Kunjungan Industri BBI – DAAI TV (TZU CHI CENTER) (14 Mei 2018)

Senin, 14 Mei 2018 – Bisnis di industri TV adalah bisnis yang popular, menguntungkan, dan menantang. Bisnis ini memberikan banyak kesempatan bagi orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat. Orang-orang yang memiliki pengalaman dan pendidikan di industri TV bukan satu-satunya yang dapat mengambil bagian dalam memanfaatkan peluang yang disajikan pada industri ini, namun mahasiswa prodi Bahasa dan Budaya Inggris pun dapat memperoleh kesempatan di industri TV.

Melalui kunjungan dan seminar ke DAAI TV ini, diharapkan para mahasiswa dapat melihat dan memperoleh peluang-peluang yang tersedia di industri TV. Selain itu, mahasiswa juga diberikan pengetahuan tentang kegunaan bahasa Inggris di media massa dan lapangan pekerjaan yang tersedia di media massa untuk lulusan prodi Bahasa dan Budaya Inggris.

Para mahasiswa diminta berkumpul di Universitas Bunda Mulia pada pukul 7.00. Setibanya di DAAI TV pada kurang lebih pukul 8.50, kami masuk ke kantor DAAI TV. Kami disambut oleh tim DAAI TV, yaitu oleh Pak Rudy dan Pak Handi, yang kebetulan merupakan alumni BBI UBM. Ada satu lagi pegawai DAAI TV yang juga merupakan alumni BBI UBM, yaitu Christopher Setiadi yang juga datang menyambut kami.

Acaranya sendiri dimulai pada kurang lebih pukul 9.10, di mana kami dibawa ke suatu ruangan untuk mendengarkan presentasi mengenai DAAI TV, baik dari sejarah singkat, visi dan misi, serta bagaimana bahasa Inggris itu digunakan secara riil di dunia media tv. Para pembicara juga menjelaskan mengenai kesempatan-kesempatan para lulusan bahasa Inggris di dalam dunia media televisi. Setelah presentasi, para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya-tanya seputar DAAI TV, dan sesi dilanjutkan dengan tour kantor DAAI TV dengan melihat secara langsung studio-studio yang ada. Pada setiap ruang studio, kami diberikan sedikit penjelasan mengenai proses perekaman dan lain-lain. Mahasiswa juga sempat mencoba langsung greenscreen dan merasakan bagaimana tampil di depan kamera dengan latar belakang digital.

Setelah sesi tour selesai, acara ditutup dengan foto bersama dan penyerahan kenang-kenangan baik dari UBM maupun dari pihak DAAI TV. Foto terakhir dilakukan di luar gedung TZU CHI bersama dengan dua alumni BBI UBM.

Akhir kata, setelah kunjungan industri dan seminar di DAAI TV ini, diharapkan para peserta dapat menambah wawasannya dalam dunia industri TV serta mengetahui peluang-peluang bagi para lulusan prodi Bahasa dan Budaya Inggris di industri TV.

Go Biemers!

 

DSCN0196DSCN0201DSCN0202DSCN0204DSCN0209DSCN0223DSCN0225DSCN0230DSCN0236DSCN0250DSCN0255DSCN0257IMG-2098IMG-2103DSCN0268

Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya 16 (KOLITA 16)

Selasa-Kamis, 10-12 April 2018 – Lima dosen prodi BBI, yaitu Jonathan Tanihardjo, Ardi Nugroho, Ronald Maraden Parlindungan Silalahi, Nurdiana dan Rex Stardy mengikuti konferensi internasional “Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya 16” (KOLITA 16) yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Bahasa dan Budaya Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya pada tanggal 10-12 April 2018. Kelima dosen tersebut membawakan paper mereka dengan judul sebagai berikut:

  • Jonathan Tanihardjo: Assessing The Indonesian EFL Students’ Production of English Collocations in Speaking
  • Ardi Nugroho: Using Productive Tasks to Improve EFL Students’ Lexical Collocational Knowledge
  • Ronald Maraden Parlindungan Silalahi: Perempuan Dalam Perspektif Undang-undang Perkawinan – Sebuah Analisis Wacana Kritis
  • Nurdiana: Pragmalinguistic Knowledge in English Language Teaching Materials
  • Rex Stardy: Analyzing EFL Students’ Vocabulary Size, Depth and Lexical Collocational Errors in Writing

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendorong dan memberikan kesempatan bagi para peneliti dan praktisi untuk mempresentasikan hasil penelitian dan informasi serta ide-ide dan pengalaman dalam pengajaran dan ilmu bahasa Inggris. Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan dosen-dosen prodi BBI dapat terus mengembangkan pengetahuan dan kemampuan mereka agar dapat meningkatkan kualitas kegiatan proses belajar-mengajar di kelas.

Go Biemers!

 

IMG-20180411-WA0000IMG-20180411-WA0008IMG-20180412-WA0005IMG-20180413-WA0003IMG-20180413-WA0008

Asian English Olympics (AEO) 2018

Kamis-Senin, 8-12 Februari 2018 – Enam mahasiswa prodi Bahasa dan Budaya Inggris (BBI) berhasil meraih posisi juara 2 dalam lomba Radio Drama dalam Asian English Olympics (AEO) 2018 yang diselenggarakan oleh Bina Nusantara English Club (BNEC) Universitas Bina Nusantara. Adapun keenam mahasiswa tersebut adalah:

  • William (15140001)                               – Juara II Radio Drama Competition
  • Desica Merliana (15160003)                – Juara II Radio Drama Competition
  • Ferdy (15160011)                                    – Juara II Radio Drama Competition
  • Michele (15160013)                                – Juara II Radio Drama Competition
  • Mellisa Veronica Cokro (15160014)    – Juara II Radio Drama Competition
  • Ariella Shania (15160043)                    – Juara II Radio Drama Competition

Kami ucapkan selamat kepada tim lomba Radio Drama dari prodi BBI. Semoga menjadi motivasi untuk mahasiswa BBI agar terus mengukir berbagai macam prestasi.

Maju terus Biemers!

 

Tim Radio Drama

Seminar Mahasiswa Mei 2017: “Indigenous People of America and their Contributions to English Language”

Selasa, 16 Mei 2017 – Program Bahasa dan Budaya Inggris (BBI) mengadakan seminar mahasiswa yang bertemakan “Indigenous People of America and their Contributions to English Language” yang bertujuan untuk memberikan pembekalan pengetahuan akan budaya dari negara Amerika yang memberikan kontribusi dalam penggunaan bahasa Inggris dewasa ini.

Doug Good Feather, seorang pemuka agama dari Standing Rock, dan juga seorang yang bertanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan budaya asli Amerika, menjelaskan asal muasal beberapa kata-kata dalam bahasa Inggris yang sebenarnya merupakan adaptasi ataupun pinjam kata (load word) dari bahasa lain. Beliau menekankan bahwa bahasa itu tidak terlepas dari budaya. Seminar ini diikuti oleh para mahasiswa dari semester 2, 4, 6 dan 8 dari Program Studi BBI.

Singkat kata, kami ingin mengucapkan kepada bapak Doug Good Feather sebagai pembicara dan para mahasiswa yang turut berperan serta dalam kegiatan seminar ini.

Go Biemers!

Seminar Mahasiswa 2017: “Avoiding Plagiarism in Thesis Writing”

Senin, 10 April 2017 – Program Studi Bahasa dan Budaya Inggris (BBI) mengadakan seminar mahasiswa dengan tema “Avoiding Plagiarism in Thesis Writing” dengan tujuan memberikan pembekalan pengetahuan khususnya bagaimana menghindari plagiarisme dalam menulis thesis. Seminar ini dihadiri mahasiswa semester 6 dan 8 yang akan memulai menulis, khususnya tugas akhir mahasiswa.

Dalam seminar ini, bapak Sultan Stover, sebagai pengajar di St. Joseph’s College, New York dan RELO Fellow, membagi pengetahuannya tentang bagaimana cara menghindari plagiarisme dalam penulisan thesis atau tugas akhir. Seminar ini sangatlah bermanfaat bagi para mahasiswa yang akan mengambil tugas akhir atau thesis, agar mereka dapat menghindari tindakan plagiarisme dalam penulisan thesis mereka.

Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada bapak Sultan Stover atas pengetahuan yang diberikan dan kepada mahasiswa atas kerjasamanya sehingga seminar ini berlangsung dengan sangat menarik.

Go Biemers!

Seminar Mahasiswa 2016: “Exploring English Dictionaries for Language Learning”

Jumat, 29 April 2016 – Program Studi Bahasa dan Budaya Inggris (BBI) mengadakan kegiatan seminar mahasiswa dengan tema “Exploring English Dictionaries for Language Learning” yang bertujuan untuk membekali pengetahuan kepada mahasiswa dalam menggunakan kamus Inggris secara efektif. Seminar ini dihadiri oleh mahasiswa semester 2 sampai dengan 8. Pembicara dalam sesi ini adalah bapak Deny Kwary yang menjabat sebagai Head of English Department di Universitas Airlangga, Surabaya.

Banyak yang mengira bahwa mereka sudah mengetahui cara menggunakan kamus bahasa Inggris secara efektif. Di dalam seminar tersebut, bapak Denny Kwary memberikan pengetahuan yang sangat bermanfaat agar para mahasiswa dapat menggunakan fungsi kamus secara efektif dan maksimal.

Singkat kata, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada bapak Deny Kwary dan partisipasi dari para mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan seminar tersebut.

Go Biemers!

Seminar Dosen dan Mahasiswa 2016: “ICT in Language Teaching and Learning”

Sabtu, 16 April 2016 – Program Studi Bahasa dan Budaya Inggris (BBI) mengadakan seminar yang bertemakan “ICT in Language Teaching and Learning” yang dihadiri oleh semua dosen dan mahasiswa prodi BBI. Prof. Dr. Jayakaran Mukundan adalah seorang pengajar di Universitas Putra Malaysia yang sangat berpengalaman dan sudah memenangkan penghargaan dalam bidang pengajaran. Beliau juga  mengembangkan sebuah perangkat lunak yang bernama RETROTEXT-E (versi 1 dan 2.0) untuk mengevaluasi bahan ajar berbahasa Inggris, dan Wordlist Creator yang memenangkan penghargaan di the British Invention Show, UK dan IENA, Jerman.

Dalam seminar tersebut, Prof. Dr. Jayakaran Mukundan memberikan pengetahuan dan menjelaskan bagaimana menggunakan teknologi informasi dalam mendukung kegiatan pengajaran dan pembelajaran. Beliau juga mengajarkan bagaimana cara mengevaluasi bahan ajar. Kegiatan tersebut mendapatkan perhatian yang cukup besar, khususnya para dosen yang hadir dalam kegiatan seminar tersebut.

Singkat kata, kami ucapkan terima kasih kepada Prof. Dr. Jayakaran Mukundan, para dosen dan para mahasiswa yang turut berperan serta dalam berjalannya kegiatan seminar tersebut.

Go Biemers!

Seminar Mahasiswa 2014: “An Introduction to Legal Document Translation”

Senin, 24 November – Prodi Bahasa dan Budaya Inggris (BBI) mengadakan kegiatan seminar yang dihadiri oleh hanya mahasiswa prodi BBI semester 5 dan 7 yang memillih bidang penerjemahan sebagai peminatan. Seminar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai hal-hal yang penting yang perlu diperhatikan dalam menerjemahkan dokumen legal (Legal document). 

Selain menjabat sebagai Trainer for Legal Translation and English for Law, bapak Evand Halim juga menjabat sebagai Vice chair of the Competency and certification Committee of Association of Indonesian Translator. Beliau adalah seorang  praktisi yang sangat kompeten dan mempunyai pengetahuan yang sangat luas dibidang penerjemahan. Dalam seminar tersebut, para mahasiswa terlihat begitu antusias mendengarkan dan memberikan banyak pertanyaan kepada pembicara.

Akhir kata, kami ingin mengucapakan terima kasih kepada bapak Evand Halim sebagai pembicara dan para mahasiswa yang turut berperan dalam berjalannya seminar mahasiswa yang bertemakan “An Introduction to Legal Document Translation.”

Go Biemers!

Pelatihan Softskill mahasiswa BBI 2015: Gathering BBI “Brighten”

Sabtu-Minggu, 28-29 November 2015 – HIMAPRODI Bahasa dan Budaya Inggris (BBI) ACES mengadakan kegiatan tahunan Gathering BBI dengan tema “Brighten”. Adapun tujuan acara ini adalah sebagai wadah untuk memperdalam pengenalan mengenai prodi BBI serta membangun hubungan baik antara mahasiswa baru prodi BBI (semester 1) dengan HIMAPRODI. Selain itu, di dalam kegiatan ini peserta juga diberi pembekalan mengenai berbagai jenis perlombaan bahasa Inggris yang akan diadakan oleh Universitas Bunda Mulia maupun universitas lain ke depannya. Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Remaja PGI.

Para peserta berkumpul di UBM pukul 6 pada hari Sabtu tanggal 28 November 2016 dan kemudian berangkat pada pukul 7, dan tiba di lokasi pada kurang lebih pukul 10:00. Acara kemudian dimulai pada pukul 12:30 dengan pembukaan dari ketua HIMAPRODI BBI Marchelli Pricilia, dan diikuti oleh berbagai permainan yang bertujuan untuk membangun dan melatih kekompakan dan kerja sama antar peserta. Setelah kegiatan permainan tersebut, para peserta diberi waktu untuk istirahat dan bersih-bersih sebelum makan malam pada pukul 6. Setelah makan malam, acara dilanjutkan dengan sesi dosen, di mana para dosen memberikan pembekalan mengenai beberapa lomba bahasa Inggris seperti Scrabble, Spelling Bee, dan debat. Setelah sesi dosen, dilanjutkan dengan sesi performance dari para peserta dan kemudian diikuti dengan kegiatan api unggun, dimana para mahasiswa dapat bermain bersama untuk membangun kebersamaan.

Akhir kata, kami ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta acara gathering BBI 2015 serta panitia HIMAPRODI BBI ACES atas kerjasamanya yang baik sehingga acara dapat berjalan dengan baik dan lancar. Diharapkan ke depannya seluruh mahasiswa prodi BBI semakin maju dan erat hubungannya satu sama lain.

 

Go Biemers!

Pelatihan Softskill mahasiswa BBI 2014: Gathering BBI “Fun and Educative”

Sabtu-Minggu, 29-30 November 2014 – HIMAPRODI Bahasa dan Budaya Inggris (BBI) ACES mengadakan kegiatan tahunan Gathering BBI dengan tema “Fun and Educative”. Adapun tujuan acara ini adalah sebagai wadah untuk memperdalam pengenalan mengenai prodi BBI serta membangun hubungan baik antara mahasiswa baru (semester 1) prodi BBI dengan HIMAPRODI. Selain itu, di dalam kegiatan ini peserta juga diberi pembekalan pengetahuan mengenai “kepemimpinan” oleh dosen. Kegiatan dilaksanakan di Club Bahari, Anyer.

Para peserta berkumpul di UBM pukul 6 pada hari Sabtu tanggal 20 November 2016 dan kemudian berangkat pada pukul 7. Acara kemudian dimulai pada pukul 13:00 dengan pembukaan dari ketua HIMAPRODI BBI Willyson, dan diikuti oleh berbagai permainan yang bertujuan untuk membangun dan melatih kekompakan dan kerja sama antar peserta. Pada malam hari pukul 7,  acara dilanjutkan dengan sesi dosen, di mana para dosen, yaitu ibu Nur Desilawati dan ibu Magdalena Kartikasari Tandy Rerung memberikan pembekalan pengetahuan tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik dan berkualitas. Walaupun pada saat itu sedang terjadi hujan yang sangat lebat dan banjir, kegiatan BBI berlangsung cukup lancar dan seru.

Akhir kata, kami ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta acara gathering BBI 2014 serta panitia HIMAPRODI BBI ACES atas kerjasamanya yang baik sehingga acara dapat berjalan dengan baik dan lancar. Diharapkan ke depannya seluruh mahasiswa prodi BBI semakin maju dan erat hubungannya satu sama lain.

Go Biemers!