Pelatihan Pendamping Pengisian e-SPT dan Permohonan Penerbitan e-FIN (09/03/2017)

Kamis, 9 Maret 2017 - E-Filing adalah suatu cara penyampaian SPT Tahunan PPh secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak (http://efiling.pajak.go.id) atau Penyedia Jasa Aplikasi atau Application Service Provider (ASP). Wajib Pajak yang menyampaikan SPT Tahunan PPh secare e-Filing melalui website Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id) harus memiliki Electronic Filing Identification Number (e-FIN). Electronic Filing Identification Number (e-FIN) adalah nomor indentitas yang diterbitkan oleh Kantor Pelayanan Pajak kepada Wajib Pajak yang mengajukan permohonan untuk menyampaikan SPT Tahunan PPh secara e-Filing.

Untuk ini, Program Studi Akuntasi Universitas Bunda Mulia bekerja sama dengan Kantor Wilayah DJP Jakarta Utara mengadakan kegiatan Pelatihan Pendamping Pengisian e-SPT dan Permohonan Penerbitan e-FIN untuk Karyawan dan Dosen Universitas Bunda Mulia. Para petugas Direktorat Jenderal Pajak yang berasal dari Kantor Wilayah DJP Jakarta Utara yang membantu pelaksanaan acara adalah sebagai berikut.

  • Bapak Haryono selaku Kepala Seksi Bimbingan Pelayanan dan Konsultasi
  • Bapak Suparmin selaku Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen
  • Ibu Tri Wuryani selaku Pelaksana Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen
  • Bapak Ahmad Baihaki selaku Pelaksana Seksi Bimbingan Pelayanan dan Konsultasi
  • Ibu Yustitie Evelina Sitorus selaku Pelaksana Seksi Bimbingan Pelayanan dan Konsultasi

Rangkaian acara dimulai pada pk. 09.00 dengan kegiatan penerbitan e-FIN untuk Karyawan dan Dosen Universitas Bunda Mulia yang belum pernah melakukan e-Filing. Para petugas DJP yang dipimpin oleh Bapak Haryono dan Bapak Suparmin dengan antusias melayani para Wajib Pajak yang sudah menunggu dari pagi karena ingin mendapat e-FIN.

Pada saat yang sama, tim dari DJP juga mengadakan pelatihan untuk mahasiswa Universitas Bunda Mulia yang akan membantu di acara pengisian e-SPT secara e-Filing di hari Jumat, 10 Maret 2017. Berikut adalah 11 mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia yang mengikuti pelatihan.

  • Fedro
  • Rayen
  • Claudia Yapsun
  • Vera Juliandayani
  • Dimas Hadiwijoyo
  • Kevin
  • Denish Riandy
  • Marco Saputra
  • Sandy Verado
  • Magdalena
  • Catherine Tania

Acara pada hari ini selesai pada sekitar pukul 13.00 dan akan dilanjutkan di hari berikutnya dengan kegiatan pengisian e-SPT dengan e-Filing.

Go Biemers!

Pelatihan e-Filing (09/03/2017)

Pelatihan e-Filing (09/03/2017)

Hasil Mini Research Competition (03/03/2017)

Pertama-tama kami panitia Mini Research Competition dan Seminar Nasional Akuntansi Universitas Bunda Mulia meminta maaf atas kejadian teknis yang mengganggu jalannya acara pada 27 Februari 2017. Hal-hal penting terkait dengan penutupan acara di atas dan perlu disampaikan adalah sebagai berikut :

1. Perlu diketahui bersama bahwa reviewer lomba adalah pihak independen dari P3M Bunda Mulia yang diketuai oleh Ibu Kandi Sofia S. Dahlan, MBA., Ph. D.  dan tidak ada intervensi dari penyelenggara ataupun dosen tetap akuntansi.

2. Pengumuman pemenang lomba Mini Research Competition adalah sebagai berikut :

  • JUARA 1 – DEWI APRIANY
  • JUARA 2 – LIEANI CHRISTINA
  • JUARA 3 – ANNIE SUSANTO DAN ELFINA SAMBUAGA

Dan Juara Harapan yaitu (tidak berdasarkan urutan nilai) :

  • Juara Harapan 01. Sir Kalifatullah Ermaya
  • Juara Harapan 02. J Carlin Windyan
  • Juara Harapan 03. Deni Abdulatip
  • Juara Harapan 04. Melisa Veronica
  • Juara Harapan 05. Henilia Yulita
  • Juara Harapan 06. Joy Jeremy Mamuaja, Mercedes Amanda dan Victoryanna Eka Agustya Putri
  • Juara Harapan 07. Ansela Regina Ratag
  • Juara Harapan 08. Yansen Kristianto
  • Juara Harapan 09. Novitasari dan Vivi Adeyani Tandean
  • Juara Harapan 10. Halla Puspita Yuri dan Natasia Angreani

Selamat kepada para pemenang dan bagi pemakalah yang belum menang dapat mencoba kembali di lain kesempatan

3. Penyerahan sertifikat pemenang dan hadiah lomba akan diadakan ceremonial pada hari Jumat 3 Maret 2017 pukul 13.00 di Premier Room UBM lt. 2. Dimohon kesediaan waktu bagi pemenang untuk hadir.

4. Sertifikat pemakalah lomba dan peserta seminar internal UBM akan melalui stand panitia yang mulai dibuka tanggal 10 Maret 2017. Bagi peserta eksternal akan dikirimkan melalui JNE.

Apabila ada pertanyaan ataupun informasi yang kurang jelas dapat menghubungi :

Marco Saputra -  083893118133 (Line : m4rc0)

Jeslyn Zefanya – 081287238272 (Line : jeslynzefanya)

Terima kasih atas partisipasinya dan mohon maaf atas segala kekurangan dan keterbatasan kami.

ACCASIA Computerized-Accounting Competition (ACC) VI 2017 LAMPUNG (03/03/2017)

Jumat, 3 Maret 2017 – Sebagai kelanjutan dari pelatihan yang dilaksanakan pada 28 februari 2017 di SMA Xaverius Bandar Lampung dan 1 Maret 2017 di SMA Kristen 1 Metro maka diadakanlah perlombaan ACCASIA Computerized-Accounting Competition VI  atau lebih dikenal dengan ACC VI Lampung yang dilaksanakan pada hari Jumat, 3 Maret 2017 bertempat di SMA Xaverius Bandar Lampung. Perlombaan dimulai pada Pk. 09.00 Setempat dengan di hadiri oleh Bapak Budi Kurniawan, S.E., M.A., M.Ak., CMA. dan Bapak Wendy Salim Saputra S.E., M.Ak. yang merupakan perwakilan dari Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia sebagai dewan juri pada acara perlombaan ACC VI Lampung.

Perlombaan diikuti oleh 19 tim yang berasal dari 9 sekolah yang tersebar di Metro dan Bandar Lampung sebagai berikut.

  1. SMK BPK Penabur
  2. SMA Xaverius Bandar Lampung
  3. SMA Fransiskus
  4. SMAN 10 Bandar Lampung
  5. SMAN 2 Bandar Lampung
  6. SMA Kristen 1 Metro
  7. SMA Yos Sudarso Metro
  8. SMAN 1 Gading Rejo
  9. SMAN 2 Metro

Perlombaan terdiri dari tiga babak yaitu: (1) babak penyisihan, (2) babak semifinal,  dan (3) babak final. Pada babak penyisihan peserta diwajibkan mengerjakan 100 (seratus) soal pilihan ganda terkait  dengan pengetahuan dasar akuntansi dan pembuatan siklus akuntansi dalam program ACCURATE. Dari babak penyisihan di ambil 8 tim terbaik yang akan masuk ke babak semifinal sebagai berikut.

  1. Tim 2 – SMA Fransiskus
  2. Tim 19 – SMAN 10 Bandar Lampung
  3. Tim 11 – SMA Fransiskus
  4. Tim 15 – SMK BPK Penabur
  5. Tim 17 – SMK BPK Penabur
  6. Tim 8 – SMK BPK Penabur
  7. Tim 10 – SMA Xaverius Bandar Lampung
  8. Tim 16 – SMA Xaverius Bandar Lampung

Delapan peserta yang lolos ke babak semifinal kemudian diundi ke dalam dua batch semifinal yang terdiri dari masing-masing empat tim per batch-nya. Pada babak semifinal, tipe perlombaan yang digunakan adalah cepat tepat dimana setiap tim akan menjawab pertanyaan bergilir dan rebutan. Dua tim dengan poin tertinggi dari setiap batch semifinal akan lolos ke babak final. Empat tim yang masuk ke dalam final ACC VI Lampung adalah sebagai berikut.

  • Tim 8     – SMK BPK Penabur : (1) Verlinda Fristiya; (2) Lourenza Patricia M. P.
  • Tim 10    – SMA Xaverius Bandar Lampung: (1) Hieronimus Jevon Valerian; (2) Austin Andika Tanujaya
  • Tim 15     – SMK BPK Penabur: (1) Marcellino L. Jati; (2) Rosalia Fina Dewi
  • Tim 2      – SMA Fransiskus: (1) Andreas Angga Wijaya; (2) Thisya Punda Rik

Final ACC VI Lampung memiliki mekanisme yang sama seperti babak semifinal dimana setiap tim akan mendapat pertanyaan bergilir dan pertanyaan rebutan. Keluar sebagai Juara Pertama adalah Verlinda dan Lourenza yang berasal dari SMK BPK Penabur, pada posisi Kedua diperoleh Hieronimus dan Austin dari SMA Xaverius Bandar Lampung, Juara Ketiga diraih oleh Marcellino dan Rosalia dari sekolah SMK BPK Penabur dan Juara Harapan Satu di tempati oleh Andreas dan Thisya dari SMA Fransiskus. Selanjutnya Juara Pertama akan mengikuti Final Nasional di Jakarta.

Selamat Untuk Para Pemenang !

Akhir kata, kami selaku panitia lomba mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas partisipasi peserta lomba dan mohon maaf apabila ada kesalahan ataupun kekurangan.

GO Biemers!

Pelatihan ACC VI 2017 Lampung (28/02/17-01/03/17)

Rabu, 1 Maret 2017 – Dengan semakin berkembangnya teknologi khususnya dalam bidang ilmu Akuntansi maka Universitas Bunda Mulia membuat sebuah ajang pelatihan dan perlombaan yang merupakan kolaborasi antara pengetahuan seputar ilmu Akuntansi dan penggunaan software Akuntansi –  dalam hal ini software yang dipergunakan adalah ACCURATE. ACCASIA Computerized-Accounting Competition atau lebih dikenal dengan ACC merupakan salah satu kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia.  ACC merupakan bentuk kerja sama antara Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi sebagai pelaksana dengan PT. Ultima Tekno Solusindo sebagai pengembang dari software ACCURATE.

Pada tahun 2017 ACC sudah memasuki tahun ke-enam sebagai kelanjutan dari acara sebelumnya yaitu “ACC V”. Rangkaian acara ACC VI dimulai dengan diadakannya pelatihan dan penyisihan untuk wilayah Lampung. Pelatihan dilakukan oleh 4 mahasiswa terpilih Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia yaitu:

  1. Eric Tri Hartanto,
  2. Rhesa,
  3. Devina Rizaldy, dan
  4. Stefanie Nitisari.

Pelatihan yang dilakukan adalah seputar penggunaan software ACCURATE. Pelatihan dan Technical Meeting diselenggarakan di dua tempat yaitu SMA Xaverius Bandar Lampung pada tanggal 28 Februari 2017 dan SMA Kristen 1 Metro pada tanggal 1 Maret 2014. Pelatihan dihadiri oleh total 19 tim dari 9 sekolah yang tersebar di wilayah Bandar Lampung dan Metro sebagai berikut.

  1. SMK BPK Penabur
  2. SMA Xaverius Bandar Lampung
  3. SMA Fransiskus
  4. SMAN 10 Bandar Lampung
  5. SMAN 2 Bandar Lampung
  6. SMA Kristen 1 Metro
  7. SMA Yos Sudarso Metro
  8. SMAN 1 Gading Rejo
  9. SMAN 2 Metro

Setelah pelatihan selesai, 19 tim ini akan mewakili sekolahnya masing-masing dalam ACCASIA Computerized-Accounting Competition yang diadakan di hari Jumat, 3 Maret 2017.

Akhir kata, kami selaku panitia pelatihan ACCURATE mengucapkan terimakasih atas partisipasi para peserta dan mohon maaf apabila ada kekurangan.

GO Biemers!

 

 

Farewell Tax Amnesty (28/02/2017)

IMG_0812Selasa, 28 Februari 2017 – Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pajak bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) mengadakan acara yang bertajuk “Farewell Tax Amnesty’’ yang berlokasi di Hall B3, Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta yang dihadiri sekitar 14 (empat belas ribu) wajib pajak. Acara ini dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia dan Menteri Keuangan selaku pembicara utama. Untuk ini, Universitas Bunda Mulia ikut berpartisipasi dengan mengirimkan para karyawan dan mahasiswa aktif sebagai perwakilan universitas di acara tersebut. Rombongan mulai berkumpul di lobi Universitas Bunda Mulia pada pukul 12.30 dan secara bersama-sama berangkat menuju lokasi acara pada pukul 13.00.

Sekitar pukul 14.00, Choky Sitohang selaku pembawa acara memulai rangkaian acara dengan menginformasikan bahwa Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, sudah hadir di lokasi acara. Sesaat kemudian, Presiden Republik Indonesia beserta rombongan yang terdiri atas Menteri Keuangan, Ibu Sri Mulyani Indrawati, Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Bapak Tito Karnavian, dan para pejabat Pemerintahan Republik Indonesia lainnya memasuki lokasi acara.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kemudian memberikan pemaparan mengenai perekonomian Indonesia dan hasil pencapaian program tax amnesty yang sudah berjalan selama kurang lebih 8 (delapan) bulan. Per tanggal 27 Februari 2017, Menteri Keuangan menyampaikan bahwa realisasi tax amnesty berdasarkan surat setoran pajak (SSP) adalah sebesar Rp 112 triliun dengan total wajib pajak yang berpartisipasi mencapai 682.822 peserta serta uang tebusan tax amnesty yang mencapai Rp 104,6 triliun. Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara dengan pencapaian tertinggi dalam hal kinerja tax amnesty yang mencapai 34.4 persen dari produk domestik bruto (PDB) di mana negara lain rata-rata hanya mencapai 10 persen dari PDB masing-masing. Di akhir pemaparan, Sri Mulyani meminta kepada wajib pajak untuk memanfaatkan fasilitas dalam program tax amnesty ini dan berjanji untuk memanfaatkan pembayaran pajak untuk kemakmuran seluruh masyarakat Indonesia.

Presiden Joko Widodo kemudian mencairkan suasana dengan memberikan pertanyaan yang sudah sering disebutkan dalam pemberitaan sebelumnya, yaitu terkait dengan penyebutan lima jenis ikan, kepada pembawa acara Choky Sitohang. Presiden kemudian memberikan apresiasinya kepada para petugas Dirjen Perpajakan yang sudah bekerja tanpa henti selama kurun waktu 8 (delapan) bulan ini. Presiden mengharapkan data pencapaian yang sudah disampaikan oleh Menteri Keuangan sebelumnya tetap dapat bergerak terus sampai akhir periode tax amnesty berakhir.

Acara kemudian berakhir sekitar pk. 15.00 setelah Presiden Joko Widodo meninggalkan lokasi. Para peserta termasuk rombongan Universitas Bunda Mulia yang telah antusias mengikuti kegiatan akhirnya ikut membubarkan diri setelah mendapatkan arahan panitia.

Go Biemers!

 

Pelaksanaan Mini Research Competition (27/02/2017)

 

Mini Research Competition UBM
Mini Research Competition UBM

Seminar Nasional “Ethics and Global Business” (25-27/02/2017)

HIMA ACCASIA UBM – Seminar Nasional “Ethics and Global Business” Siapkan Generasi untuk Menghadapi Tantangan di Era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean)

Senin, 27 Februari 2017 – Sehubungan dengan semakin berkembangnya dunia industri di era globalisasi ini, para lulusan Perguran Tinggi dituntut untuk memiliki daya saing yang tinggi dalam meningkatkan kelanjutan perusahaan. Banyaknya lulusan mahasiswa yang semakin meningkat setiap tahunnya merupakan suatu potensi yang dapat di asah. Para lulusan diharapkan mampu memenuhi kriteria perusahaan dan memiliki keahlian serta nilai tambah bagi setiap pribadi, untuk dapat bersaing baik secara nasional maupun global.

Dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2016 ini memberikan tantangan sekaligus peluang yang lebih luas bagi pengembangan budaya bisnis di tanah air. Namun seiring dengan itu, para pelaku pasar juga tetap harus disadarkan akan pentingnya prinsip etika dalam berbisnis.

Maka dari itu Program Studi  Akuntansi Universitas Bunda Mulia (UBM) berhasil menggelar Seminar Nasional dengan tema “Ethics and Global Business” yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 25 Februari 2017 dan 27 Februari 2017 yang diselenggarakan di The UBM Grand Auditorium, Universitas Bunda Mulia (UBM).

Seminar Nasional merupakan program kegiatan yang dilaksanakan oleh HIMA Akuntansi atau yang disebut HIMA ACCASIA (Accounting Association of Bunda Mulia University). Seminar ini diperuntukkan untuk semua program studi, maka pembahasan yang dibahas dalam seminar ini lebih bersifat general (umum). Sebagai mahasiwa/I yang merupakan generasi bangsa atau generasi penerus, maka melalui seminar ini diharapkan peserta seminar dapat memahami Business Ethics dan juga Global Business dalam menghadapi dunia bisnis.

Seminar Nasional yang di selenggarakan pada tanggal 25 Februari 2017 mengangkat sebuah topic “Business Ethics” dan pada tanggal 27 Februari 2017 mengangkat sebuah topic “Global Business” dengan dihadiri oleh ±685 peserta perharinya baik peserta dari internal (mahasiswa/I Universitas Bunda Mulia) dan dari eksternal.

Untuk memperoleh harapan dari terselenggaranya seminar ini, maka Seminar Nasional menghadirkan pembicara dengan berbagai latar belakang dan profesi untuk membagikan materi dan juga sharing tentang pengalaman yang diharapkan dapat memotivasi peserta seminar yang hadir. Pembicara yang dihadirkan pada Seminar Nasional yaitu :

  1. Arya Dwi Paramita, S.Sos., M.M. – Corporate Secretary PT. Pertamina Lubricants
  2. Dr. Bruno Rumyaru , M.A. - Lecturer Of State Philosophy  & Citizenship and Lecturer of Ethics & Business Ethics
  3. Agustinus Yoga, S.H., M.Kn. – Lecturer Of Kapita Selekta Hukum Bisnis dan Pelatihan Kemahiran Hukum (PLKH III – NON LITIGASI)
  4. Satrio Anindito - Assistant to President Commissioner, PT. Rajawali Corpora and Lead Coordinator, Business Ethics and Governance Working Group

Kegiatan seminar juga berlangsung secara interaktif antara peserta dengan pembicara. Para peserta secara langsung menanyakan tanggapan dari isu-isu topik tentang etika bisnis yang ramai dibicarakan di masa-masa ini, khususnya yang ada di Indonesia.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan semua lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia lebih siap dalam menghadapi persaingan di era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean); serta mendapatkan banyak pengalaman, pengetahuan dan dapat untuk Universitas Bunda Mulia (UBM) sendiri mengharapkan agar melalui kegiatan seperti ini dapat membangun relasi antar universitas yang berpartisipasi dalam acara ini.

Go Biemers!

Mini Research Competition (25/02/2017)

Yth. Mahasiswa/i Aktif

Universitas Bunda Mulia

Dengan hormat,

Terkait dengan kegiatan SEMINAR NASIONAL “ETHICS AND GLOBAL BUSINESS” yang rencananya diselenggarakan pada Jumat dan Sabtu (10 dan 11 Februari 2017) dijadwalkan ulang dikarenakan tanggal pelaksanaan tersebut berdekatan dengan PILKADA DKI JAKARTA.

Kegiatan seminar akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal      : Sabtu, 25 Februari 2017 & Senin, 27 Februari 2017

Waktu                  : 08.30 – Selesai

Tempat                : The UBM Grand Auditorium ( TUGA ) lt. 8

Seminar ini bersifat WAJIB untuk seluruh mahasiswa/i Program Studi Akuntansi untuk semester 2, 4, 6, 8 dan Seminar ini juga terbuka untuk Umum (Semua program studi).

Mohon kerjasamanya untuk saling menginformasikan kepada peserta seminar lainnya terkait perubahan waktu di atas. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

 

Info lebih lanjut :

Marco Saputra (0838-9311-8133 / Line : m4rc0)

Jeslyn Zefanya (081287238272 / Line : jeslynzefanya)

 

Mini Research Competition (25/02/2017)

HIMA ACCASIA Proudly Present :
Mini Research Competition
Tema : “Ethics & Global business”

Pendaftaran dan pengumpulan :
Oktober 2016- 25 Januari 2017

Info lebih lanjut :
1. Marco Saputra- 083893118133 (Line : m4rc0)
2. Jeslyn Zefanya- 081287238272 (Line : jeslynzefanya)

Yukk yang penasaran gimana tentang lombanya bisa cek di https://youtu.be/IRgUvSnAKzc

Rebut kesempatan untuk mendapat hadiah JUTAAN RUPIAH !!!
Lomba ini dibuka untuk umum !!!

Download – Syarat dan Ketentuan

 

Pertemuan Mitra Bestari Jurnal Akuntansi Bisnis (09/02/2017)

Pertemuan Mitra Bestari Jurnal Akuntansi Bisnis

 

Universitas Bunda Mulia, Kamis 09 Februari 2017 – Jurnal Akuntansi Bisnis adalah jurnal Program Studi Akuntansi, yang berisikan kumpulan hasil penelitian para akademisi maupun kontribusi yang bersifat ilmiah dari profesional di bidang akuntansi yang bertujuan untuk kemajuan dan pengembangan ilmu akuntansi yang berkaitan dengan dunia industri dan bisnis.

Pada hari Kamis, 9 Februari 2017, Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia mengadakan pertemuan dengan para Mitra Bestari Jurnal Akuntansi Bisnis. Pertemuan ini merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka proses menuju “jurnal terakreditasi”.

Pada kesempatan ini, hadir tiga orang reviewer yaitu ibu Dr. Yvonne Augustine, Ak., MM, CMA (Universitas Trisakti), ibu Dr. Ari Purwanti, SE, M.Ak., CA (Universitas Islam As-syafiiyah) dan ibu Christine Tjen S.E., Ak., M.Int.Tax, CA (Universitas Indonesia). Beliau adalah pakar di bidang Akuntansi Manajemen, Audit, Akuntansi Keuangan dan Perpajakan. Pengurus Jurnal Akuntansi Bisnis terdiri dari ibu Kandi Sofia Senastri Dahlan, MBA, Ph.D (Chief Editor), ibu Ernie Riswandari, SE, M.Si dan ibu Elfina Astrella Sambuaga, SE, M.S.Ak. (Managing Editor), ibu Ririn Breliastiti, SE, MM dan Temy Setiawan, SE, Ak, M.Ak, CA (Editor). Selain itu, hadir pula ibu Glisina Dwinoor Rembulan S.T.P, M.Si (Koordinator Penelitian – P3M).

Pertemuan ini bertujuan untuk memberikan gambaran awal bagi para reviewer mengenai Jurnal Akuntansi Bisnis. Diawali dengan kata pengantar dari ibu Ririn Breliastiti selaku Ketua Program Studi Akuntansi, dilanjutkan dengan pemaparan oleh Ibu Ernie Riswandari dan Ibu Elfina Astrella Sambuaga. Berikutnya adalah  diskusi dan tanya jawab antara pengurus, reviewer dan perwakilan P3M. Diskusi ini membahas mengenai proses sejak artikel diterima oleh pengurus, sampai akhirnya layak untuk dimuat. Para reviewer memberikan banyak masukan yang sangat berguna untuk dapat menyempurnakan prosedur dan proses dalam pengelolaan jurnal.

Secara keseluruhan, pertemuan ini dapat berjalan dengan lancar. Para reviewer menilai bahwa prosedur yang ditetapkan oleh Universitas Bunda Mulia sudah baik dan memadai namun masih perlu ada perbaikan agar memperlancar proses akreditasi.

Disusun oleh Ririn Breliastiti