National English Competition (NEON) 2016

Rabu-Jumat, 11-13 Mei 2016 – Dua mahasiswa prodi Bahasa dan Budaya Inggris (BBI) berhasil meraih posisi juara dalam lomba National English Competition (NEON) 2016 yang diselenggarakan oleh Tarumanagara English Club di Universitas Tarumanagara. Adapun kedua mahasiswa tersebut adalah:

  • Ramon Adianto (15130037) – Juara I Spelling Bee Competition
  • Jessica Wong (15150029) – Juara III Short Story Writing Competition

Kami ucapkan selamat kepada Ramon dan Jessica. Semoga menjadi motivasi untuk mahasiswa BBI agar terus mengukir berbagai macam prestasi.

Maju terus Biemers!

 

Ramon Adianto

Ramon Adianto

Jessica Wong

Jessica Wong

Pelatihan Softskill Mahasiswa BBI: Gathering BBI “THRONE”

Sabtu-Minggu, 19-20 November 2016 – HIMAPRODI Bahasa dan Budaya Inggris (BBI) ACES mengadakan kegiatan tahunan Gathering BBI dengan tema tahun 2016: “THRONE” (The Wonderful Night of Excellent Gathering). Adapun tujuan acara ini adalah sebagai wadah untuk memperdalam pengenalan mengenai prodi BBI serta membangun hubungan baik antara mahasiswa baru prodi BBI dengan HIMAPRODI. Selain itu, di dalam kegiatan ini peserta juga diberi pembekalan mengenai berbagai jenis perlombaan bahasa Inggris yang akan diadakan ke depannya. Kegiatan dilaksanakan di Villa Navin, Puncak dengan peserta mahasiswa semester 1 dari prodi BBI yang berjumlah 36 orang.

Para peserta berkumpul di UBM pukul 6 pada hari Sabtu tanggal 19 November 2016 dan kemudian berangkat pada pukul 7. Mereka tiba di lokasi pada kurang lebih pukul 11:00 dan diawali dengan beres-beres barang dan makan siang bersama. Acara kemudian dimulai pada pukul 12:30 dengan pembukaan dari ketua HIMAPRODI BBI Yosua, dan diikuti oleh berbagai permainan yang bertujuan untuk membangun dan melatih kekompakan dan kerja sama antar peserta. Setelah kegiatan permainan tersebut, para peserta diberi waktu untuk istirahat dan bersih-bersih sebelum makan malam pada pukul 7. Setelah makan malam, acara dilanjutkan dengan sesi dosen, di mana para dosen memberikan pembekalan mengenai beberapa lomba bahasa Inggris seperti Scrabble, Spelling Bee, dan debat. Setelah sesi dosen, dilanjutkan dengan sesi performance dari para peserta dan ditutup dengan kata penutup dari panitia HIMAPRODI BBI dan makan barbeque bersama pada kurang lebih pukul 22:00.

Akhir kata, kami ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta acara gathering BBI 2016 serta panitia HIMAPRODI BBI ACES atas kerjasamanya yang baik sehingga acara dapat berjalan dengan baik dan lancar. Diharapkan ke depannya seluruh mahasiswa prodi BBI semakin maju dan erat hubungannya satu sama lain.

 

Go Biemers!

 

IMG_0237 THRONE_03 IMG_0233 IMG_0232 THRONE_06 THRONE_07 THRONE_05 THRONE_04 THRONE_08 IMG_0244 IMG_0263 THRONE_09 THRONE_02

Konferensi Internasional – The Twelfth Conference on English Studies (CONEST 12)

Rabu-Kamis, 2-3 November 2016 – Tiga dosen prodi BBI, yaitu Ibu Maria Tamarina Prawati, Jonathan Tanihardjo, dan Ardi Nugroho mengikuti konferensi internasional “The Twelfth Conference on English Studies” (CONEST 12) yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Bahasa dan Budaya Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya pada tanggal 2-3 November 2016. Ketiga dosen tersebut membawakan paper mereka dengan judul sebagai berikut:

  • Maria Tamarina Prawati: English Learner’s belief on English as Global Language
  • Jonathan Tanihardjo: An Analysis of the Effectiveness of Deductive and Inductive Method in the Teaching of Participial Phrase: A Case Study
  • Ardi Nugroho: The Similarities and Differences of Easy and Simple: A Corpus-based Study

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendorong dan memberikan kesempatan bagi para peneliti dan praktisi untuk mempresentasikan hasil penelitian dan informasi serta ide-ide dan pengalaman dalam pengajaran dan ilmu bahasa Inggris. Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan dosen-dosen prodi BBI dapat terus mengembangkan pengetahuan dan kemampuan mereka agar dapat meningkatkan kualitas kegiatan proses belajar-mengajar di kelas.

 

Go Biemers!

 

IMG-20161103-WA0012 20161103_094558 20161102_151328

Penggunaan Materi / Bahan Ajar Otentik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Sabtu, 8 Oktober 2016 – Salah satu unsur utama dalam Tri Dharma Perguti adalah pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat atau Pemberdayaan Masyarakat. Kegiatan ini sangat penting dan berguna karena merupakan kewajiban bagi dosen dan mahasiswa untuk mengabdikan ilmunya kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bukti nyata penerapan ilmu yang diajarkan di kelas dalam kehidupan nyata. Sebagai tambahan, kegiatan pengabdian dan pemberdayaan ini juga merupakan bukti kepedulian institusi terhadap lingkungan sekitarnya. Dalam 5 tahun terakhir, program studi Bahasa dan Budaya Inggris telah aktif melakukan kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat ini dalam berbagai bentuk dan kepada berbagai jenis tipe masyarakat.

 

Pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini, pelatihan yang diberikan oleh prodi BBI berupa bagaimana menggunakan materi / bahan ajar otentik dalam pembelajaran bahasa Inggris. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk membekali peserta dengan pengetahuan mengenai bagaimana menggunakan berbagai bahan-bahan otentik seperti film, lagu, novel, dll untuk belajar Bahasa Inggris secara pribadi. Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan peserta dapat mengembangkan Bahasa Inggris mereka dengan cara memanfaatkan berbagai bahan-bahan otentik di waktu luang mereka. Dengan kata lain, sembari mereka menikmati menonton film atau mendengarkan musik, diharapkan mereka dapat sedikit banyak belajar kosakata maupun pelafalan kata-kata Bahasa Inggris. Pelatihan kali ini telah dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 8 Oktober 2016 di RPTRA Dharma Suci, Penjagalan, Jakarta Utara. Dalam kegiatan ini, 8 dosen ikut terlibat dan berfungsi sebagai fasilitator. Setiap fasilitator / dosen membantu dua hingga tiga orang peserta dalam kegiatan yang berbentuk “workshop” atau lokakarya ini. Peserta yang hadir sejumlah 19 orang dan rata-rata merupakan anak SMP.

 

Kegiatan ini diawali dengan penjelasan mengenai apa itu materi otentik dan bagaimana memaksimalkan penggunaan materi tersebut dalam pemelajaran bahasa Inggris. Kemudian, dilanjutkan dengan praktek penggunaan materi otentik dan mengevaluasi hasil / output yang dicapai setelah pelatihan. Evaluasi dilakukan dalam bentuk tulisan dan lisan. Bentuk tulis untuk melihat hasil yang dicapai setelah siswa/siswi mendapat input dari teks bacaan dan bentuk lisan untuk melihat hasil yang dicapai setelah siswa/siswi mendapat input dari teks audio visual.

 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah diselenggarakan Prodi Bahasa dan Budaya Inggris pada tanggal 8 Oktober 2016 di RPTRA Dharma Suci, Penjagalan, Jakarta Utara telah berjalan dengan baik dan lancar. Peserta yang hadir memberikan tanggapan yang cukup positif. Ini bisa dilihat dari partisipasi mereka dalam kegiatan tersebut, di mana mereka banyak bertanya dan berdiskusi mengenai cara menggunakan film dan lagu untuk belajar Bahasa Inggris. Mereka juga berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan tanya jawab, penulisan, dan praktek seperti bernyanyi dan pelafalan berbagai kata-kata Bahasa Inggris yang kami berikan.

 

Akhir kata, setelah kegiatan kali ini, diharapkan para peserta dapat menambah wawasannya dalam menggunakan materi otentik untuk meningkatkan bahasa Inggris mereka. Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan kedepannya.

 

Go Biemers!

 

IMG_0142 IMG_0144  IMG_0140 IMG_0141 IMG_0143IMG_0145