Kurikulum

Kurikulum

Kurikulum

Definisi Program Studi:

Program Studi Akuntansi adalah kesatuan rencana belajar yang mengkaji, menerapkan dan mengembangkan konsep praktek bisnis, keuangan serta ilmu akuntansi. Ilmu Akuntansi adalah ilmu yang mempelajari prinsip-prinsip akuntansi sampai dengan akuntansi keuangan lanjutan, penyajian laporan keuangan, analisis laporan keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi perpajakan dan pemeriksaan akuntansi.

Kompetensi Utama:

  1. Mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk menyelesaikan tugas tertentu, permasalahan umum dan permasalahan yang tidak terduga pada bidang kerja yang menyangkut akuntansi.
  2. Mampu menyusun laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan baik manual maupun komputerisasi.
  3. Mampu memilih atau mengembangkan solusi yang tepat dan benar menurut kaidah akuntansi untuk menyelesaikan masalah di bidang akuntansi.
  4. Mempunyai konsep teoritis dan prinsip akuntansi serta keterampilan dalam melakukan pengauditan terhadap laporan keuangan sesuai dengan standar pengauditan.
  5. Mampu menganalisis, merancang, menerapkan dan mengevaluasi sistem  akuntansi bagi lembaga profit dan non profit.
  6. Mampu mengambil keputusan operasional dan keputusan strategis dan memberikan saran kepada klien terkait dengan analisis laporan keuangannya serta menginformasikan kepada publik sesuai ketentuan yang berlaku.
  7. Mampu melakukan riset yang dapat digunakan dalam memberikan berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang akuntansi.
  8. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi bidang akuntansi dalam pengolahan, penggunaan dan pelaporan sumberdaya organisasi.
  9. Mampu merancang dan membangun bisnis, yang didukung oleh pengetahuan, wawasan dan keterampilan entrepreneur dan intrapreneur.

 

Kompetensi Khusus (sesuai peminatan):

a. Peminatan Akuntansi Manajemen:

Mampu mengimplementasikan dan mengevaluasi bidang akuntansi manajemen.

b. Peminatan Akuntansi Perpajakan:

Mampu merencanakan, mengelola dan menyajikan laporan perpajakan.

c. Peminatan Audit:

Mampu melakukan pemeriksaan akuntansi baik sebagai auditor internal maupun auditor eksternal.

 

Peluang Karir:

Lulusan program studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia disamping dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi juga dapat bekerja dalam dunia bisnis swasta, pemerintahan, maupun membuka usaha sendiri. Secara lengkap dapat dilihat pada tabel di bawah ini :


No Karir Keterangan
1 Akuntan Perusahaan Merancang, menganalisis, mengimplementasi, mengevaluasi, sistem informasi akuntansi suatu perusahaan
2 Akuntan Publik Melakukan perencanaan dan melaksanakan proses audit, menganalisis dan menyusun laporan hasil audit perusahaan klien
3 Auditor Internal Perusahaan Melakukan perencanaan, implementasi, evaluasi dan menyusun laporan yang berkaitan dengan sistem pengendalian internal perusahaan
4 Konsultan Akuntansi dan Keuangan Memberikan jasa konsultasi dalam bidang keuangan pada umumnya dan akuntansi pada khususnya bagi perusahaan klien
5 Konsultan Pajak Memberikan jasa konsultasi dalam perencanaan dan perhitungan pajak bagi perusahaan klien
6 Akuntan Pendidik Menjadi guru atau dosen di bidang akuntansi