Templat File Penyusunan Skripsi

03 Juni 2017
Budi Kurniawan – Program Studi Akuntansi

Mahasiswa harus menyusun karya akhir (ilmiah) dengan susunan yang sempurna baik dari urutan kerangka pembahasan, tata bahasa, format cetak, format halaman, format gambar, format tabel, dan lain-lain agar karya yang dihasilkan menjadi sebuah hasil karya ilmiah yang baik dan benar.

Untuk ini, Program Studi Akuntansi menyediakan file Templat Skripsi UBM, file Templat Kertas Pembatas, dan Pedoman Penggunaan Template Skripsi UBM. Mahasiswa diharapkan mempelajari bagaimana cara penggunaan file Templat Skripsi UBM dengan menggunakan pedoman yang akan dibahas di modul ini.

Selamat Mengerjakan Skripsi

Go Biemers!

Templat Skripsi UBM (Ganjil 2017) – Word 2016

Templat Skripsi UBM (Ganjil 2017) – Word 97-03

Halaman Pembatas Bab (Ganjil 2017)

Pedoman Penggunaan Templat Skripsi (Ganjil 2017)

Pelaksanaan Seminar Nasional Pajak (10/11/2017)

Jum’at, 10 November 2017
Henny – Panitia Seminar Nasional Pajak 2017
Seminar Nasional 10-11-2017

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol – Pada hari Jum’at, 10 November 2017, dengan bertempat di The UBM Grand Auditorium (TUGA), Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia (HIMA ACCASIA) mengadakan Seminar Nasional yang bertemakan Perpajakan di Era Teknologi dan Keterbukaan Informasi Keuangan, Tantangan Bagi Profesi Akuntan.  Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa aktif Program Studi Akuntansi semester 1, 3, 5, dan 7 dan mahasiswa dari Perguruan Tinggi eksternal, yaitu Universitas Esa Unggul, Universitas STIE Santa Ursula, STIE Rawamangun serta Universitas Mercu Buana. Acara ini bertujuan untuk memberikan informasi penting mengenai perpajakan dan sistem informasi keuangan yang sedang menjadi perhatian di Indonesia.

Proses registrasi peserta dimulai pada pukul 07.00 WIB dan kegiatan dimulai pada pk. 08.15 dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dipandu oleh Claudia (mahasiswi aktif Universitas Bunda Mulia) dan dilanjutkan dengan menyanyikan Mars Universitas Bunda Mulia oleh seluruh peserta yang hadir. Ibu Ririn Breliastiti, SE., MM selaku Ketua Program Studi Akuntansi dan Albert Wijaya selaku Ketua Acara Seminar Nasional memberikan kata sambutan untuk para peserta seminar.

Acara dilanjutkan dengan Sesi Pertama dengan topik pembahasan Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Mendukung Reformasi Perpajakan Indonesia yang dipandu oleh Bapak Budi Kurniawan, SE., MA., M.Ak, CMA selaku moderator dan Ibu Dr. Siti Nurwahyuningsih Harahap, SE., MBA selaku narasumber. Ibu Nung dalam kesempatan ini memberikan penjelasan yang komprehensif terkait dengan: (1) Sistem Informasi dalam Organisasi; (2) Porter’s Competitive Forces Model; (3) David McKevitt’s Competitive Forces Model for Public Sector; (4) Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan Kemenkeu; (5) Reformasi Perpajakan; (5) Cetak Biru Teknologi Informasi dan Komunikasi DJP; (6) Keterbukaan Informasi (AKASIA); (7) Core Tax System; (8) Pilar-Pilar Pengembangan TIK DJP; dan (9) Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SIDJP). Setelah kurang lebih 50 (lima puluh menit) Ibu Nung membahas materi-materi tersebut, para peserta mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi yang dibuka oleh moderator. Para peserta memperlihatkan antusiasme dengan mencoba untuk bertanya kepada narasumber. Akan tetapi karena keterbatasan waktu, moderator, Bapak Budi Kurniawan, hanya memilih 3 (tiga) peserta, yaitu: (1) Yoan Destriana (semester 7); (2) Dio Fernando (semester 7); dan (3) Magdalena (semester 5) untuk menyampaikan pertanyaan. Di akhir sesi, narasumber kemudian memilih dua penanya terbaik yaitu, Magdalena dan Yoan Destriana untuk diberikan apresiasi berupa souvenir yang telah disiapkan panitia. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian token of appreciation dari Program Studi Akuntansi yang diwakili oleh Ibu Ririn Breliastiti kepada narasumber dan moderator.

Acara kemudian dikembalikan kepada MC Hansen Andersson dan Jessica Emanuella untuk memberikan apresiasi terhadap para sponsor Seminar Nasional, yaitu Catrice Cosmetic, Wiley, PT Emotion, Dynamic, Cuptoyou, WN Mata Optik, Multi Corner, Makaroni Juara, dan Tiga Anak Bawang. Sponsor ini merupakan pendukung acara yang kami selenggarakan dengan melakukan kerjasama antara pihak HIMA ACCASIA dengan pihak sponsor tersebut. Beberapa sponsor membuka stand di Lobby UBM lt.1, dengan menjual beberapa produknya.

Sesi Kedua Seminar Nasional yang mengambil topik Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan kemudian dibuka oleh Ibu Ernie Riswandari, SE., M.Si selaku moderator dan Bapak Dedie sugiarta, S.Sos, SE selaku narasumber. Dalam sesi ini, narasumber memberikan pemaparan materi sebagai berikut: (1) Latar Belakang dan Pertimbangan; (2) Pertukaran Informasi Keuangan; (3) Keterlibatan Indonesia dalam AEOI; (4) Syarat Implementasi AEOI; (5) Batasan Waktu dan Risiko; (6) Sejalan dengan Program Tax Amnesty; (7) Akses Informasi Keuangan; (8) Sifat Pemberian Informasi Keuangan; (9) Subjek Pelapor; (10) Otomatis Perjanjian Internasional (OPI); (11) Otomatis Peraturan Perpajakan (OPP); (12) Permintaan Ditjen Pajak; (13) Perlindungan Kerahasiaan & Sanksi; dan (14) Tantangan dan Kesiapan. Setelah pemaparan materi, para peserta diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab dan dipilih 2 (dua) penanya terbaik yaitu Mega Sari dan Evan Wijaya Santoso untuk diberikan token of appreciation berupa souvenir. Setelah pemaparan materi selesai, acara dilanjutkan dengan pemberian plakat yang disampaikan oleh Ibu Ririn Breliastiti, SE., MM selaku Ketua Program Studi Akuntansi kepada narasumber serta moderator.

Untuk memeriahkan acara, perwakilan dari Mahasiswi aktif Program Studi Akuntansi yang tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa Lollybee membawakan sebuah lagu. Setelah itu acara dipandu MC Hansen Andersson dan Jessica Emanuella untuk pembagian doorprize yang diwakili oleh Albert Wijaya selaku Ketua Acara.

Demikian rangkaian acara Seminar Nasional yang telah kami selenggarakan. Dan diakhir acara, MC memberikan kata penutup serta memandu arus keluar peserta seminar. Setelah para peserta seminar melakukan registrasi ulang, para peserta seminar mendapatkan konsumsi.

Go Biemers!

Silahkan klik tautan ini untuk mengunduh Materi Seminar Nasional Pajak 2017.

Dokumentasi – Registrasi Peserta

Dokumentasi – Pembukaan Acara

Dokumentasi – Sesi Pertama Seminar Nasional

Dokumentasi – Sesi Kedua Seminar Nasional

Dokumentasi – Performance, Penutupan Acara, dan Para Sponsor

Sampai jumpa di acara Seminar Nasional berikutnya!

Kuliah Umum Pajak Internasional bersama Ibu Christine Tjen, M.Int.Tax, CA (04/11/2017)

Sabtu, 04 November 2017
Wulan Pangestuti – Panitia Kuliah Umum Pajak Internasional

Kuliah Umum Pajak Internasional Bersama Ibu Christine, M.Int.Tax, CA

Kuliah Umum Pajak Internasional Bersama Ibu Christine Tjen, M.Int.Tax, CA

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol – “Bridging Education to the Real World” merupakan slogan Universitas Bunda Mulia yang menjadi dasar utama bagi Program Studi Akuntansi untuk menyelenggarakan kegiatan kuliah umum dengan dosen tamu yang merupakan praktisi atau ahli di bidangnya yang tentunya terkait dengan mata kuliah inti akuntansi. Untuk ini, pada hari Sabtu, 04 November 2017, Program Studi Akuntansi bekerja sama dengan HIMA ACCASIA mengadakan Kuliah Umum Pajak untuk mata kuliah Pajak Internasional yang dibawakan oleh Ibu Christine Tjen, M.Int.Tax, CA selaku narasumber dengan dipandu oleh Ibu Ernie Riswandari, SE., M.Si selaku moderator.

Peserta yang hadir adalah sebanyak 88 (delapan puluh delapan) mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia yang berasal dari semester 7 (tujuh) yang sedang mengambil Peminatan Perpajakan dengan bertempat di The UBM Premier Room, Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol. Kuliah Umum ini dimulai dari proses registrasi peserta pada pukul 12.30 WIB dan kemudian dimulai pada pukul 13.00 WIB dengan pembukaan oleh MC Anita (mahasiswi aktif Program Studi Akuntansi semester 3). Acara kemudian diserahkan kepada Ibu Ernie Riswandari, SE., M.Si selaku moderator yang memberikan pembukaan terkait Pajak Internasional dan sekaligus memperkenalkan narasumber.

Ibu Christine Tjen, M.Int.Tax,CA. kemudian membawakan materi inti dengan tema “International Tax Law Principles” yang mencakup 7 (tujuh) agenda pembahasan sebagai berikut:

1.     Concept of International Tax,
2.     Juridical vs Economic double taxation,
3.     World wide income vs territorial income,
4.     Conflicts under international tax law,
5.     Tax Treaty,
6.     Transfer Pricing, dan Anti Tax Avoidance Rule

Pembahasan materi dibawakan secara ringan dengan berbagai macam contoh kasus dan penerapan pajak yang mudah dimengerti sehingga para peserta secara antusias menyimak pemaparan Ibu Christine Tjen secara seksama selama ±90 (sembilan puluh menit) acara berlangsung. Hal ini terlihat dari para peserta yang aktif bertanya seperti: (1) Cressa yang bertanya tentang Peraturan Pajak terkait dengan rasio hutang dengan modal (Debt to Equity RatioDER) yang digunakan sebagai proksi dalam karya ilmiah (skripsi) yang sedang disusun; (2) Livia yang bertanya mengenai spesialisasi dalam dunia pajak dan perbedaan antara pajak yang dipelajari oleh mahasiswa Program Studi Akuntansi dengan Program Studi Administrasi Fiskal; (3) Ivan yang bertanya mengenai dasar atas aturan Transfer Pricing di Indonesia yang ternyata banyak terdapat di Peraturan Menteri Keuangan (PMK); dan Leem Sufia yang bertanya mengenai dasar aturan dari Tax Treaty (P3B) yang mungkin tidak diatur dalam Undang-Undang.

Sesi tanya jawab selama 30 (tiga puluh) menit akhirnya mengakhiri diskusi interaktif  Kuliah Umum Pajak dan dilanjutkan dengan pemberian token of appreciation berupa sertifikat dan plakat dari Universitas Bunda Mulia kepada narasumber Ibu Christine Tjen, M.Int.Tax, CA. yang diwakili oleh Ibu Ernie Riswandari, SE., M.Si. Acara kemudian ditutup dengan foto bersama narasumber, panitia, dan para peserta yang hadir.

Kesuksesan acara ini tidak luput dari kerja sama antara Narasumber, Program Studi Akuntansi, HIMA ACCASIA, dan seluruh peserta yang hadir. Untuk ini, Program Studi Akuntansi mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah membantu kelancaran acara sebagai berikut.

  • Narasumber: Ibu Christine Tjen, M.Int.Tax, CA.
  • Moderator / Dosen Pembina Kegiatan: Ibu Ernie Riswandari, SE., M.Si.
  • Panitia dari HIMA ACCASIA (semester 3):
    • Wulan Pangestuti dan Tan Irine selaku PIC
    • Levina sebagai Koordinator Usher
    • Edo Liunata sebagai Koordinator Registrasi
    • Anita sebagai MC
    • Lisa Manuela sebagai Humas
  • Aktivis (semester 1):
    • Gracia Natasha sebagai panitia registrasi
    • Bryan Alexander Ciptadi dan Yovanda Reycardo sebagai Usher
    • Novita Sari sebagai seksi dokumentasi.

    Seluruh Peserta Kuliah Umum Perpajakan

Sampai jumpa di Kuliah Umum berikutnya.

Go Biemers!

Silahkan klik tautan ini untuk mengunduh

Materi International Tax Law Principles oleh Ibu Christine, M.Int.Tax, CA

Berikut adalah dokumentasi Kegiatan Kuliah Umum Pajak Internasional

Co- Host International Conference: Environmental Management Accounting Network – Asia Pacific (EMAN – AP) – (02/11/2017)

Kamis, 02 November 2017
Ririn Breliastiti – Ketua Program Studi Akuntansi

Co- Host International Conference

Co- Host International Conference

Co- Host International Conference: Environmental Management Accounting Network – Asia Pacific (EMAN – AP)
Environmental and Sustainability Management Accounting (EMA) for The Development of Sustainability and Accountability: Should We Talk Beyond Number?

Jakarta, 02 November 2017 – Bertempat di Hotel Ciputra Jakarta Barat, Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia berkesempatan untuk berpartisipasi sebagai Co-Host kegiatan Seminar dan Call for Paper EMAN-AP, bekerjasama dengan Universitas Trisakti. Program Studi Akuntansi mendukung kegiatan ini termotivasi dengan tema konferensi yang mengusung tema lingkungan dan keberlanjutan. Hal ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan oleh United Nation yang membutuhkan dukungan dari kalangan akademis dan perguruan tinggi.

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai Universitas baik dari Dalam Negeri maupun Luar Negeri. Universitas Bunda Mulia mengirimkan empat paper yang dipresentasikan oleh:

  1. Ririn Breliastiti, SE., MM.
  2. Elfina Astrella Sambuaga, SE., M.S.Ak.
  3. Dr. Temy Setiawan, SE, Ak., M.Ak., CA.
  4. Yohanes Mardinata Rusli, SE., Ak., M.Ak., CA.

Keynote Speech disampaikan oleh the Chairman of EMAN-PA: Dr. Ki Hoon Lee

Panel Session disampaikan oleh:

  • Prof. Carol Tilt (University of South Australia)
  • Paul Butar-Butar, MBA (Green Finance Asia)
  • Koh Niak Wu, Ph.D (Cosmiqo International Pte Ltd and Singapore Management University)
  • Elvia R. Shauki, Ph.D (School of Commerce, UniSA Business School, University of South Australia)

Reviewer pada parallel session adalah:

  • Elvia R. Shauki, Ph.D
  • Dr. Regina Arsjad

Go Biemers!

Mahasiswa Akuntansi UBM Juara National Accounting Student Conference (28/10/2017)

27-28 Oktober 2017
Kenny Fernando dan Elfina Astrella Sambuaga – Program Studi Akuntansi

IMG-20171028-WA0010

Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta – Pada tanggal 27-28 Oktober 2017, telah terselenggara forum ilmiah bagi mahasiswa akuntansi se-Indonesia. Bertempat di Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma mengadakan National Accounting Student Conference 2017 dengan tema “Masa Depan Akuntansi di Indonesia Tahun 2020”. Konsep dari acara ini adalah mahasiswa mempersiapkan masing-masing penelitian ilmiah yang akan dipresentasikan dalam konferensi nasional pada acara tersebut. Tujuan dari pelaksanaan konferensi ini adalah untuk melatih dan membiasakan mahasiswa akuntansi dalam berpikir kritis dan kemampuan berfikir logis melalui wadah ilmiah berupa penulisan dan diskusi.

National Accounting Student Conference ini dibuka untuk seluruh mahasiswa S1 dan Setara dari seluruh Universtas dan STIE di Indonesia. Pada tahap awal, peserta diminta untuk membuat abstrak yang sesuai dengan topik pilihan antara lain adalah: (1) Akuntansi Berbasis Lingkungan, (2) Akuntansi Berbasis Teknologi, dan (3) Akuntansi Sektor Publik.  Diambil 10 Peserta dari ketiga kategori tersebut untuk kemudian diundang ke Universitas Sanata Dharma untuk melakukan Presentasi dan Diskusi sebagai bagian dari penilaian.  10 besar finalis berasal dari Universitas Parahyangan, Univ Tarumanagara, Univ Katolik Soegiyapranata, Univ. Sanata Dharma, Univ. International Batam, Univ. Islam Indonesia, Univ Marwadewa Bali

Pada NASC 2017 ini Universitas Bunda Mulia berhasil meraih 3 Juara dari 6 Juara yang diperebutkan antara lain adalah (1) 1st Runner-Up Best Team, (2) Best Paper Category in Akuntansi Berbasis Teknologi, dan (3) Best Paper Category in Akuntansi Sektor Publik.

  • Tim 1 beranggotakan (Yuta Zefanya, Marco Saputra, dan Delicya Danella) Berhasil meraih  (1) Best Paper Kategori Akuntansi berbasis Teknologi dan (2) 1st Runner-Up Best Team
  • Tim 2 beranggotakan (Sandy Verado, Magdalena, dan Octavia Katherine) Berhasil meraih (1) Best Paper Kategori Akuntansi Sektor Publik

Terus berkarya Bimers…

Gathering Internal Kampus Serpong (24/10/2017)

Selasa, 24 Oktober 2017
Yully Titania – HIMA ACCASIA
Gathering Internal Serpong 2017Universitas Bunda Mulia, Kampus Serpong  – Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi mengadakan acara Gathering Internal yang dihadiri oleh mahasiswa/i baru semester . Para mahasiswa/i terlihat sangat antusias untuk mengikuti acara gathering internal ini. Dimana acara ini ditujukan untuk membangun hubungan relasi yang baik antara mahasiswa/i baru semester 1 dan para pengurus Hima ACCASIA. Gathering internal kali ini dihadiri oleh kurang lebih 40 mahasiswa aktif Program Studi Akuntansi .

Setelah proses registrasi berlangsung, kegiatan diawali dengan kata sambutan dari MC dilanjutkan oleh Bapak Refianto, SE., MM. selaku Sekretaris I Program Studi Akuntansi, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Bernadette Tesalonica selaku Ketua Acara Gathering Internal HIMA ACCASIA 2017. Setelah itu HIMA ACCASIA mengajarkan salam SOF kepada calon anggota HIMA sekaligus pengenalan Divisi & Biro serta sedikit penjelasan singkat mengenai kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu dekat,  dilanjutkan dengan penampilan stand up comedy yang sangat menghibur.  oleh salah satu anggota HIMA ACCASIA.

Untuk memeriahkan acara, panitia mempersiapkan tiga buah games dengan membagi para calon aktivis ke dalam beberapa kelompok. Games pertama dinamakan Satu Hati, setiap kelompok harus mengikuti instruksi yang diberikan oleh panitia dan memperagakan suatu kata dengan cepat secara bersamaan dan harus sesuai dengan gerakan setiap anggota kelompoknya. Games ini mengajarkan kekompakan dalam suatu kelompok.

Games kedua adalah Psikologi Terapan, setiap kelompok diharuskan membuat bentuk-bentuk kata benda sesuai aba-aba yang diberikan oleh panitia dimana games ini mengajarkan kecepatan dan kebersamaan. Games ketiga yaitu Adu Panjang-panjangan, setiap kelompok diminta untuk menyambungkan benda apa saja yang ada di badan mereka untuk disusun memanjang. Games ini mengajarkan kekreatifan dan kerja sama. Keseruan di sesi games ini berakhir dengan pengumuman pemenang dan pemberian hadiah yang diterima oleh perwakilan setiap kelompok.

Rangkaian kegiatan telah selesai dilakukan dan tidak terasa waktu pun berlalu. Acara terakhir sebelum penutupan adalah sesi foto bersama dengan para mahasiswa/i baru, panitia dan dosen. Akhir kata, kami ucapkan Terima Kasih kepada seluruh Dosen Prodi Akuntansi, HIMA Accasia  Periode 2016-2017, dan seluruh Mahasiswa/i baru atas waktu, tenaga, dan kerja samanya dalam memeriahkan Acara Gathering Internal 2017.

Go Biemers!

Semiloka Dosen UBM oleh Dr. Ir. Mahyus Ekananda, MM., M.S.E (16/10/2017)

Kamis, 12 Oktober 2017
Kenny Fernando – Program Studi Akuntansi 

Screen Shot 2017-10-27 at 12.18.38 PM 2

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol - Prodi Akuntansi Universitas Bunda Mulia (UBM) selalu memperhatikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Oleh karena itu, Pelatihan kepada Dosen Prodi Akuntansi UBM senantiasa dilakukan di tiap semester. Kali ini, Semiloka Dosen UBM mengangkat topik Metodologi Penelitian dan Ekonometri guna memperkaya wawasan dosen dalam penelitian. Tertanggal 12 Oktober 2017 (Kamis) telah dilaksanakan Semiloka Dosen tersebut di Labratorium Komputer lantai 4 Universitas Bunda Mulia.

Narasumber pada Semiloka kali ini  adalah Bapak Dr. Ir. Mahyus Ekananda, MM., M.S.E

  1. Merupakan Dosen Pengajar Mata Kuliah Ekonometri 1 dan 2 di Departemen Ilmu Ekonomi – FEB UI
  2. Telah menerbitkan dan/atau menjadi tim penulis untuk 14 buku terkait dengan metodologi penelitian dan ekonometri
  3. Terlibat dalam projek penelitian bersama beberapa kementerian dan lembaga termasuk Bank Indonesia

Bahasan dalam Semiloka Dosen tersebut adalah (1) Metodologi Penelitian dan Ekonoteri, (2) Pengolahan Data Cross, Series, Pannel dalam Penelitian Bisnis, dan (3) Pengenalan Program Stata, E-Views, dan PLS. Pada Semiloka tersebut hadir Ibu Ririn Breliastiti, SE., MM selaku Ka Prodi Akuntansi UBM, Bapak Dr. Temy Setiawan, SE., Ak., M.Ak., CA dan Bapak Refianto, SE., MM., selaku Sekretaris Prodi Akuntansi dan dosen tetap Prodi Akuntansi UBM.

Go Biemers!

Panduan Penulisan Jurnal Akuntansi Bisnis

Kamis, 28 September 2017
Ernie Riswandari – Vice Chief Editor Jurnal Akuntansi Bisnis

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol – Jurnal Akuntansi Bisnis (JAB) adalah jurnal Program Studi Akuntansi, yang berisikan kumpulan hasil penelitian para akademisi maupun kontribusi yang bersifat ilmiah dari professional di bidang akuntansi untuk kemajuan dan pengembangan ilmu akuntansi yang berkaitan dengan dunia industri dan bisnis.

Jurnal akuntansi bisnis diterbitkan secara berkala 2 kali dalam 1 tahun yaitu pada bulan Februari  dan Agustus.

Jurnal akuntansi Bisnis menerima tulisan dalam bentuk riset kuantitatif maupun kualitatif di bidang :

  • Akuntansi Keuangan
  • Akuntansi Manajemen
  • Auditing
  • Perpajakan
  • Sistem Informasi Akuntansi
  • Pasar Modal

Tulisan yang dikirimkan adalah tulisan orisinal yang belum pernah dipublikasikan di media lain dan menggunakan pustaka acuan mutakhir, proporsi terbitan 10 tahun terakhir.

Ketentuan mengunggah artikel:

  1. Artikel yang dikirimkan harus sudah mengikuti format Panduan Penulisan Artikel Jurnal Akuntansi Bisnis (File Panduan Penulisan Artikel JAB terlampir), tanpa perlu menyertakan identitas penulis di dalam artikel dikarenakan artikel tersebut akan melalui proses blind review oleh reviewer dalam bentuk file Ms Word.
  2. Artikel  diunggah  ke portal Jurnal Akuntansi Bisnis melalui link http://journal.ubm.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis
  3. Bagi penulis yang baru pertama kali memasukan artikel di JAB terlebih dahulu daftarkan nama dan identitas penulis (ikuti petunjuk di http://journal.ubm.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis/user/register)

Selamat menulis kami tunggu artikelnya !..

Silahkan klik tautan berikut untuk mengunduh Panduan Penulisan Jurnal Akuntansi Bisnis

Pelaksanaan Festival Pajak 2017 (27/09/2017)

Rabu, 27 September 2017
Prisya Livani & Shely Appriany – Ketua dan Sekretaris Acara Festival Pajak 2017

Lihat Video Festival Pajak 2017 – Tax Center Universitas Bunda Mulia

Foto Bersama Peserta Lomba dan Panitia Festival Pajak 2017

Foto Bersama Peserta Lomba dan Panitia Festival Pajak 2017

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol – Pada hari Rabu, 27 September 2017, dengan bertempat di The UBM Grand Auditorium (TUGA), Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Bunda Mulia (HIMA ACCASIA) dengan didukung oleh Tax Center Universitas Bunda Mulia dan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jakarta Utara mengadakan Gerakan Sadar Pajak dalam rangka memberikan awareness tentang program edukasi kesadaran pajak dan mengasah pengetahuan mahasiswa dengan kegiatan tahunan yang bertajuk Festival Pajak 2017. Adapun tema kegiatan ini adalah Peranan Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kesadaran Pajak Masyarakat. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata kerja sama yang telah terjalin antara Kanwil DJP Jakarta Utara dengan Tax Center UBM semenjak tahun 2013.

Festival Pajak 2017 ini dibagi menjadi dua rangkaian acara, yaitu Lomba Perpajakan dan Seminar Pajak. Lomba Perpajakan terdiri dari 3 (tiga) babak, yaitu: (1) Tes Tertulis; (2) Lomba Cerdas Cermat; dan (3) Orasi Pajak. Kegiatan ini diikuti oleh 64 (enam puluh empat) tim dari 29 (dua puluh sembilan) Perguruan Tinggi dari empat Provinsi, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Sedangkan untuk Seminar Pajak dihadiri oleh ± 700 (tujuh ratus) peserta dari kalangan Mahasiswa, Akademisi, dan Praktisi. Rangkaian acara dimulai dengan Lomba Tes Tertulis yang dilanjutkan dengan Seminar Pajak, kemudian Lomba Cerdas Cermat dan diakhiri dengan Lomba Orasi Pajak. Acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama oleh Peserta Lomba dan seluruh Panitia Tax Center UBM serta Tim Kanwil DJP Jakarta Utara.

Akhir kata, panitia mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas dukungan yang diberikan oleh seluruh pihak dan mohon maaf jika masih ada kekurangan. Sampai bertemu di Festival Pajak berikutnya!

Go Biemers Siapkan Generasi Masa Depan yang Sadar Membayar Pajak!

 

Laporan Kegiatan Festival Pajak 2017 + Dokumentasi

Peserta Lomba Pajak

Registrasi peserta Lomba Tes Tertulis mulai dibuka semenjak pukul 07.00 WIB di The UBM Grand Auditorium (TUGA) dengan total 64 (enam puluh empat) tim dari 29 (dua puluh sembilan) Perguruan Tinggi Nasional sebagai berikut.

  • Akademi Akuntansi Bina Insani
  • Binus University
  • Institut STIAMI
  • Politeknik Keuangan Negara STAN
  • Politeknik LP3I
  • Politeknik Negeri Jakarta
  • President University
  • STIE Jayakusuma
  • STIE Sutaatmadja
  • STIE YAI
  • Swiss German University
  • Tanri Abeng University
  • Universitas Bunda Mulia
  • Universitas Esa Unggul
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Majalengka
  • Universitas Multimedia Nusantara
  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Negeri Surabaya
  • Universitas Pamulang
  • Universitas Pancasila
  • Universitas Pembangunan Jaya
  • Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Universitas Telkom
  • Universitas Trilogi
  • Universitas Trisakti
  • Universitas Trisakti D3 Perpajakan
  • Universitas Widyatama

Lomba Tes Tertulis

Lomba tes tertulis dimulai tepat pada pukul 08.10 WIB setelah Ketua Acara, Prisya Livani, menyampaikan Laporan Kegiatan dan Koodinator Lomba, Sandy Verado, membacakan Peraturan Tes Tertulis. Masing-masing tim peserta lomba kemudian diberikan waktu selama 60 menit untuk mengerjakan 50 (lima puluh) soal pilihan ganda yang disusun oleh Tim Kanwil DJP Jakarta Utara. Selanjutnya, 20 (dua puluh) peserta dengan nilai tertinggi akan memasuki Lomba Cerdas Cermat.

Seminar Pajak

Rangkaian Acara kemudian dilanjutkan kembali pada pukul 09.30 WIB dengan kegiatan Seminar Pajak yang dipandu oleh Bapak Rian Ramdani dan Ibu Laura Theophilia Silaen dari Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah Jakarta Utara. Acara dibuka dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin oleh Catherine Tania (mahasiswa aktif Universitas Bunda Mulia) yang dilanjutkan dengan menyanyikan Mars DJP dan Mars UBM. Bapak Pontas Pane selaku Kepala Kantor Wilayah DJP Jakarta Utara dan Ibu Kandi Sofia S. Dahlan, MBA, Ph.D, selaku Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Bunda Mulia memberikan kata sambutan untuk para peserta seminar.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai pentingnya kesadaran akan pajak yang dibawakan oleh tim Kanwil DJP Jakarta Utara yang diwakili oleh Bapak Cahyonandi Wardhono, S.H., M.M., sebagai moderator, dan Bapak Max Darmawan, M. Tax., selaku narasumber. Para peserta terlihat memperhatikan dengan antusias dan partisipatif penyajian materi melalui pemaparan narasumber, video pajak, dan slide yang dapat diunduh melalui tautan berikut: Video Manfaat Pajak, Video Sarimpi Bayar Pajak, Video Pajak Bertutur,  dan Slide Materi Peranan Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kesadaran Pajak Masyarakat

Setelah pemaparan materi selesai, acara kemudian dipandu oleh MC Arvian Yoel dan Catherine Tania untuk mengumumkan 20 (dua puluh) tim peserta lomba yang akan maju ke lomba Cerdas Cermat. Untuk menghibur para peserta Seminar Pajak, Victoria Philly, perwakilan dari The Voice of UBM (The VOU), membawakan sebuah lagu sebelum istirahat makan siang.

Para Partisipan Seminar Pajak

Antusiasme para Peserta Seminar Pajak terlihat dari banyaknya peserta yang ingin terlibat aktif dalam diskusi interaktif yang dibawakan oleh moderator dan narasumber. Sebagai apresiasi terhadap para peserta, pihak Kanwil DJP Jakarta Utara membagikan beberapa hadiah dan souvenir bagi para peserta.

Pemberian Token of Appreciation antara Tax Center UBM dan Kanwil DJP Jakarta Utara

Di akhir penyampaian materi sosialisasi pajak, sebagai apresiasi atas kerjasama yang telah berjalan dengan baik antara Tax Center Universitas Bunda Mulia dan Kanwil DJP Jakarta Utara, Ibu Kandi Sofia S. Dahlan, MBA, Ph.D selaku Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Bunda Mulia memberikan token of appreciation berupa plakat dan karikatur kepada Bapak Pontas Pane selaku Kepala Kanwil DJP Jakarta Utara. Selanjutnya Bapak Pontas Pane selaku Kepala Kanwil DJP Jakarta Utara juga memberikan token of appreciation berupa plakat kepada Ibu Kandi Sofia S. Dahlan, MBA, Ph.D.

Pemberian token of appreciation berupa plakat juga diberikan oleh Bapak Budi Kurniawan, S.E., MA, M.Ak., CMA selaku Sekretaris Tax Center Universitas Bunda Mulia kepada Bapak Max Darmawan, M. Tax. sebagai pembicara dan Bapak Cahyonandi Wardono, S.H., M.M., selaku moderator Seminar Pajak.

Ibu Ririn Breliastiti, S.E., M.M., selaku Ketua Tax Center Universitas Bunda Mulia, kemudian memberikan token of appreciation berupa plakat kepada Ibu Siti Nur Aini. S.S.T., Ak., M.Sc., Bapak Suparmin, S.E., M.M., dan Bapak Haryono, S.E., M.T., selaku Dewan Juri Lomba Festival Pajak 2017.

Lomba Cerdas Cermat

Setelah istirahat makan siang, Lomba Cerdas Cermat dimulai pada pukul 13.45 WIB. Dalam babak ini, 20 (dua puluh) tim yang memperoleh nilai tertinggi dalam Tes Tertulis dibagi menjadi 4 (empat) batch dimana 1 (satu) batch terdiri dari 5 (lima) tim yang diundi oleh Bapak Budi Kurniawan, SE., MA, M.Ak., CMA selaku Sekretaris Tax Center Universitas Bunda Mulia dengan hasil sebagai berikut.

  • Batch 1 terdiri atas STIE Sutaadmadja (1062), Universitas Trisakti (1015), Universitas Trisakti D3 Perpajakan (1050), Binus University (1024), dan Universitas Swadaya Gunung Jati (1017).
  • Batch 2 terdiri atas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (1062), Politeknik Keuangan Negara STAN (1015), Universitas Bunda Mulia (1050), Politeknik Keuangan Negara STAN (1024), dan Universitas Trisakti (1017).
  • Batch 3 terdiri atas Universitas Multimedia Nusantara (1051), Universitas Bunda Mulia (1002), Universitas Swadaya Gunung Jati (1019), Universitas Indonesia (1011), dan Universitas Esa Unggul (1055).
  • Batch 4 terdiri atas Universitas Swadaya Gunung Jati (1018), Universitas Widyatama (1053), Akademi Akuntansi Bina Insani (1005), Politeknik Keuangan Negara STAN (1023), dan Politeknik Negeri Jakarta (1030).

Setelah membagi tim peserta untuk setiap batch, panitia lomba membacakan peraturan untuk Lomba Cerdas Cermat. Dalam lomba tersebut setiap tim dalam setiap batch harus menjawab 2 (dua) soal wajib dan 5 (lima) soal rebutan yang disusun oleh Tim Kanwil DJP Jakarta Utara. Penilaian dilakukan oleh 3 (tiga) orang Dewan Juri yang terdiri atas: (1) Bapak Suparmin, S.E., M.M. ; (2) Ibu Siti Nur Aini, S.S.T., Ak., M.Sc.; (3) Bapak Haryono, S.E., M.T. Tim dengan nilai tertinggi dari setiap batch akan maju ke babak orasi.

Empat tim yang berhasil masuk ke dalam babak orasi adalah sebagai berikut:

  • Binus University dengan anggota: Sonnia Christin, Cecilia Novita, dan Lusiana
  • Universitas Bunda Mulia dengan anggota: Arvi Hermawan, Putra Utama Wijaya, dan Leem Sufia
  • Universitas Indonesia dengan anggota: Dhanika Purnasari,  Muhammad Nova Nurvianto, dan Dessy
  • Politeknik Keuangan Negara STAN dengan anggota : M. Enteguh Syach Ginting, Yolanda Permata Yanra, dan Muhammad Ilham Maulana

Apresiasi untuk Teks Orasi Terbaik

Sebagai apresiasi atas teks orasi yang sudah dibuat oleh seluruh peserta lomba, Dewan Juri dari Kanwil DJP Jakarta Utara memilih 5 (lima) Teks Orasi Terbaik sebagai berikut:

  • Politeknik LP3i – 1061
  • Institut STIAMI – 1009
  • Presiden University – 1037
  • Politeknik Negeri Jakarta – 1030
  • STIE Sutaatmadja – 1063

Pemberian penghargaan atas Teks Orasi Terbaik ini diberikan oleh Ibu Kandi Sofia S. Dahlan, MBA., Ph.D selaku Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Bunda Mulia.

 Lomba Orasi

Pemenang dari setiap batch kemudian melanjutkan rangkaian  lomba ke Orasi Pajak untuk memperebutkan posisi Juara 1, Juara 2, Juara 3, dan Juara Harapan 1. Pada babak Orasi Pajak ini, perwakilan dari 4 (empat) tim yang berhasil lolos akan melaksanakan orasi dengan tema ”Peranan Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kesadaran Pajak Masyarakat”. Tiap peserta diberikan waktu untuk selama 8 menit, dimana 5 menit untuk orasi, 1 menit untuk juri bertanya dan 2 menit untuk peserta menjawab.

 Pemenang Lomba Pajak 2017

Dewan Juri yang diwakili oleh Bapak Haryono, S.E., M.T., kemudian mengumumkan hasil Lomba Orasi Pajak 2017 sebagai berikut.

  • Juara 1 - Politeknik Keuangan Negera STAN (1023) dengan nilai 90,72
  • Juara 2Universitas Bunda Mulia (1001) dengan nilai 89,22 ,
  • Juara 3Binus University (1024) dengan nilai 88,83
  • Juara Harapan 1 –  Universitas Indonesia (1011) dengan nilai 86,13.

Peserta yang berhasil memenangkan juara Lomba Pajak 2017 memperoleh hadiah berupa piala, sertifikat, dan uang tunai. Penyerahan hadiah Juara dilakukan oleh Bapak Parismatua L. Tobing selaku Ketua Bidang P2 HUMAS Kanwil DJP Jakarta Utara.

 

Gathering Internal HIMA ACCASIA 2017 (14/09/2017)

Kamis, 14 September 2017
Lutfi Haniffah (11160148) – HIMA ACCASIA
Gathering Internal HIMA ACCASIA - 14 September 2017
Universitas Bunda Mulia, Kampus AncolHimpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia mengadakan acara Gathering Internal di The UBM Seminar Room (TUSR).  Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 70 (tujuh puluh) mahasiswa aktif Program Studi Akuntansi semester 1 yang terlihat sangat antusias untuk mengikuti acara Gathering Internal ini. Acara ini bertujuan untuk membangun hubungan yang baik antara mahasiswa semester 1 (calon aktivis HIMA ACCASIA) dan para pengurus Hima ACCASIA.

Setelah proses registerasi,  kegiatan diawali dengan kata sambutan dari Ibu Ririn Breliastiti, SE., MM. selaku Ketua Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia, dan kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Bernadette Tesalonica selaku Ketua Acara Gathering Internal HIMA ACCASIA 2017. Selain itu tak lupa ada pula pesan dan kesan yang disampaikan oleh HIMA ACCASIA Periode 2016-2017 yang diwakili oleh Catherine Tania dan Shely Appriany. Setelah ini, Wulan Pangestuti dan Teissya Stevani selaku Ketua dan Wakil Ketua HIMA ACCASIA Periode 2017-2018 memperkenalkan Divisi dan Biro yang ada di HIMA ACCASIA dan penjelasan singkat mengenai kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Untuk memeriahkan acara, panitia mempersiapkan dua buah games dengan membagi para calon aktivis ini ke dalam kelompok-kelompok kecil. Dalam game pertama, yang dinamakan Satu Hati, setiap kelompok harus mengikuti instruksi yang diberikan oleh panitia dan memperagakan suatu kata dengan cepat secara bersamaan dan harus sesuai sesuai dengan gerakan setiap anggota kelompok. Game pertama ini mengajarkan kekompakan dalam suatu kelompok. Game kedua, Psikologi Terapan, setiap kelompok diharuskan membuat bentuk-bentuk kata benda sesuai aba-aba yang diberikan oleh panitia di mana game ini mengajarkan kecepatan dan kebersamaan. Keseruan dalam sesi game ini berakhir dengan pengumuman pemenang game dan pemberian hadiah yang diterima oleh perwakilan kelompok.

Semua rangkaian kegiatan dalam acara Gathering Internal ini sudah dilaksanakan dan kemudian ditutup dengan sesi foto bersama dengan semua panitia dan peserta. Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh Dosen Program Studi Akuntansi, HIMA Accasia Periode 2016-2017 dan HIMA Accasia periode 2017-2018, dan seluruh Mahasiswa Semester 1 atas waktu, tenaga, dan kerja samanya dalam memeriahkan Acara Gathering Internal 2017.

Go Biemers!

Seminar Nasional Pajak (10/11/2017)

06 Oktober 2017
Arvian Yoel – Panitia Humas Seminar Nasional Pajak 2017

S_6834798454641

[ACCASIA] Accounting Association of Bunda Mulia University proudly present In November 2017!
Seminar Nasional dengan Tema “Perpajakan Indonesia di Era Teknologi dan Keterbukaan Informasi Keuangan, Tantangan bagi Profesi Akuntan”
Dimana Seminar ini akan diadakan pada :
Hari/Tanggal : Jumat, 10 November 2017
Pukul : 08.00 – Selesai (Open Gate : 07.00)
Tempat : The UBM Grand Auditorium
Lt.8 Universitas Bunda Mulia ( Kampus Ancol )

Price :
- Mahasiswa UBM : Rp 75.000
- Mahasiswa Universitas lain & Umum : Rp 85.000
Dengan harga spesial ini teman-teman sudah mendapat certificate, lunch, dan 1 point untuk mahasiswa Universitas Bunda Mulia

Pembayaran melalui transfer ke rekening BCA Yayasan Pendidikan Bunda Mulia : 211-301-2340
Pembayaran sudah dapat dilakukan mulai tanggal 5 Oktober 2017

For More Information :
Twitter : @HIMAaccasia
IG : hima.accasia
FB : Hima Accasia Ubm
Path : Hima Accasia UBM

CP  :
1. Teissya Stevani – 081291039761 (Line id : teissyastevani9797)
2. Arvian Yoel – 081514438647 (Line id : arvianyt)

IMG-20171102-WA0000