Panduan Penulisan Jurnal Akuntansi Bisnis

Kamis, 28 September 2017
Ernie Riswandari – Vice Chief Editor Jurnal Akuntansi Bisnis

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol – Jurnal Akuntansi Bisnis (JAB) adalah jurnal Program Studi Akuntansi, yang berisikan kumpulan hasil penelitian para akademisi maupun kontribusi yang bersifat ilmiah dari professional di bidang akuntansi untuk kemajuan dan pengembangan ilmu akuntansi yang berkaitan dengan dunia industri dan bisnis.

Jurnal akuntansi bisnis diterbitkan secara berkala 2 kali dalam 1 tahun yaitu pada bulan Februari  dan Agustus.

Jurnal akuntansi Bisnis menerima tulisan dalam bentuk riset kuantitatif maupun kualitatif di bidang :

  • Akuntansi Keuangan
  • Akuntansi Manajemen
  • Auditing
  • Perpajakan
  • Sistem Informasi Akuntansi
  • Pasar Modal

Tulisan yang dikirimkan adalah tulisan orisinal yang belum pernah dipublikasikan di media lain dan menggunakan pustaka acuan mutakhir, proporsi terbitan 10 tahun terakhir.

Ketentuan mengunggah artikel:

  1. Artikel yang dikirimkan harus sudah mengikuti format Panduan Penulisan Artikel Jurnal Akuntansi Bisnis (File Panduan Penulisan Artikel JAB terlampir), tanpa perlu menyertakan identitas penulis di dalam artikel dikarenakan artikel tersebut akan melalui proses blind review oleh reviewer dalam bentuk file Ms Word.
  2. Artikel  diunggah  ke portal Jurnal Akuntansi Bisnis melalui link http://journal.ubm.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis
  3. Bagi penulis yang baru pertama kali memasukan artikel di JAB terlebih dahulu daftarkan nama dan identitas penulis (ikuti petunjuk di http://journal.ubm.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis/user/register)

Selamat menulis kami tunggu artikelnya !..

Silahkan klik tautan berikut untuk mengunduh Panduan Penulisan Jurnal Akuntansi Bisnis

KULIAH AKUNTANSI MANAJEMEN BERSAMA DR. ANCELLA A. HERMAWAN, MBA., CA. (16/02/2019)

Tangerang – Sabtu, 16 Februari 2019, Program Studi Akuntansi Kampus Serpong menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum Akuntansi Manajemen yang mengangkat tema, “Profesi Akuntan Manajemen: Tantangan dan Peluang di Era Revolusi Industri 4.0”. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengundang Dr. Ancella A. Hermawan, MBA., CA. sebagai narasumber yang merupakan Ketua Departemen Akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia dan Bpk. Kenny Fernando, S.E., M.Ak. sebagai moderator.

Kegiatan ini disiapkan oleh dosen Prodi Akuntansi: Miss Veny, S.E., M.Ak.dan Bpk. Michael, S.E., M.Ak.,serta didukung oleh mahasiswa semester 4 yaitu Theresia Violeta Sakti Andhariska (11170094), Carissa Zipora (11170109), dan Gerriva Costa (11170165). Kuliah umum berlangsung pk 08.30 dan dihadiri oleh mahasiswa semester 2 dan 4 Program Studi Akuntansi yang berjumlah hampir 100 orang.

Permbukaan dilakukan oleh Bpk. Michael, S.E., M.Ak.dan selanjutnya dipandu oleh Bpk. Kenny Fernando, S.E., M.Ak. sebagai moderator. Pemaparan yang disampaikan oleh Dr. Ancella A. Hermawan, MBA., CA. diawali dengan pemutaran video mengenai revolusi industri sejak generasi 1.0 hingga generasi 4.0. Narasumber juga menjelaskan bagaimana perusahaan sudah beralih dari pekerjaan manual menjadi terkomputerisasi dan mudahnya akses untuk data-data perusahaan dari berbagai lokasi melalui layanan komputer. Peran akuntan saat ini bukan lagi diharapkan mampu untuk input data, tetapi lebih mengarah kemapuan analisis (analysis). Maka diharapkan kepada mahasiswa/i bahwa untuk menjadi akuntan yang andal, gelar akademik yang dimiliki juga harus didukung oleh gelar profesi agar dapat bersaing di industri generasi 4.0.

Pelaksanaan kuliah umum cukup menarik perhatian mahasiswa, terlihat dari diskusi yang berjalan aktif dalam sesi tanya-jawab oleh mahasiswa bersama narasumber. Pemberian souvenir dilakukan untuk mahasiswa yang mengajukan pertanyaan. Kegiatan ini ditutup dengan pemberian token of appreciation oleh Miss Veny mewakili Program Studi Akuntansi kepada Dr. Ancella dan Bpk. Kenny, kemudian diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta.

Kuliah umum ini merupakan salah satu bentuk keseriusan dari Universitas Bunda Mulia untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada industri, sesuai dengan tagline Universitas Bunda Mulia yaitu Bridging Education to the Real World.

Go Biemers!

IMG_4241 IMG_4295 IMG_4287 IMG_4271 IMG_4269 IMG_4261 IMG_4252 IMG_4424 IMG_4414 IMG_4409 IMG_4407 IMG_4404 IMG_4398 IMG_4392 IMG_4390 IMG_4386 IMG_4385 IMG_4375 IMG_4364 IMG_4358 IMG_4357 IMG_4346 IMG_4342 IMG_4333 IMG_4331 IMG_4329 IMG_4311 IMG_4306 IMG_4302

 

Kunjungan Industri ke PT Indofood Fritolay Makmur – Cikupa (12/02/2019)

IMG_6652

Oleh Gracia Natasha -  11170141

Jakarta, 12 Februari 2019 – Program Studi Akuntansi UBM Kampus Ancol bekerja sama dengan aktivis Himpunan Mahasiswa (HIMA) Program Studi Akuntansi menyelenggarakan kegiatan kunjungan industri ke PT Indofood Fritolay Makmur – Cikupa. Kegiatan ini diikuti oleh 53 mahasiswa/i aktif semester 2 (dua) Prodi Akuntansi Kampus Ancol dan didampingi oleh perawakilan dari Prodi Akutansi Bapak Refianto, S.E., M.M. dan Bapak Wendy Salim, S.E.,M.Ak. serta perwakilan HIMA Accasia Gracia Natasha (11170141)

Kegiatan diawali dengan berkumpul bersama di Universitas Bunda Mulia – Kampus Ancol dan berangkat pk 07.45 pagi. Sesampainya di PT Indofood Fritolay Makmur – Cikupa, disambut oleh staff dari PT. Indofood dan diarahkan ke lantai 2 menuju Ballroom di mana kegiatan akan berlangsung. Acara dibuka oleh MC dari pihak perusahaan, dilanjutkan dengan sambutan pembuka oleh Bapak Gilang selaku Organization Development dan sambutan pembuka oleh Bapak Refianto S.E.,M.M. mewakili Prodi Akuntansi Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol. Sambutan pembuka ditutup dengan pemberian pohon dalam pot oleh pihak perusahaan sebagai bentuk kontribusi PT Indofood Fritolay Makmur – Cikupa mendukung go green. Selain itu pihak Prodi Akuntansi UBM Kampus Ancol juga memberikan token of appreciation sebagai bentuk terima kasih atas kesediaan perusahaan atas ijin yang diberikan untuk melakukan kegiatan kunjungan industri di PT Indofood Fritolay Makmur – Cikupa.<br>

Kegiatan dilanjutkan dengan mini games dengan memberikan pertanyaan seputar produk Indofood kepada mahasiswa dan diberikan hadiah dengan cara mengambil snack sebanyak-banyaknya yang terpajang pada etalase depan panggung dalam waktu 5 detik. Kemudian datang mascot Chester yang meramaikan acara dengan menari bersama mahasiswa-/i di atas panggung. Selanjutnya Bapak Nur Kris Triyono selaku Production Manager PT Indofood Fritolay Makmur – Cikupa memberikan Product Knowledge kepada mahasiswa/i dan dilanjutkan dengan kegiatan visit gallery di mana mahasiswa/i diajak untuk keliling pabrik melihat dan dijelaskan bagaimana sebuah proses produksi makanan ringan/ snack dimulai dari bahan mentah hingga produk jadi dipacking untuk siap dikirim. Antusias mahasiswa/i terlihat aktif dengan banyaknya diskusi tanya jawab dengan pemandu dari Production Team yang berlangsung selama perjalanan visit gallery hingga kembali ke ballroom.<br>

Sebagai penutupan acara, mahasiswa memberikan kesan dan pesan dalam mengikuti kegiatan ini dan melakukan foto bersama seluruh mahasiswa dan tim dari PT Indofood Fritolay Makmur – Cikupa. Seluruh dosen, panitia, dan mahasiswa/i juga diberikan goodie bag berisi produk-produk Indofood berupa snack-snack ringan. Mahasiswa dan tim dari Prodi Akuntansi pulang ke UBM Kampus Ancol dan tiba pukul 13.00 siang.

Pengabdian Kepada Masyarakat– Pengenalan Lingkungan Budaya Kerja (1/2/2019)

341879

Pada Jumat, 1 Februari 2019 bertempat di SMK Bonavita, Tangerang, Program Studi Akuntansi UBM mengadakan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) dengan tema “Pengenalan Lingkungan Budaya Kerja”. Saat tiba di SMK Bonavita, dosen dan mahasiswa/di sambut hangat oleh Kepala SMK Bonavita, Bapak Kristant,S.Pd.,MM.

Dilanjutkan dengan pemberian plakat serta goodie bag oleh Ibu Kandi Sofia S. Dahlan, MBA, Ph.D. kepada Kepala SMK Bonavita dan foto bersama dengan para dosen prodi akuntansi UBM serta bersama dengan Akademi Manajemen Bisnis Bina Darma Swakarya. Kemudian pukul 09.30 para dosen dan siswa/i SMK Bonavita memasuki aula yang sudah disediakan dan terdapat kurang lebih 200 siswa/i yang berpartisipasi. Selanjutnya di awali dengan kata sambutan dari Bapak Refianto, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kepala SMK Bonavita. Setelah mendengar kata sambutan, selanjutnya Ibu Kandi Sofia S. Dahlan, MBA,Ph.D. memaparkan materi tentang motivasi yang berjudul “Mengangkat Gunung”. Kemudian dilanjutkan oleh Bapak Budi Kurniawan dengan materi yang berjudul “Karir dibidang Perpajakan”, selanjutnya Bapak Agus Suryanto memaparkan materi yang berjudul “Menyiapkan Karir sebagai Akuntan Internal Perusahaan (Akuntansi Manajemen), setelah Bapak Agus dilanjutkan oleh Ibu Oktafalia Marisa dengan materi yang berjudul “Peluang Karir di Pasar Modal”, dan yang terakhir presentasi tentang Program Studi Akuntansi di Universitas Bunda Mulia disampaikan oleh Ibu Ririn Breliastiti selaku Ketua Prodi Akuntansi UBM.

Pelaksanaan kegiatan ini disambut antusias oleh siswa/i SMK Bonavita dengan adanya Tanya jawab yang dipandu oleh Bapak Refianto, kemudian terpilihlah sekitar 10 siswa/i yang mendapatkan goodie bag. Terlaksananya kegiatan ini diharapkan dapat memberi manfaat berupa tambahan pengetahuan secara softskilldan hardskill siswa/i.

 

Go Biemers!!!

341877 341879 341882 341884 341886 341887 

PKM: MENGHITUNG DAN MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN (24/01/2019)

1549846622097

Jakarta, 24 Januari 2018– Sebagai universitas yang memiliki tagline Bridging Education to the Real World,Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk sharing keilmuan akuntansi khususnya di bidang akuntansi kepada siswa-siswi SMAK 1 PENABUR Jakarta Barat dengan Materi “MENGHITUNG DAN MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN”

Dosen-dosen dan mahasiswa/i Prodi Akuntansi yang terlibat dalam kegiatan ini dikelompokkan menjadi tiga pos:

Pos 1: Ibu Ririn Breliastiti, Marshaellie Sugianto, Stevanus (Mahasiswa).

Pos 2: Bpk. Wendy Salim Saputra dan Laura Gabriela (Mahasiswi).

Pos 3: Bpk. Temy Setiawan, Liharyantono (Mahasiswa).

Saat tiba di Taman Mini Indonesia  pk 10.00, tim dosen dan mahasiswa/i disambut hangat oleh Guru-guru SMAK 1 Penabur, foto bersama dengan siswa/i yang menjadi target kegiatan PKM.

Sekitar pk 12.00  masing-masing tim menempati tempat yang telah disediakan dan terdapat kurang lebih 8 siswa/i setiap kelompoknya. Kegiatan dimulai dari pengenalan mengenai Universitas Bunda Mulia dan Program Studi Akuntansi beserta karier akuntan di dunia industri, yang dilanjutkan dengan pembagian kelompok untuk siswa/i yang terdiri dari 6 kelompok, selanjutnya melakukan praktek pada workshop Menghitung, dan Menyusun Laporan Keuangan suatu Perusahaan.

Pelaksanaan kegiatan ini disambut antusias oleh siswa-siswi kelas XI prodi IPS yang berjumlah hampir 48 orang, diskusi berjalan aktif dan dimeriahkan dengan diskusi interaktif yang kemudian memilih 3 Kelompok teraktif dan mendapatkan hadiah.

Terlaksananya kegiatan ini diharapkan dapat memberi manfaat berupa tambahan pengetahuan secara softskill dan hardskill siswa-siswi kelas XI terutama pada bidang perpajakan untuk bekal mereka menghadapi Ujian Praktek di Tahun Depan.

Go Biemers!!!

1549846622097 IMG_20190124_132017 IMG_20190124_132028 IMG_20190124_134329 IMG_20190124_134926 IMG_20190124_140242

VIVI LEONITA, KISAH INSPIRATIF DI KICK ANDY (20/12/2018)

20170828133737-2-vivi-leonita-001-hery-h-winarno   IMG_5482  23929dd8-a7c2-4266-a39e-01da701669e6

Pada tanggal 20 Desember 2018, bertempat di Studio Metro TV telah dilaksanakan tapping acara Kick Andy untuk ditayangkan pada tanggal 25 Januari 2019.

Kick Andy sendiri merupakan Kick Andy adalah sebuah acara talkshow di MetroTV  yang dipandu oleh Andi F. Noya.  Kick Andy tayang setiap hari Jumat pukul 20:05 WIB dan tayangan ulangnya dapat disaksikan pada hari Sabtu pukul 13:30 WIB. Meski tema yang diangkat cukup beragam, namun program ini tak beranjak dari human interest. Tak jarang, Andi F. Noya menampilkan narasumber dari tempat terpencil yang karya dan/atau kisah hidup menjadi inspirasi banyak orang.

Pada episode kali ini, Kick Andy mengundang beberapa sosok inspiratif yang tengah berjuang dalam kehidupan tetapi tetap memiliki semangat juang untuk mencapai prestasi. Salah satu sosok tersebut adalah Saudari Vivi Leonita, SE, Alumni Terbaik Program Studi Akuntansi Angkatan 2013  Universitas Bunda Mulia (UBM) dengan IPK 4.00, yang telah dan tengah berjuang dalam beratnya hidup. Vivi, begitu disapa, harus menjadi tulang punggung keluarga dikarenakan sang ibu, ayah dan adiknya yang dalam kondisi tidak sehat. Semasa perkuliahan, Saudari Vivi Leonita dikenal mahasiswi yang aktif, terbukti dengan terlibatnya Vivi dalam Himpunan Mahasiswa Prodi Akuntansi UBM (HIMA ACCASIA). Selain itu Vivi juga menjalankan usaha rintisannya dibidang asesoris untuk wanita.

Turut hadir pula civitas akademika Universitas Bunda Mulia pada acara tapping tersebut yaitu Ibu Dr Ririn Breliastiti, SE., MM (Ka Prodi Akuntansi UBM), Ibu Elfina Astrella Sambuaga, SE., M.S.Ak (Dosen Prodi Akuntansi UBM), Direktorat Marketing UBM, dan Prodi Ilmu Komunikasi UBM  Harapan kami adalah agar Vivi Leonita dan seluruh alumni tetap memegang semangat yang telah ditanamkan semasa kuliah dan terus berkomitmen mencapai prestasi meski berada di posisi yang sulit. Terus sukses dan semangat untuk Vivi Leonita!

 

Go Biemers!

IMG_5486 IMG_5485  2ecf51c5-116f-4738-a0ce-c8a6fc8e3804

a3714c0f-a584-4d81-8123-00d76151c847 23929dd8-a7c2-4266-a39e-01da701669e6 IMG_5482

MAHASISWA AKUNTANSI UBM MENYAJIKAN PAPER DI SIMPONAS IAI 2018 (12/12/2018)

IMG_4164 IMG_4168 IMG_4175

Civitas Akademika Universitas Bunda Mulia mengucapkan selamat atas prestasi yang telah ditorehkan Wulan Pangestuti, Winny Vandre, dan Tan Irin didampingi oleh Bpk Kenny Fernando, SE., M.S.Ak dari Program Studi Akuntansi karena telah lolos sebagai Penyaji Paper dalam Simposium Nasional Mahasiswa Akuntansi (SIMPONAS) 2018 yang diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia di Balai Kartini, Jakarta Selatan dari tanggal 11 s/d 13 desember 2018. SIMPONAS 2018 merupakan agenda tahunan sebagai ajang bertukar pikiran dan gagasan para mahasiswa berprestasi jurusan Akuntansi dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. Dengan mengikuti SIMPONAS 2018, mahasiswa juga dapat mengasah kemampuan intelektualitas dan berpikir ilmiah. SIMPONAS merupakan bagian dari APAEvent(Aspiring Professional Accountants) yang diadakah dalam Kongres XIII dan HUT ke-61 Ikatan Akuntan Indonesia.

Rangkaian kegiatan tersebut secara resmi dibuka dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo dan Menteri Keuangan Republik Indonesia, Ibu Dr. Sri Mulyani, M.Sc. yang bertempat di Istana Negara Jakarta. Didalam sambutannya Bapak Presiden menekankan pentingnya fungsi akuntansi dalam sebuah institusi untuk sarana transparansi dan akuntabilitas publik. Akuntan diharapkan dapat berkontribusi bagi pengelolaan dana desa yang telah dikucurkan pemerintah senilai 187 triliun agar penggunaan dan pemanfaatan dapat optimal dan terhindar dari penyimpangan. Sementara itu Ibu Menteri Keuangan menjelaskan upaya yang harus dilakukan Akuntan dalam menghadapi Suistainable Development Goals 2030 dengan memperkuat implementasi dari Etika Profesi yang telah ditetapkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia.

Untuk lolos menjadi 12 besar finalis bukanlah perjuangan yang mudah, karena pada tahap awal seluruh finalis harus melalui sesi penjurian dari karya yang telah dibuat. Karya tersebut berupa Paper dan Video. Jumlah peserta yang mengirimkan Karyanya sebanyak 105 kampus yang terdiri dari berbagai macam Tema sesuai dengan yang dipilih. Kemudian juri melakukan seleksi untuk menentukan 12 finalis terbaik dengan rincian masing-masing tema sebanyak 3 finalis (Lomba terdiri dari 4 jenis Tema). Tim Universitas Bunda Mulia memilih tema ke Empat yaitu Etika dan Integritas Akuntan Profesional dengan judul ETIKA PROFESI AKUNTAN PROFESIONAL: KOMPARASI REGULASI, KODE ETIK DAN PERSEPSI TERKAIT PERILAKU ETIS AKUNTAN PROFESIONAL

Rincian beberapa kampus yang lolos 12 besar selain Universitas Bunda Mulia diantaranya Perbanas Institute, PPM Manajemen Jakarta, Trisaksi School of Management, UUniversitas Jenderal Soedirman, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Gunadarma, Universitas Indonesia, Universitas Islam Indonesia, Universitas Katolik Widyamandala, dan Universitas Satya Wacana.

Acara diakhiri dengan Gala Dinner dan juga pemilihan ketua IAI dan Anggota DPN IAI untuk masa bakti 2018-2022 di Hari ketiga bertempat di Balai Kartini Jakarta Selatan.

IMG_4217IMG_4091 IMG_4119 IMG_4123 IMG_4125 IMG_4136 IMG_4142 IMG_4150 IMG_4154 IMG_4156 IMG_4164 IMG_4165 IMG_4167 IMG_4168 IMG_4175 IMG_4203 IMG_4221 IMG_4222 IMG_4229 IMG_4231

PARENTS GATHERING 2018 – MEET THE VICE RECTOR (08/12/2018)

IMG20181208093108 IMG20181208093134 IMG20181208111349

Jakarta, Kampus Ancol – Pada hari Sabtu, 8 Desember 2018 pada pukul 09:00 – 13.00 WIB berlokasi di UBM Hall (TUH) Kampus Ancol Universitas Bunda Mulia, program studi Akuntansi turut serta berpartisipasi dalam mensukseskan Parent Gathering 2018 Kampus Ancol. Dalam acara ini, program studi Akuntansi membuka booth yang diwakili oleh Hima Accasia dan didampingi oleh Ibu Kezia Josephine selaku dosen program studi Akuntansi.

Dalam acara ini, program studi Akuntansi memperkenalkan akuntansi kepada siswa-siswi SMA dan SMK beserta orang tua siswa-siswa tersebut yang hadir di Parents Gathering 2018, mulai dari visi misi program studi Akuntansi sampai dengan kegiatan-kegiatan program studi Akuntansi serta prestasi-prestasi program studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia. Acara ini juga diramaikan dengan mengadakan kuis berhadiah yaitu “Who Wants To Be Accountant” yang membuat para peserta senang dan antusias untuk mengikutinya. Selain kuis, siswa-siswi bersama orang tuanya juga diperkenankan untuk bertanya-tanya tentang program studi Akuntansi yang akan dijawab langsung oleh Ibu Kezia Josephine selaku Dosen program studi Akuntansi. Para siswa-siswi menanyakan banyak hal, mulai dari apa yang dipelajari selama perkuliahan, peluang kerja lulusan program studi Akuntansi, dan pertanyaan lainnya. Dengan adanya penjelasan tentang program studi Akuntansi, siswa-siswi SMA dan SMK dapat mempertimbangkan jurusan apa yang akan mereka pilih saat kuliah.

Dengan kegiatan ini, kami berharap siswa-siswi SMA dan SMK yang telah mengikuti kegiatan Parents Gathering bisa memilih jurusan yang tepat saat mereka kuliah nanti dan menyakinkan mereka bahwa Akuntansi itu mempunyai prospek yang bagus di dunia kerja serta Universitas Bunda Mulia adalah tempat yang tepat untuk mereka melanjutkan pendidikan tinggi. Akhir kata, kami mengucapkan terimakasih untuk seluruh partisipan yang terlibat atas waktu, tenaga, dan kerjasamanya dalam memeriahkan acara Parents Garthering 2018.

Go Biemers!

IMG20181208101539 IMG20181208110310 IMG20181208110319 IMG20181208111349 IMG20181208111933 IMG20181208112117 IMG20181208112908 1544758908319 IMG20181208093108 IMG20181208093134

 

Pelaksanaan Tentier UAS Ekonomi Mikro (03-05/12/2018)

1544082497189 1544082445819 1544082474525

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol- Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi mengadakan kegiatan Tentier yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar mata kuliah tertentu. Adapun mata kuliah yang kami ajarkan adalah Ekonomi Mikro untuk Semester 1. Sehubungan dengan pelaksaan Ujian AkhirSemester (UAS) yang semakin dekat, maka kegiatan Tentier ini membimbing dan membantu para mahasiswa/i yang kesulitan dalam mata kuliah tersebut agar dapat lebih mengerti dan siap dalam menghadapi UAS guna memperoleh prestasi nilai yang memuaskan.

Pelaksanaan Tentier Ekonomi Mikro dibagi menjadi 2 hari yang diadakan pada Senin, 03 Desember 2018 dan Rabu, 05 Desember 2018 yang terdiri dari 2 sesi.Sesi pertama berlangsung pada pukul 07.30 – 11.10 yang diajarkan oleh mahasiswi semester 3 yaitu Chyntia Dewi yang dihadiri oleh 16 mahasiswa/i akuntansi semester 1. Sesi kedua berlangsung pada pukul 11.30 – 15.10 yang diajarkan oleh mahasiswi semester 3 yaituAryanto Wijaya  yang dihadiri oleh kurang lebih 24mahasiswa/i akuntansi semester 1.

Adapun selama kegiatan tersebut berlangsung, para mahasiswa mengikuti dengan tertib dan belajar dengan bersungguh-sungguh. Materi yang diajarkan oleh pengajar dapat diikuti dengan baik oleh para mahasiswa. Ada kalanya ketika para mahasiswa kurang paham mengenai materi tertentu, mereka aktif bertanya kepada para pengajar.

Semoga berhasil dalam menghadapi UAS dan mendapatkan nilai yang memuaskan.

Go Biemers!

1544082499069 1544082445819 1544082447287 1544082473134 1544082476194 1544082482015 1544082474525 1544082486178 1544082497189 1544082483479 1544082478325 1544082489738

Kuliah Umum Audit bersama Sukiyanto, S.E. – Senior Associate KAP Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan (PwC Indonesia) (24/11/2018)

Screen Shot 2018-12-03 at 13.19.28

Pada hari Sabtu, 24 November 2018Program Studi Akuntansi kembali menyelenggarakan kuliah umum Audit yang mengangkat tema “Pendeteksian Error dan Fraudd alam Laporan Keuangan.” Adapun latar belakang yang mendorong diangkatnya topik ini adalah bahwa auditor mengemban misi dari publik/masyarakat untuk dapat meyakinkan mereka bahwa laporan keuangan yang dibuat oleh pihak manajemen telah bebas dari salah saji yang bersifat material baik yang disebabkan oleh errormaupun fraudError merupakan kesalahan yang tidak disengaja sedangkan Fraud merupakan suatu salah saji di laporan keuangan yang disengaja dilakukan untuk menutupi suatu kecurangan.

Dengan adanya kuliah umum yang menghadirkan praktisi yang kompeten di bidangnya diharapkan para mahasiswa/i yang sedang mengambil matakuliah audit dapat mengetahui bagaimana sebenarnya teknik pendeteksian error dan fraud dalam laporan keuangan sehingga laporan keuangan benar-benar bebas dari salah saji material baik yang disebabkan oleh error maupun fraud. Program studi Akuntansi menghadirkan Sdr. Sukriyanto S.E sebagai narasumber kuliah umum auditkali ini. Beliau adalah seorang praktisi yang berpengalaman di bidang Audit yang saat ini menduduki posisi sebagai Senior Associate di  KAP Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan   (PwC Indonesia)dan juga merupakan alumni Universitas Bunda Mulia angkatan 2008.

Sdr. Sukriyanto  menekankan bahwa  audit berbasis International Standards on Auditing (ISA) menekankan pada audit berbasis risiko. Untuk itu sangat penting bagi auditor untuk melakukan risk assessment (penilaian risiko) yang antara lain dapat dilakukan melalui tanya jawab (inquiries), analytical procedure, observation & inspection.  Melalui prosedur – prosedur tersebut, Auditor dapat memiliki pemahaman yang baik atas entitas klien-nya (nature of business /industry client) sehingga dapat menentukan inherent riskdan memiliki pemahaman yang baik tentang pengendalian internal perusahaan, sehingga dapat menentukan control risk-nya. Dari risk assessementtersebut auditor akan dapat mengetahui significant risksdari suatu perusahaan/klien yang mungkin memiliki potensi salah saji yang material baik disebabkan oleh error maupunfraud. Selain itu Sdr. Sukriyanto juga menegaskan bahwa penting untuk mengetahui apa saja yang menjadi Key Performance Indicator(s) (KPIs) dari manajemen karena KPIs dapat menjadi potensi timbulnya fraud.  Setelah pemaparan materi secara lugas dari Sdr. Sukriyanto, sesi berikutnya diisi dengan tanya jawab dari para peserta kuliah umum. Para peserta cukup antusias untuk menanyakan beberapa hal terkait kasus – kasus terkini di bidang audit, salah satunya adalah kasus sebuah perusahaan pembiayaan yang baru – baru ini melibatkan salah satu KAP Big Four di Indonesia. Selain berbagi ilmu dan pengalaman, Sdr Sukriyanto juga memberikan tips-tips jenis – jenis tes yang umumnya dilalui ketika akan melamar pekerjaan sebagai auditor eksternal.

Sebagai bentuk apresiasi, program studi Akuntansi memberikan penghargaan berupa plakat serta sertifikat kepada Sdr. Sukriyanto yang diserahterimakan oleh Ibu Kurniawati S.E., M.Ak selaku Dosen Koordinator Rumpun Ilmu Bidang Audit. Kuliah umum ini merupakan salah satu bentuk keseriusan dari Universitas Bunda Mulia untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada industri, sesuai dengan tagline Universitas Bunda Mulia yaitu Bridging Education to the Real World.

Go Biemers!

Screen Shot 2018-12-03 at 13.19.28 Screen Shot 2018-12-03 at 13.19.16 Screen Shot 2018-12-03 at 13.19.04 Screen Shot 2018-12-03 at 13.19.40

Kuliah Umum Akuntansi Manajemen bersama Ibu Prof. Dr. Etty Murwaningsari, SE., MM., CA (23/11/2018)

Untitled6 Untitled1 Untitled5

Rabu, 23 November 2018 – Program Studi Akuntansi bekerjasama dengan HIMA ACCASIA mengadakan kegiatan kuliah umum dengan Narasumber Guru Besar (Profesor) di bidang IFRS. Beliau adalah Ibu Prof.Dr. Etty Murwaningsari, SE., MM., CA.Moderator pada kegiatan ini adalah Ibu Dr. Ririn Breliastiti, S.E., M.M. Kegiatan diselenggarakan di The UBM Premiere Classroom, Kampus Ancol yang dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta dari Mahasiswa/i Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia semester 5 dan semester 7.

Kuliah umum pada kesempatan ini bertemakan ADOPSI IFRS DI NEGARA-NEGARA ASEAN”, yang bertujuan untuk membuka wawasan mahasiswa dalam menghadapi persaingan MEA. Sebagai calon akuntan, mahasiswa perlu mengetahui perkembangan proses adopsi IFRS di Indonesia, sehingga dapat memahami posisi Indonesia bila disandingkan dengan Negara-negara ASEAN lainnya.

Dalam pemaparannya, Prof. Etty Murwaningsari menjelaskan mulai dari sejarah munculnya ilmu akuntansi sampai ditetapkannya beberapa standar akuntansi di dunia. Standar akuntansi internasional yang saat ini menjadi standar yang paling banyak digunakan negara-negara di seluruh dunia adalah International Financial Reporting Standard (IFRS). Dari sisi tingkat kepatuhan proses adopsi IFRS, Singapura merupakan negara ASEAN yang menduduki peringkat pertama. Kemudian di urutan berikutnya adalah Malaysia dan Indonesia di posisi ketiga.

Selain menjelaskan mengenai proses adopsi IFRS, Prof. Etty Murwaningsari juga memberikan contoh-contoh topik-topik penelitian (skripsi) yang membahas mengenai IFRS. Selain itu, diberikan juga contoh dari aplikasi IFRS meliputi PSAK 65, 50, 55, 60, dan 68. Kuliah Umum pada hari ini dapat dikatakan cukup komprehensif dalam membahas IFRS.

Kegiatan ini dimulai pada jam 8.30 dan mendapatkan perhatian dan antusiasme dari para mahasiswa. Mereka banyak menanyakan mengenai masalah yang mereka hadapi seputar penyusunan skripsi yang terkait dengan IFRS. Setelah sesi tanya jawab selesai, acara ini ditutup dengan pemberian cinderamata dari Universitas Bunda Mulia kepada Narasumber. Acarapun selesai pada jam 11.30.

Bersama Lakukan Terobosan Hebat!

Untitled2 Untitled1 Untitled5 Untitled3 Untitled Untitled4 Untitled6