Mini Research Competition (25/02/2017)

Yth. Mahasiswa/i Aktif

Universitas Bunda Mulia

Dengan hormat,

Terkait dengan kegiatan SEMINAR NASIONAL “ETHICS AND GLOBAL BUSINESS” yang rencananya diselenggarakan pada Jumat dan Sabtu (10 dan 11 Februari 2017) dijadwalkan ulang dikarenakan tanggal pelaksanaan tersebut berdekatan dengan PILKADA DKI JAKARTA.

Kegiatan seminar akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal      : Sabtu, 25 Februari 2017 & Senin, 27 Februari 2017

Waktu                  : 08.30 – Selesai

Tempat                : The UBM Grand Auditorium ( TUGA ) lt. 8

Seminar ini bersifat WAJIB untuk seluruh mahasiswa/i Program Studi Akuntansi untuk semester 2, 4, 6, 8 dan Seminar ini juga terbuka untuk Umum (Semua program studi).

Mohon kerjasamanya untuk saling menginformasikan kepada peserta seminar lainnya terkait perubahan waktu di atas. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

 

Info lebih lanjut :

Marco Saputra (0838-9311-8133 / Line : m4rc0)

Jeslyn Zefanya (081287238272 / Line : jeslynzefanya)

 

Mini Research Competition (25/02/2017)

HIMA ACCASIA Proudly Present :
Mini Research Competition
Tema : “Ethics & Global business”

Pendaftaran dan pengumpulan :
Oktober 2016- 25 Januari 2017

Info lebih lanjut :
1. Marco Saputra- 083893118133 (Line : m4rc0)
2. Jeslyn Zefanya- 081287238272 (Line : jeslynzefanya)

Yukk yang penasaran gimana tentang lombanya bisa cek di https://youtu.be/IRgUvSnAKzc

Rebut kesempatan untuk mendapat hadiah JUTAAN RUPIAH !!!
Lomba ini dibuka untuk umum !!!

Download – Syarat dan Ketentuan

 

Pertemuan Mitra Bestari Jurnal Akuntansi Bisnis (09/02/2017)

Pertemuan Mitra Bestari Jurnal Akuntansi Bisnis

 

Universitas Bunda Mulia, Kamis 09 Februari 2017 – Jurnal Akuntansi Bisnis adalah jurnal Program Studi Akuntansi, yang berisikan kumpulan hasil penelitian para akademisi maupun kontribusi yang bersifat ilmiah dari profesional di bidang akuntansi yang bertujuan untuk kemajuan dan pengembangan ilmu akuntansi yang berkaitan dengan dunia industri dan bisnis.

Pada hari Kamis, 9 Februari 2017, Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia mengadakan pertemuan dengan para Mitra Bestari Jurnal Akuntansi Bisnis. Pertemuan ini merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka proses menuju “jurnal terakreditasi”.

Pada kesempatan ini, hadir tiga orang reviewer yaitu ibu Dr. Yvonne Augustine, Ak., MM, CMA (Universitas Trisakti), ibu Dr. Ari Purwanti, SE, M.Ak., CA (Universitas Islam As-syafiiyah) dan ibu Christine Tjen S.E., Ak., M.Int.Tax, CA (Universitas Indonesia). Beliau adalah pakar di bidang Akuntansi Manajemen, Audit, Akuntansi Keuangan dan Perpajakan. Pengurus Jurnal Akuntansi Bisnis terdiri dari ibu Kandi Sofia Senastri Dahlan, MBA, Ph.D (Chief Editor), ibu Ernie Riswandari, SE, M.Si dan ibu Elfina Astrella Sambuaga, SE, M.S.Ak. (Managing Editor), ibu Ririn Breliastiti, SE, MM dan Temy Setiawan, SE, Ak, M.Ak, CA (Editor). Selain itu, hadir pula ibu Glisina Dwinoor Rembulan S.T.P, M.Si (Koordinator Penelitian – P3M).

Pertemuan ini bertujuan untuk memberikan gambaran awal bagi para reviewer mengenai Jurnal Akuntansi Bisnis. Diawali dengan kata pengantar dari ibu Ririn Breliastiti selaku Ketua Program Studi Akuntansi, dilanjutkan dengan pemaparan oleh Ibu Ernie Riswandari dan Ibu Elfina Astrella Sambuaga. Berikutnya adalah  diskusi dan tanya jawab antara pengurus, reviewer dan perwakilan P3M. Diskusi ini membahas mengenai proses sejak artikel diterima oleh pengurus, sampai akhirnya layak untuk dimuat. Para reviewer memberikan banyak masukan yang sangat berguna untuk dapat menyempurnakan prosedur dan proses dalam pengelolaan jurnal.

Secara keseluruhan, pertemuan ini dapat berjalan dengan lancar. Para reviewer menilai bahwa prosedur yang ditetapkan oleh Universitas Bunda Mulia sudah baik dan memadai namun masih perlu ada perbaikan agar memperlancar proses akreditasi.

Disusun oleh Ririn Breliastiti

Semiloka Dosen Program Studi Akuntansi (26-27/ 01/2017)

Semiloka Dosen Program Studi Akuntansi

26 – 27 Januari 2017

Kurikulum Program Studi Akuntansi dalam Rangka Menyiapkan Lulusan dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”

Program Studi Akuntansi  Universitas Bunda Mulia pada tahun 2016 telah menyusun Kurikulum 2017 yang akan diberlakukan pada Semester Ganjil 2017/2018 yang berlaku sejak Angkatan 2017. Penyusunan Kurikulum bertujuan untuk menghasilkan kurikulum Pendidikan Tinggi yang relevan dengan kebutuhan dan perkembangan industri.

Penyusunan Kurikulum ini melalui beberapa tahapan, yaitu (1) pembentukan tim penyusun kurikulum, (2) seminar perancangan kurikulum, (3) analisis perkembangan keilmuan dan keahlian, kebutuhan pasar, dan pemangku kepentingan, (4) presentasi dan diskusi atas hasil masukan dari pemangku kepentingan, (5) pengembangan kurikulum tahap 1, tahap 2 dan presentasi, (6) tinjauan oleh pihak internal dan eksternal, (7) perbaikan dan penyempurnaan draft, (8) penetapan kurikulum dengan SK Rektor, (8) sosialisasi kurikulum.

Pada hari Kamis dan Jumat, 26 – 27 Januari 2017, bertempat di Ruang Pasca Sarjana Universitas Bunda Mulia diselenggarakan Semiloka Dosen dengan Tema Kurikulum Program Studi Akuntansi dalam Rangka Menyiapkan Lulusan dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”. Dalam kesempatan ini, hadir dua orang narasumber yang memiliki latar belakang akademisi dan praktisi. Kedua narasumber memberikan tinjauan atas draft Kurikulum 2017.

Pada hari pertama, ibu Prof. Dr. Nunuy Nur Afiah, SE., Ak., M.Si, CA (Ketua Ikatan Akuntan Indonesia, Kompartemen Akuntan Pendidik) hadir didampingi oleh ibu Reskino Malakiano dan ibu Dewi Susilowati (Pengurus IAI, Kompartemen Akuntan Pendidik). Ibu Nunuy memberikan pemaparan mengenai kualifikasi lulusan sesuai International Education Standard (IES). Selain itu, ibu Nunuy juga memberikan tinjauan atas draft Kurikulum 2017. Ibu Nunuy memberikan rekomendasi atas Kurikulum 2017 dengan pertimbangan bahwa mata kuliah di Kurikulum 2017 telah inline  dengan KKNI dan IES dan telah sesuai dengan learning outcome lulusan dan masing-masing mata kuliah.

Kegiatan pada hari pertama ini dihadiri oleh seluruh dosen tetap Program Studi Akuntansi, ibu Kandi Sofia Senastri Dahlan, MBA, Ph.D (Wakil Rektor Bidang Akademik), bpk. Prof. John J.O. I Ihalauw, SE., Ph.D (Senior Advisor), ibu Yenli Megawati, SE., MM. (Wakil Dekan FISH), ibu Ririn Breliastiti, SE., MM. (Ketua Program Studi Akuntansi), bpk Refianto, SE., MM. dan bpk Temy Setiawan, SE., Ak., M.Ak, CA (Sekretaris Program Studi Akuntansi) dan ibu Julia Loisa, S. Kom, MM. (Quality Learning Manager).

Pada hari kedua, hadir narasumber dari kalangan praktisi (industri), yaitu bpk Dr. Tendy Wato, SE., SH., MM., MBA., M.Kom., M.Si., MH., M.Kn., CPA. (Pimpinan KAP Tendy Wato & Ifen Tjhai). Beliau memberikan pemaparan mengenai kualifikasi lulusan yang diharapkan untuk dapat berkarir sebagai auditor dan pentingnya sertifikasi. Untuk dapat membangun karir sebagai auditor dapat ditempuh melalui jenjang pendidikan, pengalaman, maupun sertifikasi kompetensi. Bpk Tendy Wato juga memberikan masukan bagi Kurikulum 2017, bahwa Kurikulum 2017 telah mengakomodir praktik Information Technology (IT), mengimplementasi pengetahuan mengenai PSAK dan SPAP, dan update akan peraturan perpajakan. Program magang yang selama ini dilakukan dinilai baik, sehingga perlu terus ditingkatkan untuk memberikan bekal pengalaman yang nyata bagi calon lulusan. Dari hasil tinjauan yang diberikan, bpk Tendy Wato sangat merekomendasikan Kurikulum 2017.

Kegiatan pada hari kedua dihadiri oleh seluruh dosen tetap Program Studi Akuntansi, ibu Ririn Breliastiti, SE., MM. (Ketua Program Studi Akuntansi), bpk Refianto, SE., MM. dan bpk Temy Setiawan, SE., Ak., M.Ak, CA (Sekretaris Program Studi Akuntansi), ibu Julia Loisa, S. Kom, MM. (Quality Learning Manager) dan ibu Magdalena Kartikasari Tandy Rerung, SS., M.Hum. (Learning Support Coordinator).

Jakarta, 27 Januari 2017

Disusun oleh

Ririn Breliastiti

 

Kuliah Umum dan Sosialisasi Dosen Pembimbing Akademik (21/01/2017)

Jakarta, 21 Januari 2017 – Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia dan HIMA ACCASIA mengadakan Kuliah Umum dengan tema peran akuntan dalam sektor manufaktur,  sebagai bentuk nyata atas tagline Universitas, “Bridging Education to the Real World”. Untuk ini, Bapak Hendy Tannady, ST., MT., MBA diundang oleh Prodi Akuntansi sebagai narasumber yang dipandu oleh Bapak Piter Nainggolan, SE., Ak., MM. sebagai moderator. Para peserta kuliah umum merupakan semua mahasiswa/i aktif Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia.

Kegiatan dimulai pk. 15.00 WIB yang dibuka oleh Sekretaris Program Studi Akuntansi, yaitu Bapak Temy Setiawan, SE., Ak., M.Ak., CA dan langsung dilanjutkan oleh pemaparan materi yang menarik yang disertai dengan pemutaran video proses pembuatan mobil Toyota oleh narasumber. Antusias dari para peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para peserta kuliah umum. Bapak Piter Nainggolan selaku moderator memandu sesi tanya jawab ini, sekaligus menutup kuliah umum. Sebagai bentuk apresiasi dari Program Studi Akuntansi, Ibu Ririn Breliastiti, SE., MM., selaku Ketua Program Studi Akuntasi, memberikan token of appreciation kepada narasumber dan moderator.

Sebagai penutup kegiatan di awal tahun ini, para mahasiswa Program Studi Akuntansi diperkenalkan oleh Dosen Pembimbing Akademik, dosen yang ditunjuk dan diserahi tugas membimbing sekelompok mahasiswa yang bertujuan agar mahasiswa bersangkutan menyelesaikan studi dengan baik sesuai dengan kondisi dan potensi individual mahasiswa. Setelah sosialisasi singkat terkait dengan Dosen Pembimbing Akademik, kegiatan kemudian ditutup pada pk. 17.30 WIB dan akan dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan yang lebih positif di sepanjang tahun 2017 ini.

Go Biemers!

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Panti Parapattan (05/01/2017)

Kamis, 5 Januari 2017 – Himpunan Mahasiswa (HIMA) Akuntansi Universitas Bunda Mulia (ACCASIA) dan beberapa Dosen Tetap Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia kembali melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat untuk memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dipenuhi oleh civitas akademika. Kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan inisiatif HIMA ACCASIA dengan dibantu oleh Prodi Akuntansi.  Pada kesempatan kali ini, kami mungunjungi salah satu panti tertua yang ada di Indonesia yaitu Panti Parapattan, Jatinegara, Jakarta Timur.

Rangkaian acara dibuka pada pukul 16.00 oleh Ibu Theresia Bwarleling, SE., M.Ak. selaku dosen pembimbing dalam kegiatan hari itu. Setelah itu dilakukan ice breaking oleh anggota HIMA ACCASIA, Magdalena dan Delicya,  untuk mengakrabkan seluruh panitia dengan para peserta dan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai ilmu akuntansi dasar kepada peserta berusia 14 sampai dengan 17 tahun (jenjang SMA/SMK). Penyampaian materi disampaikan oleh Ibu Merna, SE., M.S.M. dan Bapak Herry Cornelius Hutabarat Herry Cornelius Hutabarat, SH., SE., M.Si selaku Dosen Tetap Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia. Dalam waktu yang bersamaan, HIMA ACCASIA mengajarkan keterampilan tangan yang memiliki nilai jual kepada anak-anak berusia 4 sampai dengan 15 tahun.

Selain mengenalkan ilmu akuntansi dan mengajarkan keterampilan tangan, HIMA ACCASIA juga mengajak para peserta untuk bermain bersama. Para peserta dibagi kedalam 4 kelompok dan mereka akan memainkan game pos. Setiap pos memiliki permainan yang berbeda-beda dengan tujuan melatih kerjasama dalam suatu tim. Penentuan pemenang dalam permainan ini adalah peserta yang mengumpulkan poin tertinggi. Tanpa terasa waktu telah menunjukkan pukul 18.20 dan seluruh rangkaian acara yang telah selesai.

Go Biemers!

Kuliah Umum Perpajakan (09/12/2016)

Corporate Tax Services: Peran Konsultan Pajak dalam Pengadilan Pajak 

Jakarta, 9 Desember 2016 – “Bridging Education to the Real World” merupakan slogan Universitas Bunda Mulia yang menjadi dasar utama bagi Program Studi Akuntansi untuk menyelenggarakan kegiatan kuliah umum dengan dosen tamu yang merupakan praktisi atau ahli di bidangnya yang tentunya terkait dengan mata kuliah inti akuntansi. Untuk ini, pada hari Jumat, 9 Desember 2016 menjelang akhir perkuliahan semester ganjil tahun ajaran 2016-2017, Prodi Akuntansi bekerja sama dengan HIMA ACCASIA mengadakan Kuliah Umum Perpajakan dengan tema “Corporate Tax Services: Peran Konsultan Pajak dalam Pengadilan Pajak”.

Bapak Fandy Chaya, SE., SH., M.Si didampingi oleh Bapak Kardinal, S.Kom., MMSI, CCNA Certified selaku praktisi perpajakan dari Kantor Konsultan Pajak PB Taxand hadir atas undangan Prodi Akuntansi Universitas Bunda Mulia untuk memberikan materi kuliah umum perpajakan. Peserta yang hadir adalah sebanyak 113 mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia yang berasal dari Semester 1, 3, 5, dan 7 dan dibantu oleh 9 orang mahasiswa sebagai Panitia Kuliah Umum yang berasal dari HIMA ACCASIA. Kuliah umum ini dipandu oleh Bapak Budi Kurniawan SE., MA., M.Ak., CMA, Dosen Tetap Universitas Bunda Mulia, selaku moderator.

Kuliah umum dimulai dari proses registrasi pada pukul 13.00 dan kemudian dibuka oleh Catherine Tania dan Joshua Kevine yang bertugas sebagai MC di acara ini.  Setelah ramah tamah dengan peserta Kuliah Umum, Bapak Refianto, SE., MM. selaku Sekretaris Program Studi Akuntansi memberikan kata sambutan dan dilanjutkan oleh Bapak Budi Kurniawan yang membacakan dan memperkenalkan narasumber Kuliah Umum Perpajakan ini, Bapak Fandy Chaya yang akan memaparkan materi selama kurang lebih 1.5 jam.

Bapak Fandy merupakan praktisi perpajakan yang memiliki pengalaman kurang lebih selama 15 tahun. Selain memiliki latar belakang akademis Akuntansi, Beliau juga melanjutkan studinya di bidang hukum sehingga memiliki Tax Attorney License dari Indonesian Tax Court dan ijin untuk beracara di Pengadilan dari Indonesian Advocates Association (PERADI). Pemaparan materi dimulai dari pembahasan terkait konsultan pajak yang tediri atas: (1) Menjadi konsultan pajak; (2) Pengetahuan teknis yang wajib dikuasai; (3) Professional development; (4) Soft skills yang wajib dikuasai; (5) Pekerjaan staf junior konsultan pajak; (6) World class tax consultant; (7) Trusted advisor; (8) Credibility, reliability, & intimacy; (9) self-orientation; (10) Jasa perpajakan, dan; (11) Jenis jasa Konsultan Pajak. Materi-materi ini dibawakan secara interaktif oleh Bapak Fandy dan para peserta terlihat antusias menyimak pemaparan narasumber.  PPT Kuliah Umum Perpajakan 09-12-16

Acara kemudian memasuki sesi tanya jawab yang disambut baik oleh para peserta sebagai berikut. Magdalena, mahasiswi semester 3, bertanya mengenai perlakukan pajak terhadap perusahaan-perusahan berbasis teknologi seperti Google, OLX, dan Facebook. Erna Wijaya, mahasiswi semester 7, bertanya mengenai terbukanya informasi perbankan untuk Dirjen Perpajakan yang akan diterapkan mulai tahun 2018 dan kompetensi/hardskill/softskill yang paling dibutuhkan dalam menjadi konsultan pajak. Muhammad Haical Fadari, mahasiswa semester 7, bertanya mengenai hubungan antara konsultan pajak dan fiskus (petugas pajak) terutama dalam menghadapi kasus perpajakan. Terakhir, Yuta Zefanya, mahasiswi semester 3, bertanya mengenai perbedaan antara tax amnesty dan sunset policy, dan kebijakan perpajakan manakah yang terbaik di antara keduanya. Bapak Fandy kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan sangat baik sampai waktu yang tersedia habis . Sebagai bentuk apresiasi, Bapak Fandy memberikan cinderamata untuk para penanya yang telah berpartisipasi.

Acara kemudian ditutup dengan kesimpulan oleh moderator dan pemberian token of appreciation kepada Bapak Fandy Chaya sebagai narasumber oleh Bapak Budi Kurniawan selaku perwakilan dari Universitas Bunda Mulia.

Go Biemers!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kuliah Umum Internal Audit (19/11/2016)

bersama Martini, SE.,Ak.,CA.,CMA, Senior Manager (Advisory) – Ernst & Young Indonesia

Pada hari Sabtu, 19 November 2016, program studi Akuntansi kembali menyelenggarakan kuliah umum Audit Internal  mengenai “The Role of Internal Audit in Consulting Activity.” Topik ini merupakan salah satu pokok bahasan di dalam mata kuliah Audit Internal dan kali ini diangkat sebagai topik kuliah umum karena di masa mendatang porsi dari peranan audit internal dalam hal “consulting activity” akan jauh lebih besar disamping tetap menjalankan fungsinya di bidang “assurance”. Dengan adanya kuliah umum yang menghadirkan praktisi yang kompeten di bidangnya, diharapkan para mahasiswa mengetahui jenis dari kegiatan “consulting activity” yang sangat dibutuhkan oleh para pengguna di masa mendatang serta bagaimana seorang auditor internal dapat memberikan “advice” atau “consulting” yang berbobot yang dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Program studi Akuntansi menghadirkan Ibu Martini, S.E, Ak, CA., CMA sebagai narasumber di kuliah umum audit kali ini. Beliau adalah seorang praktisi yang memiliki pengalaman  di bidang assurance & advisory  dan saat ini bekerja di salah satu KAP Big Four yaitu sebagai Senior Manager Ernst & Young Indonesia (Advisory). Sebelum menjabat sebagai Senior Manager (Advisory), Ibu Martini memulai karirnya sebagai Financial Auditor (Assurance) di Ernst & Young. Kombinasi pengetahuan serta pengalaman beliau di bidang assurance & advisory akan sangat membantu dalam memberikan praktik – praktik yang berhubungan dengan assurance & consulting activities yang juga sangat dibutuhkan oleh seorang internal auditor.

Ibu Martini mengawali pemaparannya mengenai jenis – jenis jasa yang ada di Ernst & Young selain jasa assurance, berbagi pengalaman mengenai perbedaan bekerja di bidang assurance & advisory serta kompetensi – kompetensi apa saja yang dibutuhkan untuk dapat berkerja di bidang tersebut. Mengawali topik kuliah umum, Ibu Martini memaparkan tentang “Expecatation on Internal Auditor based on Survey” yang dilakukan salah satu KAP Big Four. Dari hasil survery tersebut menunjukkan bahwa di masa yang akan datang, harapan para pemangku kepentingan terhadap Internal Auditor adalah sebagai strategic advisor bagi perusahaan. Untuk itu seorang internal auditor jangan hanya berfokus pada hal – hal yang bersifat transaksional saja tetapi juga dapat memberikan masukan – masukan yang bersifat strategic bagi perusahaan. Dalam kuliah umum tersebut, Ibu Martini juga menjelaskan mengenai beberapa metode analisis dalam pekerjaan konsultasi antara lain : 5 Whys, Cause & Effect Diagram (Ishikawa Diagram), serta comparative analytic.

Para peserta yang terdiri dari mahasiswa/i akuntansi semester 7 yang sedang mengambil konsentrasi audit serta beberapa mahasiswa/i semester 5 yang sedang mengambil matakuliah pemeriksaan akuntansi 1 (audit) sangat antusias dalam mendengarkan paparan yang diberikan oleh Ibu Martini. Setelah sesi pemaparan, dilanjutkan dengan sesi diskusi/tanya jawab yang dipimpin oleh Ibu Kurniawati, S.E.,M.Ak selaku moderator dalam acara kuliah umum audit internal kali ini. Para peserta sangat bersemangat dalam mengajukan pertanyaan – pertanyaan, yang antara lain mengenai tindakan apa yang harus dilakukan seandainya ada pihak – pihak yang tidak mau menjalankan rekomendasi dari pihak internal audit karena mereka tidak menginginkan adanya perubahan, apa yang harus dilakukan oleh internal auditor supaya auditee tidak merasa internal auditor sebagai “watchdog” serta apa yang menyebabkan tujuan perusahaan tetap tidak tercapai padahal telah memiliki design pengendalian internal yang baik.

Sebagai bentuk apresiasi, program studi Akuntansi memberikan penghargaan berupa plakat serta sertifikat kepada Ibu Martini yang diserahterimakan oleh Ibu Kurniawati S.E., M.Ak selaku Dosen Koordinator Rumpun Ilmu Bidang Audit.

Kuliah umum ini merupakan salah satu bentuk keseriusan dari Universitas Bunda Mulia untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada industri, sesuai dengan tagline Universitas Bunda Mulia yaitu Bridging Education to the Real World.

Go Biemers!

 

1479913874983 1479913894118 1479914144859 1479914155071 1479914316294

 

Kunjungan Industri Bank Indonesia (15/11/2016)

15 November 2016 – Universitas Bunda Mulia Program Studi Akuntansi mengadakan kegiatan Kunjungan Industri ke Bank Indonesia. Para peserta Kunjungan Industri merupakan mahasiswa semester 1 dan 3 yang mengambil jadwal perkuliahan malam. Para peserta terdiri dari kelas 1MAK1, 1 MAK2, 3MAK1 dan 3MAK2. Kunjungan Industri kali ini di dampingi oleh 3 dosen yaitu bapak Refianto, SE., MM., bapak Budi Kurniawan, SE., MA., M.Ak, CMA dan bapak Wendy Salim Saputra, SE., MAk. Mahasiswa berangkat menggunakan 3 bus pada pukul 08.00 dan sampai di lokasi pada pukul 09.00 .

Ketika sampai di Bank Indonesia, mahasiswa di sambut hangat oleh para petugas Bank Indonesia serta harus melewati pengamanan yang ketat yang ada di Bank Indonesia. Mahasiswa diarahkan naik ke lantai 4 dimana seminar akan di adakan. Kunjungan Industri kali ini ternyata bersamaan dengan Kunjungan Industri dari universitas lain yaitu Universitas Politeknik Jakata Jurusan Perbankan Syariah.

Saat masuk kedalam ruangan seminar, Mahasiswa dipersilahkan untuk mengambil snack yang telah disediakan. Sebelum memulai seminar, ditayangkan 2 buah video yang menarik yaitu video mengenai uang elektronik dan video mengenai belanja dengan bijak. Seminar kali ini di bawakan oleh 2 narasumber yang berpengalaman dalam bidangnya masing-masing. Narasumber pertama yang akan membawakan materi adalah Ibu Yoan Destalingga yang biasa di sapa ibu Yoan. Ibu Yoan menjelaskan mengenai Bank Sentral serta kebijakan-kebijakan apa saja yang ada di Bank Sentral. Dengan cara pembawaan materi yang menarik, para mahasiswa sangat antusias dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan secara spontan oleh ibu Yoan. Para mahasiswa dan mahasiswi pun tak segan untuk menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan materi yang di bawakan oleh ibu Yoan.

Tak terasa sesi pembawaan materi oleh ibu Yoan telah usai. Selanjutnya adalah pemaparan materi dari bapak Yono Haryono yang merupakan Doktor di bidang syariah. Pak Yono memaparkan materi mengenai ‘’Ekonomi dan Keuangan Syariah’’. Pak Yono sangat ahli dalam bidang keuangan syariah sehingga ia ingin membagi pengetahuan kepada para mahasiswa mengenai perbedaan dari bank syariah dengan bank konvensional. Seusai dari acara seminar, para mahasiswa mendapatkan banyak ilmu yang sangat bermanfaat.

Sebelum acara di tutup, pihak Universitas Bunda Mulia pun  memberikan token of appreciation kepada bapak Yono sebagai bentuk terima kasih atas materi yang telah diberikan.

Saat pukul 12.00, seminar telah dinyatakan selesai dan para mahasiswa diarahkan untuk mengambil konsumsi yang telah disediakan dan turun menuju bus masing-masing. Saat perjalanan menuju bus, para mahasiswa tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk mengabadikan Kunjungan Industri kali ini dengan berfoto bersama di kawasan Bank Indonesia.

2016 11 15 - Kunjungan BI 01

2016 11 15 - Kunjungan BI 06

2016 11 15 - Kunjungan BI 03   2016 11 15 - Kunjungan BI 05   2016 11 15 - Kunjungan BI 02  2016 11 15 - Kunjungan BI 04

 

Pengabdian Kepada Masyarakat (12/11/2016)

Jakarta, 12 November 2016 – Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari tiga bagian utama, yaitu: (1) Pendidikan & Pengajaran; (2) Penelitian & Pengembangan; dan (3) Pengabdian kepada Masyarakat. Tri Dharma in berarti adalah hal-hal dasar yang menjadi tanggung jawab sivitas akademika dalam nenjalani aktivitasnya yang harus dilakukan dan dikembangkan secara terus menerus. Untuk ini, Program Studi Akuntansi bekerja sama dengan Direktorat Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Universitas Bunda Mulia dan dibantu oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA) ACCASIA mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat pada hari Sabtu, 12 November 2016 yang berlokasi di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA)  Penjaringan Indah, Jakarta.

Rangkaian acara dimulai pada pagi hari pk. 10.00 dengan ice breaking dengan para peserta oleh Ibu Elfina Astrella Sambuaga, SE., M.Si. yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi akutansi dasar di dalam masing-masing kelompok yang difasilitasi oleh para Dosen Tetap Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia, yaitu Ibu Theresia Bwarleling, SE.,M.Ak., Kurniawati,SE., M.Ak., Ernie Riswandari, SE., M.Ak., dan Pak Piter Nainggolan, SE., Ak., MM. Dalam waktu yang sama, mahasiswa aktif Prodi Akuntansi yang tergabung dalam HIMA ACCASIA melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa ketrampilan tangan yang diajarkan kepada anak-anak berusia 4 sampai dengan 12 tahun.

Dalam pengabdian ini, seorang akademisi dituntut untuk mempraktikan ilmu-ilmu yang telah dipelajari di lingkungan universitas agar mendapatkan manfaat nyata yang dapat diterapkan. Dengan kata lain, seorang akademisi, baik dosen maupun mahasiswa, harus dapat menjadi teladan bagi masyarakat umum di luar sivitas akademika.

Go Biemers!

2016 11 12 - PKM 01   IMG_6047  2016 11 12 - PKM 02 2016 11 12 - PKM 03