Templat File Penyusunan Skripsi

03 Juni 2017
Budi Kurniawan – Program Studi Akuntansi

Mahasiswa harus menyusun karya akhir (ilmiah) dengan susunan yang sempurna baik dari urutan kerangka pembahasan, tata bahasa, format cetak, format halaman, format gambar, format tabel, dan lain-lain agar karya yang dihasilkan menjadi sebuah hasil karya ilmiah yang baik dan benar.

Untuk ini, Program Studi Akuntansi menyediakan file Templat Skripsi UBM, file Templat Kertas Pembatas, dan Pedoman Penggunaan Template Skripsi UBM. Mahasiswa diharapkan mempelajari bagaimana cara penggunaan file Templat Skripsi UBM dengan menggunakan pedoman yang akan dibahas di modul ini.

Selamat Mengerjakan Skripsi

Go Biemers!

Templat Skripsi UBM (Ganjil 2017) – Word 2016

Templat Skripsi UBM (Ganjil 2017) – Word 97-03

Halaman Pembatas Bab (Ganjil 2017)

Pedoman Penggunaan Templat Skripsi (Ganjil 2017)

Kunjungan Industri Ke PT Amerta Indah Otsuka (07/12/2017)

Kamis, 07 Desember 2017
Arvian Yoel (11160090) – HIMA ACCASIA 2017-2018

Banner

Sukabumi, Jawa Barat Program Studi Akuntansi bersama HIMA ACCASIA, Universitas Bunda Mulia mengadakan acara kunjungan industri ke PT Amerta Indah Otsuka ( PT AOI ). Acara ini diikuti oleh 55 mahasiswa aktif Program Studi Akuntansi semester 1 di Kampus Serpong, mereka terlihat sangat antusias dalam mengunjungi perusahaan yang memiliki  produk andalan Pocari Sweat tersebut.

Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan umum tentang salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri makanan dan minuman khususnya minuman isotonik.

Perjalanan kunjungan industri dimulai dari Kampus UBM Alam Sutera dengan menggunakan salah satu armada bus, perjalanan pun berjalan dengan baik tanpa ada kendala satupun, lalu sesampainya di PT Amerta Indah Otsuka, para mahasiswa disambut baik oleh pegawai PT AOI, setelah masuk kedalam area parkir bus, para mahasiswa, dosen pembimbing dan perwakilan dari HIMA ACCASIA mengambil gambar untuk didokumentasikan tepat didepan gedung PT AOI.

Setelah pengambilan gambar, para mahasiswa langsung diajak masuk ke dalam gedung PT AOI dan diarahkan ke hall yang diberi nama Brilliant Hall. Pada saat para mahasiswa masuk kedalam hall tersebut, setiap mahasiswa dipinjamkan sebuah tablet, setelah para mahasiswa mendapati kursi untuk duduk, mereka langsung disambut oleh seorang wanita bernama Kakak Anis Wamtazul Liana yang dipanggil Kak Anis dan merupakan pembawa acara sekaligus yang akan mengedukasi para mahasiswa tentang PT AOI, Kak Anis juga ditemani oleh partnernya yang bernama Kakak Dita Fahtima Putri dipanggil Kak Dita yang membantu Kak Anis menjadi operator.

Setelah perkenalan singkat dari Kak Anis dan Kak Dita, acara dilanjutkan dengan pengisian data diri setiap mahasiswa menggunakan tablet yang dipinjamkan, dan mahasiswa pun tidak hanya mengisi data diri, namun mereka juga diminta untuk menulis sebuah nama yang akan dicetak ke atas pin dan akan diberikan oleh PT AOI sebagai souvenir. Setelah pengisian data selesai, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan beberapa materi dari Kak Anis dimulai dari penjelasan mengenai filosofi logo, informasi perusahaan, denah pabrik, proses produksi, sampai manfaat cairan tubuh. Kak Anis menjelaskan tiap sub materi dengan sangat menyenangkan dan menarik untuk didengarkan, dan para mahasiswa pun sangat aktif dalam memberikan jawaban saat Kak Anis memberikan pertanyaan singkat. Setelah penyampaian materi selesai, para mahasiswa diminta untuk membuka tabletnya kembali karena akan ada sebuah quiz yang dibuat oleh Kak Anis, jadi pertanyaannya akan ditampilkan ditablet, lalu dijawab oleh mahasiswa dengan kurun waktu 10 detik, pada akhir quiz, ternyata ada 3 orang mahasiswa Universitas Bunda Mulia yang mendapatkan nilai sempurna.

Setelah quiz selesai, dilanjutkan dengan perjalanan ke pabrik. Kak Anis memimpin perjalanan dari Brilliant Hall sampai ke pabrik pembuatan salah satu produk dari PT AOI yaitu Pocari Sweat dalam kemasan botol. Kak Anis menjelaskan tiap prosedur yang ada didalam pabrik tersebut dengan jelas singkat dan padat sehingga para mahasiswa pun mudah mengerti. Lalu setelah mengunjungi pabrik secara langsung, para mahasiswa diajak ke merchandise shop untuk pengambilan pin yang berisikan logo pocari sweat dan nama yang sudah dibuat saat pertama kali masuk kedalam Brilliant Hall menggunakan tablet.

Setelah setiap mahasiswa mendapatkan pinnya masing – masing, ternyata ada sebuah kejutan yang dibuat oleh Kak Anis dan kawan kawan, yaitu sebuah permainan yang ada di dalam wahana yang bernama ExplorION Theater. Permainan ini merupakan permainan petualangan dimana ada sebuah avatar yang mencari ION yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dibantu dengan para mahasiswa, avatar tersebut harus menjelahi gua, tambang dan perjalanan dibawah tanah lainnya, jadi saat avatar harus melompat, maka para mahasiswa harus ikut melompat, jika avatar harus pindah ke kiri, maka mahasiswa pun harus berpindah tempat ke kiri. Permainan ini juga memberikan efek bagi tubuh para mahasiswa secara langsung, yaitu saat para mahasiswa beraktivitas, mereka mengeluarkan keringat yang dimana keringat itu terdiri dari air dan ION, lalu setelah permainan berakhir tibalah saatnya para mahasiswa diberikan 4 buah botol pocari sweat yang terdiri air dan ION yang mampu menggantikan cairan tubuh yang keluar saat beraktivitas salah satunya adalah saat para mahasiswa bermain ExplorION.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi pemberian kenang-kenangan berupa plakat dari Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia yang diwakili oleh Bapak Refianto S.E., M.M selaku Sekretaris I Program Studi Akuntansi. Plakat tersebut diterima oleh Kak Anis selaku perwakilan dari PT Amerta Indah Otsuka. Begitu juga sebaliknya, PT AOI memberikan kenang-kenangan sebuah foto para mahasiswa, dosen pendamping dan perwakilan dari Hima Accasia yang dicetak dan dibungkus dengan frame khusus yang berlogo pocari sweat. Setelah itu, acara kunjungan industri pun ditutup dengan ucapan terima kasih dari PT AOI dan para mahasiswa pun langsung menuju ke bus untuk perjalanan pulang ke Kampus UBM Serpong.

Go Biemers!

Kuliah Umum Audit bersama Nilawati, SE.,Ak – Senior Manager Assurance KAP Anwar & Rekan & Alumni Testimony bersama Sdr. Sukriyanto, SE – Senior Auditor KAP Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan (PwC Indonesia)(17/11/2017)

Kurniawati – Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia
Sabtu, 18 November 2017

IMG_7865

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol – Pada hari Sabtu, 18 November 2017Program Studi Akuntansi kembali menyelenggarakan kuliah umum Audit yang mengangkat tema “Penerapan Proses Audit yang Berkualitas Dalam Dunia Praktik.” Adapun latar belakang yang mendorong diangkatnya topik ini adalah masih ditemuinya beberapa kasus kecurangan atau salah saji material atas laporan keuangan meskipun laporan keuangan perusahaan tersebut telah diaudit. Hal ini tentunya sangat meresahkan para pemangku kepentingan (stakeholders) karena laporan keuangan yang telah diaudit merupakan salah satu sumber informasi penting bagi para stakeholders dalam pengambilan keputusan. Dengan adanya kuliah umum yang menghadirkan praktisi yang kompeten di bidangnya diharapkan para mahasiswa/i yang sedang mengambil matakuliah audit dapat mengetahui bagaimana sebenarnya penerapan proses audit yang berkualitas dalam dunia praktik, sehingga auditor dapat menghasilkan audit yang berkualitas.

Program studi Akuntansi menghadirkan Ibu Nilawati S.E, Ak, sebagai narasumber kuliah umum audit kali ini. Beliau adalah seorang praktisi yang berpengalaman di bidang Audit di berbagai KAP selama lebih dari 15 (lima belas) tahun yaitu di Kantor Akuntan Publik (KAP) ERNST & YOUNG INDONESIA – Purwantono, Suherman, & Surja ; KAP PricewaterhouseCoopers International Limited – Tanudiredja, Wibisana, Rintis sebagai Senior Manager Assurance dan saat ini di KAP – Anwar & Rekan dengan posisi sebagai Senior Manager Quality Assurance

Ibu Nilawati menyampaikan bahwa publik/masyarakat menaruh kepercayaan besar kepada para auditor untuk dapat menjalankan tugas & tanggung jawabnya. Untuk dapat menghasilkan audit yang berkualitas, tentunya harus didahului oleh proses audit yang berkualitas, mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan. Ibu Nilawati juga menambahkan bahwa tanpa mengabaikan tahapan – tahapan lainnya dalam proses audit, tahap perencanaan merupakan tahap yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan suatu audit. Tanpa perencanaan yang baik dan matang, maka akan lebih banyak ditemui masalah – masalah di lapangan dan di tahap pelaporan  yang akan mengurangi kualitas audit.  Proses audit yang berkualitas selain berbicara mengenai masalah kompetensi, juga membicarakan mengenai prinsip – prinsip/kode etik profesi audit. Kompetensi tanpa adanya integritas, maka tidak akan ada artinya.

Setelah pemaparan materi secara lugas dari Ibu Nilawati, sesi berikutnya yang tidak kalah pentingnya adalah “Alumni Testimony” oleh Sdr.Sukriyanto. Sdr. Sukriyanto adalah salah satu Alumni Program Studi Akuntansi UBM angkatan 2008. Sdr. Sukriyanto membagikan tips-tips bagaimana bisa diterima di KAP PWC Indonesia, setelah sebelumnya mengawali karir di bidang audit pada KAP Anwar & Rekan. Sdr Sukriyanto memaparkan bahwa logika berpikir, kemampuan akuntansi & pajak serta bahasa Inggris merupakan modal utama untuk dapat diterima di KAP.  Selain itu, Sdr. Sukriyanto menyampaikan bahwa selain terus mengasah/meng-update pengetahuan di Standar Akuntansi Keuangan & Audit, Microsoft Excel, berpikir kritis, memiliki inisiatif tinggi, persistance, serta memiliki attitude yang baik merupakan modal selanjutnya untuk dapat bertahan dan memiliki karir yang cemerlang sebagai auditor.

Para peserta yang hadir berjumlah 103 mahasiswa/I yang terdiri dari mahasiswa/i akuntansi semester 7 yang sedang mengambil konsentrasi audit serta beberapa mahasiswa/i semester 5 yang sedang mengambil matakuliah pemeriksaan akuntansi 1 (audit) sangat antusias dalam mendengarkan paparan yang diberikan oleh Ibu Nilawati & Sdr Sukriyanto. Setelah sesi pemaparan, dilanjutkan dengan sesi diskusi/tanya jawab yang dipimpin oleh Ibu Kurniawati, S.E.,M.Ak selaku moderator dalam acara kuliah umum audit kali ini. Para peserta sangat bersemangat dalam mengajukan pertanyaan – pertanyaan, yang antara lain mengenai apa yang harus dilakukan oleh seorang auditor jika klien-nya tidak bersedia melakukan adjustment/koreksi yang bersifat material terhadap laporan keuangannya karena hal tersebut dapat berdampak terhadap penurunan laba perusahaan dan kliennya tersebut merupakan salah satu klien besar, apakah auditor dapat disalahkan jika ternyata terdapat salah saji yang material di area yang tidak di-sampling oleh auditor, bagaimana auditor dapat tetap mempertahankan kualitasnya meskipun ada time budget pressure dan masih banyak pertanyaan – pertanyaan yang lainnya lagi. Ibu Nilawati juga menambahkan sangat penting menjalin komunikasi yang baik antara auditor eksternal, auditor internal dan komite audit agar jangan sampai masalah besar baru diketahui pada saat report akan diterbitkan.

Sebagai bentuk apresiasi, program studi Akuntansi memberikan penghargaan berupa plakat serta sertifikat kepada Ibu Nilawati & Sdr. Sukriyanto yang diserahterimakan oleh Ibu Kurniawati S.E., M.Ak selaku Dosen Koordinator Rumpun Ilmu Bidang Audit.

Kuliah umum ini merupakan salah satu bentuk keseriusan dari Universitas Bunda Mulia untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada industri, sesuai dengan tagline Universitas Bunda Mulia yaitu Bridging Education to the Real World.

Go Biemers!

Pelaksanaan Seminar Nasional Pajak (10/11/2017)

Jum’at, 10 November 2017
Henny – Panitia Seminar Nasional Pajak 2017
Seminar Nasional 10-11-2017

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol – Pada hari Jum’at, 10 November 2017, dengan bertempat di The UBM Grand Auditorium (TUGA), Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia (HIMA ACCASIA) mengadakan Seminar Nasional yang bertemakan Perpajakan di Era Teknologi dan Keterbukaan Informasi Keuangan, Tantangan Bagi Profesi Akuntan.  Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa aktif Program Studi Akuntansi semester 1, 3, 5, dan 7 dan mahasiswa dari Perguruan Tinggi eksternal, yaitu Universitas Esa Unggul, Universitas STIE Santa Ursula, STIE Rawamangun serta Universitas Mercu Buana. Acara ini bertujuan untuk memberikan informasi penting mengenai perpajakan dan sistem informasi keuangan yang sedang menjadi perhatian di Indonesia.

Proses registrasi peserta dimulai pada pukul 07.00 WIB dan kegiatan dimulai pada pk. 08.15 dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dipandu oleh Claudia (mahasiswi aktif Universitas Bunda Mulia) dan dilanjutkan dengan menyanyikan Mars Universitas Bunda Mulia oleh seluruh peserta yang hadir. Ibu Ririn Breliastiti, SE., MM selaku Ketua Program Studi Akuntansi dan Albert Wijaya selaku Ketua Acara Seminar Nasional memberikan kata sambutan untuk para peserta seminar.

Acara dilanjutkan dengan Sesi Pertama dengan topik pembahasan Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Mendukung Reformasi Perpajakan Indonesia yang dipandu oleh Bapak Budi Kurniawan, SE., MA., M.Ak, CMA selaku moderator dan Ibu Dr. Siti Nurwahyuningsih Harahap, SE., MBA selaku narasumber. Ibu Nung dalam kesempatan ini memberikan penjelasan yang komprehensif terkait dengan: (1) Sistem Informasi dalam Organisasi; (2) Porter’s Competitive Forces Model; (3) David McKevitt’s Competitive Forces Model for Public Sector; (4) Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan Kemenkeu; (5) Reformasi Perpajakan; (5) Cetak Biru Teknologi Informasi dan Komunikasi DJP; (6) Keterbukaan Informasi (AKASIA); (7) Core Tax System; (8) Pilar-Pilar Pengembangan TIK DJP; dan (9) Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SIDJP). Setelah kurang lebih 50 (lima puluh menit) Ibu Nung membahas materi-materi tersebut, para peserta mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi yang dibuka oleh moderator. Para peserta memperlihatkan antusiasme dengan mencoba untuk bertanya kepada narasumber. Akan tetapi karena keterbatasan waktu, moderator, Bapak Budi Kurniawan, hanya memilih 3 (tiga) peserta, yaitu: (1) Yoan Destriana (semester 7); (2) Dio Fernando (semester 7); dan (3) Magdalena (semester 5) untuk menyampaikan pertanyaan. Di akhir sesi, narasumber kemudian memilih dua penanya terbaik yaitu, Magdalena dan Yoan Destriana untuk diberikan apresiasi berupa souvenir yang telah disiapkan panitia. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian token of appreciation dari Program Studi Akuntansi yang diwakili oleh Ibu Ririn Breliastiti kepada narasumber dan moderator.

Acara kemudian dikembalikan kepada MC Hansen Andersson dan Jessica Emanuella untuk memberikan apresiasi terhadap para sponsor Seminar Nasional, yaitu Catrice Cosmetic, Wiley, PT Emotion, Dynamic, Cuptoyou, WN Mata Optik, Multi Corner, Makaroni Juara, dan Tiga Anak Bawang. Sponsor ini merupakan pendukung acara yang kami selenggarakan dengan melakukan kerjasama antara pihak HIMA ACCASIA dengan pihak sponsor tersebut. Beberapa sponsor membuka stand di Lobby UBM lt.1, dengan menjual beberapa produknya.

Sesi Kedua Seminar Nasional yang mengambil topik Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan kemudian dibuka oleh Ibu Ernie Riswandari, SE., M.Si selaku moderator dan Bapak Dedie sugiarta, S.Sos, SE selaku narasumber. Dalam sesi ini, narasumber memberikan pemaparan materi sebagai berikut: (1) Latar Belakang dan Pertimbangan; (2) Pertukaran Informasi Keuangan; (3) Keterlibatan Indonesia dalam AEOI; (4) Syarat Implementasi AEOI; (5) Batasan Waktu dan Risiko; (6) Sejalan dengan Program Tax Amnesty; (7) Akses Informasi Keuangan; (8) Sifat Pemberian Informasi Keuangan; (9) Subjek Pelapor; (10) Otomatis Perjanjian Internasional (OPI); (11) Otomatis Peraturan Perpajakan (OPP); (12) Permintaan Ditjen Pajak; (13) Perlindungan Kerahasiaan & Sanksi; dan (14) Tantangan dan Kesiapan. Setelah pemaparan materi, para peserta diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab dan dipilih 2 (dua) penanya terbaik yaitu Mega Sari dan Evan Wijaya Santoso untuk diberikan token of appreciation berupa souvenir. Setelah pemaparan materi selesai, acara dilanjutkan dengan pemberian plakat yang disampaikan oleh Ibu Ririn Breliastiti, SE., MM selaku Ketua Program Studi Akuntansi kepada narasumber serta moderator.

Untuk memeriahkan acara, perwakilan dari Mahasiswi aktif Program Studi Akuntansi yang tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa Lollybee membawakan sebuah lagu. Setelah itu acara dipandu MC Hansen Andersson dan Jessica Emanuella untuk pembagian doorprize yang diwakili oleh Albert Wijaya selaku Ketua Acara.

Demikian rangkaian acara Seminar Nasional yang telah kami selenggarakan. Dan diakhir acara, MC memberikan kata penutup serta memandu arus keluar peserta seminar. Setelah para peserta seminar melakukan registrasi ulang, para peserta seminar mendapatkan konsumsi.

Go Biemers!

Silahkan klik tautan ini untuk mengunduh Materi Seminar Nasional Pajak 2017.

Dokumentasi – Registrasi Peserta

Dokumentasi – Pembukaan Acara

Dokumentasi – Sesi Pertama Seminar Nasional

Dokumentasi – Sesi Kedua Seminar Nasional

Dokumentasi – Performance, Penutupan Acara, dan Para Sponsor

Sampai jumpa di acara Seminar Nasional berikutnya!

Kuliah umum Akuntansi Manajemen bersama Ibu Dr. Ari Purwanti, Ak., CA. (09/11/2017)

Rosalia Septiani (11160048) – Panitia Kuliah Umum Akuntansi Manajemen
Kamis, 09 November 2017

Banner

Kuliah umum Akuntansi Manajemen “Peran Akuntan Manajemen dalam Menerapkan Good Corporate Governance di Dunia Usaha”

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol – “Bridging Education to the Real World” merupakan slogan Universitas Bunda Mulia yang menjadi dasar utama bagi Program Studi Akuntansi untuk menyelenggarakan kegiatan kuliah umum dengan dosen tamu yang merupakan praktisi atau ahli di bidangnya yang tentunya terkait dengan mata kuliah inti akuntansi.

“Interaktif, antusias dan menyenangkan!” itulah kata-kata yang menggambarkan kuliah umum Akuntansi Manajemen bertemakan Peran Akuntan Manajemen dalam Menerapkan Good Corporate Governance di Dunia Usaha yang digelar Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia pada hari Kamis, 09 November 2017.

Kegiatan ini digelar mulai pukul 09.00-12.00 WIB di The UBM Seminar Room dengan menghadirkan narasumber Ibu Dr. Ari Purwanti, Ak., CA. dan dipandu oleh Ibu Ririn Breliastiti, S.E., M.M. selaku moderator. Kuliah Umum diikuti oleh 184 Mahasiswa/i Aktif program studi Akuntansi dari semester 1 hingga semester 7.

Pemaparan menarik dari Ibu Dr. Ari Purwanti, Ak., CA. mengenai Peran Akuntan Manajemen dalam Menerapkan Corporate Governance di Dunia Usaha, meliputi:

  1. Corporate Governance dari sudut pandang ekonomi dan hukum
  2. Tujuan Tata Kelola
  3. Pentingnya Penerapan Tata Kelola
  4. Prinsip Dasar Tata Kelola
  5. Elemen Tata Kelola
  6. Pedoman Praktis Penerapan Tata Kelola

Dilanjutkan diskusi interaktif dalam sesi tanya-jawab oleh mahasiswa kepada narasumber, seperti: Sandy Verado (11150069), Steven Surya (11140105), Rayen Purnama Putra (11140216), Beny Setiawan (11140057), Yuta Zefanya (11150195), Noviyanti (11140105), Delicya Danella (11150145), Tanti Citadewi (11140276), Endra Gunawan (11140068), Evan Wijaya Santoso (11140085).

Sebagai penutup, Ibu Ririn Breliastiti, S.E., M.M., sebagai moderator memberikan kesimpulan atas pemaparan yang disampaikan narasumber. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian token of appreciation berupa sertifikat dan plakat dari Universitas Bunda Mulia kepada narasumber Ibu Dr. Ari Purwanti, Ak., CA. yang diwakili oleh Miss Devica Pratiwi, S.E., M.Ak. Pemberian sertifikat juga diberikan kepada moderator Ibu Ririn Breliastiti, S.E., M.M oleh Hansen Anderson sebagai Ketua Acara Kuliah Umum Akuntansi Manajemen.

Kesuksesan acara ini tidak luput dari kerja sama antara Narasumber, Program Studi Akuntansi, HIMA ACCASIA, dan seluruh peserta yang hadir. Sampai jumpa di Kuliah Umum berikutnya.

Go Biemers!

 

Kuliah Dosen Tamu Perpajakan bersama Ibu Jessica Cuanita, SE, M.Sc (06/11/2017)

Wulan Pangestuti – Panitia Kuliah Dosen Tamu
Senin, 06 November 2017

Banner

Senin, 6 November 2017- Program Studi Akuntansi bekerjasama dengan Hima mengadakan Kuliah Dosen Tamu Perpajakan dengan menghadirkan Ibu Jessica Cuanita, SE, M.Sc selaku narasumber yang dipandu oleh Bapak Dr. Temy Setiawan selaku Moderator. Kegiatan yang diselenggarakan di The UBM Premiere Classroom yang terletak di lantai ini dihadiri oleh kurang lebih 60 peserta dari Mahasiswa/i UBM Jurusan Akuntansi dengan Kelas Peminatan Perpajakan.

Kegiatan dimulai dengan registrasi peserta  dari pukul 12.30 WIB. Sekitar pukul 13.00 WIB rangkaian kegiatan sudah mulai berlangsung yang diawali dengan pembukaan terkait Transfer Pricing oleh Ibu Ernie Riswandari,SE.,M.Si (Kordinator Bidang Ilmu Perpajakan, UBM); perkenalan CV Narasumber oleh Bapak Dr. Temy Setiawan selaku Moderator selanjutnya disusul dengan penyampaian materi inti oleh Ibu Jessica Cuanita, SE, M.Sc selama kurang lebih 90 menit yang pada intinya beliau lebih banyak sharing dan memberikan pengalaman testimoni mengenai keterlibatnya dalam “Big Four” selama beberapa tahun beliau berkarir. Banyak sekali ilmu dan pembahasan yang disampaikan oleh beliau terkait Transfer Pricing diantaranya tentang Tax Heaven Countries, OECD, BEPS (action plant) dan lain sebagainya seputar Perpajakan Internasional. Materi tersebut dibahas secara ringan dengan berbagai macam contoh kasus dan penerapan perpajakan. Para mahasiswa/i yang hadir benar benar menyimak secara serius semua materi yang dipaparkan baik karena ketertarikan terhadap semua mengenai perpajakan ataupun menyangkut persiapan penyusunan skripsi, terbukti dengan antusiasme mereka mengajukan berbagai pertanyaan pertanyaan kritis dan mendetail seputar perpajakan, salah satunya adalah Ivan yang bertanya mengenai kendala kendala apa saja yang dihadapi perusahaan dalam melakukan Trasfer Pricing sehingga harus memerlukan Jasa Konsultan untuk menangai kendala tersebut, juga ada pula yang bertanya mengenai perbedaan pengaruh dari Transfer Pricing di masing masing negara. Dimana pertanyaan pertanyaan tersebut dijawab dengan tidak kalah antusias pula oleh narasumber, selama 30 menit banyak dilakukan interaksi tanya jawab antara Mahasiwa dan Narasumber. Sekitar pukul 14.50 sesi tanya jawab berakhir dan dilanjutkan dengan penyerahan Token Of Apreciation berupa plakat dan serifikat kepada Narasumber yang kemudian diikuti sesi foto bersama dengan narasumber, dosen, seluruh peserta dan juga panitia.

Tepat pukul 15.00 WIB kegiatan Kuliah Umum Perpajakan berakhir yang diakhiri dengan penutupan oleh MC. Kesuksesan acara ini tak luput dari campur tangan kerjasama antara Dosen Prodi Akuntansi, Narasumber,Activist dan Accasian HIMA Accasia 2017 serta seluruh peserta yang telah hadir. Untuk ini Studi Akuntansi mengucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada pihak pihak yang membantu melancarkan acara diantaranya :

  • Narasumber: Ibu Jessica Cuanita, SE, M.Sc
  • Moderator: Bapak Dr. Temy Setiawan, SE.,Ak.,M.Ak.,CA.
  • Panitia:
  • Wulan Pangestuti sebagai panitia  Dokumentasi
  • Veronika Widya dan Yuliana Sari selaku panitia Registrasi
  • Kevin Hryvie selaku Usher

 Go Biemers!!!

Kuliah Umum Pajak Internasional bersama Ibu Christine Tjen, M.Int.Tax, CA (04/11/2017)

Sabtu, 04 November 2017
Wulan Pangestuti – Panitia Kuliah Umum Pajak Internasional

Kuliah Umum Pajak Internasional Bersama Ibu Christine, M.Int.Tax, CA

Kuliah Umum Pajak Internasional Bersama Ibu Christine Tjen, M.Int.Tax, CA

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol – “Bridging Education to the Real World” merupakan slogan Universitas Bunda Mulia yang menjadi dasar utama bagi Program Studi Akuntansi untuk menyelenggarakan kegiatan kuliah umum dengan dosen tamu yang merupakan praktisi atau ahli di bidangnya yang tentunya terkait dengan mata kuliah inti akuntansi. Untuk ini, pada hari Sabtu, 04 November 2017, Program Studi Akuntansi bekerja sama dengan HIMA ACCASIA mengadakan Kuliah Umum Pajak untuk mata kuliah Pajak Internasional yang dibawakan oleh Ibu Christine Tjen, M.Int.Tax, CA selaku narasumber dengan dipandu oleh Ibu Ernie Riswandari, SE., M.Si selaku moderator.

Peserta yang hadir adalah sebanyak 88 (delapan puluh delapan) mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia yang berasal dari semester 7 (tujuh) yang sedang mengambil Peminatan Perpajakan dengan bertempat di The UBM Premier Room, Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol. Kuliah Umum ini dimulai dari proses registrasi peserta pada pukul 12.30 WIB dan kemudian dimulai pada pukul 13.00 WIB dengan pembukaan oleh MC Anita (mahasiswi aktif Program Studi Akuntansi semester 3). Acara kemudian diserahkan kepada Ibu Ernie Riswandari, SE., M.Si selaku moderator yang memberikan pembukaan terkait Pajak Internasional dan sekaligus memperkenalkan narasumber.

Ibu Christine Tjen, M.Int.Tax,CA. kemudian membawakan materi inti dengan tema “International Tax Law Principles” yang mencakup 7 (tujuh) agenda pembahasan sebagai berikut:

1.     Concept of International Tax,
2.     Juridical vs Economic double taxation,
3.     World wide income vs territorial income,
4.     Conflicts under international tax law,
5.     Tax Treaty,
6.     Transfer Pricing, dan Anti Tax Avoidance Rule

Pembahasan materi dibawakan secara ringan dengan berbagai macam contoh kasus dan penerapan pajak yang mudah dimengerti sehingga para peserta secara antusias menyimak pemaparan Ibu Christine Tjen secara seksama selama ±90 (sembilan puluh menit) acara berlangsung. Hal ini terlihat dari para peserta yang aktif bertanya seperti: (1) Cressa yang bertanya tentang Peraturan Pajak terkait dengan rasio hutang dengan modal (Debt to Equity RatioDER) yang digunakan sebagai proksi dalam karya ilmiah (skripsi) yang sedang disusun; (2) Livia yang bertanya mengenai spesialisasi dalam dunia pajak dan perbedaan antara pajak yang dipelajari oleh mahasiswa Program Studi Akuntansi dengan Program Studi Administrasi Fiskal; (3) Ivan yang bertanya mengenai dasar atas aturan Transfer Pricing di Indonesia yang ternyata banyak terdapat di Peraturan Menteri Keuangan (PMK); dan Leem Sufia yang bertanya mengenai dasar aturan dari Tax Treaty (P3B) yang mungkin tidak diatur dalam Undang-Undang.

Sesi tanya jawab selama 30 (tiga puluh) menit akhirnya mengakhiri diskusi interaktif  Kuliah Umum Pajak dan dilanjutkan dengan pemberian token of appreciation berupa sertifikat dan plakat dari Universitas Bunda Mulia kepada narasumber Ibu Christine Tjen, M.Int.Tax, CA. yang diwakili oleh Ibu Ernie Riswandari, SE., M.Si. Acara kemudian ditutup dengan foto bersama narasumber, panitia, dan para peserta yang hadir.

Kesuksesan acara ini tidak luput dari kerja sama antara Narasumber, Program Studi Akuntansi, HIMA ACCASIA, dan seluruh peserta yang hadir. Untuk ini, Program Studi Akuntansi mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah membantu kelancaran acara sebagai berikut.

  • Narasumber: Ibu Christine Tjen, M.Int.Tax, CA.
  • Moderator / Dosen Pembina Kegiatan: Ibu Ernie Riswandari, SE., M.Si.
  • Panitia dari HIMA ACCASIA (semester 3):
    • Wulan Pangestuti dan Tan Irine selaku PIC
    • Levina sebagai Koordinator Usher
    • Edo Liunata sebagai Koordinator Registrasi
    • Anita sebagai MC
    • Lisa Manuela sebagai Humas
  • Aktivis (semester 1):
    • Gracia Natasha sebagai panitia registrasi
    • Bryan Alexander Ciptadi dan Yovanda Reycardo sebagai Usher
    • Novita Sari sebagai seksi dokumentasi.

    Seluruh Peserta Kuliah Umum Perpajakan

Sampai jumpa di Kuliah Umum berikutnya.

Go Biemers!

Silahkan klik tautan ini untuk mengunduh

Materi International Tax Law Principles oleh Ibu Christine, M.Int.Tax, CA

Berikut adalah dokumentasi Kegiatan Kuliah Umum Pajak Internasional

Co- Host International Conference: Environmental Management Accounting Network – Asia Pacific (EMAN – AP) – (02/11/2017)

Kamis, 02 November 2017
Ririn Breliastiti – Ketua Program Studi Akuntansi

Co- Host International Conference

Co- Host International Conference

Co- Host International Conference: Environmental Management Accounting Network – Asia Pacific (EMAN – AP)
Environmental and Sustainability Management Accounting (EMA) for The Development of Sustainability and Accountability: Should We Talk Beyond Number?

Jakarta, 02 November 2017 – Bertempat di Hotel Ciputra Jakarta Barat, Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia berkesempatan untuk berpartisipasi sebagai Co-Host kegiatan Seminar dan Call for Paper EMAN-AP, bekerjasama dengan Universitas Trisakti. Program Studi Akuntansi mendukung kegiatan ini termotivasi dengan tema konferensi yang mengusung tema lingkungan dan keberlanjutan. Hal ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan oleh United Nation yang membutuhkan dukungan dari kalangan akademis dan perguruan tinggi.

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai Universitas baik dari Dalam Negeri maupun Luar Negeri. Universitas Bunda Mulia mengirimkan empat paper yang dipresentasikan oleh:

  1. Ririn Breliastiti, SE., MM.
  2. Elfina Astrella Sambuaga, SE., M.S.Ak.
  3. Dr. Temy Setiawan, SE, Ak., M.Ak., CA.
  4. Yohanes Mardinata Rusli, SE., Ak., M.Ak., CA.

Keynote Speech disampaikan oleh the Chairman of EMAN-PA: Dr. Ki Hoon Lee

Panel Session disampaikan oleh:

  • Prof. Carol Tilt (University of South Australia)
  • Paul Butar-Butar, MBA (Green Finance Asia)
  • Koh Niak Wu, Ph.D (Cosmiqo International Pte Ltd and Singapore Management University)
  • Elvia R. Shauki, Ph.D (School of Commerce, UniSA Business School, University of South Australia)

Reviewer pada parallel session adalah:

  • Elvia R. Shauki, Ph.D
  • Dr. Regina Arsjad

Go Biemers!

Mahasiswa Akuntansi UBM Juara National Accounting Student Conference (28/10/2017)

27-28 Oktober 2017
Kenny Fernando dan Elfina Astrella Sambuaga – Program Studi Akuntansi

IMG-20171028-WA0010

Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta – Pada tanggal 27-28 Oktober 2017, telah terselenggara forum ilmiah bagi mahasiswa akuntansi se-Indonesia. Bertempat di Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma mengadakan National Accounting Student Conference 2017 dengan tema “Masa Depan Akuntansi di Indonesia Tahun 2020”. Konsep dari acara ini adalah mahasiswa mempersiapkan masing-masing penelitian ilmiah yang akan dipresentasikan dalam konferensi nasional pada acara tersebut. Tujuan dari pelaksanaan konferensi ini adalah untuk melatih dan membiasakan mahasiswa akuntansi dalam berpikir kritis dan kemampuan berfikir logis melalui wadah ilmiah berupa penulisan dan diskusi.

National Accounting Student Conference ini dibuka untuk seluruh mahasiswa S1 dan Setara dari seluruh Universtas dan STIE di Indonesia. Pada tahap awal, peserta diminta untuk membuat abstrak yang sesuai dengan topik pilihan antara lain adalah: (1) Akuntansi Berbasis Lingkungan, (2) Akuntansi Berbasis Teknologi, dan (3) Akuntansi Sektor Publik.  Diambil 10 Peserta dari ketiga kategori tersebut untuk kemudian diundang ke Universitas Sanata Dharma untuk melakukan Presentasi dan Diskusi sebagai bagian dari penilaian.  10 besar finalis berasal dari Universitas Parahyangan, Univ Tarumanagara, Univ Katolik Soegiyapranata, Univ. Sanata Dharma, Univ. International Batam, Univ. Islam Indonesia, Univ Marwadewa Bali

Pada NASC 2017 ini Universitas Bunda Mulia berhasil meraih 3 Juara dari 6 Juara yang diperebutkan antara lain adalah (1) 1st Runner-Up Best Team, (2) Best Paper Category in Akuntansi Berbasis Teknologi, dan (3) Best Paper Category in Akuntansi Sektor Publik.

  • Tim 1 beranggotakan (Yuta Zefanya, Marco Saputra, dan Delicya Danella) Berhasil meraih  (1) Best Paper Kategori Akuntansi berbasis Teknologi dan (2) 1st Runner-Up Best Team
  • Tim 2 beranggotakan (Sandy Verado, Magdalena, dan Octavia Katherine) Berhasil meraih (1) Best Paper Kategori Akuntansi Sektor Publik

Terus berkarya Bimers…

Gathering Internal Kampus Serpong (24/10/2017)

Selasa, 24 Oktober 2017
Yully Titania – HIMA ACCASIA
Gathering Internal Serpong 2017Universitas Bunda Mulia, Kampus Serpong  – Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi mengadakan acara Gathering Internal yang dihadiri oleh mahasiswa/i baru semester . Para mahasiswa/i terlihat sangat antusias untuk mengikuti acara gathering internal ini. Dimana acara ini ditujukan untuk membangun hubungan relasi yang baik antara mahasiswa/i baru semester 1 dan para pengurus Hima ACCASIA. Gathering internal kali ini dihadiri oleh kurang lebih 40 mahasiswa aktif Program Studi Akuntansi .

Setelah proses registrasi berlangsung, kegiatan diawali dengan kata sambutan dari MC dilanjutkan oleh Bapak Refianto, SE., MM. selaku Sekretaris I Program Studi Akuntansi, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Bernadette Tesalonica selaku Ketua Acara Gathering Internal HIMA ACCASIA 2017. Setelah itu HIMA ACCASIA mengajarkan salam SOF kepada calon anggota HIMA sekaligus pengenalan Divisi & Biro serta sedikit penjelasan singkat mengenai kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu dekat,  dilanjutkan dengan penampilan stand up comedy yang sangat menghibur.  oleh salah satu anggota HIMA ACCASIA.

Untuk memeriahkan acara, panitia mempersiapkan tiga buah games dengan membagi para calon aktivis ke dalam beberapa kelompok. Games pertama dinamakan Satu Hati, setiap kelompok harus mengikuti instruksi yang diberikan oleh panitia dan memperagakan suatu kata dengan cepat secara bersamaan dan harus sesuai dengan gerakan setiap anggota kelompoknya. Games ini mengajarkan kekompakan dalam suatu kelompok.

Games kedua adalah Psikologi Terapan, setiap kelompok diharuskan membuat bentuk-bentuk kata benda sesuai aba-aba yang diberikan oleh panitia dimana games ini mengajarkan kecepatan dan kebersamaan. Games ketiga yaitu Adu Panjang-panjangan, setiap kelompok diminta untuk menyambungkan benda apa saja yang ada di badan mereka untuk disusun memanjang. Games ini mengajarkan kekreatifan dan kerja sama. Keseruan di sesi games ini berakhir dengan pengumuman pemenang dan pemberian hadiah yang diterima oleh perwakilan setiap kelompok.

Rangkaian kegiatan telah selesai dilakukan dan tidak terasa waktu pun berlalu. Acara terakhir sebelum penutupan adalah sesi foto bersama dengan para mahasiswa/i baru, panitia dan dosen. Akhir kata, kami ucapkan Terima Kasih kepada seluruh Dosen Prodi Akuntansi, HIMA Accasia  Periode 2016-2017, dan seluruh Mahasiswa/i baru atas waktu, tenaga, dan kerja samanya dalam memeriahkan Acara Gathering Internal 2017.

Go Biemers!

Semiloka Dosen UBM oleh Dr. Ir. Mahyus Ekananda, MM., M.S.E (16/10/2017)

Kamis, 12 Oktober 2017
Kenny Fernando – Program Studi Akuntansi 

Screen Shot 2017-10-27 at 12.18.38 PM 2

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol - Prodi Akuntansi Universitas Bunda Mulia (UBM) selalu memperhatikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Oleh karena itu, Pelatihan kepada Dosen Prodi Akuntansi UBM senantiasa dilakukan di tiap semester. Kali ini, Semiloka Dosen UBM mengangkat topik Metodologi Penelitian dan Ekonometri guna memperkaya wawasan dosen dalam penelitian. Tertanggal 12 Oktober 2017 (Kamis) telah dilaksanakan Semiloka Dosen tersebut di Labratorium Komputer lantai 4 Universitas Bunda Mulia.

Narasumber pada Semiloka kali ini  adalah Bapak Dr. Ir. Mahyus Ekananda, MM., M.S.E

  1. Merupakan Dosen Pengajar Mata Kuliah Ekonometri 1 dan 2 di Departemen Ilmu Ekonomi – FEB UI
  2. Telah menerbitkan dan/atau menjadi tim penulis untuk 14 buku terkait dengan metodologi penelitian dan ekonometri
  3. Terlibat dalam projek penelitian bersama beberapa kementerian dan lembaga termasuk Bank Indonesia

Bahasan dalam Semiloka Dosen tersebut adalah (1) Metodologi Penelitian dan Ekonoteri, (2) Pengolahan Data Cross, Series, Pannel dalam Penelitian Bisnis, dan (3) Pengenalan Program Stata, E-Views, dan PLS. Pada Semiloka tersebut hadir Ibu Ririn Breliastiti, SE., MM selaku Ka Prodi Akuntansi UBM, Bapak Dr. Temy Setiawan, SE., Ak., M.Ak., CA dan Bapak Refianto, SE., MM., selaku Sekretaris Prodi Akuntansi dan dosen tetap Prodi Akuntansi UBM.

Go Biemers!