Panduan Penulisan Jurnal Akuntansi Bisnis

Kamis, 28 September 2017
Ernie Riswandari – Vice Chief Editor Jurnal Akuntansi Bisnis

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol – Jurnal Akuntansi Bisnis (JAB) adalah jurnal Program Studi Akuntansi, yang berisikan kumpulan hasil penelitian para akademisi maupun kontribusi yang bersifat ilmiah dari professional di bidang akuntansi untuk kemajuan dan pengembangan ilmu akuntansi yang berkaitan dengan dunia industri dan bisnis.

Jurnal akuntansi bisnis diterbitkan secara berkala 2 kali dalam 1 tahun yaitu pada bulan Februari  dan Agustus.

Jurnal akuntansi Bisnis menerima tulisan dalam bentuk riset kuantitatif maupun kualitatif di bidang :

  • Akuntansi Keuangan
  • Akuntansi Manajemen
  • Auditing
  • Perpajakan
  • Sistem Informasi Akuntansi
  • Pasar Modal

Tulisan yang dikirimkan adalah tulisan orisinal yang belum pernah dipublikasikan di media lain dan menggunakan pustaka acuan mutakhir, proporsi terbitan 10 tahun terakhir.

Ketentuan mengunggah artikel:

  1. Artikel yang dikirimkan harus sudah mengikuti format Panduan Penulisan Artikel Jurnal Akuntansi Bisnis (File Panduan Penulisan Artikel JAB terlampir), tanpa perlu menyertakan identitas penulis di dalam artikel dikarenakan artikel tersebut akan melalui proses blind review oleh reviewer dalam bentuk file Ms Word.
  2. Artikel  diunggah  ke portal Jurnal Akuntansi Bisnis melalui link http://journal.ubm.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis
  3. Bagi penulis yang baru pertama kali memasukan artikel di JAB terlebih dahulu daftarkan nama dan identitas penulis (ikuti petunjuk di http://journal.ubm.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis/user/register)

Selamat menulis kami tunggu artikelnya !..

Silahkan klik tautan berikut untuk mengunduh Panduan Penulisan Jurnal Akuntansi Bisnis

Templat File Penyusunan Skripsi

03 Juni 2017
Budi Kurniawan – Program Studi Akuntansi

Mahasiswa harus menyusun karya akhir (ilmiah) dengan susunan yang sempurna baik dari urutan kerangka pembahasan, tata bahasa, format cetak, format halaman, format gambar, format tabel, dan lain-lain agar karya yang dihasilkan menjadi sebuah hasil karya ilmiah yang baik dan benar.

Untuk ini, Program Studi Akuntansi menyediakan file Templat Skripsi UBM, file Templat Kertas Pembatas, dan Pedoman Penggunaan Template Skripsi UBM. Mahasiswa diharapkan mempelajari bagaimana cara penggunaan file Templat Skripsi UBM dengan menggunakan pedoman yang akan dibahas di modul ini.

Selamat Mengerjakan Skripsi

Go Biemers!

Templat Skripsi UBM (Ganjil 2017) – Word 2016

Templat Skripsi UBM (Ganjil 2017) – Word 97-03

Halaman Pembatas Bab (Ganjil 2017)

Pedoman Penggunaan Templat Skripsi (Ganjil 2017)

Kuliah Umum – Talk Show – Bapak Djoko Susanto (08/05/18)

Selasa, 08 Mei 2018
Yuta Zefanya – Mahasiswi Program Studi Akuntansi

2018 05 00 - Kuliah Umum Djoko Susanto 14

Kampus Serpong @Alam Sutera – Seiring dengan tagline dari Universitas Bunda Mulia yaitu Bridging Education to the Real World, UBM mengadakan talk show dengan tema “Retail Business in Digital Era” bagi para mahasiswa baik yang berasal dari kampus Ancol maupun kampus Serpong @Alam Sutera. Talk show kali ini lebih spesial daripada talk show biasanya. Mengapa? Talk show yang dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2018 ini menghadirkan narasumber yaitu Bapak Djoko Susanto, selaku founder of Alfa Group.

Cerahnya sinar matahari yang bersinar sejak pagi hari menghantar langkah para peserta untuk mengikuti acara demi acara yang telah disusun. Sebelum sesi talk show dimulai, para peserta mendapat kesempatan emas untuk berfoto bersama dengan Bapak Djoko Susanto yang juga merupakan founder of Yayasan Pendidikan Bunda Mulia, Pengurus YPBM dan Pimpinan UBM. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan acara talk show yang dilaksanakan di lantai 18 Gedung Alfa Tower (Kampus UBM Serpong @Alam Sutera). Pada talk show kali ini, Bapak Djoko Susanto berbagi kisah pengalaman inspiratifnya kepada para peserta. Mulai dari awal berbisnis bahkan sampai menjadi entrepreneur sukses seperti sekarang ini. Selain itu, beliau juga sharing mengenai suka-dukanya menjadi seorang entrepreneur dan juga tips-tips berbisnis dalam menghadapi perkembangan era digital. Beliau juga menambahkan bahwa ada 3 bekal utama untuk sukses dalam berbisnis, yaitu kerja keras, berpikiran positif, dan jujur yang membawanya pada kesuksesan seperti sekarang ini.

Kemudian, setelah penyampaian materi, beliau juga memberikan merchandise kepada sepuluh peserta yang beruntung pada talk show kali ini. Antusiasme para peserta semakin membara untuk memperebutkan buku yang berjudul “Spirit Menembus Sukses”. Buku tersebut dibuat berdasarkan kisah perjuangan hidup beliau yang penuh kerja keras dan menginspirasi banyak orang. Oleh karena itu, banyak peserta yang ingin memperoleh buku tersebut beserta dengan tanda tangan eksklusif dari beliau.

Setelah talk show, acara dilanjutkan dengan office tour. Para peserta diajak untuk berkeliling mengunjungi ruang kantor yang berada di gedung Alfa Tower di lantai 17 dan 12. Para peserta mendapat kesempatan emas untuk berkunjung ke ruang kerja Bapak Djoko Susanto (dan foto bersama), melihat ruang pertemuan, café, fitness center, dealing rooms (dengan para supplier), dan show case Alfa Mart, dll.

Go Biemers…

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua HIMA ACCASIA periode 2018-2019 (06/05/18)

Minggu, 6 Mei 2018
Lutfi Haniffah – HIMA ACCASIA 1718

Regenerasi

Sentul, Jawa Barat – Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA ACCASIA) Universitas Bunda Mulia melakukan penghitungan suara untuk menentukan Ketua dan Wakil Ketua HIMA ACCASIA periode 2018-2019. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu rangkaian acara Regenerasi 2018 yang rutin diselenggarakan oleh HIMA ACCASIA setiap tahunnya. Proses pemilihan sudah dilakukan sejak bulan April 2018, dimana dilakukan seleksi untuk para aktivis oleh Pengurus HIMA ACCASIA periode 2017-2018 dan Dosen Pembina HIMA ACCASIA. Setelah terpilih beberapa Kandidat, dilakukan wawancara untuk mengetahui kapabilitas dan komitmen dari para Kandidat. Wawancara dilakukan dihadapan Pengelola Program Studi Akuntansi UBM dan Dosen Pembina HIMA ACCASIA. Setelah terpilih dua pasangan calon, maka dilakukan Kampanye dan pemungutan suara ke kelas-kelas Akuntansi.

Pada hari penghitungan suara, Wulan Pangestuti (Ketua HIMA ACCASIA periode 2017-2018) memberikan sambutan sebelum penghitungan suara dimulai. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pembukaan dan penghitungan kotak suara oleh Veronika Widya selaku Ketua Panitia Regenerasi dibantu oleh anggota Human Resource HIMA ACCASIA. Para peserta regenerasi terlihat antusias selama mengikuti proses penghitungan suara yang berjalan selama kurang lebih 1 (satu) jam.

Proses penghitungan suara akhirnya berhasil melahirkan Ketua dan Wakil Ketua HIMA ACCASIA periode 2018-2019, yaitu Tri Mahatir dan Mega Liana dengan jumlah suara sebanyak 276  (dua ratus enam belas satu) suara. Ibu Kezia Josephine, SE. selaku perwakilan Prodi Akuntansi, kemudian memberikan pesan-pesan untuk Ketua dan Wakil Ketua terpilih yang dilanjutkan dengan penandatangan Surat Keputusan Pelantikan Kepengurusan HIMA ACCASIA periode 2018-2019 oleh Ketua dan Wakil Ketua yang lama dan baru.

Acara kemudian diakhiri dengan pemasangan badge HIMA ACCASIA secara simbolis oleh Ketua HIMA ACCASIA, Wulan Pangestuti dan dosen pedamping Bapak Wendy Salim Saputra SE. M.Ak. dan Ibu Kezia Josephine, SE., kepada Ketua dan Wakil Ketua HIMA ACCASIA terpilih.

Go Biemers!

Regenerasi HIMA ACCASIA 2018 (06/05/18)

Minggu, 6 Mei 2018
Bernadette Tesalonica Cecilia

2018 05 06 - Regenerasi HIMA ACCASIA 1819 11

“Grow Up Together”

Sentul, Jawa Barat – Himpunan Mahasiswa  (HIMA) ACCASIA dan Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia mengadakan Acara Regenerasi selama dua hari dengan tema “Grow Up Together” yang dilaksanakan di Wisma Padepokan Voli Sentul. Para peserta regenerasi merupakan anggota HIMA ACCASIA yang terdiri dari mahasiswa aktif semester 2 (dua) dan semester 4 (empat) Prodi Akuntansi Universitas Bunda Mulia. Tujuan dilakukannya kegiatan ini, yaitu untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, meningkatkan rasa solidaritas dan mendekatkan satu dengan yang lain dalam keanggotan HIMA..

Di hari pertama yaitu Minggu, 6 Mei 2018, pukul 05.30 WIB, seluruh peserta yang mengikuti regenerasi berkumpul di Universitas Bunda Mulia untuk persiapan keberangkatan ke Wisma Padepokan Voli. Para peserta berkumpul dan melakukan absensi yang dilanjutkan dengan foto bersama di The UBM Plaza. Para peserta kemudian berangkat dengan didampingi oleh Bapak Wendy Salim Saputra SE. M.Ak. dan Ibu Kezia Josephine, SE. Setelah kurang lebih 2 (dua) jam perjalanan rombongan tiba pada pukul 07.30 WIB.

Acara regenerasi dibuka pada pukul 09.00 WIB yang diawali dengan kata sambutan oleh Veronika Widya selaku ketua acara regenerasi dan oleh Bapak Wendy Salim Saputra, selaku pembimbing acara regenerasi dan perwakilan dari Prodi Akuntansi. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi materi oleh Wulan Pangestuti mengenai bagaimana menjadi leader disertai diskusi kecil terkait dengan kasus yang sudah disiapkan. Dilanjutkan dengan ice breaking yang bertujuan untuk membakar semangat para peserta. Setelah itu acara dilanjutkan dengan makan siang dan latihan untuk penampilan yang akan mereka persembahkan.

Para peserta regenerasi sudah dibagi menjadi 7 (tujuh) kelompok untuk berkompetisi mendapatkan poin dalam permainan yang sudah disiapkan panitia. Permainan ini berlangsung menyenangkan dan penuh canda tawa dari para peserta. Setelah acara permainan selesai, para peserta beristirahat dan mempersiapkan diri untuk makan malam. Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan parodi oleh setiap kelompok peserta Acara Regenerasi. Setelah semua kelompok tampil, Team Human Resources melakukan penghitungan suara untuk menentukan Ketua dan Wakil Ketua HIMA ACCASIA periode 2018-2019. Hasil perhitungan suara dimenangkan oleh Tri Mahathir dan Mega Liana. Acara di hari ini kemudian ditutup dengan acara api unggun dan makan-makan kecil bersama.

Keesokan harinya, Senin, 7 Mei 2018, aktivitas dimulai pukul 06.30 WIB dengan diawali makan pagi dan dilanjutkan dengan Lomba Internal yang dilaksanakan di kolam renang. Selanjutnya setelah lomba berakhir para peserta diminta untuk packing dan bersiap-siap. Para peserta berkumpul untuk mendengarkan pengumuman dan pemberian hadiah bagi kelompok terbaik berdasarkan aktivitas yang telah mereka ikuti selama Acara Regenerasi. Setelah acara foto bersama dan makan siang seluruh peserta akhirnya meninggalkan Wisma Padepokan Voli pukul 13.00 WIB.

Go Biemers!

Perluas Wawasan Mahasiswa BCA Berikan Seminar Bisnis Keluarga di Revolusi Digital (09/04/18)

Jakarta, 9 April 2018 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senantiasa berkomitmen dalam memajukan kualitas dunia pendidikan dan mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Hal ini juga sejalan dengan visi dan misi dari Universitas Bunda Mulia yang selalu berupaya menjembatani antara dunia pendidikan dengan dunia industri. Untuk itu, komitmen ini diimplementasikan melalui pemberian pembekalan melalui Seminar oleh BCA kepada 1000 mahasiswa Universitas Bunda Mulia (UBM) dengan mengangkat tema “Succession Plan of Family Business in Digital Revolution” di Jakarta, Senin (09/04).

Seminar yang dibuka oleh Senior Advisor UBM Prof. John J.O.I Ihalauw ini menghadirkan Wakil Presiden Direktur BCA Armand Wahyudi Hartono sebagai pembicara dan Wakil Rektor Bidang Akademik Kandi Sofia Senastri Dahlan, MBA., PhD sebagai moderator. Turut hadir dalam acara ini, Founder of Yayasan Pendidikan Bunda Mulia Djoko Susanto, Rektor Universitas Bunda Mulia Doddy Surja Bajuadji, Kepala Kantor Wilayah XII BCA Freddy Suliman dan sejumlah manajemen BCA dan UBM.

Perkembangan bisnis di Indonesia mengalami perubahan seiring revolusi di bidang teknologi, salah satunya bisnis keluarga. Bisnis berbasis keluarga di Indonesia menempati posisi terdepan di wilayah Asia Tenggara, khususnya dalam perencanaan dan persiapan alih kepemimpinan atau suksesi kepemimpinan. Berdasarkan riset EIU (The Economist Intelligence Unit), sebanyak 78 persen dari usaha keluarga di Indonesia telah menyiapkan rencana suksesi. “Bisnis keluarga akan terus maju dari generasi ke generasi asalkan bisa mengikuti perubahan zaman. Oleh sebab itu, saat ini generasi muda Indonesia harus aware terhadap perubahan zaman, teknologi, dan keinginan pasar agar bisnis yang dibangun dapat tumbuh berkelanjutan,” papar Armand.

Wakil Presiden Direktur BCA Armand Wahyudi Hartono hadir untuk berbagi mengenai “Succession Plan of Family Business in Digital Revolution” dan pengalaman kepada mahasiswa bagaimana teknologi dapat mempengaruhi pengembangan dan pertumbuhan bisnis keluarga. Untuk itulah, BCA selalu berupaya mengikuti perkembangan teknologi yang diselaraskan dengan kebutuhan nasabah yang terus berkembang. Seperti BCA yang menawarkan beragam solusi tepat melalui aplikasi digital, Virtual Assistant Chat Banking (VIRA), Application Program Interface (API), e-Branch dan lain sebagainya.

“Kunci sukses membangun bisnis keluarga untuk tetap bertahan di tengah kompetisi yang semakin ketat adalah mengikuti perubahan teknologi, karena teknologi akan selalu berkembang. Selain itu, dalam bisnis keluarga harus saling memberikan semangat untuk mampu bersinergi satu sama lain serta memberikan kebebasan kepada anggota keluarga dalam menjalankan bisnisnya,” tutup Armand.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2017)

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Desember 2017, BCA melayani lebih dari 17 juta rekening nasabah dan memproses jutaan transaksi setiap harinya didukung oleh 1.235 kantor cabang, 17.658 ATM dan lebih dari 470 ribu mesin EDC serta transaksi melalui layanan internet banking dan mobile banking yang dapat diakses 24 jam.

Tentang Universitas Bunda Mulia

Universitas Bunda Mulia (UBM) adalah perguruan tinggi swasta unggulan di Indonesia yang berada dalam naungan Yayasan Pendidikan Bunda Mulia yang telah menginjak usia 32 tahun. Pada saat ini UBM menempati kampus Ancol sejak tahun 2003 dan UBM kampus Serpong @Alam Sutera pada tahun 2017. Program studi yang ditawarkan UBM saat ini mulai dari jenjang sarjana (Ilmu Komunikasi, Hospitality & Pariwisata, Manajemen, Akuntansi, Psikologi, Bahasa dan Budaya Inggris, Bahasa dan Budaya Tionghoa, Desain Komunikasi Visual, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Manajemen Industri) dan pascasarjana (Magister Manajemen, dan Magister Ilmu Komunikasi). Selain itu, Yayasan Pendidikan Bunda Mulia juga menaungi Akademi Pariwisata Bunda Mulia yang menawarkan program studi D3 Perhotelan sebagai alternatif pilihan di jalur vokasi.

UBM sangat mengedepankan pendidikan yang berkualitas tinggi sebagai upaya untuk mencapai lulusan-lulusan yang berkualitas tinggi, tanggap dan dinamis sesuai kebutuhan industri. Untuk itu, UBM selalu bekerjasama dengan berbagai industri sesuai dengan tagline UBM “Bridging Education to the Real World”.

Go Biemers!!

Pelaksanaan Asistensi efiling 1770S dan 1700SS (21/03/18)

Rabu, 21 Maret 2018

Yully Titania – HIMA ACCASIA 2017/2018

 IMG-20180406-WA0006 (2)

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol –  Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia bekerja sama dengan Kantor Wilayah DJP Jakarta Utara mengadakan kegiatan Asistensi Pengisian e-SPT dan Penerbitan e-FIN untuk untuk para Wajib Pajak di lingkungan Kantor Wilayah Jakarta Utara dengan sistem E-Filing.

E-Filing adalah cara penyampaian SPT tahunan PPh secara elektronik yang dilakukan secara online melalui internet di website Direktorat Jendral Pajak (http://djponline.pajak.go.id). Wajib Pajak yang menyampaikan SPT tahunan PPh secara e-filling melalui website Direktorat Jendral Pajak (www.pajak.go.id) harus memiliki Electronic Filling Identification Number (e-FIN). Electronic Filling Identification Number (e-FIN) adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh kantor pelayanan pajak kepada wajib pajak yang mengajukan permohonan untuk menyampaikan SPT tahunan PPh secara e-filling.

Acara dimulai dengan foto bersama para Relawan Pajak, Dosen dari Program Studi Akuntansi dan Team Kanwil DJP Jakarta Utara. Kemudian dilanjutkan dengan registrasi untuk para wajib pajak yang akan melaporkan SPTnya, adapula kegiatan penerbitan e-FIN untuk Karyawan dan Dosen Universitas Bunda Mulia yang belum pernah melakukan e-filling atau pengisian e-SPT.

Dibantu oleh para petugas DJP yang dipimpin oleh Bapak Haryono selaku Kepala Seksi Bimbingan Pelayanan dan Konsultasi dan Ibu Yustitie Evelina Sitorus selaku Pelaksana Seksi Bimbingan Pelayanan dan Konsultasi serta para Relawan Pajak sangat antusias melayani para Wajib Pajak yang sudah menunggu untuk mendapatkan e-FIN dan dibantu dalam melaporkan SPT nya.

Untuk pelaporan e-SPT sendiri dilakukan di LAB A dan Lab B dan dibantu oleh sekitar 36 Relawan Pajak, sedangkan untuk penerbitan e-FIN berada di ruangan terpisah yaitu ruang 406. Bagi Wajib Pajak yang akan melakukan asistensi diwajibkan untuk mengisi daftar hadir dan surat pernyataan asistensi namun bagi WP yang akan menerbitkan e-FIN diharuskan juga untuk mengisi daftar hadir dan juga form penerbitan e-FIN yang dilayani oleh Ibu Nurnadia selaku Pelaksana Kerjasama dan Hubungan Masyarakat dan Bapak Ahmad Baihaki selaku Pelaksana Seksi Bimbingan Pelayanan dan Konsultasi.

Tidak hanya itu petugas DJP juga memberikan kesempatan untuk Wajib Pajak berkonsultasi mengenai Pajak/Tax Amnesty agar Wajib Pajak semakin paham dan mengurangi kemungkinan adanya kurang/lebih bayar dan kegiatan ini dilakukan di ruang 405. Para Wajib Pajak dilayani langsung oleh: (1) Bapak Suparmin selaku Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen; (2) Bapak Chresno Daroe Warsono selaku Kepala Seksi Kerjasama dan Hubungan Masyarakat; dan (3) Ibu Anastasia Christiana selaku Pelaksana Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen.

Pada kesempatan ini juga diserahkan Perpanjangan MoU antara Universitas Bunda Mulia dan Direktorat Jenderal Pajak Kanwil DJP Jakarta Utara. MoU ini merupakan kesepakatan dan komitmen bersama untuk turut memberikan sumbangsih kepada Negara dalam bentuk kegiatan dalan layanan perpajakan.

Acara pun selesai pada pukul 15.00 WIB, ditutup dengan foto bersama oleh para relawan pajak dan dosen Program Studi Akuntansi. 

Go Biemers!

Relawan Pajak UBM:

Adelia Aftha Uly S; Anastasia Stevani; Andre Darmawan; Aorel Stevany; Arvian Yoel Tanudjaja; Bernadette Tesalonica Cecilia; Bryan Alexander Ciptadi; Candra Handoko; Catherine Tania; Cindy Cynthia Chen; Cindy Indrawati; Claudia; Cristofel; Darlene Dacia Septiana; Edo Liunata; Feby Tjaniago; Fellyana Bin Wargana; Hansen Andersson; Henny; Jessica Emanuella; Jessica Indryani Kirana; Junita; Kevin Hariyavie; Lawdy Indra Susilo; Lily Layarda; Lufti Hanifah; Marshall Chrislinadi; Nofita Sasqia Putri; Prisya Livani; Reynald Inri Bee; Rosalia Septiani; Samuel Ivan; Sherwin Siever; Sindy Trifertina; Tan Irene; Teissya Stevani; Theresia Terry; Valencia Gauwtama; Veronica Widya; Wenny Vandre; Winny Vandre; Wulan Pangestuti; Yuliana Sari; Yully Titania; Yuni Clara.

Dosen Program Studi Akuntansi:

Ririn Breliastiti (Ketua Tax Center UBM); Budi Kurniawan (Koordiator Tax Center UBM), Refianto (Sekretaris Program Studi Akuntansi); Yohanes Mardinata Rusli; Ernie Riswandari; Wendy Salim Saputra; Elfina Astrella Sambuaga; Kenny Ardillah; Kenny Fernando

Team Kanwil Jakarta Utara:

Suparmin; Chresno Daroe Warsono; Haryono; Ahmad Baihaki; Yustitie Evelina Sitorus; Anastasia Christiana; Nurnadia.

 

Perpanjang MoU: Semakin Mantap Komitmen Kanwil DJP Jakarta Utara dan Tax Center Universitas Bunda Mulia (21/03/18)

Rabu, 21 Maret 2018
Kenny Fernando – Program Studi Akuntansi

043_4174

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol – Pada tanggal 21 Maret 2018, bertempat di Universitas Bunda Mulia (UBM), telah ditandatangani perpanjangan Memorandum of Understandings (MoU) antara Kanwil DJP Jakarta Utara dan Tax Center UBM. Kanwil DJP Jakarta Utara memantapkan komitmen dengan memperpanjang MoU tersebut bersama Tax Center Universitas Bunda Mulia.
Tax Center Universitas Bunda Mulia sendiri didirikan antara lain untuk mendorong dan menyediakan wadah dalam penyelenggaraan kegiatan pengkajian, penelitian, dan pelatihan serta sosialisasi perpajakan di lingkungan Perguruan Tinggi serta menciptakan keharmonisan antara Perguruan tinggi dengan Direktorat Jenderal Pajak. Kerja sama dengan Kanwil DJP Jakarta Utara sendiri adalah salah satu bentuk upaya nyata dari Tax Center UBM untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat dengan mengaplikasikan keilmuan di bidang Perpajakan. Bentuk kerja sama ini telah terjalin sejak tahun 2014 guna memenuhi kebutuhan para wajib pajak akan asistensi di bidang perpajakan.
Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Bapak Pontas Pane selaku Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Utara dan Ibu Ririn Breliastiti selaku Ketua Tax Center UBM. Acara tersebut pula didampingi oleh jajaran perwakilan Kanwil DJP Jakarta antara lain: (1) Bapak Suparmin sebagai Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen; (2) Bapak Chresno Daroe Warsono selaku Kepala Seksi Kerjasama dan Hubungan Masyarakat; (3) Bapak Haryono selaku Kepala Seksi Bimbingan Pelayanan dan Konsultasi; (4) Ibu Yustitie Evelina Sitorus; (5) Bapak Ahmad Baihaki; (6) Ibu Nurnadia; dan (7) Ibu Anastasia Christiana serta anggota Tax Center UBM.

Go Biemers!

Pelaksanaan Tentier Mata Kuliah Akuntansi Manajemen & Perpajakan (20/03/18)

Senin, 20 Maret 2018

Cindy Indrawati – HIMA ACCASIA 2017/2018

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol – Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi mengadakan kegiatan Tentier yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar mata kuliah tertentu. Adapun mata kuliah yang  diajarkan adalah Perpajakan untuk Semester 2 dan Akuntansi Manajemen untuk semester 4. Sehubungan dengan pelaksaan Ujian Tengah Semester (UTS) yang semakin dekat, maka kegiatan tentier ini bertujuan untuk membimbing dan membantu para mahasiswa/i yang kesulitan dalam mata kuliah tersebut agar dapat lebih mengerti dan siap dalam menghadapi UTS guna memperoleh prestasi nilai yang memuaskan.

Pelaksanaan Tentier Akuntansi Manajemen diadakan pada Senin, 05 Maret 2018 pukul 09.30 – 13.10 yang diajarkan oleh mahasiswi semester 6 yaitu Delicya Danella. Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 11 mahasiswa/i akuntansi semester 4. Sedangkan pelaksanaan Tentier Perpajakan diadakan pada Sabtu, 10 Maret 2018 yang terdiri dari 2 sesi. Sesi pertama berlangsung pada pukul 07.30 – 11.10 yang diajarkan oleh mahasiswi semester 4 yaitu Vianty Adella Santo yang dihadiri oleh 18 mahasiswa/i akuntansi semester 2. Sesi kedua berlangsung pada pukul 11.30 – 15.10 yang diajarkan oleh mahasiswi semester 4 yaitu Lidya Hervica yang dihadiri oleh kurang lebih 24 mahasiswa/i akuntansi semester 2.

Adapun selama kegiatan tersebut berlangsung, para mahasiswa mengikuti dengan tertib dan belajar dengan bersungguh-sungguh. Ketika para mahasiswa kurang paham mengenai materi tertentu, mereka aktif bertanya kepada para pengajar, sehingga materi yang diajarkan oleh pengajar dapat diikuti dengan baik oleh para mahasiswa.

Semoga dengan diadakannya tentier, para mahasiwa/i Program Studi Akuntansi dapat berhasil dalam menghadapi UTS dan mendapatkan nilai yang memuaskan.

Go Biemers!

 

Sosialisasi Relawan Pajak oleh Kanwil DJP Jakarta Utara (09/03/18)

Jumat, 09 Maret 2018
Lutfi Haniffah (11160148)  – HIMA ACCASIA

Banner

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol – E-Filing adalah suatu cara penyampaian SPT Tahunan PPh secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak (http://efiling.pajak.go.id) atau Penyedia Jasa Aplikasi atau Application Service Provider (ASP). Wajib Pajak yang menyampaikan SPT Tahunan PPh secare e-Filing melalui website Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id) harus memiliki Electronic Filing Identification Number (e-FIN). Electronic Filing Identification Number (e-FIN) adalah nomor indentitas yang diterbitkan oleh Kantor Pelayanan Pajak kepada Wajib Pajak yang mengajukan permohonan untuk menyampaikan SPT Tahunan PPh secara e-Filing.

Untuk itu pada hari Jumat, 9 Maret 2018 Program Studi Akuntasi Universitas Bunda Mulia bekerja sama dengan Kantor Wilayah DJP Jakarta Utara mengadakan kegiatan sosialisasi Pelatihan Pendamping Pengisian e-SPT dan Permohonan Penerbitan e-FIN untuk para realwan pajak yang nantinya akan membantu Karyawan dan Dosen Universitas Bunda Mulia dan juga Biems.

Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 10.00 WIB bertempat di Lab Komputer B lt.4 Universitas Bunda mulia. Adapun petugas Direktorat Jenderal Pajak yang datang untuk sosialisi acara tersebut adalah  Bapak Haryono selaku Kepala Seksi Bimbingan Pelayanan dan Konsultasi dan Ibu Anatasia Cristiana.

Acara pada hari itu selesai sekitar pukul 11.00 dan para peserta sosialisasi juga mulai mempersiapkan kebutuhan untuk pelaksanaan Pelatihan Pendamping Pengisian e-SPT dan Permohonan Penerbitan e-FIN nantinya.

Go Biemers!

Konferensi Ilmiah Akuntansi 5 (KIA 5 – 02/03/18)

Kamis – Jumat, 1 -2 Maret 2018
Ririn Breliastiti – Ketua Program Studi Akuntansi
Banner

Rawamangun, Jakarta – Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia pada Kamis – Jumat, 1 – 2 Maret 2018 menjadi Co-Host sekaligus Panitia dalam kegiatan Konferensi Ilmiah Akuntansi 5. KIA 5 merupakan kegiatan rutin dari Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd) Wilayah Jakarta. Tahun 2018 ini telah menginjak tahun penyelenggaraan yang kelima. Pada kesempatan ini, Ibu Ririn Breliastiti, SE, MM menjadi salah satu Panitia dalam kegiatan yang berlangsung di STIE Indonesia (Rawamangun).

Pada kegiatan ini, dilakukan penandatanganan MoU dan MoA antara Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UBM (Bpk Dr. Sugeng Wahyudi, M.Si), Ketua Program Studi Akuntansi UBM (Ibu Ririn Breliastiti, SE, MM) dengan IAI KAPd (Bpk Dr. Harnovinsyah), Dekan, Ketua, Rektor serta Ketua Program Studi Akuntansi sebanyak 23 Institusi. MoU dan MoA ini merupakan wujud kerjasama untuk meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi di kalangan para akademisi, khususnya Dosen Akuntansi.

Selain penandatanganan MoU  dan MoA, Wakil Rektor Bidang Akademik UBM (Ibu Kandi Sofia Senastri Dahlan, MBA, Ph.D), dipercaya menjadi salah satu Reviewer artikel serta Pembahas dalam Call for Paper. Masukan berharga dan pencerahan yang diberikan oleh Ibu Kandi mendapat apresiasi yang sangat baik dari para pemakalah pada hari tersebut.

Perwakilan Dosen dari Program Studi Akuntansi, yaitu Bpk Dr. Temy Setiawan, SE, Ak, M.Ak, CA, Bpk Wendy Salim Saputra, SE, M.Ak, serta Bpk Kenny Ardillah, SE, M.Ak, juga menjadi Pemakalah dalam Call for Paper dan Call for Poster. Artikel yang dipresentasikan merupakan hasil dari penelitian yang telah dihasilkan oleh para Dosen tersebut.

Disarikan oleh,

Ririn Breliastiti, SE, MM

Kunjungan Industri ke PT. Yakult Indonesia Persada (28/02/18)

Rabu, 28 Februari 2018
Sindy Trifertina (11160181) – HIMA ACCASIA 2017/2018

Banner

Sukabumi, Jawa Barat – Pada hari Rabu, 28 Februari 2018, Program Studi Akuntansi bersama dengan HIMA ACCASIA (Himpunan Mahasiswa Akuntansi Accounting Association of Bunda Mulia University) dan mahasiswa program studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia melakukan Kunjungan Industri (KI) ke PT. Yakult Indonesia Persada yang berlokasi di Desa Pasawahan Cicurug,  Sukabumi, Jawa Barat. Kunjungan ke PT. Yakult ini diikuti oleh 106 (seratus enam) Peserta, 5 (lima)  Panitia Pendamping dan Seorang Dosen Pendamping.

Peserta berkumpul di Kampus Universitas Bunda Mulia pada pukul 7.30 sebelum melakukan perjalanan para peserta, panitia dan dosen pembimbing melakukan foto bersama di depan Bus dan melakukan absen serta doa bersama. Rombongan dibagi menjadi dua bus dengan bus pertama diisi oleh 50 peserta dan 3 panitia pendamping serta 1 orang dosen pembimbing, sedangkan bus kedua diisi juga oleh 50 eserta dan 2 panitia pendamping. Rombongan kemudian melakukan perjalanan dari kampus Universitas Bunda Mulia pukul 8.25 dan tiba di lokasi pada pukul 10.40, dan disambut oleh Bapak Arby Mirdan. Para mahasiswa dibimbing oleh seorang narasumber dari PT. Yakult, yaitu Bapak Arby Mirdan yang menjadi pembicara pada sesi talkshow.

Bapak Arby memberikan edukasi mengenai sejarah dari PT. Yakult sebagai perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang produksi susu fermentasi. Perusahaan mulai beroperasi pada tanggal 1 April 1997 dan saat ini kapasitas produksi PT.Yakult mencapai 3.650.000 botol/hari. Dijelaskan lebih lanjut bahwa Yakult merupakan susu fermentasi yang mengandung bakteri bermanfaat L.casei Shirota strain hidup yang terbukti aman bagi manusia dan bakteri tetap hidup sampai di usus kecil. Manfaat Yakult adalah Membantu Menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus, menekan pertumbuhan bakteri merugikan, menjaga kondisi tubuh dan memperbaiki sistem pencernaan.

Sekitar kurang lebih 25 menit sesi talkshow, para mahasiswa kemudian diajak berkeliling melihat proses produksi mulai dari proses penyiapan bahan baku hingga produk yang siap dipasarkan yang ditemani oleh Ibu Ridhati Utria.

Seluruh perlengkapan dan peralatan produksi dirancang secara khusus. Bahan baku yang digunakan adalah susu skim bubuk, bakteri L.casei Shirota strain, sukrosa dan perisa identik alami. Dan yang digunakan untuk membuat botolnya adalah polysteren, sedangkan tutupnya dibuat menggunakan aluminium foil. Sampai saat ini, Yakult hanya mempunyai satu jenis produk.

Tahapan proses produksi minuman terdiri dari pembibitan yang dilakukan secara manual. Prosesnya susu bubuk di sterilkan, kemudian suhunya di dinginkan dan dimasukkan ke tempat penampungan besar dan di diamkan selama satu hari. Kemudian tahap selanjutnya adalah fermentasi. Proses setelah fermentasi yaitu mencampurkan air dan gula menggunakan mesin pengaduk air dan gula yang akan menghasilkan cairan konsentrat, kemudian dimasukkan ke blending pump yang akan ditambahkan dengan air, maka selesailah proses pembuatan minuman yakult.

Penyimpanan botol dilakukan dengan filter udara. Di tahap terakhir menggunakan beberapa mesin, kemudian cairan yakult diisi langsung ke dalam botol, ditutup dan kemudian di seleksi. Tahapan pengemasan terdiri dari proses packing, repacking yang di bantu oleh mesin. Kemudian yakult yang sudah di packing disimpan di ruang pendingin untuk menjamin kualitasnya.

Setelah selesai berkeliling pabrik dan sebelum meninggalkan pabrik PT. Yakult, pesan dan kesan diberikan oleh dosen pendamping dan kemudian para peserta berkumpul melakukan foto bersama sebelum kembali ke dalam bus, tepat pukul 17.00 Rombongan tiba di Universitas Bunda Mulia.

Go Biemers!