Panduan Penulisan Jurnal Akuntansi Bisnis

Kamis, 28 September 2017
Ernie Riswandari – Vice Chief Editor Jurnal Akuntansi Bisnis

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol – Jurnal Akuntansi Bisnis (JAB) adalah jurnal Program Studi Akuntansi, yang berisikan kumpulan hasil penelitian para akademisi maupun kontribusi yang bersifat ilmiah dari professional di bidang akuntansi untuk kemajuan dan pengembangan ilmu akuntansi yang berkaitan dengan dunia industri dan bisnis.

Jurnal akuntansi bisnis diterbitkan secara berkala 2 kali dalam 1 tahun yaitu pada bulan Februari  dan Agustus.

Jurnal akuntansi Bisnis menerima tulisan dalam bentuk riset kuantitatif maupun kualitatif di bidang :

  • Akuntansi Keuangan
  • Akuntansi Manajemen
  • Auditing
  • Perpajakan
  • Sistem Informasi Akuntansi
  • Pasar Modal

Tulisan yang dikirimkan adalah tulisan orisinal yang belum pernah dipublikasikan di media lain dan menggunakan pustaka acuan mutakhir, proporsi terbitan 10 tahun terakhir.

Ketentuan mengunggah artikel:

  1. Artikel yang dikirimkan harus sudah mengikuti format Panduan Penulisan Artikel Jurnal Akuntansi Bisnis (File Panduan Penulisan Artikel JAB terlampir), tanpa perlu menyertakan identitas penulis di dalam artikel dikarenakan artikel tersebut akan melalui proses blind review oleh reviewer dalam bentuk file Ms Word.
  2. Artikel  diunggah  ke portal Jurnal Akuntansi Bisnis melalui link http://journal.ubm.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis
  3. Bagi penulis yang baru pertama kali memasukan artikel di JAB terlebih dahulu daftarkan nama dan identitas penulis (ikuti petunjuk di http://journal.ubm.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis/user/register)

Selamat menulis kami tunggu artikelnya !..

Silahkan klik tautan berikut untuk mengunduh Panduan Penulisan Jurnal Akuntansi Bisnis

Templat File Penyusunan Skripsi

03 Juni 2017
Budi Kurniawan – Program Studi Akuntansi

Mahasiswa harus menyusun karya akhir (ilmiah) dengan susunan yang sempurna baik dari urutan kerangka pembahasan, tata bahasa, format cetak, format halaman, format gambar, format tabel, dan lain-lain agar karya yang dihasilkan menjadi sebuah hasil karya ilmiah yang baik dan benar.

Untuk ini, Program Studi Akuntansi menyediakan file Templat Skripsi UBM, file Templat Kertas Pembatas, dan Pedoman Penggunaan Template Skripsi UBM. Mahasiswa diharapkan mempelajari bagaimana cara penggunaan file Templat Skripsi UBM dengan menggunakan pedoman yang akan dibahas di modul ini.

Selamat Mengerjakan Skripsi

Go Biemers!

Templat Skripsi UBM (Ganjil 2017) – Word 2016

Templat Skripsi UBM (Ganjil 2017) – Word 97-03

Halaman Pembatas Bab (Ganjil 2017)

Pedoman Penggunaan Templat Skripsi (Ganjil 2017)

Pelatihan Brevet A/B Batch 2

Brevet AB Batch 2

Welcoming Freshmen 2018 – Kampus Serpong (10/08/2018)

Banner

Banten, Kampus Serpong – Pada hari Jum’at, 10 Agustus 2018, Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia mengadakan Welcoming Freshmen 2018 untuk Kampus Serpong, Alam Sutra dengan tujuan untuk memberikan pengenalan seputar Program Studi Akuntansi. Acara dimulai setelah istirahat siang pada pukul 13:30 WIB dengan foto bersama di depan Kampus Serpong, yang kemudian dilanjutkan dengan memasuki ruangan 303, 304, dan 305.

Di ruang 303, Ibu Ririn Breliastiti, S.E.,M.M., selaku Ketua Program Studi Akuntansi, memberikan pemaparan tentang perkuliahan, para pengajar, kurikulum, mata kuliah, peminatan, pengisian KRS, Satuan Acara Perkuliahan, sistem WileyPlus dan lain sebagainya. Di ruang 304, Ibu Devica Pratiwi S.E.,M.Ak., selaku Dosen Akuntansi di Kampus Serpong, mengenalkan sistem WileyPlus yang akan membantu perkuliahan mata kuliah Prinsip Akuntansi 1, Prinsip Akuntansi 2, Akuntansi Keuangan Menengah 1, dan Akuntansi Keuangan Menengah 2 dan materi berkaitan dengan perkuliahan . Sedangkan di ruang 305, materinya adalah pengenalan Himpunan Mahasiswa Akuntansi yang bernama Accasia (Accounting Association of Bunda Mulia University) yang dibawakan Wulan Pangestuti, selaku Ketua Hima periode 2017/2018 dan Tri Mahathir, selaku ketua Hima periode 2018/2019. Diakhir penyampaian materi di setiap ruangan, Program Studi Akuntansi memberikan hadiah berupa kalkulator, flashdisk, binder, dan voucher belanja untuk mahasiswa baru yang aktif bertanya dan menyampaikan pendapatnya.

Selanjutnya pada pukul 15.00 WIB, Ibu Ririn Breliastiti, S.E.,M.M., dan Ibu Devica Pratiwi S.E.,M.Ak., berpindah ke ruangan 305 untuk menyampaikan materi yang sama yang disampaikan di ruangan 303 dan 304. Sedangkan Wulan Pangestuti berpindah ke ruang 303 untuk mengenalkan Hima Accasia kepada mahasiswa baru dan Tri Mahathir juga berpindah ke ruang 304 untuk menyampaikan materi seputar Hima Accasia.

Keseruan Acara Welcoming Freshmen 2018 Program Studi Akuntansi UBM yang bertempat di Kampus Serpong, Alam Sutra harus berakhir pada pukul 16:00 WIB. Kesusksesan acara ini tidak lepas dari dukungan Dosen Prodi Akuntansi, Hima Accasia 2018,  perwakilan Mahasiswa/i Senior dan Mahasiswa/i baru Program Studi Akuntansi.

Akhir kata kami mengucapkan terimakasih untuk seluruh partisipan yang terlibat atas waktu, tenaga, dan kerjasamanya dalam memeriahkan Acara Welcoming Freshmen Program Studi Akuntansi 2018.

Go Biemers!

Pengabdian Kepada Masyarakat “Analisis Laporan Keuangan di Era Digital” di SMK Bonavita (24/07/18)

Selasa, 24 Juli 2018
Accurate Center – Program Studi Akuntansi

IMG_1048

SMK Bonavita, Tangerang – Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di SMK Bonavita, Tangerang. Kegiatan ini melibatkan 7q dosen, yaitu Bapak Refianto, SE., MM., Bapak Piter Nainggolan, SE., Ak., MM., Bapak Herry Cornelius Hutabarat, SH., SE., M.Si., Ak., Ibu Merna, SE., MSM., Ibu Theresia Hesti Bwarleling, SE., M.Ak., Ibu Kurniawati, SE., M.Ak., dan Ibu Devica Pratiwi, SE., M.Ak. Kegiatan ini juga disupport 3 mahasiswa/i aktif program studi Akuntansi yaitu Paddy Primoto Putra, Tan Irine, dan Novita Sasqia Putri. Tim dosen dan mahasiswa/i disambut hangat oleh Kepala SMK Bonavita, Bapak Kristanto, S.Pd., MM.

Target Kegiatan PKM kali ini adalah siswa/i kelas XII dengan program studi Akuntansi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 3 ruangan dengan pembahasan materi yang berbeda, yaitu:

  • Ruang 1, dipimpin oleh Ibu Devica Pratiwi, SE., M.Ak. dan Bapak Refianto, SE., MM., memberikan materi teori dan praktek pengerjaan persiapan data awal perusahaan dengan cara import data dan menyusun laporan keuangan dengan secara komputerisasi menggunakan software ACCURATE.
  • Ruang 2, dipimpin oleh Ibu Kurniawati, SE., M.Ak. dan Ibu Theresia, SE., M.Ak. dengan materi “Analisis Laporan Keuangan”, mengajarkan bagaimana siswa/i membaca hasil laporan keuangan perusahaan untuk proses pengambilan keputusan.
  • Ruang 3, dipimpin oleh Bapak Piter Nainggolan SE., Ak., MM., Ibu Merna SE., MSM., dan Bapak Herry Cornelius Hutabarat, SH., SE., M.Si., Ak. yang membawakan materi “Akuntansi Biaya” untuk menghitung biaya produksi sederhana.

Setiap siswa/i di masing-masing ruangan juga dilakukan rolling class agar dapat menerima materi di ruangan lain.

Pelaksanaan kegiatan ini disambut antusias oleh siswa-siswi kelas XII prodi Akuntansi yang berjumlah hampir 90 orang, diskusi berjalan aktif dan dimeriahkan dengan mini quiz/ games berhadiah yang dilakukan secara berkelompok. Setiap kegiatan diruang kelas ditutup dengan pemberian hadiah dan foto bersama.

Terlaksananya kegiatan ini diharapkan dapat memberi manfaat berupa tambahan pengetahuan secara softskill dan hardskill siswa-siswi kelas XII serta memberikan pembekalan awal dalam menjalankan kegiatan belajar di kelas XII dan merasakan pengalaman mengikuti materi yang ada di bangku perkuliahan.

Go Biemers …!!!

Semiloka Dosen Akuntansi (18/07/18)

SEMILOKA DOSEN PROGRAM STUDI AKUNTANSI

“CURRENT ISSUE IN CONTEMPORARY ACCOUNTING”

Devica Pratiwi – Program Studi Akuntansi
Rabu, 18 Juli 2018

2018 07 18 - Semiloka Dosen 03

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol - Perkembangan penelitian di bidang akuntansi terus berkembang. Tentunya hal ini menjadi perhatian akademis terutama dosen untuk menambah wawasan terkait dengan perkembangan isu ataupun ilmu itu sendiri. Hal ini akan berdampak pada kualitas penelitian ataupun kualitas bimbingan terhadap mahasiswa. Oleh karena itu, Program Studi Akuntansi menyelenggarakan kegiatan Semiloka Dosen yang mengangkat tema Current Issue in Contemporary AccountingPenyelenggaran kegiatan telah dilaksanakan pada Rabu, 18 Juli 2018 pk 08.30 – pk 13.00 di Universitas Bunda Mulia – Kampus Ancol.

Program Studi Akuntansi mengundang Dr. Istianingsih Sastrodiharjo, M.S.Ak., CA., CSRS, CSRA, CMA, CBV, CACP sebagai narasumber dalam kegiatan ini. Beliau merupakan Pengurus Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI-KAPd), Wilayah Jakarta & Banten dan tetap aktif menjadi Dosen Prodi Akuntansi S1 dan S3 di beberapa Perguruan Tinggi. Selain itu dalam dunia usaha – dunia industri, Dr. Istianingsih Sastrodiharjo adalah Direktur Utama PT Karisma Matadata SInergi (CEO Karisma Business Consulting) dan PT SinarLintang Sejahtera – Jakarta, serta juga merupakan pemilik/Komisaris CV Bagaskara – Tangerang.

Pada pelaksanaan kegiatan, pembukaan dilakukan oleh Bpk. Piter Nainggolan, SE., Ak., MM. sebagai pembawa acara dan moderator kegiatan semiloka dosen, dilanjutkan oleh sambutan Kaprodi Akuntansi Ibu Ririn Breliastiti, SE., MM. Kegiatan ini disambut hangat dan dihadiri oleh dosen-dosen Akuntansi: Bpk. Refianto, Bpk. Dr. Temy Setiawan, Bpk. Herry C. Hutabarat, Bpk. Yohanes M. Ruslo, Bpk. Wendy Salim Saputra, Bpk. Agus Suryanto, Bpk. Kenny Ardillah, Ibu Merna, Ibu Ernie Riswandari, Ibu Rina Nur Chasanah, Ibu Kurniawati, Ibu Elfina A. Sambuaga dan Ibu Devica Pratiwi.

Materi disampaikan oleh Ibu Dr. Istianingsih mengenai topik-topik penelitian dalam bidang akuntansi kontemporer yang masih dapat dibahas hingga saat ini dan teknik-teknik membuat judul dan isi penelitian yang menarik. Selanjutnya pembahasan mengenai sumber-sumber data/ objek penelitian yang dapat ditelusuri dan digunakan. Antusiasme mengikuti kegiatan semiloka semakin meningkat ketika diskusi tanya jawab oleh Pak Yohanes, Ibu Elfina, Ibu Ririn dan Pak Piter. Pertanyaan dan diskusi interaktif yang diajukan seputar topik Accounting Education atau Accounting Religious dan kesesuaiannya dengan penelitian di bidang akuntansi, kemudian mengenai penelitian di bidang UMKM tentang proses dan kemudahan pengambilan data yang telah tersedia di Kementrian UMKM. Dilanjutkan bahasan mengenai sumber data/ objek penelitian berupa perbandingan interim report dengan annual report. Dalam pembahasan narasumber juga menyampaikan pengalaman beliau ketika menjadi tim penilai Sustainability Reporting Award.

Pemaparan materi diakhiri dengan kesimpulan dan quote dari Dr. Istianingsih: “Standing on the Shoulders of The Giant”. Selanjutnya kegiatan semiloka ditutup moderator dengan pemberian token of appreciation berupa plakat & sertifikat oleh Ibu Ririn Breliastiti, SE., MM mewakili Program Studi Akuntansi dan foto bersama seluruh dosen prodi akuntansi UBM.

Sehingga dengan pelaksanaan semiloka ini, dosen-dosen prodi akuntansi memiliki tambahan pengetahuan mengenai topik penelitian di bidang akuntansi kontemporer, sehingga untuk di masa depan diharapkan variasi penelitian para dosen menjadi lebih banyak dan semakin meningkat tidak hanya kuantitas, tetapi juga kualitas.

Go Biemers…!!!

Hari Pajak (11/07/18)

Rabu, 11 Juli 2018
Tax Center UBM – Program Studi Akuntansi

WhatsApp Image 2018-07-11 at 15.40.37

Kantor Pusat DJP, Jakarta –  Pada hari Rabu, 11 juli  2018 bertempat di Auditorium Cakti Buddi Bhakti, Program Studi Akuntansi bersama dengan HIMA ACCASIA (Himpunan Mahasiswa Akuntansi Accounting Association of Bunda Mulia University) menghadiri acara Hari Pajak yang diadakan oleh Direktorat Jendral Pajak (DJP) dalam rangka ikut memeriahkan hari pajak yang jatuh pada tanggal 14 juli 2018. Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih sebanyak 1.084 peserta yang terdiri dari mahasiswa sebagai relawan pajak, dosen, awak media dan para pejabat di lingkungan kementerian keuangan.

Setelah peserta melakukan registrasi dan menunggu peserta dari kampus lain serta para pimpinan DJP datang, acara diisi dengan hiburan. Kemudian ketika peserta sudah lengkap dan para pimpinan DJP sudah memasuki tempat berlangsungnya kegiatan, acara ini dimulai dengan menyanyikan lagu indonesia raya dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Bapak Robert Pakpahan selaku Direktur Jendral Pajak. Setelah itu acara dimulai oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia Ibu Sri Mulyani Indrawati dengan menyampaikan kondisi perpajakan indonesia saat ini dan pentingnya reformasi perpajakan. Beliau juga mengapresiasi seluruh relawan pajak dari berbagai Universitas dan Perguruan Tinggi yang sudah bergabung karena memiliki fungsi untuk negara, Menteri Keuangan dan DJP yaitu, mampu mengumpulkan penerimaan pajak dengan UU yang dimilikinya, mampu melayani masyarakat dengan baik, dan mampu mendongkrak ekonomi negara.

Acara seminar ini juga dihadiri oleh enam narasumber dari latarbelakang yang berbeda-beda yaitu, Prof. Dr. Dra. HaulaRosdiana, M.Si (Guru Besar Bidang Ilmu kebijakan Pajak pada Universitas Indonesia); Darussalam, SE., AK., CA., M.Si., LL.M Int Tax (Pengamat Perpajakan/Anggota Tim Reformasi Perpajakan); Ir. Suryopratomo (Direktur Utama Metro TV); Mukhamad Misbakhun, SE, MH (Anggota Dewan Perwakilan Rakyat); YustinusPrastowo (Direktur Eksekutif Center For Indonesia Tax Analysis – CITA); dan Muhammad Idrus (Ketua Kompartemen Modal dan Investasi Badan Pengurus Pusat Himpunan Pemgusaha Muda Indonesia) dengan membahas banyak topik mulai dari sejarah pajak, perbaikan sistem pajak, fungsi pajak dalam perekonomian negara, pajak dari sudut pandang pelaku usaha, edukasi masalah perpajakan indonesia, dan lain-lain

Sebagai Penutup Seminar Pajak dalam Rangka Memperingati Hari Pajak, para narasumber menyimpulkan bahwa kepercayaan, kebersamaan, kepatuhan, dan bergotongroyong bisa membuat indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

Kegiatan ini ditutup dengan pesan dari Bapak Robert Pakpahan agar seminar ini dapat bermanfaat bukan hanya bagi para peserta tapi juga bagi negara.

Akhir kata, semoga dengan adanya kegiatan ini para relawan pajak tetap semangat dalam melayani Wajib Pajak nantinya dan bisa membawa nama baik Universitas dan Perguruan Tinggi masing-masing di lingkungan sekitar.

Go Biemers!!!

Seminar Kurikulum Berbasis SN-DIKTI dan Workshop Penyusunan RPS (04-06/06/18)

Rabu, 06 Juni 2018
Devica Pratiwi – Program Studi Akuntansi

2018 06 04 - Seminar Kurikulum Berbasis SN-DIKTI dan Workshop Penyusunan RPS 06

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol – Sesuai dengan slogan “Bridging Education to The Real World”, Departemen Quality Learning Universitas Bunda Mulia mengadakan kegiatan seminar untuk seluruh dosen untuk memperkaya pengetahuan dan skill dosen dalam memperbaruhi teknik pembelajaran sesuai dengan kurikulum. Mengangkat tema seminar dan workshop “Kurikulum Berbasis SN-DIKTI dan Workshop Penyusunan RPS” dengan mengundang dr. Liliana Sugiharto, M.S. PAK (K) sebagai narasumber yang termasuk dalam Tim Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Penyelenggaran seminar dan workshop ini dilaksanakan selama 2 hari: Senin, 4 Juni 2018 dan Rabu, 6 Juni 2018. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen-dosen Program Studi Akuntansi, Manajemen, Ilmu Komunikasi, Hospitality & Pariwisata, Perhotelan, Bahasa & Budaya Tionghoa, Bahasa & Budaya Inggris, Psikologi, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknik Industri, dan Desain Komunikasi Visual.

Pada hari pertama, dr. Liliana Sugiharto, M.S. PAK (K) menyampaikan materi KKNI dan Kurikulum Berbasis SN-DIKTI dimulai dari pembahasan dasar hukum, timeline pengembangan KKNI, hingga implikasi KKNI dan SN DIKTI pada Pendidikan Tinggi. Selanjutnya materi dilanjutkan dengan topik seputar Penyusunan Matriks Capaian Pembelajaran dan Bahan Kajian yang menjelaskan mengenai profil lulusan, capaian pembelajaran lulusan, pembentukan dan penyusunan mata kuliah, menetapkan sks, hingga penyusunan struktur/kerangka kurikulum. Siang hari dilanjutkan oleh masing-masing Program studi, termasuk Prodi Akuntansi dalam berdiskusi menyusun matriks capaian pembelajaran untuk mata kuliah akuntansi.

Berikutnya pada hari kedua, dr. Liliana Sugiharto, M.S. PAK (K) melanjutkan materi tentang RPS dan Model Pembelajaran. Pembahasan dimulai dari proses penyusunan RPS dengan merumuskan CP-MK dan sub CP-MK, menentukan bahan kajian, menentukan metode/bentuk pembelajaran untuk mencapai sub CP-MK, hingga menentukan nilai pembelajaran. Selanjutnya Bu Liliana menjelaskan materi Penilaian dan Penyusunan Rubrik, mengenai bagaimana menentukan teknik dan instrumen penilaian secara objektif dengan Rubrik. Sesi terakhir adalah presentasi RPS yang diwakilkan oleh Program Studi Psikologi – Bpk. Teguh Lesmana.

Rangkaian kegiatan ini ditutup dengan pemberian token of appreciation oleh Ibu Kandi Sofia Senastri Dahlan, M.B.A., Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Bapak Dr. Sugeng Wahyudi, M.Si. selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora sebagai bentuk apresiasi kepada narasumber Ibu dr. Liliana Sugiharto, M.S. PAK (K).

Go Biemers!

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMP Harapan Lestari (31/05/18)

Kamis, 31 Mei 2018
Kenny Ardillah – Program Studi Akuntansi

2018 05 31 - PKM SMP Harapan Kasih 10

Cengkareng, Jakarta Barat – Pada tanggal 31 Mei 2018, Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMP Harapan Lestari, Cengkareng, Jakarta Barat.  Kegiatan ini melibatkan 5 orang dosen dari Program Studi Akuntansi, yaitu Bapak Kenny Ardillah, SE, M.Ak, Ibu Ernie Riswandari, SE., MSi, Ibu Elfina Astrella Sambuaga, SE., M.S.Ak, Bapak Yohanes Mardinata Rusli, SE, Ak., M.Ak, dan Bapak Budi Kurniawan, SE., MA., M.Ak., CMA. Kedatangan tim dosen disambut hangat oleh kepala sekolah SMP Citra Kasih, Bapak Dipian Susanto, S.Pd, MM.

Kegiatan yang bertajuk “Pengenalan Akuntansi Biaya dan Laporan Laba Rugi”  ini diikuti oleh siswa-siswi kelas VII dan kelas VIII SMP Harapan Lestari yang terbagi dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok mendapatkan pelatihan dari dosen-dosen Program Studi Akuntansi, dengan memberikan lembaran materi pelatihan beserta dengan lembaran soal kasus yang mereka harus kerjakan dalam lembar jawaban yang sudah tersedia di dalam lembaran soal kasus.

Antusias dari para siswa dalam menyimak materi yang diberikan jelas terlihat saat diumumkan pengumuman kelompok terbaik. Demi mencapai posisi tim terbaik, mereka mengerjakan soal yang diberikan dengan penuh semangat, meskipun tidak semuanya berhasil menyelesaikan seluruh soal kasus dengan cepat dan tepat. Konsep pengenalan akuntansi biaya dan laporan laba rugi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman penerapan akuntansi biaya dan laporan laba rugi dalam kasus sederhana serta memberikan pembekalan awal ketika mereka mendapatkan pembelajaran akuntansi pada saat memasuki jenjang pendidikan SMA.

Go Biemers!

Kuliah Umum – Talk Show – Bapak Djoko Susanto (08/05/18)

Selasa, 08 Mei 2018
Yuta Zefanya – Mahasiswi Program Studi Akuntansi

2018 05 00 - Kuliah Umum Djoko Susanto 14

Kampus Serpong @Alam Sutera – Seiring dengan tagline dari Universitas Bunda Mulia yaitu Bridging Education to the Real World, UBM mengadakan talk show dengan tema “Retail Business in Digital Era” bagi para mahasiswa baik yang berasal dari kampus Ancol maupun kampus Serpong @Alam Sutera. Talk show kali ini lebih spesial daripada talk show biasanya. Mengapa? Talk show yang dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2018 ini menghadirkan narasumber yaitu Bapak Djoko Susanto, selaku founder of Alfa Group.

Cerahnya sinar matahari yang bersinar sejak pagi hari menghantar langkah para peserta untuk mengikuti acara demi acara yang telah disusun. Sebelum sesi talk show dimulai, para peserta mendapat kesempatan emas untuk berfoto bersama dengan Bapak Djoko Susanto yang juga merupakan founder of Yayasan Pendidikan Bunda Mulia, Pengurus YPBM dan Pimpinan UBM. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan acara talk show yang dilaksanakan di lantai 18 Gedung Alfa Tower (Kampus UBM Serpong @Alam Sutera). Pada talk show kali ini, Bapak Djoko Susanto berbagi kisah pengalaman inspiratifnya kepada para peserta. Mulai dari awal berbisnis bahkan sampai menjadi entrepreneur sukses seperti sekarang ini. Selain itu, beliau juga sharing mengenai suka-dukanya menjadi seorang entrepreneur dan juga tips-tips berbisnis dalam menghadapi perkembangan era digital. Beliau juga menambahkan bahwa ada 3 bekal utama untuk sukses dalam berbisnis, yaitu kerja keras, berpikiran positif, dan jujur yang membawanya pada kesuksesan seperti sekarang ini.

Kemudian, setelah penyampaian materi, beliau juga memberikan merchandise kepada sepuluh peserta yang beruntung pada talk show kali ini. Antusiasme para peserta semakin membara untuk memperebutkan buku yang berjudul “Spirit Menembus Sukses”. Buku tersebut dibuat berdasarkan kisah perjuangan hidup beliau yang penuh kerja keras dan menginspirasi banyak orang. Oleh karena itu, banyak peserta yang ingin memperoleh buku tersebut beserta dengan tanda tangan eksklusif dari beliau.

Setelah talk show, acara dilanjutkan dengan office tour. Para peserta diajak untuk berkeliling mengunjungi ruang kantor yang berada di gedung Alfa Tower di lantai 17 dan 12. Para peserta mendapat kesempatan emas untuk berkunjung ke ruang kerja Bapak Djoko Susanto (dan foto bersama), melihat ruang pertemuan, café, fitness center, dealing rooms (dengan para supplier), dan show case Alfa Mart, dll.

Go Biemers…

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua HIMA ACCASIA periode 2018-2019 (06/05/18)

Minggu, 6 Mei 2018
Lutfi Haniffah – HIMA ACCASIA 1718

Regenerasi

Sentul, Jawa Barat – Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA ACCASIA) Universitas Bunda Mulia melakukan penghitungan suara untuk menentukan Ketua dan Wakil Ketua HIMA ACCASIA periode 2018-2019. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu rangkaian acara Regenerasi 2018 yang rutin diselenggarakan oleh HIMA ACCASIA setiap tahunnya. Proses pemilihan sudah dilakukan sejak bulan April 2018, dimana dilakukan seleksi untuk para aktivis oleh Pengurus HIMA ACCASIA periode 2017-2018 dan Dosen Pembina HIMA ACCASIA. Setelah terpilih beberapa Kandidat, dilakukan wawancara untuk mengetahui kapabilitas dan komitmen dari para Kandidat. Wawancara dilakukan dihadapan Pengelola Program Studi Akuntansi UBM dan Dosen Pembina HIMA ACCASIA. Setelah terpilih dua pasangan calon, maka dilakukan Kampanye dan pemungutan suara ke kelas-kelas Akuntansi.

Pada hari penghitungan suara, Wulan Pangestuti (Ketua HIMA ACCASIA periode 2017-2018) memberikan sambutan sebelum penghitungan suara dimulai. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pembukaan dan penghitungan kotak suara oleh Veronika Widya selaku Ketua Panitia Regenerasi dibantu oleh anggota Human Resource HIMA ACCASIA. Para peserta regenerasi terlihat antusias selama mengikuti proses penghitungan suara yang berjalan selama kurang lebih 1 (satu) jam.

Proses penghitungan suara akhirnya berhasil melahirkan Ketua dan Wakil Ketua HIMA ACCASIA periode 2018-2019, yaitu Tri Mahatir dan Mega Liana dengan jumlah suara sebanyak 276  (dua ratus enam belas satu) suara. Ibu Kezia Josephine, SE. selaku perwakilan Prodi Akuntansi, kemudian memberikan pesan-pesan untuk Ketua dan Wakil Ketua terpilih yang dilanjutkan dengan penandatangan Surat Keputusan Pelantikan Kepengurusan HIMA ACCASIA periode 2018-2019 oleh Ketua dan Wakil Ketua yang lama dan baru.

Acara kemudian diakhiri dengan pemasangan badge HIMA ACCASIA secara simbolis oleh Ketua HIMA ACCASIA, Wulan Pangestuti dan dosen pedamping Bapak Wendy Salim Saputra SE. M.Ak. dan Ibu Kezia Josephine, SE., kepada Ketua dan Wakil Ketua HIMA ACCASIA terpilih.

Go Biemers!