Kuliah Umum bersama Miss Lu Yan, Koordinator Departemen Bahasa Tionghoa Raffles International School

Bbt-UBM

Dalam kuliah umum ini, Miss Lu Yan membahas bagaimana menjadikan pengajaran Bahasa Tionghoa menarik bagi murid. Diantaranya lewat penggunaan gambar, cara bertanya, musik dan hal-hal lain di luar teks bacaan seperti  pesan moral dari sebuah cerita dan sebagainya. Miss Lu Yan juga membagikan tips bagiamana membuat pengajaran Tionghoa yang terlihat monoton menjadi lebih bervariasi seperti mengubah teks bacaan singkat menjadi sebuah lukisan. Demikian intisari dari kuliah umum yang diselenggarakan oleh program studi Bahasa dan Budaya Tionghoa pada hari Sabtu, 18 April 2015 bertempat di The UBM Seminar Room dengan tema How to Make Chinese Learning Fun, Easy and Effective?. Acara berlangsung selama 2 jam  dan dihadiri oleh sekitar 126  peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen dari program Bahasa dan Budaya Tionghoa.

How to Make Chinese Learning Fun, Easy and Effective?merupakan salah satu topik bahasan di dalam mata kuliah Chinese Comprehensive dan kali ini mengundang narasumber dari industri dengan tujuan memberikan kesempatan dan membuka ajang diskusi khususnya bagi para mahasiswa untuk memperoleh wawasan dan informasi dari industri khususnya yang terkait dengan bidang Pengajaran Bahasa Tionghoa.

Narasumber pada kuliah umum kali ini adalah Miss Lu Yan. Beliau adalah Koordinator Departemen Bahasa Tionghoa Raffles International School. Miss Lu Yan sangat berpengalaman dalam pengajaran Bahasa Mandarin untuk anak sekolah dasar. Penghargaan yang pernah diterima beliau dianataranya sebagai Excellent  Teacher Award, Excellent Mentor Award, Excellent Tutor Award dll.

Memasuki sesi diskusi, para peserta sangat antusias yang terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada narasumber, seperti bagaimana cara mengatasi anak-anak yang belajar Bahasa Tionghoa karena terpaksa dan sebagainya. Kegiatan ditutup dengan pemberian penghargaan kepada narasumber yang diberikan oleh Ibu Maria Caroline Cindy Iskandar. Beliau selaku Sekretaris Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa UBM juga mengatakan bahwa kedepannya kegiatan-kegiatan seperti ini akan terus dilakukan secara konsisten sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara kontinu dengan berorientasi pada industri sesuai dengan  visi dari Universitas Bunda Mulia.

Go Biemers!

Seminar Java Web Developer bersama Arinda Arif, Product Manager Rajajobs

mtk

Pada Sabtu, 18 April 2015, Program Studi Teknik Informatika & Sistem Informasi menyelenggarakan seminar mengenai Java Web Developer. Topik ini merupakan salah satu pokok bahasan di dalam mata kuliah Basis Data Web dan Pemrograman Web dan kali ini diangkat sebagai topik seminar yang dilatarbelakangi oleh kemampuan praktis untuk menganalisis, merancang serta membuat solusi terintegrasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Program studi Teknik Informatika & Sistem Informasi menghadirkan Arinda Arif sebagai narasumber, beliau merupakan product manager rajajobs.

Mengenai Java Web Developer, beliau mengemukakan bahwa Rajajobs memberikan kesempatan dan membuka ajang diskusi khususnya bagi para mahasiswa untuk memperoleh wawasan dan informasi dari industri khususnya yang terkait dengan bidang peningkatan kemampuan untuk membuat aplikasi komputer, games ataupun solusi bisnis terintegrasi.

Para peserta yang terdiri dari mahasiswa dari Teknik Informatika & Sistem Informasi sangat antusias dalam mendengarkan paparan yang diberikan oleh Arinda Arif. Pertanyaan demi pertanyaan dilontarkan ketika sesi diskusi dibuka.

Sebagai bentuk apresiasi, program studi Teknik Informatika & Sistem Informasi memberikan penghargaan berupa tanda apresiasi kepada Arinda Arif yang diserahterimakan oleh Henny Hartono, S.Kom., MM. selaku Plt.Wakil Dekan FTD.

Seminar ini merupakan salah satu bentuk keseriusan dari Universitas Bunda Mulia untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada industri, sesuai dengan tagline Universitas Bunda Mulia yaitu Bridging Education to the Real World.

Go Biemers!

Bedah Film “CINTA SELAMANYA” (Full Cast with ProdCine UBM)

bedah-film-ubm

Ancol, Jakarta Utara – Unit Kegiatan Mahasiswa Production and Cinematography (UKM ProdCine) Universitas Bunda Mulia bersama dengan  All Film Magazine mengadakan Bedah Film hasil karya cineas Indonesia. Bedah Film ini diadakan pada Selasa (21/4) di The UBM Hall lantai 8, jam 13.00 – 16.00 WIB. Acara ini digelar dengan bentuk kerja sama yang bertujuan agar masyarakat ataupun mahasiswa/i patut bangga terhadap hasil karya cineas-cineas di Indonesia yang sedang berkembang pesat hingga saat ini.

Bedah Film hasil  produksi @Demi_Istri ini merupakan karya  Fajar Nugros yang di produseri oleh Pemred Cosmopolitan Magz, Susanti Dewi. Film “Cinta Selamanya” ini diangkat dari kisah nyata Fira Basuki yang telah di novelkan dengan judul “Fira dan Hafez”. Film ini diperankan oleh Atiqah Hasiholan (sebagai Fira) dan Rio Dewanto (sebagai Hafez). Film “Cinta Selamanya” ini menceritakan tentang kisah hidup Fira Basuki yang menikah dengan Hafez, namun Hafez berpulang ke rahmatullah setelah terkena serangan jantung hingga koma pada 14 Maret 2012 silam. Kisah ini nyata dan bukan fiksi semata!

“Bangga kan? Film Indonesia masuk ranah dunia? Dan setara dengan hasil karya dunia? Dukung terus #FilmIndonesia”

Tunggu apa lagi? Nonton Film “Cinta Selamanya” di bioskop Indonesia mulai 30 April 2015. Dan jangan lupa juga untuk datang di acara Dream Day yah!! Tanggal 7-9 Mei 2015 at Universitas  Bunda Mulia

Pelatihan Accurate 2015 – Jakarta Utara

UBM

 

 

Kamis (19/3/2015) bertempat di SMK Spes Patriae Sunter Universitas Bunda Mulia (UBM) mengadakan Pelatihan yang merupakan bagian dari rangkaian UBM Accasia Computerized accounting Competition (ACC) ke-4. Bertempat di SMK Spes Patriae Sunter, seluruh peserta UBM ACC-4 yang berasal dari berbagai SMA/K di wilayah Jakarta Utara mengikuti workshop yang dibawakan oleh Ibu Kurniawati, S.E., M.Ak. (Dosen Program Studi Akuntasi UBM) dengan antusias.

Ibu Kurniawati yang dibantu oleh Kezia, Yoranticha, Renaldi dan Julyandri (Mahasiswa/i Program Studi Akuntansi UBM) memberikan pengarahan kepada para peserta dalam menggunakan software Accurate 4, software yang akan digunakan dalam UBM Accasia Computerized-Accounting Competition (ACC). Para peserta juga mendapatkan motivasi dari para trainer agar seluruh peserta dapat memberikan usaha terbaik mereka dalam kompetisi yang akan diselenggarakan pada tanggal 28 – 30 April 2015 mendatang yang bertempat di Lab Akuntansi Kampus UBM dimana seluruh peserta akan memperebutkan hadiah Trophy, Sertifikat, Uang tunai jutaan rupiah dan Beasiswa Pendidikan.

Pelatihan Accurate 2015 SMK Mutiara Bangsa 3

UBM

 

Sabtu (28/3/2015) Universitas Bunda Mulia (UBM) menggelar pelatihan software Accurate 4 kepada seluruh peserta UBM Accasia Computerized accounting Competition (ACC) ke-4 bertempat di SMK Mutiara Bangsa 3. Acara ini diikuti oleh para siswa/i SMA/K di wilayah Jakarta Barat. Hadir dalam pelatihan ini para mahasiswa/i Program Studi Akuntansi sebagai trainer yaitu Nataria, Elisa, Renaldi, dan Chandra. Didampingi oleh Ibu Vivi (Dosen Program Studi Akuntansi) dan Ibu Devica (Dosen Program Studi Akuntansi) para trainer memberikan motivasi kepada para peserta pelatihan yang berasal dari SMA/K di wilayah Jakarta Barat untuk memberikan usaha terbaik mereka dalam kompetisi yang akan diselenggarakan pada tanggal 28 – 30 April 2015 mendatang yang bertempat di Lab Akuntansi Kampus Universitas Bunda Mulia dimana seluruh peserta akan memperebutkan hadiah Trophy, Sertifikat, Uang tunai jutaan rupiah dan Beasiswa Pendidikan serta berkesempatan untuk melaju ke kompetisi tingkat nasional dan bersaing dengan pemenang-pemenang UBM Accasia Computerized accounting Competition (ACC) ke-4 dari provinsi lain di tingkat nasional.

In-House Training PT. Sarana Luas Maju Kimia

BMLDC - Pada hari Selasa, 21 April 2015, Bunda Mulia Learning & Development Centre menyelenggarakan pelatihan in-house untuk karyawan PT. Sarana Luas Maju Kimia. Tema pelatihan kali ini adalah: “Effective Selling Skills”. Pelatihan ini diikuti oleh para karyawan yang bertanggung jawab dalam bidang penjualan dari PT. Sarana Luas Maju Kimia.

Melalui pelatihan ini peserta mendapatkan berbagai macam skill dan knowledge yang berkaitan dengan pemahaman tentang melakukan penjualan secara efektif dan efisien.  Materi pelatihan yang diberikan adalah: Membangun Motivasi Internal, Perencanaan Penjualan, Melakukan Monitoring Penjualan, Creative Prospecting, dan Handling Objections.

Untuk memudahkan peserta menyerap materi yang disampaikan maka materi pelatihan disampaikan dalam berbagai macam metode kreatif seperti pemutaran film, bermain peran (role play), menggunakan berbagai macam permainan (games), dan lain-lain. Pelatihan ini kali ini difasilitasi oleh Bapak Budi Kang, S.Kom, MM. 

Budi Kang adalah Head of Bunda Mulia Learning & Development Centre.  Berpengalaman lebih dari 15 tahun dalam bidang sales, marketing, kepemimpinan, dan organizational development dibeberapa perusahaan terkemuka diantaranya adalah Campbell Arnott’s Indonesia dan Universitas Bunda Mulia. Industri dan produk yang pernah ditanganinya beragam diantaranya adalah menangani produk-produk B2B(business to business), B2C (business to consumer), produk-produk komputer, elektronika, pendidikan, dan fast moving consumer goods (FMCG). Menjadi dosen tamu di Program Magister Management Pasca Sarjana Universitas Bunda Mulia, serta sebagai dosen tetap Universitas Bunda Mulia.

Untuk informasi tentang pelatihan-pelatihan kami lainnya silahkan hubungi Bunda Mulia Learning & Development Centre (021-6929090 ext 323/330) atau kepada Budi Kang (0878-82234572) / Rina Maria (0812-32236789).

UBM FUNDAE PALEMBANG 2015

Poster

Marketing Executive Talk bersama Ditto Rafudi, Digital Manager AXA Indonesia

met

Pada hari Kamis, 16 April 2015, program studi Manajemen peminatan School Of Marketing (SOM) menyelenggarakan Marketing Executive Talk (MET) dengan topik Global Advertising and Promotions At Mobile Marketing”. Topik ini merupakan salah satu pokok bahasan di dalam mata kuliah Pemasaran Internet dan mata kuliah Periklanan dan Promosi yang dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi dalam perkembangan Digital Promotion di tanah air. Program studi Manajemen peminatan School Of Marketing (SOM) menghadirkan Bapak. Ditto Rafudi sebagai narasumber, beliau merupakan Digital Manager PT. AXA Indonesia.

 

Mengenai Global Advertising and Promotions At Mobile Marketing beliau mengemukakan bahwa promosi melalui media digital menduduki peringkat teratas yang berdampak sangat besar dalam menciptakan image dari suatu produk di dunia maya. “Salah satu contoh ketika para promoter ingin mempromosikan penyanyi Psy dengan gerakan fenomenal mereka yang dikenal dengan Gangnam Style. Strategi yang mereka lakukan adalah dengan meng-upload video clip Psy secara serentak di seluruh dunia, sehingga pada waktu yang hampir bersamaan, seluruh dunia maya gempar membicarakan Psy dengan Gangnam Style-nya” tambah Bapak Ditto Rafudi.

Para peserta yang terdiri dari mahasiswa School Of Marketing yang sangat antusias dalam mendengarkan paparan yang diberikan oleh Bpk. Ditto Rafudi. Pertanyaan demi pertanyaan dilontarkan ketika sesi diskusi dibuka. Salah satu mahasiswa bertanya mengenai keamanan bertransaksi melalui digital. Pak Ditto menjelaskan bahwa system sekuritas di Indonesia sudah semakin membaik, sehingga transaksi melalui digital sudah cukup aman.

Sebagai bentuk apresiasi, program studi Manajemen peminatan School Of Marketing (SOM) memberikan penghargaan berupa plakat kepada Ditto Rafudi yang diserahterimakan oleh Ibu Lelly Christin selaku Ketua Program Studi Manajemen.

Marketing Executive Talk ini merupakan salah satu bentuk keseriusan dari Universitas Bunda Mulia untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada industri, sesuai dengan tagline Universitas Bunda Mulia yaitu “Bridging Education to the Real World.

Go Biemers!

Stand Up Nite Jakarta Utara “Wara-Wiri Ala Utara”

Poster jakut_____-02

Di tengah menjamurnya pembangunan mall di Jakarta, banyak tempat wisata yang menyimpan sejarah di Jakarta Utara seperti terlupakan. Padahal pendiri bangsa kita, Bung Karno percaya bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah. Melalui acara ini, misi itu yang ingin kami gaungkan kembali. Kami percaya, lewat komedi pesan akan lebih mudah sampai ke generasi muda, guna memperkenalkan tempat-tempat wisata di Jakarta Utara. Melalui acara ini pula, kami akan selipkan kritik dan saran, pesan kami jelas, agar tempat wisata tersebut lebih nyaman bagi pengunjungnya dan bisa kami banggakan saat mengajak teman dari kota lain untuk berkunjung ke sana.

Atas dasar inilah, kami mengemas Stand Up Nite Jakut ke dua ini dengan konsep Wara-wiri Ala Utara. Pertunjukan akan kami selipkan komedi teatrikal, dan menampilkan stand up comedy dari 5 Komika terbaik Jakarta Utara dan 2 Guest Star. Di panggung mereka diskenariokan mengajak penonton menelusuri tempat-tempat wisata di Jakarta Utara. Tentu saja dari sudut pandang komedi yang berbeda karena keunikan masing-masing komika. Siapa saja mereka? 

Komika lokal yang pertama adalah Ephy paul (@EphySekuriti) pemuda perantauan dari kupang yang bekerja sebagai security. Peraih golden ticket SUCI5 Kompas TV ini akan mengajak kita untuk melihat rumah pitung yang ada di kampung Marunda.

Komika lokal kedua, Ibnu (@ibnunavis). Komika yang sudah langganan tampil di acara kampusnya ini akan mengajak kita ke Sentra Perikanan Muara Angke. Ibnu yang sejatinya anak dari pengusaha cathering, akan menceritakan pengalaman belanja dari sudut pandang lelaki.

Selanjutnya ada Falah akbar (@falah_akbar). Komika yang khas dengan permainan olah kata, pengalamannya tampil di beberapa acara stand up kampusnya sudah tidak diragukan lagi. Falah akan mengunjungi museum bahari. 

Berikutnya, Mochamad hisyam Adnan (@_HisyamAdnan) Seorang sales yang di tengah kesibukannya, masih sempat mengunjungi masjid luar batang, yang merupakan masjid tertua di Jakarta Utara. Beberapa kali on air di Metro TV.

Dan komika lokal terakhir adalah Sugeng (@seeugenk) pemuda perantauan dari jawa yang pemalu ini nampaknya juga masih bingung ingin pergi kemana. Peraih golden ticket SUCI5 Kompas TV, pernah 2 kali menolak undangan taping salah satu TV Nasional. Salut!

5 comic local yang akan mengisi di acara #SUN2JAKUT akan ditemani oleh 2 orang bintang tamu, mereka adalah Muhadkly Acho (@muhadkly) dan Abdel Achrian (@abdelachrian). Bang Acho dan cing Abdel kiranya tak perlu dikenalkan lagi karna reputasi mereka di dunia komedi rasanya sudah dikenal luas. Keseruan apa yang akan mereka hadirkan di #SUN2JAKUT? Mari sama-sama kita nantikan.

Dengan semangat yang kami singgung di awal tadi, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah. Kami tidak pernah lupa bahwa Stand Up Nite pertama kami bersama Semafish Universitas Bunda Mulia (UBM) Tahun 2013 didukung begitu banyak penonton. Sadar atau tidak, deru tawa penonton yang hadir malam itu jadi saksi goal pertama kami sebagai komunitas stand up comedy. Sekarang, kami kembali mengundang anda. Mari mengulang sejarah