakukan training di Chang Jiang International Hotel disambut hangat oleh General Manager dan Human Resources Manager Chang Jiang International Hotel, Mr. He wei Xi dan Mr. Peng Yu Qian. Bpk. Antonius Rizki Krisnadi,S.ST.Par.,M.M.Par berkesempatan memberikan materi mengenai Indonesia Tourism kepada Yang Jiang Vocational and Technical Collage di Yang Jiang, China.