Mini Research Competition (25/01/2017)

HIMA ACCASIA Proudly Present :
Mini Research Competition
Tema : “Ethics & Global business”

Pendaftaran dan pengumpulan :
Oktober 2016- 25 Januari 2017

Info lebih lanjut :
1. Marco Saputra- 083893118133 (Line : m4rc0)
2. Jeslyn Zefanya- 081287238272 (Line : jeslynzefanya)

Yukk yang penasaran gimana tentang lombanya bisa cek di https://youtu.be/IRgUvSnAKzc

Rebut kesempatan untuk mendapat hadiah JUTAAN RUPIAH !!!
Lomba ini dibuka untuk umum !!!

Download – Syarat dan Ketentuan

 

Kuliah Umum Perpajakan (09/12/2016)

Corporate Tax Services: Peran Konsultan Pajak dalam Pengadilan Pajak 

Jakarta, 9 Desember 2016 – “Bridging Education to the Real World” merupakan slogan Universitas Bunda Mulia yang menjadi dasar utama bagi Program Studi Akuntansi untuk menyelenggarakan kegiatan kuliah umum dengan dosen tamu yang merupakan praktisi atau ahli di bidangnya yang tentunya terkait dengan mata kuliah inti akuntansi. Untuk ini, pada hari Jumat, 9 Desember 2016 menjelang akhir perkuliahan semester ganjil tahun ajaran 2016-2017, Prodi Akuntansi bekerja sama dengan HIMA ACCASIA mengadakan Kuliah Umum Perpajakan dengan tema “Corporate Tax Services: Peran Konsultan Pajak dalam Pengadilan Pajak”.

Bapak Fandy Chaya, SE., SH., M.Si didampingi oleh Bapak Kardinal, S.Kom., MMSI, CCNA Certified selaku praktisi perpajakan dari Kantor Konsultan Pajak PB Taxand hadir atas undangan Prodi Akuntansi Universitas Bunda Mulia untuk memberikan materi kuliah umum perpajakan. Peserta yang hadir adalah sebanyak 113 mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia yang berasal dari Semester 1, 3, 5, dan 7 dan dibantu oleh 9 orang mahasiswa sebagai Panitia Kuliah Umum yang berasal dari HIMA ACCASIA. Kuliah umum ini dipandu oleh Bapak Budi Kurniawan SE., MA., M.Ak., CMA, Dosen Tetap Universitas Bunda Mulia, selaku moderator.

Kuliah umum dimulai dari proses registrasi pada pukul 13.00 dan kemudian dibuka oleh Catherine Tania dan Joshua Kevine yang bertugas sebagai MC di acara ini.  Setelah ramah tamah dengan peserta Kuliah Umum, Bapak Refianto, SE., MM. selaku Sekretaris Program Studi Akuntansi memberikan kata sambutan dan dilanjutkan oleh Bapak Budi Kurniawan yang membacakan dan memperkenalkan narasumber Kuliah Umum Perpajakan ini, Bapak Fandy Chaya yang akan memaparkan materi selama kurang lebih 1.5 jam.

Bapak Fandy merupakan praktisi perpajakan yang memiliki pengalaman kurang lebih selama 15 tahun. Selain memiliki latar belakang akademis Akuntansi, Beliau juga melanjutkan studinya di bidang hukum sehingga memiliki Tax Attorney License dari Indonesian Tax Court dan ijin untuk beracara di Pengadilan dari Indonesian Advocates Association (PERADI). Pemaparan materi dimulai dari pembahasan terkait konsultan pajak yang tediri atas: (1) Menjadi konsultan pajak; (2) Pengetahuan teknis yang wajib dikuasai; (3) Professional development; (4) Soft skills yang wajib dikuasai; (5) Pekerjaan staf junior konsultan pajak; (6) World class tax consultant; (7) Trusted advisor; (8) Credibility, reliability, & intimacy; (9) self-orientation; (10) Jasa perpajakan, dan; (11) Jenis jasa Konsultan Pajak. Materi-materi ini dibawakan secara interaktif oleh Bapak Fandy dan para peserta terlihat antusias menyimak pemaparan narasumber.  PPT Kuliah Umum Perpajakan 09-12-16

Acara kemudian memasuki sesi tanya jawab yang disambut baik oleh para peserta sebagai berikut. Magdalena, mahasiswi semester 3, bertanya mengenai perlakukan pajak terhadap perusahaan-perusahan berbasis teknologi seperti Google, OLX, dan Facebook. Erna Wijaya, mahasiswi semester 7, bertanya mengenai terbukanya informasi perbankan untuk Dirjen Perpajakan yang akan diterapkan mulai tahun 2018 dan kompetensi/hardskill/softskill yang paling dibutuhkan dalam menjadi konsultan pajak. Muhammad Haical Fadari, mahasiswa semester 7, bertanya mengenai hubungan antara konsultan pajak dan fiskus (petugas pajak) terutama dalam menghadapi kasus perpajakan. Terakhir, Yuta Zefanya, mahasiswi semester 3, bertanya mengenai perbedaan antara tax amnesty dan sunset policy, dan kebijakan perpajakan manakah yang terbaik di antara keduanya. Bapak Fandy kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan sangat baik sampai waktu yang tersedia habis . Sebagai bentuk apresiasi, Bapak Fandy memberikan cinderamata untuk para penanya yang telah berpartisipasi.

Acara kemudian ditutup dengan kesimpulan oleh moderator dan pemberian token of appreciation kepada Bapak Fandy Chaya sebagai narasumber oleh Bapak Budi Kurniawan selaku perwakilan dari Universitas Bunda Mulia.

Go Biemers!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kuliah Umum Internal Audit (19/11/2016)

bersama Martini, SE.,Ak.,CA.,CMA, Senior Manager (Advisory) – Ernst & Young Indonesia

Pada hari Sabtu, 19 November 2016, program studi Akuntansi kembali menyelenggarakan kuliah umum Audit Internal  mengenai “The Role of Internal Audit in Consulting Activity.” Topik ini merupakan salah satu pokok bahasan di dalam mata kuliah Audit Internal dan kali ini diangkat sebagai topik kuliah umum karena di masa mendatang porsi dari peranan audit internal dalam hal “consulting activity” akan jauh lebih besar disamping tetap menjalankan fungsinya di bidang “assurance”. Dengan adanya kuliah umum yang menghadirkan praktisi yang kompeten di bidangnya, diharapkan para mahasiswa mengetahui jenis dari kegiatan “consulting activity” yang sangat dibutuhkan oleh para pengguna di masa mendatang serta bagaimana seorang auditor internal dapat memberikan “advice” atau “consulting” yang berbobot yang dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Program studi Akuntansi menghadirkan Ibu Martini, S.E, Ak, CA., CMA sebagai narasumber di kuliah umum audit kali ini. Beliau adalah seorang praktisi yang memiliki pengalaman  di bidang assurance & advisory  dan saat ini bekerja di salah satu KAP Big Four yaitu sebagai Senior Manager Ernst & Young Indonesia (Advisory). Sebelum menjabat sebagai Senior Manager (Advisory), Ibu Martini memulai karirnya sebagai Financial Auditor (Assurance) di Ernst & Young. Kombinasi pengetahuan serta pengalaman beliau di bidang assurance & advisory akan sangat membantu dalam memberikan praktik – praktik yang berhubungan dengan assurance & consulting activities yang juga sangat dibutuhkan oleh seorang internal auditor.

Ibu Martini mengawali pemaparannya mengenai jenis – jenis jasa yang ada di Ernst & Young selain jasa assurance, berbagi pengalaman mengenai perbedaan bekerja di bidang assurance & advisory serta kompetensi – kompetensi apa saja yang dibutuhkan untuk dapat berkerja di bidang tersebut. Mengawali topik kuliah umum, Ibu Martini memaparkan tentang “Expecatation on Internal Auditor based on Survey” yang dilakukan salah satu KAP Big Four. Dari hasil survery tersebut menunjukkan bahwa di masa yang akan datang, harapan para pemangku kepentingan terhadap Internal Auditor adalah sebagai strategic advisor bagi perusahaan. Untuk itu seorang internal auditor jangan hanya berfokus pada hal – hal yang bersifat transaksional saja tetapi juga dapat memberikan masukan – masukan yang bersifat strategic bagi perusahaan. Dalam kuliah umum tersebut, Ibu Martini juga menjelaskan mengenai beberapa metode analisis dalam pekerjaan konsultasi antara lain : 5 Whys, Cause & Effect Diagram (Ishikawa Diagram), serta comparative analytic.

Para peserta yang terdiri dari mahasiswa/i akuntansi semester 7 yang sedang mengambil konsentrasi audit serta beberapa mahasiswa/i semester 5 yang sedang mengambil matakuliah pemeriksaan akuntansi 1 (audit) sangat antusias dalam mendengarkan paparan yang diberikan oleh Ibu Martini. Setelah sesi pemaparan, dilanjutkan dengan sesi diskusi/tanya jawab yang dipimpin oleh Ibu Kurniawati, S.E.,M.Ak selaku moderator dalam acara kuliah umum audit internal kali ini. Para peserta sangat bersemangat dalam mengajukan pertanyaan – pertanyaan, yang antara lain mengenai tindakan apa yang harus dilakukan seandainya ada pihak – pihak yang tidak mau menjalankan rekomendasi dari pihak internal audit karena mereka tidak menginginkan adanya perubahan, apa yang harus dilakukan oleh internal auditor supaya auditee tidak merasa internal auditor sebagai “watchdog” serta apa yang menyebabkan tujuan perusahaan tetap tidak tercapai padahal telah memiliki design pengendalian internal yang baik.

Sebagai bentuk apresiasi, program studi Akuntansi memberikan penghargaan berupa plakat serta sertifikat kepada Ibu Martini yang diserahterimakan oleh Ibu Kurniawati S.E., M.Ak selaku Dosen Koordinator Rumpun Ilmu Bidang Audit.

Kuliah umum ini merupakan salah satu bentuk keseriusan dari Universitas Bunda Mulia untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada industri, sesuai dengan tagline Universitas Bunda Mulia yaitu Bridging Education to the Real World.

Go Biemers!

 

1479913874983 1479913894118 1479914144859 1479914155071 1479914316294

 

Kunjungan Industri Bank Indonesia (15/11/2016)

15 November 2016 – Universitas Bunda Mulia Program Studi Akuntansi mengadakan kegiatan Kunjungan Industri ke Bank Indonesia. Para peserta Kunjungan Industri merupakan mahasiswa semester 1 dan 3 yang mengambil jadwal perkuliahan malam. Para peserta terdiri dari kelas 1MAK1, 1 MAK2, 3MAK1 dan 3MAK2. Kunjungan Industri kali ini di dampingi oleh 3 dosen yaitu bapak Refianto, SE., MM., bapak Budi Kurniawan, SE., MA., M.Ak, CMA dan bapak Wendy Salim Saputra, SE., MAk. Mahasiswa berangkat menggunakan 3 bus pada pukul 08.00 dan sampai di lokasi pada pukul 09.00 .

Ketika sampai di Bank Indonesia, mahasiswa di sambut hangat oleh para petugas Bank Indonesia serta harus melewati pengamanan yang ketat yang ada di Bank Indonesia. Mahasiswa diarahkan naik ke lantai 4 dimana seminar akan di adakan. Kunjungan Industri kali ini ternyata bersamaan dengan Kunjungan Industri dari universitas lain yaitu Universitas Politeknik Jakata Jurusan Perbankan Syariah.

Saat masuk kedalam ruangan seminar, Mahasiswa dipersilahkan untuk mengambil snack yang telah disediakan. Sebelum memulai seminar, ditayangkan 2 buah video yang menarik yaitu video mengenai uang elektronik dan video mengenai belanja dengan bijak. Seminar kali ini di bawakan oleh 2 narasumber yang berpengalaman dalam bidangnya masing-masing. Narasumber pertama yang akan membawakan materi adalah Ibu Yoan Destalingga yang biasa di sapa ibu Yoan. Ibu Yoan menjelaskan mengenai Bank Sentral serta kebijakan-kebijakan apa saja yang ada di Bank Sentral. Dengan cara pembawaan materi yang menarik, para mahasiswa sangat antusias dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan secara spontan oleh ibu Yoan. Para mahasiswa dan mahasiswi pun tak segan untuk menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan materi yang di bawakan oleh ibu Yoan.

Tak terasa sesi pembawaan materi oleh ibu Yoan telah usai. Selanjutnya adalah pemaparan materi dari bapak Yono Haryono yang merupakan Doktor di bidang syariah. Pak Yono memaparkan materi mengenai ‘’Ekonomi dan Keuangan Syariah’’. Pak Yono sangat ahli dalam bidang keuangan syariah sehingga ia ingin membagi pengetahuan kepada para mahasiswa mengenai perbedaan dari bank syariah dengan bank konvensional. Seusai dari acara seminar, para mahasiswa mendapatkan banyak ilmu yang sangat bermanfaat.

Sebelum acara di tutup, pihak Universitas Bunda Mulia pun  memberikan token of appreciation kepada bapak Yono sebagai bentuk terima kasih atas materi yang telah diberikan.

Saat pukul 12.00, seminar telah dinyatakan selesai dan para mahasiswa diarahkan untuk mengambil konsumsi yang telah disediakan dan turun menuju bus masing-masing. Saat perjalanan menuju bus, para mahasiswa tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk mengabadikan Kunjungan Industri kali ini dengan berfoto bersama di kawasan Bank Indonesia.

2016 11 15 - Kunjungan BI 01

2016 11 15 - Kunjungan BI 06

2016 11 15 - Kunjungan BI 03   2016 11 15 - Kunjungan BI 05   2016 11 15 - Kunjungan BI 02  2016 11 15 - Kunjungan BI 04

 

Pengabdian Kepada Masyarakat (12/11/2016)

Jakarta, 12 November 2016 – Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari tiga bagian utama, yaitu: (1) Pendidikan & Pengajaran; (2) Penelitian & Pengembangan; dan (3) Pengabdian kepada Masyarakat. Tri Dharma in berarti adalah hal-hal dasar yang menjadi tanggung jawab sivitas akademika dalam nenjalani aktivitasnya yang harus dilakukan dan dikembangkan secara terus menerus. Untuk ini, Program Studi Akuntansi bekerja sama dengan Direktorat Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Universitas Bunda Mulia dan dibantu oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA) ACCASIA mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat pada hari Sabtu, 12 November 2016 yang berlokasi di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA)  Penjaringan Indah, Jakarta.

Rangkaian acara dimulai pada pagi hari pk. 10.00 dengan ice breaking dengan para peserta oleh Ibu Elfina Astrella Sambuaga, SE., M.Si. yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi akutansi dasar di dalam masing-masing kelompok yang difasilitasi oleh para Dosen Tetap Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia, yaitu Ibu Theresia Bwarleling, SE.,M.Ak., Kurniawati,SE., M.Ak., Ernie Riswandari, SE., M.Ak., dan Pak Piter Nainggolan, SE., Ak., MM. Dalam waktu yang sama, mahasiswa aktif Prodi Akuntansi yang tergabung dalam HIMA ACCASIA melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa ketrampilan tangan yang diajarkan kepada anak-anak berusia 4 sampai dengan 12 tahun.

Dalam pengabdian ini, seorang akademisi dituntut untuk mempraktikan ilmu-ilmu yang telah dipelajari di lingkungan universitas agar mendapatkan manfaat nyata yang dapat diterapkan. Dengan kata lain, seorang akademisi, baik dosen maupun mahasiswa, harus dapat menjadi teladan bagi masyarakat umum di luar sivitas akademika.

Go Biemers!

2016 11 12 - PKM 01   IMG_6047  2016 11 12 - PKM 02 2016 11 12 - PKM 03

 

Kuliah Umum Akuntansi Manajemen (29/10/2016)

KULIAH UMUM AKUNTANSI MANAJEMEN

‘’PERANAN MANAJER CSR DALAM PENINGKATAN NILAI SOSIAL’’

Oktober, 29th 2016 – Universitas Bunda Mulia khususnya program studi akuntansi kembali mengadakan kuliah umum akuntansi manajemen yang memiliki tema ‘’ Peranan Manajer CSR Dalam Peningkatan Nilai Sosial ‘’ yang diikuti oleh mahasiswa/i dari kelas yang telah dipilih oleh para dosen yang bersangkutan.  Dalam acara kuliah umum manajemen kali ini, kami mengundang narasumber yang merupakan Manajer CSR dari Shangri-La Hotel yang memiliki nama lengkap Bintari Rarastiwi dan juga mengundang bapak Budi Kurniawan SE., MA., MAk., CMA selaku moderator dalam kuliah umum ini.

Acara dimulai pukul 15.30 WIB dimana diawali kata sambutan yang disampaikan oleh bapak Temy Setiawan SE., Ak., MAk., CA. lalu dilanjuti acara diskusi yang di bawakan oleh bapak Budi Kurniawan dan ibu Bintari Rarastiwi

Topik yang dibawakan oleh Ibu Bintari sangatlah menarik sehingga para mahasiswa/i sangat antusias dalam sesi tanya jawab untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka dari orang yang sudah berpengalaman di bidangnya seperti Ibu Bintari.  Setelah itu para penanya dipersilahkan maju untuk menerima souvenir dan melakukan sesi foto bersama. Sebelum berakhirnya acara, ada sesi pemberian token of appreciation kepada ibu Bintari selaku narasumber pada sore hari ini di acara kuliah umum akuntansi manajeman.

Kesuksesan acara kuliah umum akuntansi manajemen ini tentu saja tidak akan berhasil tanpa bantuan bapak Temy Setiawan SE., Ak., MAk., CA. dan bapak Bui Kurniawan SE., MA., MAk., CMA  serta teman-teman panitia dari HIMA Accasia.

2016 10 29 - Kuliah Umum Akmen 01 2016 10 29 - Kuliah Umum Akmen 02 2016 10 29 - Kuliah Umum Akmen 03 2016 10 29 - Kuliah Umum Akmen 04

 

 

Mahasiswi Akuntansi Meraih Peringkat Tiga Lomba Investasi Tingkat Nasional (28/10/2016)

Jumat, 28 Oktober 2016 – Bursa Efek Indonesia, MNC Sekuritas dan Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia menyelenggarakan National Investment Day 2016. Rangkaian acara terdiri dari Seminar dan Lomba Investasi Tingkat Nasional yang diikuti oleh puluhan mahasisiswa dari berbagai Universitas.

Untuk ini, Mahasiswa perwakilan dari Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia juga ikut berpatisipasi dan kemudian berhasil meraih peringkat tiga. Berikut adalah daftar pemenang dari Stock Investment Competition 2016:

Juara 1 dipegang oleh Sandi Firmanullah dari Universitas Swadaya Gunung Jati

Juara 2 dipegang oleh Klara Mayori dari Universitas Bunda Mulia

Juara 3 dipegang oleh Novi dari Universitas Bunda Mulia
Prodi Akuntansi mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dan peserta dan terus tingkatkan prestasi.

Go Biemers!

Kunjungan Industri SHANGRI-LA Hotel (26/10/2016)

KUNJUNGAN INDUSTRI SHANGRI-LA HOTEL

PRODI AKUNTANSI

UNIVERSITAS BUNDA MULIA 

          26 Oktober 2016 – Universitas Bunda Mulia Program Studi Akuntansi mengadakan acara kunjungan industri yang memiliki tujuan ke Shangri- La Hotel yang dimana para peserta kunjungan industri merupakan mahasiswa/i semester 7 yang meliputi kelas 7MAK1, 7PAK3, 7PAK5 dan 4 anggota dari HIMA Accasia 2016 yang ditemani oleh bapak Temy Setiawan SE., Ak., MAk., CA. dan bapak  Refianto, SE., MM. Kami sampai di Shangri-La Hotel pukul 10.30 WIB, kami disambut baik oleh pihak Shangri-La Hotel yang kemudian kami di arahkan menuju ruangan  dimana kami akan mendengarkan seminar yang akan disampaikan oleh Ibu Bintari Rarastiwi yang merupakan Manager CSR Shangri-La Hotel yang sekaligus akan menjadi narasumber pada acara ‘’ Kuliah Umum Akuntansi Manajemen ‘’ yang akan diadakan pada tanggal 29 Oktober 2016 .

Seminar diawali dengan perkenalan dengan Ibu Bintari Rarastiwi dan kemudian melakukan sesi foto bersama. Topik pertama yang di bawakan adalah perkenalan mengenai CSR yang menjadi topik utama dari seminar pada hari ini. Ibu Bintari Rarastiwi selain menjelaskan mengenai apa itu CSR juga menjelaskan apa tujuan dari CSR dan CSR Focus Area. Climate change merupakan topik yang cukup banyak disinggung oleh Ibu Bintari karena merupakan permasalahan yang cukup harus diperhatikan, lalu beliau juga menjelaskan beberapa program dari Shangri-La Hotel yang dimana salah satunya adalah Rooted In Nature yang merupakan kegiatan menanam dan memanen hasil kebun sendiri yang bekerja sama dengan para petani lokal. Lalu kami dipersilahkan untuk coffe break, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi selanjutnya.

 

Selang 15 menit, kami diajak untuk turun ke lapangan untuk mengelilingi Shangri-La Hotel yang dimulai dari koridor para karyawan lalu dilanjutkan ke tempat pemisahan jenis sampah dan daur ulang kemudian beralih ke daerah kebun Shangri-La Hotel.

Ibu Bintari mengajak kami untuk melihat Kompos yang di olah oleh Shangri-La Hotel lalu melihat tanaman-tanaman yang memiliki berbagai manfaat dan less pesticide.

Kemudian kami kembali ke ruangan dengan beliau dan tidak lama kemudian Mr. Daniel datang membawakan kue dan mengumumkan bahwa Ibu Bintari sedang berulang tahun pada saat itu yang kemudian dilanjutkan pemberian token of appreciation kepada Ibu Bintari Rarastiwi. Waktu menunjukan pukul 14.00 WIB dimana acara seminar telah selesai dan kami kembali melanjutkan perjalanan untuk kembali ke Universitas Bunda Mulia.

Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada para Dosen Prodi Akuntansi, HIMA Accasia 2016 dan seluruh peserta kunjungan industri atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan untuk memperluas wawasan kami.

2016 10 29 - Kuliah Umum Akmen 04 Kunjungan Industri Hotel Shangrilla 03 Kunjungan Industri Hotel Shangrilla 05 Kunjungan Industri Hotel Shangrilla Kunjungan Industri Hotel Shangrilla 04

 

Edufest 10 (12-14 /10/2016)

Sabtu, 14 Oktober 2016 – Program Studi Akuntansi dan HIMA ACCASIA ikut berpartispasi pada Edufest 10 yang diadakan pada tanggal 12 sampai dengan 14 Oktober 2016. Pada kegiatan ini, HIMA ACCASIA membuat booth interaktif yang ditujukan bagi para siswa sekolah menengah yang tengah berkunjung ke Universitas Bunda Mulia. Banyak keseruan yang dapat terlihat dari foto-foto terlampir di bawah ini.

Go Biemers!

 

 

Kunjungan Industri PT Sinar Sosro (28-29 /09/2016)

Kegiatan kunjungan industri yang dimaksudkan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenai situasi lapangan kerja nyata, sesuai dengan tagline UBM “Bridging education  to the real world”, telah dilaksanakan oleh Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia dengan mengunjungi PT. SINAR SOSRO. Acara dimulai pada pukul 07.00 di mana para mahasiswa berangkat menuju PT. SINAR SOSRO didaerah Cakung, Bekasi. Jumlah mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan ini sekitar 120 orang yang terbagi dalam 2 hari kunjungan yakni pada hari Rabu, 28 September 2016 dan Kamis, 29 September 2016. Kunjungan  industri ini juga didampingi oleh beberapa dosen prodi Akuntansi, Bpk. Refianto, Bpk. Wendy Salimsaputra, Bpk. Budi Kurniawan, dan Ms. Devica Pratiwi.

Pada pukul 09.00 rombongan disambut hangat oleh Bu Shintia Wijaya selaku staff Marketing Communication PT. SINAR SOSRO. Setelah itu, rombongan disajikan minuman khas dari Sosro, yaitu Teh Botol Sosro. Selanjutnya acara utama dimulai dan dipandu oleh Ibu Anita Fitria Susanti selaku staff Marketing Communication. Beliau menyambut hangat para rombongan dan mempersilahkan Bpk Refianto selaku pendamping dan perwakilan Universitas Bunda Mulia untuk memberikan kata sambutan. Kemudian Bu Shintia Wijaya memberikan penjelasan singkat mengenai teh dalam kemasan botol yang pertama kali muncul tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Dunia.

Sejarah panjang Teh Botol Sosro dimulai tahun 1940an oleh Bapak Sosrodjojo  membuka bisnis keluarga yang menjual daun teh dalam kemasan “The Wangi Melati”. Pada tahun 1953 keluarga Sosro yang diteruskan oleh generasi selanjutnya 4 bersaudara:  Soemarsono Sosrodjojo, Soegiharto Sosrodjojo, Soetjipto Sosrodjojo, dan Surjanto Sosrodjojo mencoba mengembangkan  sayap bisnisnya ke Jakarta, dengan menjual teh siap  saji di Pasar Senen. Karena kesulitan membawa tangki teh untuk dibawa, keluarga Sosro mulai mencetuskan ide untuk menjual teh dalam kemasan botol beling.

Mahasiswa juga dijelaskan mengenai evolusi kemasan  botol beling generasi pertama pada tahun 1969, generasi ke-2 pada tahun 1972, hingga generasi ke-3 pada tahun 1974 yang kemasan botol beling masih sering kita lihat sampai sekarang. Bu Anita Fitria Susanti juga menjelaskan mengenai strategi marketing yang diambil oleh PT SINAR SOSRO dalam menghadapi kerasnya kompetisi minuman dalam kemasan di Indonesia.

Setelah mendengar pemaparan singkat mengenai sejarah perkembangan Sosro, rombongan diajak berkeliling untuk melihat secara langsung proses produksi Teh Botol Sosro dan pro     duk Sosro lainnya. Mahasiswa melihat sendiri bagaimana minuman teh tersebut diseduh, bagaimana kemasan teh di buat atau dibersihkan, dan  bagaimana pengelolaan limbah pabrik agar tidak mencemari lingkungan sekitar.

Setelah sekitar 1 jam mahasiswa diajak mengelilingi lokasi pabrik, acara ditutup dengan sesi tanya jawab oleh bu Anita Fitria Susanti. Mahasiswa terlihat antusias dan banyak dari mereka yang mengajukan pertanyaan seputar cara perusahaan menjaga kualitas teh botol sosro yang dikenal minuman tanpa bahan pengawet, hingga strategi marketing Sosro untuk tetap exist di bisnis minuman dalam kemasan. Sebagai apresiasi dari Universitas Bunda Mulia, Bpk. Refianto memberikan token of appreciation kepada Bu Anita Fitria Susanti selaku pendamping acara selama Kunjungan Industri di PT SINAR SOSRO.

Go Biemers

  image5  image4

image2  image3

image1

DSC_0677