Regenerasi HIMA ACCASIA 2017 (12/06/2017)

“Unity in Diversity”

2017 06 12 - Regenerasi HIMA ACCASIA 2017 01

Cianjur, 12 Juni 2017Himpunan Mahasiswa (HIMA) ACCASIA dan Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia mengadakan Acara Regenerasi selama dua hari yang bertemakan “Unity in Diversity” yang dilaksanakan di David Camp Resort Puncak selama 2 hari. Para peserta regenerasi merupakan para anggota HIMA ACCASIA yang terdiri dari mahasiswa aktif akuntansi dari semester 2 (dua), 4 (empat), dan 6 (enam). Tujuan dilakukannya kegiatan ini: (1) meningkatkan rasa solidaritas sesama anggota HIMA ACCASIA dan mahasiswa akuntansi Universitas Bunda Mulia; (2) memberikan gambaran secara keseluruhan mengenai aktivitas HIMA ACCASIA; dan (3) menyamakan persepsi para calon anggota HIMA ACCASIA.

Pada pk. 06.00 WIB, seluruh peserta yang mengikuti acara Regenerasi berkumpul di Universitas Bunda Mulia untuk persiapan keberangkatan ke David Camp Resort. Ketua Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia, Ibu Ririn Breliastiti, SE., MM., memimpin doa bersama dan memberikan pesan-pesan agar acara dapat berjalan dengan lancar. Para peserta kemudian berangkat dengan didampingi oleh Bapak Budi Kurniawan, SE., MA, M.Ak., CMA, dan Ibu Elfina Astrella Sambuaga, SE., M.S.Ak. Setelah kurang lebih 3 (tiga) jam perjalanan, rombongan akhirnya tiba di David Camp resort pada pk. 10.30 WIB.

Acara Regenerasi dibuka pada pk. 11.00 WIB dengan kata sambutan oleh Catherine Tania selaku Ketua Acara Regenerasi dan Bapak Budi Kurniawan, selaku perwakilan dari Prodi Akuntansi. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Ketua HIMA ACCASIA, Billiviliansen Yusantono, dan Bapak Budi Kurniawan selama kurang lebih 45 (empat puluh lima) menit. Tepat pada pk. 12.00 WIB, para pesert kemudian menikmati makan siang bersama yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi kecil terkait dengan kasus yang diberikan oleh Panitia Acara Regenerasi.

Peserta Regenerasi kemudian dibagi menjadi 5 (lima) kelompok yang akan saling berkompetisi untuk mendapatkan poin dalam permainan yang sudah disiapkan panitia. Acara permainan ini berlangsung menyenangkan dan penuh canda tawa dari para peserta. Setelah acara permainan selesai, para peserta beristirahat dan mempersiapkan diri untuk makan malam. Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan drama musikal oleh setiap kelompok peserta Acara Regenerasi. Setelah semua kelompok tampil, panitia melakukan penghitungan suara untuk menentukan Ketua dan Wakil Ketua HIMA ACCASIA periode 2017-2018. Hasil penghitungan suara dimenangkan oleh Wulan Pangestuti dan Teissya Stevani. Acara di hari ini kemudian ditutup dengan acara api unggun dan mini games serta pelepasan lampion oleh Pengurus HIMA ACCASIA periode 2016-2017 sebagai tanda berakhirnya kepengurusan mereka.

Keesokan harinya, Selasa, 13 Juni 2017, aktivitas dimulai pada pk. 07.00 WIB dengan makan pagi bersama dan dilanjutkan dengan permainan yang dilakukan di kolam renang. Setelah permainan berakhir, panitia kemudian melakukan pengumuman dan pemberian hadiah bagi kelompok terbaik berdasarkan aktivitas yang telah mereka ikuti selama Acara Regenerasi. Acara kemudian ditutup dengan pemberian penghargaan untuk anggota HIMA ACCASIA periode 2016-2017 yang sudah bekerja keras menjalankan Program Kerja HIMA ACCASIA selama periode 1 (satu) tahun. Setelah acara foto bersama, seluruh peserta akhirnya meninggalkan Camp David Resort pada pk. 13.00 WIB.

Go Biemers!

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua HIMA ACCASIA periode 2017-2018

Congratulations

Cianjur, 12 Juni 2017 – Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA ACCASIA) Universitas Bunda Mulia melakukan penghitungan suara untuk menentukan Ketua dan Wakil Ketua HIMA ACCASIA periode 2017-2018. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu rangkaian acara Regenerasi 2017 yang rutin diselenggarakan oleh HIMA ACCASIA setiap tahunnya. Sebagai Ketua HIMA ACCASIA periode 2016-2017, Billiviliansen Yusantono, memberikan sambutan sebelum penghitungan suara dimulai. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pembukaan dan penghitungan kotak suara oleh Catherine Tania selaku Ketua Panitia Regenerasi dibantu oleh Badan Pengurus Harian HIMA ACCASIA. Para peserta regenerasi terlihat antusias selama mengikuti proses penghitungan suara yang berjalan selama kurang lebih 1 (satu) jam.

Proses penghitungan suara akhirnya berhasil melahirkan Ketua dan Wakil Ketua HIMA ACCASIA periode 2017-2018, yaitu Wulan Pangestuti dan Teissya Stevani dengan jumlah suara sebanyak 291  (dua ratus sembilan puluh satu) suara. Ibu Elfina Astrella Sambuaga, SE., M.S.Ak., selaku perwakilan Prodi Akuntansi, kemudian memberikan pesan-pesan untuk Ketua dan Wakil Ketua terpilih yang dilanjutkan dengan penandatangan Surat Keputusan Pelantikan Kepengurusan HIMA ACCASIA periode 2017-2018 oleh Ketua dan Wakil Ketua yang lama dan baru.

Acara kemudian diakhiri dengan pemasangan badge HIMA ACCASIA secara simbolis oleh Ketua HIMA ACCASIA, Billiviliansen Yusantono, dan dosen pedamping, Bapak Budi Kurniawan SE., MA., M.Ak., CMA dan Ibu Elfina Astrella Sambuaga, SE., M.S.Ak., kepada Ketua dan Wakil Ketua HIMA ACCASIA terpilih.

Go Biemers!

Templat File Penyusunan Skripsi

Mahasiswa harus menyusun karya akhir (ilmiah) dengan susunan yang sempurna baik dari urutan kerangka pembahasan, tata bahasa, format cetak, format halaman, format gambar, format tabel, dan lain-lain agar karya yang dihasilkan menjadi sebuah hasil karya ilmiah yang baik dan benar.

Untuk ini, Program Studi Akuntansi menyediakan file Templat Skripsi UBM, file Templat Kertas Pembatas, dan Pedoman Penggunaan Template Skripsi UBM. Mahasiswa diharapkan mempelajari bagaimana cara penggunaan file Templat Skripsi UBM dengan menggunakan pedoman yang akan dibahas di modul ini.

Selamat Mengerjakan Skripsi!

Templat Skripsi UBM (Ganjil 2017) – Word 2016

Templat Skripsi UBM (Ganjil 2017) – Word 97-03

Halaman Pembatas Bab (Ganjil 2017)

Pedoman Penggunaan Templat Skripsi (Ganjil 2017)

ACC VI Nasional – Day 2 (17/05/17)

ACC Day 2

Jakarta, 17 Mei 2017 – Perlombaan hari kedua ACCASIA Computerized-Accounting Competition VI  Tingkat Nasional 2017  (ACC VI Nasional). Babak semifinal yang diikuti oleh 20 tim yang lolos pada babak penyisihan sebelumnya, dihadiri oleh Bapak Temy Setiawan, SE., Ak., M.Ak, CA. , Ibu Vivi Adeyani Tandean, SE., Ak., M.Ak. dan Ibu Theresia Hesti Bwarleling, SE., M.Ak. selaku dewan juri untuk perlombaan ACC VI di babak semifinal dan babak final. Babak semifinal yang diikuti 20 tim dibagi menjadi 4 batch yang terdiri dari 5 tim per batch-nya. Dibabak ini perlombaan yang diadakan adalah cerdas cermat. Satu tim yang memiliki skor tertinggi disetiap batch babak semifinal akan lolos masuk ke babak final. Babak semifinal berakhir dan terpilih 4 tim yang memiliki skor tertinggi di babak semifinal dari setiap batch dan 1 tim sebagai finalis ke-5 yang berasal Juara 1 ACC VI Lampung, Berikut adalah 5 tim yang mengikuti babak final ACC VI Nasional:

  1. SMK Ananda Bekasi : (1) Annesa Nur Fitria; (2) Peggy Theodora
  2. SMA Kristen Yusuf : (1) Albert Geraldi; (2)  Christabella Adlyn
  3. SMK Bonavita :  (1) Satya Darma; (2) Stevanny
  4. SMA Kristen Yusuf : (1) Nina; (2) Evans Hebert
  5. SMK BPK Penabur Lampung : (1) Verlinda Fristiya; (2) Lourenza Patricia M. P.

Babak final dibagi menjadi tiga babak, yaitu: (1) Estafet, (2) Puzzle dan (3) Bet Your Score. Pada babak “Estafet” dan “Puzzle”, setiap tim akan memperoleh poin-poin yang diakumulasikan untuk menuju babak Final babak akhir yaitu “Bet Your Score”. Setelah berakhirnya babak final ini, keluar sebagai pemenang untuk ACCASIA Computerized-Accounting Competition VI  Tingkat Nasional 2017 (ACC VI Nasional)  adalah:

Juara I diraih oleh Albert Geraldi dan Christabella Adlyn dari SMA Kristen Yusuf.

Pemenang memperoleh: Uang Tunai Rp 5.000.000,- + Trophy + Beasiswa UBM & Goodie Bag + Voucher Free Online Learning selama 1 tahun dari Quipper Video & Goodie Bag + Voucher dari Shopee + Goodie bag dari Natasha Skin Care

Juara II diraih oleh Nina dan Evans Hebert dari SMA Kristen Yusuf.

Pemenang memperoleh: Uang Tunai Rp 3.000.000,- + Trophy + Beasiswa UBM & Goodie Bag + Voucher diskon Rp 400.000 dari Quipper Video & Goodie Bag + Voucher dari Shopee + Goodie bag dari Natasha Skin Care

Juara III diraih oleh Verlinda Fristiya dan Lourenza Patricia M. P. dari SMK BPK Penabur Bandar Lampung.

Pemenang memperoleh: Uang Tunai Rp 2.000.000,- + Trophy + Beasiswa UBM & Goodie Bag + Voucher diskon Rp 400.000 dari Quipper Video & Goodie Bag + Voucher dari Shopee + Goodie bag dari Natasha Skin Care

Harapan I diraih oleh Annesa Nur Fitria dan Peggy Theodora dari SMK Ananda Bekasi.

Pemenang memperoleh: Uang Tunai Rp 750.000,- + Trophy + Beasiswa UBM & Goodie Bag + Goodie Bag dari Quipper Video + Voucher dari Shopee + Goodie bag dari Natasha Skin Care

Harapan II diraih oleh Satya Darma dan Stevanny dari SMK Bonavita.

Pemenang memperoleh: Uang Tunai Rp 500.000,- + Trophy + Beasiswa UBM & Goodie Bag + Goodie Bag dari Quipper Video + Voucher dari Shopee + Goodie bag dari Natasha Skin Care

Selamat untuk para pemenang!

Akhir kata, kami selaku panitia ACCASIA Computerized-Accounting Competition VI  Tingkat Nasional  2017 (ACC VI Nasional) mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas partisipasi peserta lomba dan pihak-pihak yang mendukung (sponsor dan media partner) berjalannya acara ini: PT Ultima Tekno Solusindo (Accurate), AQUA, Quipper Video, Omega Hotel Management, Natasha Skin Care, Shopee, A Solution, Satai Saja Keles, Nong-Nong Thai, Provoke Magazine dan pihak lainnya. Mohon maaf apabila ada kesalahan maupun kekurangan. Sampai jumpa tahun depan!

ACC VI Nasional – Day 1 (16/05/17)

ACC Day 1

Jakarta, 16 Mei 2017 – Bertempat di Universitas Bunda Mulia, Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia bersama Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi 2016/2017 mengadakan lomba ACCASIA Computerized-Accounting Competition VI tingkat Nasional  atau lebih dikenal dengan ACC VI Nasional yang dilaksanakan selama 2 hari. Perlombaan terdiri dari tiga babak, yaitu: babak penyisihan, babak semifinal dan babak final. Untuk hari pertama pada tanggal 16 Mei 2017 agenda kegiatannya adalah babak penyisihan. Pemberian kata sambutan dari Bapak Dr. Sugeng Wahyudi, M.Si. selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora,  Bapak Temy Setiawan, SE., Ak., M.Ak., CA. selaku Sekretaris II Program Studi Akuntansi,  dan Cyntia Octaviani selakau Ketua Panitia ACC VI Nasional.

Babak penyisihan diikuti oleh 138 tim yang berasal dari sekolah-sekolah yang berlokasi Jabodetabek dan sekitarnya. Untuk babak penyisihan dibagi menjadi 2 batch. Pada babak penyisihan ini setiap tim harus mengerjakan soal siklus akuntansi dengan software accurate dan soal pilihan ganda dengan materi akuntansi yang dikerjakan secara online. Sambil menunggu tim batch 2 menyelesaikan babak penyisihan, perwakilan PT. Ultima Tekno Solusindo (partner resmi dari CPSsoft yang menyediakan jasa support & edukasi untuk program accurate): Bapak Rinaldi Pramudito mengisi materi motivasi dan mengadakan games kecil bersama peserta lomba serta guru pendamping.

Sebelum pengumuman tim yang lolos ke babak semifinal, acara diawali dengan pembagian doorprize, persembahan dari sponsor Omega Hotel Management, Natasha Skin Care, dan Shopee. Hadiah diberikan oleh  Bapak Refianto, SE., MM. selaku Sekretaris I Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia kepada 8 orang pemenang doorprize. Akhirnya saat-saat yang ditunggu tiba, yaitu pengumuman 20 tim yang lolos ke babak semifinal.

Tim yang lolos babak semifinal sebagai berikut :

  1. Tim 95 ­-  SMK Bonavita :  (1) Satya Darma; (2) Stevanny Soerta
  2. Tim 26 – SMK Pelita IV : (1) Jessica Joy; (2) Fernando
  3. Tim 13 – SMK Pelita IV : (1) Vincent; (2) Willy Dugery
  4. Tim 47 – SMA Kristen Yusuf : (1) Nina; (2) Evans Hebert
  5. Tim 15 – SMK Negeri 62 Jakarta : (1) Muhammad Wahyudi; (2) Diyan Agustiyana
  6. Tim 91 – SMK Ananda Bekasi : (1) Annesa Nur Fitria; (2) Peggy Theodora
  7. Tim 5 – SMK Strada I : (1) Rexsalvador Yana; (2)  Chandra Wijaya
  8. Tim 56 – SMK Strada Budi Luhur : (1) Prisella Julianti; (2)  Caroline Angela
  9. Tim 31 – SMK Strada II : (1) Erika Iskandaria; (2)  Lucky Selamat Sentosa
  10. Tim 101 – SMK Ekonomika Depok : (1) Savira Apriliani; (2)  Nur Baini Lathifah
  11. Tim 4 – SMA Kristen Yusuf : (1) Albert Geraldi; (2)  Christabella Adlyn
  12. Tim 22 – SMK Bunda Mulia : (1) Lily; (2)  Marlenia
  13.  Tim 75 – SMK Ananda Bekasi : (1) Stephani C. ; (2)  Giovanny Erista
  14. Tim 33 – SMK Mutiara Bangsa Tiga : (1) Widya; (2)  Susanti
  15. Tim 16 -  SMKN 49 Jakarta : (1) Endah Sedyowati; (2)  Rania Nurulita Yahya
  16. Tim 76 – SMK Ekonomika Depok : (1) Dewi Afriyanti; (2)  Eka Putri
  17. Tim 20 – SMK Strada II : (1) Nigel; (2)  Elisa Lestari
  18. Tim 66 – SMK Bonavita : (1) Angie Elvani; (2)  Agatha Mellancia
  19. Tim 48 – SMK Bunda Mulia : (1) Nathaniel Archelt; (2)  Weny Kusumah
  20. Tim 84 – SMK Bonavita : (1) Salvian Fernando; (2)  Verawati

Perlombaan ACC VI Nasional hari pertama berakhir dan dilanjutkan keesokan harinya pada tanggal 17 Mei 2017 untuk melanjutkan ACC VI Nasional hari kedua: babak semifinal dan babak final.

Pertemuan Dosen Pembimbing Akademik (06/05/2017)

2017 05 06 - Pertemuan Dosen PA (Banner)

Jakarta, 06 Mei 2017 – Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia dibantu oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA) ACCASIA mengadakan pertemuan antara mahasiswa dengan Dosen Pembimbing Akademik. Dosen Pembimbing Akademik itu sendiri memiliki tugas untuk membimbing sekelompok mahasiswa yang bertujuan untuk membantu mahasiswa selama proses studi agar dapat berjalan secara lancar sesuai dengan kondisi dan potensi individual mahasiswa.

Dalam kegiatan ini diharapkan agar Pembimbing Akademik dapat: (1) memberikan nasihat kepada mahasiswa yang dibimbingnya; (2) membantu memecahkan masalah akademik mahasiswa yang dibimbingnya; (3) membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan akademiknya; (4) membantu mengatasi masalah yang menghambat kelancaran studi mahasiswa yang dibimbingnya; (5) meneruskan permasalahan mahasiswa yang bukan wewenangnya kepada yang berwenang untuk menangani masalah tersebut; dan (6) membantu mahasiswa dalam menentukan konsentrasi serta topik untuk karya akhir (ilmiah).

Untuk mendorong peran fungsi Pembimbing Akademik (PA) agar tidak hanya sebatas validasi (konsultasi singkat dan tanda tangan pengisian Kartu Rencana Studi – KRS), Program Studi Akuntansi menfasilitasi dengan memberikan jadwal pertemuan reguler antara mahasiswa dengan Pembimbing Akademiknya. Berdasarkan pada beberapa pembahasan penting di atas, pada hari Sabtu, 06 Mei 2017, di Ruang Premier Universitas Bunda Mulia, pertemuan formal antara Pembimbing Akademik dengan mahasiswa. Mahasiswa yang tergabung dalam Program Studi Akuntansi dengan antusias hadir untuk berkonsultasi terkait masalah akademisnya. Acara ini berlangsung dengan lancar dari pk. 13.00 sampai dengan ditutupnya pada pukul 17.00. Tentu saja, mahasiswa dapat bertemu dengan Pembimbing Akademik nya masing-masing sesuai dengan jadwal yang disetujui oleh kedua belah pihak.

Sampai bertemu di acara-acara Program Studi Akuntansi berikutnya.

Go Biemers!

Kuliah Umum Auditing “International Internal Audit Awareness” (06/05/2017)

2017 05 06  - Kuliah Umum Audit

Sabtu, 06 Mei 2017The Institute of Internal Auditor global menetapkan bulan Mei sebagai  “International Internal Audit Awareness Month”, dengan tujuan untuk membangun kesadaran tentang pentingnya peran audit internal  di seluruh dunia. Oleh karena itu, IIA Indonesia bekerjasama dengan program studi Akuntansi UBM di dalam mewujudkan “International Internal Audit Awareness Month” tersebut dengan menyelenggarakan kegiatan yang berbentuk Kuliah Umum Auditing yang diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi program studi Akuntansi UBM berkisar 120 orang. Acara tersebut diselenggarakan di ruang The Premiere Class UBM pada pkl.09.00 – 12.00 WIB yang dibuka oleh Sekretaris Program Studi Akuntansi, yaitu Bapak Temy Setiawan, SE., Ak., M.Ak., CA

The Institute of Internal Auditor Indonesia (IIA Indonesia) adalah organisasi profesional nirlaba yang berdedikasi untuk kemajuan dan pengembangan profesi audit internal di Indonesia sejak tahun 1989. The IIA Indonesia berafiliasi dengan Institute of Internal Auditor Inc (IIA), AS, sebuah badan di seluruh dunia yang didirikan pada tahun 1941 oleh sekelompok kecil auditor internal yang berdedikasi yang menginginkan sebuah organisasi yang akan mewakili profesi mereka dan memberikan kegiatan dan standar pendidikan bagi profesional. Praktek audit internal memiliki afiliasi yang mana anggota IIA dapat berbagi secara kolektif lebih dari 170.000 anggota di lebih dari 165 negara dan wilayah, antara lain: The IIA United States, The IIA Singapore, The IIA Canada, dan lainnya.

Pada acara kuliah umum audit ini, selaku narasumber The IIA Indonesia diwakili oleh bpk. Nur Mokhlas Iryo Sukaimi, Ak., MSc, CMA, QIA, CIA, CMIIA, CGAP, CCSA, CRMA, PMIIA, CA, CPA, CISA yang juga di The IIA Indonesia menduduki posisi governor IIA Indonesia yang membawakan materi presentasi dengan judul “Internal Auditor versus Fraudster”. Selaku moderator acara ini adalah Bpk. Kenny Ardillah, SE., M.Ak yang juga dosen tetap program studi Akuntansi Univeristas Bunda Mulia.

Pak Nur menjelaskan mengenai pentingnya peran Internal Auditor di dalam mengawasi dan mencegah kecurangan yang terjadi di dalam sebuah perusahaan. Selain itu para pembuat kecurangan itu paling besar banyak dilakukan di dalam departemen Accounting.  Ikut mendampingi dari pihak The IIA Indonesia untuk menyukseskan acara ini adalah Bpk. Arief Badri sebagai Office Manager The IIA Indonesia. Pemaparan materi yang menarik dalam kuliah umum auditing ini mengundang antusias dari para perserta yang mengikuti acara kuliah umum audit tersebut, sehingga banyak peserta yang bertanya mengenai pemaparan materi yang menarik ini. Beberapa pertanyaa yang diajukan di dalam kuliah umum ini antara lain dari sdr. Marha, sdr. Novianty, Sdr. Evan. The IIA Indonesia memberikan cenderamata yang berlambang IIA kepada beberapa mahasiswa yang bertanya di dalam acara ini, berupa pin The Internationa Internal Auditor Awareness, tumbler The IIA Indonesia, Kaos The IIA Indonesia, dan Flash disc The IIA Indonesia.

Materi ini sangatlah penting dan sangat bermafaat untuk mahasiswa-mahasiswi program studi akuntansi yang akan melanjutkan karirnya di bidang Akuntansi Pengauditan, menurut Ibu Kurniawati S.E., M.Ak selaku Dosen Koordinator Rumpun Ilmu Bidang Audit. Selain itu Program studi Akuntansi UBM tetap konsisten dan fokus pada keseriusan di dalam meningkatkan meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada industri, sesuai dengan tagline Universitas Bunda Mulia yaitu “Bridging Education to the Real World”.

Pada akhir acara pihak Universitas Bunda Mulia yang diwakili oleh Bpk. Temmy Setiawan selaku Sekprodi Akuntansi UBM memberikan piagam penghargaan kepada narasumber, sedangkan dari pihak The IIA Indonesia memberikan cenderamata kepada program studi Akuntansi UBM. Setelah itu dilanjutkan foto bersama pihak The IIA Indonesia dengan seluruh peserta dan panitia yang didukung  oleh HIMA ACCASIA UBM.

Go Biemers!

Pemilihan Kandidat Calon Ketua HIMA ACCASIA Periode 2017/2018

2017 04 27 - Pemilihan Ketua HIMA ACCASIA 02

Jumat, 28 April 2017 – Sehubungan dengan berakhirnya masa bakti Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA ACCASIA) periode 2016/2017, Badan Pengurus Harian HIMA ACCASIA bersama Ketua Program Studi Akuntansi, Ibu Ririn Breliastiti, SE. MM.,  dan Sekretaris Program Studi Akuntansi, Bapak Temy Setiawan, SE., M.Ak., CA melakukan interview terhadap delapan aktivis yang sebelumnya telah melalui interview pertama pada tanggal 21 April 2017. Tujuan diadakannya interview kedua ini adalah untuk menyaring kembali dalam mencari kandidat calon ketua dan wakil ketua HIMA ACCASIA periode 2017/2018. Proses interview dilakukan dengan memanggil satu per satu untuk diinterview bersama. Mereka harus menjawab mengenai motivasi, komitmen, pengalaman berorganisasi dan program kerja unggulan mereka dalam waktu kurang lebih 10 menit. Setelah mereka menjawab, Ibu Ririn Breliastiti ataupun Bapak Temy Setiawan boleh bertanya lebih lanjut mengenai program kerja mereka yang mereka usulkan. Ketika semua selesai diinterview, pihak Prodi Akuntansi dan Badan Pengurus HIMA ACCASIA periode 2016/2017 berunding untuk memilih siapa calon ketua HIMA ACCASIA periode 2017/2018.

Dari hasil perundingan berdasarkan seleksi yang telah dilaksanakan,  terpilih 2 (dua) calon ketua, yaitu Yuliana dan Wulan Pangestuti. Kedua Calon Ketua HIMA ACCASIA tersebut harus memilih sendiri calon wakil ketuanya yang akan mendampinginya selama 1 tahun ke depan dengan 4 (empat) pilihan calon yang direkomendasikan panitia. 4 (empat) calon yang direkomendasikan tersebut harus meyakinkan ke dua calon ketua agar mereka berdua yakin bahwa mereka bisa menjadi wakil ketua yang baik dan bertanggung jawab. Setelah itu, Badan Pengurus Harian HIMA ACCISIA bersama kedua Calon Ketua HIMA yang baru berunding untuk memilih siapa calon ketua yang layak untuk mereka berdua. Dan akhirnya pasangan calon yang terbentuk adalah  Yuliana & Theresa Dian Winata dan Wulan Pangestuti & Teissya Stevani.

Setelah terpilih menjadi kandidat pasangan calon ketua dan wakil ketua HIMA ACCASIA periode 2017/2018, para calon ketua dan wakil bersama Divisi Human Resource HIMA ACCASIA harus bekeliling kelas akuntansi semester 2, 4 dan 6 baik pagi maupun malam untuk berkampanye, membacakan visi serta misi mereka dan melakukan pemilihan suara untuk menentukan siapa ketua dan wakil ketua HIMA ACCASIA periode 2017/2018. Kegiatan kampanye ini berlangsung selama 1 minggu sampai dengan tanggal 8 Mei 2017. Ketika semua suara seluruh mahasiswa-mahasiswi akuntansi terkumpul, maka kotak suara akan disimpan dan akan  dilakukan perhitungan suara saat acara Regenerasi HIMA ACCASIA dan serah terima jabatan dari pengurus HIMA 2016/2017.

Go Biemers!

2017 04 28 - Pemilihan Ketua HIMA ACCASIA 02

Menggali Makna 60 Tahun Astra – Metro TV (21/04/2017)

Astra 60 Tahun Metro Tv

Jumat, 21 April 2017- Universitas Bunda Mulia diberikan kesempatan untuk hadir dalam memperingati 60 tahun kehadiran Astra International di Indonesia yang bekerja sama  dengan  Metro TV dan menerbitkan sebuah buku yang berjudul Astra On Becoming Pride Of The Nation. Untuk itu Astra menyelenggarakan acara bedah buku dengan tema  “Menggali Makna 60 Tahun Astra “.  Acara ini diadakan dengan tujuan memberi inspirasi kepada seluruh pemangku kepentingan di Astra dan mengetahui lebih dalam kiprah Astra selama enam dekade turut membangun Indonesia melalui strategi Triple P Roadmap, yakni portofolio, people, dan public contribution .

Lokasi diselenggarakan acara bedah buku tersebut yaitu di Studio Grand Metro TV PT.Media Televisi Indonesia yang berada di jalan Pilar Mas Raya Kav. A-D Kedoya Kebon Jeruk, Jakarta Barat.  Diadakan pada pukul 15.00-18.00 dan dihadiri oleh 2(dua) orang perwakilan dari anggota Hima Accasia a divisi External Affair yaitu Cyntia Octaviani dan Shintia Yau.

Tiga bintang tamu yang dihadirkan dalam acara ini adalah: (1) Bapak Deddi Tedjakumara (Executive Director Prasetiya Mulya Executive Learning Institute; (2) Bapak Fauzi Ichsan (Pengamat korporasi yang sekarang menjadi Kepala Eksekutif Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan); dan (3) Ibu Tira Ardanti (Head of Investor Relations PT Astra International Tbk). Kehadiran HIMA Accasia dalam acara ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam bagaimana suatu usaha dapat berkelanjutan yang mirip dengan konsep Going Concern dalam Standar Akuntansi.

Ibu Tira Ardanti selaku Head of Investor Relations PT Astra International Tbk mengatakan , dalam menjalankan bisnisnya Astra memegang teguh prinsip 3P, yakni: (1) Portfolio – yang berarti pengembangan bisnis perusahaan yang tidak hanya didasarkan pada usaha mencari profit semata, tetapi juga memperhatikan aspek kemanusiaan; (2) People – SDM yang dimiliki perusahaan dan Astra selalu memastikan karyawannya memiliki ruang untuk berkembang​ dan terus berinovasi; dan (3) Public Contribution – kontribusi untuk masyarakat luas di mana Dalam menjalankan bisnisnya, Astra selalu memerhatikan aspek sosial dan lingkungan.

Menurut Bapak Deddi Tedjakumara (Executive Director Prasetiya Mulya Executive Learning Institute), suatu usaha dapat berkelanjutan dengan memiliki: (1) paradigma yang benar; (2) nilai-nilai yang mempercayai; dan (3) sistem yang baik. Pembicara terakhir, Bapak Fauzi Ichsan (Pengamat korporasi yang sekarang menjadi Kepala Eksekutif Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan) menyatakan bahwa suatu usaha harus memiliki: (1) reputasi produk; (2) kemampuan untuk beradaptasi dan berinovasi; dan (3) komitmen kepada pelanggan dan karyawan.

Acara bedah buku ini dilaksanakan dengan sangat baik dan juga sesuai rencana sehingga dapat berjalan dengan sukses. Dress Code yang dikenakan dalam menghadiri acara ini yaitu mengenakan batik, sehingga dapat terlihat formal dan rapi. Format acara ini adalah Live on tape (taping) dan akan ditayangkan pada Sabtu , 29 April 2017 di Metro TV.

Go Biemers!

Metro Tv 01

Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Akuntansi Universitas Bunda Mulia di SMK Ananda – Bekasi (18/04/2017)

2017 04 18 - PKM Bu Nia dan Pak PIter

Selasa, 18 April 2017 – Program studi Akuntansi kembali menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMK Ananda, Bekasi dengan mengangkat tema “Peluang Karir Akuntansi & Audit serta Analisa Laporan Keuangan Bagi Perusahaan, Investor dan Auditor.”  Adapun yang menjadi alasan utama dipilihnya tema ini adalah agar para siswa/i SMK Ananda memiliki gambaran umum mengenai peluang karir di bidang akuntansi & audit serta diharapkan para siswa/i tidak hanya mampu membuat laporan keuangan saja dimana pembuatan laporan keuangan ini sebenarnya sudah cukup terbantukan dengan adanya teknologi sistem akuntansi. Akan tetapi lebih dari itu, diharapkan para siswa/i SMK Ananda yang merupakan calon Akuntan di masa depan, dapat berkontribusi dalam mengkomunikasikan serta menganalisa hasil laporan keuangan ke pihak manajemen sehingga mereka memiliki nilai tambah bagi perusahaan. Selain itu jika kelak mereka berprofesi sebagai tenaga konsultan dan auditor, mereka sudah memiliki dasar pentingnya analisa laporan keuangan bagi para konsultan dan auditor.

Program studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia menghadirkan Bapak Piter Nainggolan, S.E., Ak., MM dan Ibu Kurniawati, S.E, M.Ak sebagai narasumber dalam acara tersebut. Kehadiran mereka diterima baik oleh Kepala Sekolah SMK Ananda, Ibu Dra. Fidelia Dwiyanti serta para peserta yaitu siswa/i kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Ananda. Acara Pelatihan dibagi dalam tiga sesi yaitu sesi pertama mengenai gambaran umum peluang karir akuntansi dan audit serta analisa laporan Keuangan bagi pihak manajemen, sesi kedua analisa laporan keuangan bagi pihak investor dan sesi terakhir bagi pihak auditor. Di setiap sesi, setelah diberikan pemaparan, diberikan soal kasus untuk dilakukan diskusi kelompok yang kemudian dipresentasikan ke depan kelas. Setiap kelompok yang memperoleh penilaian terbaik mendapatkan hadiah/kenang-kenangan di setiap sesinya.  Setiap peserta sangat antusias dalam memperhatikan paparan yang diberikan serta aktif dalam mendiskusikan soal – soal yang diberikan.  Pada sesi terakhir, dibuka forum tanya jawab secara menyeluruh. Pertanyaan – pertanyaan antara lain mengenai integritas seorang akuntan dan auditor ketika mereka diperhadapkan pada suatu situasi yang mendorong mereka untuk melakukan tindakan yang tidak etis. Inti jawabannya adalah mereka harus tetap mempertahankan integritas dan kode etik, bahkan jika situasi sudah sangat tidak memungkinkan, adalah lebih baik untuk segera meninggalkan lingkungan yang tidak baik tersebut karena masih ada tempat/lingkungan yang jauh lebih baik & sehat di luar sana, asalkan mereka memiliki kompotensi yang mumpuni, mereka akan menjadi rebutan bagi banyak perusahaan. Jadi intinya, asahlah terus kemampuan dan integritas, karena itulah yang kelak menjadi bekal utama bagi masa depan mereka.

Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu bentuk keseriusan dari Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia untuk selalu membagikan apa yang telah diperoleh di dunia pendidikan kepada masyarakat sekitarnya.

Go Biemers!