THE SECOND LA CUISINE 2018 Cooking Competition at SIAL Interfood Exhibition

Pada tanggal 24-26 November 2018 telah di diadakan kegiatan SIAL INTERFOOD dimana pada expo ini banyak suplier makanan maupun minuman dari berbagai negara. Selain expo tersebut, terdapat perlombaan LA CUISINE dimana Team Universitas Bunda Mulia Program Studi Hospitality dan Pariwisata  menurunkan 3 team dan mengikuti  3 kategori perlombaan yang ada dari 4 kategori dan 17 kelas yang ada.  Mahasiswa Universitas Bunda Mulia mengikuti 3 kelas yang berbeda pada perlombaan tersebut, diantaranya adalah Sate  Nusantara (Kikkoman AKUFOOD) , Sweet Bread , dan Indonesian Gastronomy Set Menu. Program Studi Hospitality dan Pariwisata  menurunkan 1 Team Individual atas nama  Khatty Marcella   ( semester 5 ) turun dalam kelas Sate  Nusantara (Kikkoman AKUFOOD), lalu 1 Team Individual Sweet Bread atas nama Miranda Agastha  ( semester 1) dan 1 Team Beregu Indonesian Gastronomy  atas nama Ferry Effendy dan Melvin Egha Yohansyah  ( semester 5). Pada Perlombaan tersebut Team Program Studi Hospitality dan Pariwisata mendapatkan  kesempatan Medali Perunggu pada Kelas Sate  Nusantara (Kikkoman AKUFOOD) dan Indonesian Gastronomy  sedangkan untuk kelas Sweet Bread mahasiswa Program Studi Hospitality dan Pariwisatabelum mendapatkan mendali dan hanya mendapatkan medali diploma. Selama kegiatan tersebut mahasiswa Program Studi Hospitality dan Pariwisata di dampingi oleh Sir Yudhiet Fajar Dewantara, S.Pd., M.Par.  Selamat Bagi Para mahasiswa yang mendapatkan prestasi , dan jangan pernah bersedih bagi yang belum berkesempatan mendapatkan medali dan terus berusaha untuk menjadi yang terbaik di next event.

1 2 3 4

Pengabdian Kepada Masyarakat di SMK ANANDA Bekasi

Pada tanggal 29 November 2018 program studi Hospitality dan Pariwisata mengadakan pelatihan  kreatifitas dan inovasi produk makanan berbahan ikan di  SMK Ananda Bekasi. Pada kegiatan ini disampaikan oleh bapak Yudhiet Fajar Dewantara,S.Pd., M.Par. Selaku dosen Prodi Hospitality dan Pariwisata. Awal kegiatan  dimulai dengan pembukaan dari Marketing serta pihak sekolah dan lalu dilanjutkan dengan Materi  penjelasan tentang maincourse, porsi untuk maincourse, teknik pengolahan maincourse, lalu dilanjutkan dengan Cooking demo pembuatan hidangan utama hasil olahan ikan dilanjutkan dengan praktek dan mentoring siswa dalam pembuatan maincourse   dan di akhiri penjurian dan pemberian masukan  terhadap teknik yang peserta buat dan foto bersama. Pada pelatihan ini dosen mengajarkan membuat Rolled Shrimp Dorry Mouse with Tarro Purre and Spinach Vegetable serve Serve with Lemon Buuter Sauce dimana hidangan ini di buat dan di presentasikan sesuai hidangan yang ada pada trend sekarang ini.

1 2 3 4 5 6

Kunjungan Industri Table Manner di Grand Hyatt Hotel Jakarta

Pada tanggal 3 – 6 Desember 2018 Program Studi Hospitaliti dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia, serta Program Studi Perhotelan Akademi Pariwisata Bunda Mulia melakukan kegiatan kunjungan industri ke Hotel Grand Hyatt Jakarta. Kunjungan industri yang dilakukan memiliki dua agenda utama yaitu hotel tour untuk melihat operasional setiap departemen di hotel dan juga melakukan kegiatan table manner. Mahasiswa dibagi ke dalam batch dan berangkat di hari yang telah ditentukan, pembagian dalam batch ini disebabkan karena jumlah mahasiswa yang terlalu banyak yang sekaligus datang dapat mengganggu kenyamanan tamu hotel.

Dengan kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui secara langsung operasional setiap departemen di hotel yang dapat membantu mereka mempertimbangkan peminatan yang dipilih di semester yang akan datang. Kegiatan Table manner yang dijalani selama kunjungan industri ini juga diharapkan dapat menambahkan softskills mahasiswa untuk nanti dapat dipergunakan disaat mereka membutuhkan.

WhatsApp Image 2018-12-03 at 2.06.34 PM WhatsApp Image 2018-12-03 at 2.06.36 PM (1) WhatsApp Image 2018-12-03 at 2.06.40 PM WhatsApp Image 2018-12-03 at 2.06.41 PM WhatsApp Image 2018-12-04 at 2.24.23 PM WhatsApp Image 2018-12-04 at 4.39.41 PM WhatsApp Image 2018-12-04 at 4.39.42 PM WhatsApp Image 2018-12-04 at 4.39.44 PM WhatsApp Image 2018-12-04 at 4.39.45 PM WhatsApp Image 2018-12-04 at 4.39.49 PM WhatsApp Image 2018-12-04 at 4.39.50 PM WhatsApp Image 2018-12-05 at 2.15.06 PM (1) WhatsApp Image 2018-12-05 at 2.15.06 PM WhatsApp Image 2018-12-05 at 2.15.07 PM (1) WhatsApp Image 2018-12-06 at 1.43.15 PM WhatsApp Image 2018-12-06 at 1.43.16 PM WhatsApp Image 2018-12-06 at 1.43.17 PM WhatsApp Image 2018-12-06 at 1.43.18 PM WhatsApp Image 2018-12-06 at 1.43.19 PM (1)

WORKSHOP HILDIKTIPARI SINKRONISASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN DI PTP

Workshop Hildiktipari bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata ASDEP PSDMHAL yang dilakukan di Hotel Indoluxe Yogyakarta pada tanggal 17 – 20 November 2018 dihadiri oleh lembaga pendidikan pariwisata yang tergabung dalam anggota Hildiktipari. Peserta dihadiri kurang lebih 100 perguruan tingggi yang bergerak di bidang pendidikan paiwisata seluruh Indonesia.

Adapun materi workshop antara laian :

  1. Pembahasan berkaitan dengan RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau )

Dalam materi ini membahas berkaitan penyelenggaraan Asessmen sertifikasi profesi ahli perhotelan l( level 8 )

RPL ini di bagi atas 2 tipe , yaitu :

  1. Tipe A , untuk dosen melanjutkan ke pendidikan formal
  2. Tipe B , untuk dosen memperoleh kesetaraan level KKNI
  3. Pembahasan berkaitan dengan rencana pembentukan lembaga akreditasi mandiri pariwisata ( LAMP ).
  4. Pembahasan berkaitan dengan kegiatan pengabdian masyarakat yang difokuskan kepada pendampingan kepada Desa Wisata di seluruh Indonesia ditempat domisili PTS.

Pada workshop tersebut, dibentuk kelompok diskusi untuk membahas mengenai materi diatas dan Bapak Rianto ditugaskan sebagai perwakilan Prodi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia.

1 3 4 5 6

Kegiatan Marketing di Gereja Bonaventura Pulo Mas

Pada hari Sabtu, 17 November 2018. Perwakilan prodi Akademi Pariwisata Bunda Mulia dan Prodi Hospitaliti & Pariwisata Universitas Bunda Mulia bersama tim marketing UBM mengikuti kegiatan pameran pendidikan yang bertempat di Gereja Bonaventura, Pulomas. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Keuskupan Agung Jakarta dengan tema ASAK (Ayo Sekolah Ayo Kuliah di mulai dari jam 9 pagi – selesai.

Siswa siswi dari gereja – gereja paroki dalam lingkup Keusukupan Agung Jakarta datang ke Gereja Bonaventura Pulo Mas untuk mengikuti pameran pendidikan ini. Siswa siswi sebelumnya di berikan penjelasan dan pemahaman melalui presentasi dari institusi yang berpartisipasi, kemudian siswa – siswi baru dapat mengunjungi booth pameran.

Prodi Perhotelan Akpar Bunda Mulia dan Prodi Hospitaliti & Pariwisata UBM mengadakan workshop menghias cupcake pada kesempatan pameran pendidikan ini. Diharapkan dengan workshop ini para siswa – siswi menjadi tertarik dengan bidang pariwisata dan perhotelan. Selain workshop siswa – siswa juga dapat melakukan tanya jawab mengenai perkuliahan dan pelajaran yang akan ditempuh selama berkuliah. Apabila selanjutnya mereka tertarik, mereka dapat mengisi form pendaftaran sementara dan mengikuti tes saringan masuk UBM di siang harinya.

1 2

KULIAH UMUM PREPARING FOR A SUCCESSFULL CAREER IN THE HOTEL INDUSTRY OLEH MR. ANDREW ABRAM AS GENERAL MANAGER MANDARIN ORIENTAL JAKARTA

Pada hari Kamis, 15 November 2018 program studi Hospitaliti dan Pariwisata Universitas  Bunda Mulia dan Akademi Pariwisata Bunda Mulia menyelenggarakan kuliah umum mengenai pengembangan karir di dunia perhotelan. Topik kuliah umum dengan judul “ Preparing for a Successful Career in the Hotel Industry” dilatarbelakangi oleh pentingnya mahasiswa memahami sudut pandang seorang General Manager dalam meniti karir yang sukses di dunia perhotelan, dan mahasiswa juga perlu mengetahui informasi mengenai apa yang diharapkan industry perhotelan dari para mahasiswa sebagai calon pelaku industri perhotelan.

Kegiatan ini menghadirkan Mr. Andrew Abram sebagai  General Manager Mandarin Oriental Hotel Jakarta Hotel. Beberapa posisi strategis sudah pernah di jabat oleh beliau seperti Managing Director Soneva Hotel, General Manager Nicolo Chengdu, General Manager Raffles Dubai. Para peserta yang terdiri dari mahasiswa semester 1 dan 3 peminatan Room Division dan Food & Beverage dan semester 1 program studi Perhotelan Akademi Pariwisata Bunda Mulia sangat antusias dalam mendengarkan paparan yang diberikan oleh Mr Andrew Abram. Kuliah umum ini merupakan salah satu bentuk keseriusan dari Universitas Bunda Mulia untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada industri, sesuai dengan tagline Universitas Bunda Mulia yaitu Bridging Education to the Real World.

35

SEMINAR KEGIATAN PENELUSURAN SEJARAH PERADABAN JAKARTA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA

Pada hari kamis tanggal 15 November 2018 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan seminar dengan tema Penelusuran Sejarah Peradaban Jakarta. Kegiatan seminar tersebut bertujuan untuk membahas hasil kajian penelitian pada asal usul peradaban di DKI Jakarta. Lebih lanjut disampaikan bahwa peradaban DKI Jakarta dimulai pada tahun 1960-an suku Betawi paling banyak mendiami wilayah Jatinegara kaum diikuti dengan persebaran suku Jawa yang ikut mendiami wilayah DKI Jakarta. Dengan mengetahui sejarah peradaban Jakarta, diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air terhadap peninggalan nenek moyang yang masih bisa dirasakan sampai dengan sekarang berupa seni dan budaya. Seni budaya yang ada memiliki nilai jual khususnya pada sektor pariwisata. Belakangan ini, budaya menjadi salah satu daya tarik wisata yang bertujuan memperkenalkan ciri khas suatu suku khususnya suku-suku yang ada Indonesia, mendorong masyarakat untuk datang ke museum-museum dimana museum tersebut menyajikan sejarah asal muasal Indonesia, memajang kesenian khas daerah serta memotivasi masyarakat atau calon wisatawan untuk ikut melestarikan budaya warisan nenek moyang.

12 14 11

KEGIATAN EDUFEST BULAN NOVEMBER PRODI S1 HOSPITALITY DAN PARIWISATA

Kegiatan Edufest yang diselenggarakan oleh Marketing UBM memberikan eksempatan pada program studi untuk dapat memaparkan secara detail mengenai konsetrasi peminatan yang dimiliki oleh Hospar UBM. Disamping itu, terdapat mahasiswa-mahasiswa yang aktif menjelaskan pengalaman mereka selama menempuh pendidikan di Hospar UBM. Kegiatan dalam booth Hospar tidak hanya tanya jawab interaktif antar dosen/mahasiswa dengan tamu yang datang melainkan kami juga menyajikan produk yaitu Vietnam Spring Roll yang mana produk makanan tersebut dimasak langsung di lokasi acara sehingga hal tersebut menarik tamu yang datang untuk mencicipi bahkan mereka tertarik untuk memasak mengolah/meracik sendiri produk makanan tersebut.

Melihat antusiasme para tamu undangan yang hadir yaitu para guru-guru SMA/SMK beserta murid-nuridnya, diharapkan dapat mengajak mereka untuk mengambil pendidikan lanjutan di bidang pariwisata khususnya pada program studi Hospitality dan Pariwisata UBM.

2 3 4

Semiloka Dosen Bertema “Peran BNSP dan LSP Untuk Peningkatan Kompetensi SDM Pariwisata Di Indonesia”

Pada hari Jumat 19 Oktober lalu Program Studi Hospitality dan Pariwisata bekerja sama dengan Program Studi Perhotelan mengadakan acara semiloka dosen bertajuk ” Peran BNSP dan LSP Untuk Peningkatan Kompetensi SDM Pariwisata Di Indonesia”.

Acara yang dimulai pada pukul 9:00 ini melibatkan Ibu Tety Arianto sebagai pembicara, beliau adalah Master Asesor BNSP sekaligus ketua ITLA, pada kesempatan ini beliau banyak berbicara tentang bagaimana pentingnya sertifikasi sebagai nilai tambah seorang dosen. Gaya berbicara beliau cukup menarik sehingga peserta semiloka yaitu para dosen sangat antusias mendengarkan materi yang dibawakan oleh beliau.

Acara yang berlangsung diruangan 228 ini selesai pukul 11:30, setelah sebelumnya diadakan sesi tanya jawab antara dosen peserta dan pembicara lalu acara ini.diakhiri dengan berfoto bersama.

Mahasiswi Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol Mendapatkan Gold Medals dalam Penang Battle of The Chef 2018.

Joceline Alberta Kusuma mengikuti kegiatan Penang Battle Of The Chef 2018 yang diadakan pada 5-7 Oktober 2018 di Penang, Malaysia. Joceline merupakan mahasiswi aktif semester III Program Studi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol mewakili Indonesia dalam Kejuaraan tingkat asia dibawah naungan ACP Indonesia.

Kejuaraan sebelumnya pada Penang Chef Halal 2018 Joceline mendapatkan silver medals pada Beef Class dan Chicken Class, pada kejuaraan Battle Of The Chef 2018 kali ini Joceline mendapatkan Pasta Dish Class (Diplome), Beef Class (Diplome) dan Fish and Seafood Class (Gold Medals).

12 13 14

Semoga hasil yang didapatkan oleh Joceline dapat memberikan inspirasi dan motivasi mahasiswa/mahasiswi Program Studi Hospitality dan Pariwisata dalam mengikuti kegiatan sejenis dan dapat berprestasi dalam bidang Hospitality dan Pariwisata.

 

The More Humble We Stay, The More God Blesses Us”